SKOR.id – Finis masing-masing di peringkat ketiga dan kelima klasemen akhir kategori tim pada Kejuaraan Dunia MotoGP, Aprilia Racing bertekad untuk mengonsolidasikan peran utamanya pada MotoGP musim 2024 yang akan dimulai pada 10 Maret nanti.
Dari perkenalan tim yang dilakukan pada Minggu (18/2/2024) sore waktu setempat atau malam WIB, tim yang berbasis di Noale, Italia, itu sudah menetapkan bakal mempertahankan duet pembalap Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, serta pembalap penguji Lorenzo Savadori.
Dalam acara launching yang dilakukan secara streaming tersebut, Aprilia juga mengonfirmasi telah memperbarui sejumlah area maupun komponen untuk RS-GP 24, motor untuk musim 2024.
“Kunci kami adalah inovasi. Sebuah konsep yang coba kami terus usung dalam beberapa tahun terakhir,” ucap CEO Aprilia Racing Massimo Rivola.
Inovasi Aprilia RS-GP 24
Dan berbicara tentang aspek inovasi, Romano Albesiano selaku Direktur Teknis Aprilia Racing menjelaskan apa saja fitur-fitur baru pada RS-GP 24.
“Ada studi aerodinamika yang sangat canggih. Ada konsep berbeda pada sayap depan dan penelitian juga ditemukan di sisi belakang yang benar-benar baru,” tutur Albesiano, seperti dikutip La Gazzetta dello Sport.
“Tetapi rangkanya (sasis) juga berbeda dengan masa lalu. Begitu pula swingarm (lengan ayun), berbagai aspek mesin, dan elektronik. Motor ini memiliki banyak fitur baru.
“Lorenzo Savadori sebagai tester juga akan berkontribusi pada proses perkembangan motor ini. Karena itulah ia akan kami turunkan sebagai wild card untuk balapan di Jerez (Spanyol), Mugello (Italia), dan Assen (Assen).”
Dari foto-foto yang beredar, Aprilia RS-GP 24 memang mengalami sejumlah perubahan. Salah satu yang signifikan mungkin aerodinamika.
Di bagian depan, sayap “baplang” masih dipertahankan dan menempel pada fairing bagian atas. Namun, ada semacam winglet horizontal di bawah agak ke belakang sayap yang didesain menggantung di sambungan fairing atas dan tengah.
Dari samping, angin dari sayap mini baru tersebut terlihat coba diarahkan ke peranti aerodinamika berbentuk kotak berlubang dengan bagian bawah memanjang hingga ke bagian akhir fairing.
Bagian buritan Aprilia RS-GP 24 juga menarik. Ada sayap belakang mirip dengan mobil-mobil Formula 1 dengan penyangga di ujung kiri-kanan.
Yang menarik, sayap ini bersambung ke sisi bawah, yang didisain seperti rongga dengan bentuknya yang sekilas mirip huruf “m”. Peranti ini terlihat seperti pengatur aliran udara dari tengah-bawah ke belakang, seperti fungsi diffuser pada mobil Formula 1 era awal 2000-an.
Duet Terlihat Pembalap Puas
Para pembalap Aprilia sejauh ini juga terlihat puas dengan RS-GP 24. Espargaro, pemenang dua balapan musim lalu, menjelaskan: “Proyek ini telah berkembang pesat. Anda tidak dapat membayangkan seberapa jauh kami telah melangkah dan saya bangga akan hal itu.
“Saya pikir, saya memiliki tim terkuat selama delapan tahun saya di sini, sejak pertama gabung ke Aprilia. Yang pasti, kini kami sangat siap bertarung,” ucap pembalap yang finis P6 di klasemen akhir MotoGP 2023 lalu itu.
Vinales juga berkomentar senada dengan rekan setim sekaligus kompatriotnya itu. Namun, komentar pembalap asal Spanyol itu sedikit lebih teknis.
“Setiap kali kami menyelesaikan putaran di trek, selalu ada peningkatan. Ini hal baru bagi kami. Saya suka motornya, sepertinya ‘tajam’,” tutur Vinales yang tahun lalu berada tepat satu tingkat di bawah Espargaaro di klasemen akhir pembalap.
“Kami mengerjakan hal-hal sederhana dan saya tahu satu hal: jika saya berhasil untuk tetap memimpin sejak tikungan pertama, saya akan bisa mendapatkan hasil yang luar biasa.”