SKOR.id – Ducati melakukan debutnya di Kejuaraan Dunia MotoGP pada musim 2003 dengan mengandalkan motor Ducati Desmosedici GP3, sepeda motor bertenaga sangat besar yang dengan cepat terbukti kompetitif.
Pada tahun pertamanya di era MotoGP, tim Ducati Corse yang dimotori Loris Capirossi dan Troy Bayliss mengejutkan dunia dengan performanya.
Kemenangan pertama Ducati di MotoGP terjadi pada tahun yang sama, di Grand Prix (GP) Catalunya, pada tanggal 15 Juni 2003. Loris Capirossi meraih kemenangan bersejarah di Montmelo, mendominasi balapan dan menunjukkan potensi di kategori utama Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Motor.
Kesuksesan tersebut menandai awal karier Ducati di MotoGP, mengukuhkan diri sebagai pabrikan yang saat ini mendominasi kejuaraan.
15 Pemenang Berbeda
Capirossi menjadi pembalap pertama yang memenangi balapan MotoGP di atas motor buatan pabrikan Borgo Panigale, Italia, itu. Setelah pembalap Italia itu, 14 rider lainnya sudah merasakan manisnya kemenangan mengendarai Ducati di balapan kelas premier di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Motor.
Rekor Unik Ducati
Tidak semua pembalap yang menggeber Ducati Desmosedici GP berhasil meraih kemenangan di kelas MotoGP. Untuk yang satu ini, Ducati juga memiliki rekor unik, yakni berapa lama seorang pembalap harus menunggu finis P1 MotoGP pertamanya di atas Desmosedisi GP.
Casey Stoner, juara dunia MotoGP 2007 dan 2011 (yang terakhir bersama Honda) adalah pemegang rekor tersebut. Baru bergabung ke tim pabrikan Ducati pada MotoGP 2007, Stoner langsung mampu menang pada balapan pertama musim tersebut, GP Qatar, di Sirkuit Lusail.
Seperti diketahui, pada awal-awal turun di MotoGP, Ducati Desmosedici GP dikenal sebagai motor paling liar di grid. Tenaganya yang sangat besar (konon terbesar saat itu) membutuhkan sasis model tubular yang sangat rigid. Imbasnya, motor tidak mampu cepat saat masuk dan keluar tikungan.
Stoner adalah pembalap MotoGP yang dikenal karena gaya berkendara alaminya, kemampuan beradaptasi dengan motor apa pun, dan keterampilan drifting-nya.
“Saya rasa Stoner telah memperkenalkan gaya berkendara baru,” kata Lucio Cecchinello, pemilik Tim LCR Honda, skuad yang turun perdana di MotoGP pada 2006 yang juga mempromosikan Stoner dari kelas 250 cc (kini Moto2) karena teknik uniknya.
“Stoner benar-benar mampu memanfaatkan putaran ban belakang untuk mengemudikan motornya, memanfaatkan sisi dalam tikungan agar bisa keluar lebih lebar. Dengan teknik itu, dia mampu mengendarai motor jenis apa pun.
“Saya kira dia juga akan tetap berada dalam sejarah karena mampu membawa Ducati memenangi gelar MotoGP untuk kali pertama (pada 2007) dengan motor yang begitu kaku.
“Saya pikir setiap orang yang menyukai olahraga ini akan mengingat Stoner sebagai pembalap yang benar-benar hebat, rider yang mampu mendominasi dan mengendalikan segala jenis motor. Stoner membawa MotoGP ini ke level yang lebih tinggi.”
Di bawah Stoner ada Jorge Martin dan Marc Marquez. Martin, juara dunia MotoGP 2024 yang musim ini pindah ke Tim Aprilia Racing, harus menunggu hingga balapan keenam untuk menang perdana di atas Ducati. Sementara, Marquez butuh 12 balapan untuk menang pertama kalinya bersama Ducati.
Jorge Lorenzo baru menang bersama Ducati di Grand Prix ke-24. Sedangkan juara dunia MotoGP 2022 dan 2023, Francesco “Pecco” Bagnaia, baru memenangi balapan bersama Ducati di balapan ke-42.
Balapan yang Dibutuhkan untuk Rebut Kemenangan Pertama bersama Ducati di MotoGP
1 - Casey Stoner
6 - Jorge Martin
6 - Loris Capirossi
12 - Marc Marquez
19 - Enea Bastianini
22 - Marco Bezzecchi
24 - Jorge Lorenzo
33 - Troy Bayliss
39 - Fabio Di Giannantonio
42 - Pecco Bagnaia
55 - Jack Miller
61 - Andrea Iannone
68 - Johann Zarco
74 - Danilo Petrucci
89 - Andrea Dovizioso