SKOR.id – Sirkuit Silverstone tidak hanya akan menjadi tuan rumah balapan Kejuaraan Dunia MotoGP pertama setelah liburan musim panas. Trek legendaris itu juga akan menjadi tempat perayaan 75 tahun kelas utama Grand Prix di Inggris Raya.
Alhasil, dari tanggal 2 hingga 4 Agustus 2024, semua tim yang turun di kejuaraan akan mengenakan corak khusus bergaya vintage.
Setelah jeda musim panas, Kejuaraan Dunia MotoGP kembali hadir dengan perayaan yang mengenang permulaannya. Pada tanggal 13 Juni 1949, putaran pertama Kejuaraan Dunia 350cc dimulai. Itu terjadi di Pulau Man (Isle of Man) yang masih di bawah kekuasaan Inggris dan merupakan langkah pertama menuju kelas utama yang dikenal sekarang.
Kini, 75 tahun kemudian, MotoGP memilih Silverstone sebagai tempat perayaan hari jadinya dengan sebuah inisiatif yang belum pernah ada sebelumnya.
Di lintasan Anda akan menyaksikan tontonan yang sangat modern, namun motor akan memiliki gaya vintage untuk pertama kalinya dalam sejarah kompetisi.
“Untuk pertama kalinya dalam 75 tahun sejarah olahraga ini, semua motor dan pembalap di grid akan berlomba di Silverstone dengan dekorasi spesial dan eksklusif, dan semuanya dengan sentuhan gaya retro,” kata pihak penyelenggara dalam pernyataannya.
Seragam ini hanya akan dikenakan oleh semua tim pada akhir pekan ini, termasuk lima tim pabrikan, mengingat momen spesial dalam sejarah khusus mereka.
Seperti apa livery tim-tim MotoGP untuk Grand Prix Inggris di Silverstone akhir pekan ini? Untuk pertanyaan terakhir, maka artikel ini sangat tepat untuk Skorer.
Apa saja yang membuat livery motor dibuat spesial dan pantas dipakai lagi? Inilah yang akan dibahas dalam Skor Special kali ini. (Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.)
Tim-tim Pabrikan
Meskipun kali terakhir memenangi kelas utama terjadi pada GP America di Austin, Texas, Amerika Serikat, 17 April 2023 silam, melalui rider tim satelit LCR, Alex Rins, Honda masih menjadi pabrikan dengan jumlah kemenangan terbanyak di kelas premier.
Sejak debut di kelas utama pada 1966 (saat masih memakai motor 500cc), Honda telah mengoleksi 313 kemenangan.
Untuk livery retro di Silverstone, Honda diprediksi akan menurunkan kombinasi warna merah dan silver seperti motor yang dipakai Mike Hailwood pada awal-awal turun di kelas utama (lihat boks ilustrasi).
Beberapa waktu lalu, Honda pernah memakai livery ini untuk motor-motor Honda Team Asia di kelas Moto2 dan Moto3.
Seperti halnya Honda, rivalnya sesama pabrikan asal Jepang, Yamaha juga tengah terseok di MotoGP dalam beberapa terakhir, bahkan terakhir memenangi kelas utama di GP Jerman 2022.
Namun, Yamaha hanya kalah dari Honda untuk urusan jumlah kemenanan di kelas tertinggi. Sejak turun di kelas utama mulai 1968, Yamaha sudah mengantongi 245 kemenangan.
Pun begitu, hampir pasti Yamaha akan memilih livery nan ikonik, yakni warna speed block. Yamaha YZR-M1 geberan test rider Cal Crutchlow tampil dengan desain warna dasar putih dengan kotak-kotak merah, saat beberapa kali turun sebagai wildcard.
Desain ini merupakan bentuk penghormatan terhadap musim perdana Yamaha di Kejuaraan Dunia Balap Motor pada 1961, saat membawa lima pembalap ke Eropa, termasuk Fumio Ito dan Taneharu Nogushi.
Saat itu, tim pabrikan Yamaha menurunkan motor-motor RD48 bermesin in-line twin 250cc (kini kelas Moto2) dan RA41 bermesin 125cc single-cylinder (Moto3).
Ducati mungkin memiliki sejarah panjang dalam membalap dengan warna merah. Namun, pabrikan asal Borgo Panigale, Bologna, Italia itu sejatinya memiliki warna balap selain merah, yakni Giallo Ducati.
Tahun 2023 lalu, Ducati tercatat dua kali menurunkan livery motor berwarna kuning (giallo) ini masing-masing sekali untuk tim pabrikan Aruba. it Racing di World Superbike saat turun di Misano, dan untuk Ducati Lenovo Team di MotoGP di GP San Marino di Sirkuit Marco Simoncelli.
Bagi Ducati – yang mendominasi MotoGP dua tahun terakhir dan sudah mengantongi total 95 kemenangan di kelas utama – kuning merupakan warna yang memiliki tradisi penting dalam sejarah pabrikan tersebut.
Sepeda motor sport pertama dengan warna kuning ini berasal dari paruh pertama era 1970-an (750 Sport dan 750 SS Desmo dari tim Spaggiari). Namun pada tahun 1990-an Giallo Ducati, warna yang secara khusus menginspirasi corak ini, memiliki momen popularitas terbesar dengan adopsi di dunia balap, yang kemudian meluas ke produksi seri. Model-model yang berkesan di Giallo Ducati tentu saja termasuk Ducati 748, yang versi balapnya membawa Paolo Casoli meraih kemenangan di Supersport World Series edisi 1997, tanpa melupakan superbike seperti 916, 996, 749, 999 dan berbagai model lainnya dalam kisaran tersebut.
Warna merupakan unsur penting untuk pengenalan merek dan elemen fundamental bagi semua Ducatisti. Ducati berwarna merah, tapi kuning juga milik mereka sekaligus memiliki tradisi penting dalam motorsport Italia.
Giallo Ducati mencerminkan aspek penting dari identitas Ducati seperti energi, antusiasme dan keberanian dan merupakan penghargaan yang sangat bagus untuk sejarah olahraga balap Ducati.
KTM baru turun semusim penuh di MotoGP mulai 2017. Namun, pabrikan asal Mattighofen, Austria, itu sudah mengoleksi tujuh kemenangan di kelas premier.
Untuk livery retro di GP Inggris 2024, akhir pekan ini, KTM diyakini akan menampilkan menurunkan desain grafis dan kombinasi warna ketika RC 16 digeber Pol Espargaro pada MotoGP 2017 (lihat foto di boks).
Pabrikan asal Noale, Italia, ini memiliki reputsai luar biasa di kelas-kelas kecil. Turun perdana di kelas utama pada 1994 – untuk kemudian keluar-masuk, hingga permanen sejak 2015 hingga kini.
Untuk livery retro di Silverstone nanti, Aprilia – yang baru mengoleksi empat kemenangan di kelas utama – diperkirakan bakal menurunkan desain grafis dan kombinasi warna ketika RS Cube melakukan debut di MotoGP pada 2002.
Skuad Satelit
LCR dan Gresini Racing
Di antara tim-tim satelit, baik LCR dan Gresini memiliki peluang untuk kembali menggunakan corak grafis-warna tersukses yang digunakan oleh bos tim Lucio Cecchinello dan Fausto Gresini.
LCR dapat menempuh jalur yang sama dengan sejarah Cecchinello sendiri (lihat boks, saat ia masih aktif turun di kelas 125cc pada 2002). Atau, mereka bisa memodifikasi livery Castrol Honda yang sudah tampak retro yang pernah digunakan Johann Zarco tahun ini.
Gresini telah mencoba hal ini dengan memberikan penghormatan kepada motor mendiang pendirinya yang memenangi kejuaraan (kelas 125cc/Moto3) pada tahun 1987.
VR46 Racing
Lalu, bagaimana dengan tim VR46 Racing milik legenda hidup Valentino Rossi? Mulai turun penuh di MotoGP sejak 2022, VR46 Racing sudah berhasil mengantongi tiga kemenangan.
Untuk livery di Silverstone, VR46 kemungkinan menurunkan edisi saat mereka menjalani musim perdana di MotoGP, saat masih diperkuat Luca Marini.