SKOR.id – Marc Marquez yang musim 2024 nanti akan turun bersama tim barunya Gresini Racing MotoGP mampu menempati posisi keempat dengan Ducati Desmosedici GP23 dengan gap 0,171 detik dari rekor hari kedua tes Valencia, Selasa (28/11/2023).
Pembalap tercepat hari terakhir tes MotoGP Valencia adalah Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang menembus waktu lap 1 menit 29,253 detik. Sebagai perbandingan, saat merebut pole position MotoGP Valencia, Sabtu lalu, Vinales mencatat 1 menit 28,931 detik.
Dua hari tes di Valencia, sejumlah hal menjadi perhatian Marc Marquez, khususnya bahan bakar dan kompon ban. Marquez melibas tidak kurang 49 lap pada hari terakhir tes di atas Desmosedici GP23, motor yang tidak pernah ia geber sebelumnya.
Melihat hasil tes, performa juara dunia delapan kali — enam di antaranya MotoGP: 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019 — itu memang tidak terlalu buruk untuk pembalap yang baru mengendarai Ducati.
Sesi Marc Marquez
Di trek yang sama tempat Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 berakhir, Minggu (26/11/2023) lalu, saat Francesco “Pecco” Bagnaia (Ducati Lenovo) memastikan gelar juara dunia keduanya beruntun, Marc Marquez memulai dengan tenang.
Ia sudah berada di urutan kedua pada jam 1 siang, tetapi pertama di antara rider Ducati. Pembalap asal Spanyol itu lalu melancarkan serangan pada sore hari, juga sempat mengambil alih peringkat teratas, dan kemudian harus puas finis di posisi ke-4.
Marquez masuk di belakang Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) yang masuk di posisi ke-2 dengan gap 0,028 detik dari Vinales dan Marco Bezzecchi (VR46 Racing-Ducati) di peringkat ke-3 dengan selisih 0,093 detik dari Vinales.
Sebagai perbandingan, waktu terakhir Marquez adalah 1 menit 29,424 detik alias lebih cepat 0,410 detik dibanding sesi kualifikasi Bagnaia pada MotoGP Valencia dan 0,163 detik lebih baik daripada saudaranya Alex, juga di Q2.
Kondisi tes dengan kualifikasi balapan, jelas berbeda. Raul Fernandez (Aprilia Racing Independent Team) masuk di P5 diikuti Alex Marquez ke-6 (Gresini Ducati, +0,385 detik), dan Fabio Di Giannantonio yang nyaman di hari pertama dengan Ducati milik VR46 Racing Team (+0,409 detik).
Sementara, Enea Bastianini (Ducati Lenovo, +0,543 detik), Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing, +0,648 detik), dan Luca Marini (Honda HRC, +0,703 detik) menggenapi 10 besar hari terakhir tes MotoGP Valencia dengan masing-masing berada di P8 sampai P10.
Penilaian soal Ducati Desmosedici GP24
Bagnaia, juara dunia MotoGP yang terlihat lelah namun senang dengan gelarnya, berada di urutan ke-11. Ia tampak puas dengan Ducati Desmosedici GP24 baru kendati mengalami sejumlah problem.
“Kondisinya tidak mudah, banyak angin. Tetapi di beberapa hal, motor baru sudah berfungsi seperti yang lama dan di beberapa hal sudah membaik,” ucap Bagnaia.
“Ini sebuah langkah maju karena tahun lalu banyak hal yang harus kami benahi. Sekarang basisnya lebih baik dan masih banyak ruang untuk berkembang. Marc Marquez? Saya belum melihat datanya, tapi dia akan bersenang-senang dengan motor kami."
Jika Bagnaia cukup puas dengan motor barunya, hal sebaliknya dirasakan runner-up MotoGP 2023 Jorge Martin (Prima Pramac Racing). Hanya finis di P15, Martin yang mengalami kecelakaan di pagi hari tidak puas dengan Ducati GP24.
“Saya masih harus memahami sepenuhnya mengapa motor ini memiliki tenaga lebih besar di trek lurus. Tetapi yang juga harus dipahami adalah di tikungan,” kata Martin.
Rekan setim Bagnaia, Enea Bastianini, juga memiliki penilaian sendiri soal motor barunya untuk MotoGP 2024, Ducati GP24.
“Ini lebih baik daripada motor sebelumnya dalam hampir segala hal. Meskipun saya memerlukan lebih banyak waktu untuk memahami saat melakukan pengereman, tapi kami memiliki ide yang jelas,” ucap Bastianini.
“Mesin sudah bekerja keras dan antara GP23 dan GP24. GP24 perbedaannya lebih kecil dibandingkan dengan dua model sebelumnya, dan ini membantu.”
Motor-motor Baru dan KTM Versi Kamuflase
Pada siang hari, terlihat sejumlah motor MotoGP versi 2024 muncul. Yang menarik, KTM muncul dalam versi kamuflase untuk “menyembunyikan” rahasia fairing-nya.
Sementara itu, Honda baru muncul dengan bagian ekor yang menonjol, serta fitur-fitur baru pada fairing yang sangat berlubang.
Yamaha YZR-M1 muncul dengan sasis baru. Namun dilihat dari gestur Fabio Quartararo (peringkat ke-12 tes), hasilnya tampaknya masih belum matang.
Sementara itu, Aprilia merevisi komponennya. Sedangkan pada sore harinya, pembalap penguji Lorenzo Savadori terlihat menguji rangka karbon.
Para Pembalap Baru Lainnya
Di antara berita terkait pembalap yang mengganti racing suit (atau racing overalls) selain Marquez, Luca Marini juga tidak terlalu buruk di atas Honda RC213V. Masuk di P10, Marini menjadi pembalap tercepat Honda. Ini tentu sinyal positif baginya di Tim Repsol Honda.
Kemudian, Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) berada di urutan ke-16 bersama Ducati GP24 diikuti Alex Rins (Monster Energy Yamaha MotoGP) ke-19, juara dunia Moto2 Pedro Acosta (GasGas Factory Racing Tech3) yang masuk di P18 saat debutnya dengan motor MotoGP, dan Johann Zarco (LCR Honda) berada di urutan ke-17.
Tes resmi MotoGP berikutnya akan digelar di Malaysia, pada bulan Februari. Tes di Sirkuit Sepang nanti bisa dijadikan indikator awal seperti apa kekuatan tim-tim dan pembalap untuk MotoGP musim 2024 nanti.