Dari EV hingga Hybrid, Inilah Kendaraan Ramah Lingkungan Toyota di Olimpiade

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Toyota sebagai sponsor resmi Olimpiade sejak 2015 menyediakan kendaraan ramah lingkungan untuk para atlet dan ofisial di Olimpiade Paris 2024 (Yusuf/Skor.id).
Toyota sebagai sponsor resmi Olimpiade sejak 2015 menyediakan kendaraan ramah lingkungan untuk para atlet dan ofisial di Olimpiade Paris 2024 (Yusuf/Skor.id).

SKOR.idOlimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 merupakan Olimpiade dan Paralimpiade paling ramah lingkungan yang pernah ada dalam era modern. 

Tahun ini, multievent olahraga terbesar dunia tersebut meningkatkan standar transportasi, pembangunan perkotaan, dan acara publik yang lebih ramah lingkungan.

Produsen mobil asal Jepang, Toyota, yang kembali jadi mitra transportasi resmi Olimpiade musim panas tahun ini, pun menyediakan kendaraan-kendaraan nol emisi sebagai fasilitas.

Berbagai kendaraan Toyota tersebut selain digunakan oleh atlet Olimpiade dan Paralimpiade 2024 juga untuk penyelenggara, jurnalis, dan penonton. 

Toyota berfokus pada solusi kendaraan listrik daripada memenuhi Paris dengan kendaraan berbahan bakar bensin dan solar, yang berisiko menurunkan kadar udara bersih akibat zona emisi rendah mereka.

Alhasil, Olimpiade Paris 2024 hanya akan memiliki 50% jejak karbon dibandingkan dengan Olimpiade-olimpiade sebelumnya. 

Toyota dan Olimpiade

Toyota merupakan mitra mobilitas pertama Olimpiade dan mitra transportasi eksklusif Olimpiade dan Paralimpiade termasuk Olimpiade 2024 di Paris. 

Kedua pihak menandatangani kontrak kerja sama pada 2015 lalu. Pada Olimpiade 2024 kendaraan Toyota menyediakan transportasi bagi atlet, jurnalis, dan penyelenggara.

Ini tentunya merupakan tugas yang tidak ringan bagi pabrikan tersebut.

Deretan kendaraan yang disediakan Toyota untuk Olimpiade 2024 (Dok. Toyota).
Deretan kendaraan nol emisi yang disediakan Toyota untuk Olimpiade 2024 (Dok. Toyota).

Lalu, bagaimana upaya Toyota mendukung Olimpiade 2024 sekaligus menjaga ekosistem ramah lingkungan? 

Kendaraan-kendaraan non-ICE apa saja yang disediakan Toyota dalam gelaran Olimpiade tahun ini? Inilah yang akan dibahas dalam Skor Special edisi kali ini.

Skor Special merupakan artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.

Berikut ini berbagai kendaraan yang disiapkan Toyota untuk mobilitas Olimpiade 2024:

Kendaraan Khusus Toyota untuk Atlet

Accessible People Movers (Dok. Toyota).
Accessible People Movers untuk mobilitas atlet di Olimpiade maupun Paralimpiade 2024 (Dok. Toyota).

Untuk membawa atlet Olimpiade dan Paralimpiade ke pertandingan Toyota telah menyiapkan kendaraan khusus. Para atlet ditempatkan di perumahan di Saint-Denis, pinggiran kota.

Toyota mengirimkan 250 unit Accessible People Movers (APM) atau Kendaran Angkutan Orang yang dapat diakses bertenaga baterai selama Olimpiade Paris 2024

Kendaraan inovatif ini adalah kendaraan listrik berkecepatan rendah dan jarak pendek, mirip seperti kereta golf generasi baru yang mewah dengan dua baris penumpang dan satu baris pengemudi. 

Dengan jarak tempuh 62 mil (100 km) dan kecepatan maksimum lebih dari 12 mil (20 km) per jam, mereka menawarkan layanan jarak dekat di lokasi acara bagi penyandang disabilitas. 

Selain itu, kendaraan tersebut memungkinkan penyelenggara memindahkan barang-barang kecil di sekitar lokasi Olimpiade, dan menyediakan bantuan darurat setiap saat.

Kendaraan APM Toyota sebelumnya juga pernah digunakan di Olimpiade Tokyo 2020. 

APM Toyota tersebut telah didesain ulang untuk Olimpiade 2024 guna mengangkut atlet, pengunjung, penonton, dan staf penyandang disabilitas di sekitar lokasi acara dan juga di Athelete Village.

Kursi Roda E-Puller 

Kursi roda e-puller untuk disabilitas juga disediakan Toyota selama Olimpiade 2024 (Dok. Toyota).
Kursi roda e-puller untuk disabilitas juga disediakan Toyota selama Olimpiade 2024 (Dok. Toyota).

Toyota telah meluncurkan kursi roda e-puller bertenaga listrik untuk Olimpiade 2024.

Dengan jarak tempuh hanya 15,5 mil (25 km), teknologi ini juga merupakan solusi jarak dekat untuk membantu orang-orang berkeliling lokasi acara. APM ini didukung aplikasi KINTO Share.

E-puller mengubah kursi roda mekanis klasik menjadi solusi mobilitas elektrik bertenaga baterai.

Sehingga, memberikan lebih banyak kebebasan bergerak bagi pengguna kursi roda.

Sebanyak 50 unit e-puller akan tersedia di athlete village dan 150 unit pada upacara pembukaan.

Skuter C+ Walk

Skuter C+ Walk model berdiri (kiri) dan duduk (Dok. Toyota).
Skuter C+ Walk model berdiri (kiri) dan duduk (Dok. Toyota).

Skuter mobilitas elektrik C+ Walk hadir dalam desain pengendara berdiri dan duduk.

Untuk Olimpiade 2024, skuter ini terutama disediakan bagi karyawan penyandang disabilitas.

Sehingga, memungkinkan mereka bergerak bebas di sekitar kantor pusat Panitia Penyelenggara.

Skuter ini melaju dengan kecepatan maksimum 6 km/jam, yang berada dalam kisaran kecepatan berjalan manusia pada umumnya.

C+ Walk mampu menempuh jarak tempuh sekitar 12 km berkendara terus-menerus dengan sekali pengisian daya baterai penuh.

Layanan Berbagi Tumpangan KINTO

Selain menyediakan armada kendaraan resmi untuk Olimpiade 2024, Toyota mendukung staf Olimpiade Paris 2024 dengan layanan berbagi tumpangan KINTO Share yang inovatif.

Armada kendaraan listrik dan hybrid ini memungkinkan penyelenggara Olimpiade berkeliling kota dan desa Olimpiade dengan mudah, tanpa emisi apa pun.

Armada EV dan Hybrid Akan Digunakan Seterusnya di Paris

Total Toyota menyediakan armada kendaraan penumpang lebih dari 2.650 unit kendaraan listrik selama Olimpiade 2024 di Paris.

Ini untuk mendukung tujuan mereka mengurangi emisi karbon kendaraan selama Olimpiade 2024 sebesar 50% dibandingkan dengan Olimpiade sebelumnya. 

Dengan hampir 60% armada resmi diproduksi secara lokal, ini merupakan seruan untuk operasi transportasi berskala lebih berkelanjutan di seluruh dunia.

Kendaraan-kendaraan itu akan tetap berada di Paris setelah Olimpiade, menambah armada taksi yang ada dan menyediakan pilihan transportasi yang disesuaikan untuk kota tersebut.

Dalam era di mana pembangunan perkotaan sulit menjadi seinovatif dunia teknologi, ini merupakan kontribusi besar.

Desain untuk armada mobil Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 mengambil inspirasi dari isyarat visual ikonik dari Olimpiade itu sendiri serta budaya Prancis. 

Kendaraan akan menampilkan spanduk mengilap dan merek dagang matte, warnanya dikoordinasikan dengan jenis mesinnya.

Inilah rincian 2.650 kendaraan nol emisi yang disiapkan Toyota untuk mendukung mobilitas dalam Olimpiade 2024 di Paris (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).
Inilah rincian 2.650 kendaraan nol emisi yang disiapkan Toyota untuk mendukung mobilitas dalam Olimpiade 2024 di Paris (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Berikut ini rincian 2.650 unit kendaraan ramah lingkungan yang dihadirkan Toyota sepanjang Olimpiade 2024:

500 Unit EV Hidrogen

Toyota Mirai untuk Olimpiade 2024 (Dok. Toyota).
Toyota Mirai untuk Olimpiade 2024 (Dok. Toyota).

Anda akan dapat melihat kendaraan bertenaga hidrogen atau kendaraan listrik sel bahan bakar (FCEV) Toyota Mirai berwarna biru. 

Warna birunya melambangkan air, satu-satunya emisi yang dihasilkan oleh kendaraan hidrogen. 

Setelah Olimpiade 2024, 500 unit mobil ini akan bergabung dengan armada taksi hidrogen Paris.

1.150 Unit EV Bertenaga Baterai

Warna hijau diperuntukkan bagi kendaraan listrik bertenaga baterai, karena alasan yang jelas. Toyota akan menyediakan sekitar seribu model bZ4X, Proace, dan Lexus RZ. 

Selain itu, akan terlihat 150 kendaraan Toyota Proace Verso yang dapat diakses kursi roda berwarna hijau untuk mendukung mobilitas anggota keluarga atlet Olimpiade dan Paralimpiade yang menggunakan kursi roda.

1.000 Unit Mobil Hybrid

Kendaraan berwarna ungu yang melaju kencang di pusat kota Paris akan menjadi armada mobil hybrid dan plug-in hybrid Toyota. 

Kendaraan ini akan mencakup model RAV4, Toyota Corolla TS, Yaris Cross, dan Highlander.

Livery Toyota Yaris Cross untuk Olimpiade 2024 (Dok. Toyota).
Livery Toyota Yaris Cross untuk Olimpiade 2024 (Dok. Toyota).

Olimpiade 2024 Jadi yang Terakhir bagi Toyota 

Toyota dikabarkan tidak tertarik melanjutkan kontrak kerja sama dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai sponsor utama Olimpiade atau The Olympic Partner (TOP).

Dengan demikian, kerja sama kedua belah pihak yang terjalin sejak 2015 akan berakhir setelah Olimpiade Paris 2024.

Dilansir dari Kyodo News, Toyota memilih tidak memperbarui kesepakatan kontrak sebagai sponsor Olimpiade bernilai total 835 juta dolar AS (setara Rp13,5 triliun) itu.

Media Jepang tersebut mengutip sumber yang dekat dengan masalah itu, dan mengatakan hierarki Toyota tidak senang dengan pendapatan sponsor yang digunakan oleh IOC.

Sedangkan IOC sendiri dalam pernyataan yang dikeluarkan untuk Sportcal (Globaldata) dan media lainnya, membenarkan kabar berakhirnya kerja sama dengan Toyota. 

“Kami memiliki perjanjian dengan Toyota hingga akhir 2024. Saat ini kami bekerja sama dalam persiapan untuk Olimpiade Paris 2024 dan kami berharap dapat mewujudkan rencana menarik kami,” demikian pernyataan IOC.

Source: motorway.co.uk

RELATED STORIES

Mengapa Olimpiade Penting untuk Terus Digelar

Mengapa Olimpiade Penting untuk Terus Digelar

Olimpiade adalah ajang empat tahunan yang telah digelar sejak 1896 dan menjadi event puncak yang dijadikan tujuan para atlet karena sangat bergengsi.

5 Kunci Sukses Indra Sjafri Menangani Timnas Usia Muda

5 Kunci Sukses Indra Sjafri Menangani Timnas Usia Muda

Indra Sjafri sudah meraih empat gelar dalam kiprah sebagai pelatih Timnas Indonesia kelompok umur.

Sebulan Berjalan, 5 Catatan Menarik Esports World Cup 2024

Sebulan Berjalan, 5 Catatan Menarik Esports World Cup 2024

Gelaran Esports World Cup 2024 alias Piala Dunia Esports kini sudah berjalan sebulan, apa saja catatan menarik dari perhelatan ini?

Makna Dalam Livery Retro Tim-tim MotoGP di GP Inggris 2024

Seluruh tim yang turun di MotoGP Inggris di Silverstone akan turun dengan livery retro.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Sundulan bek tengah Gabriel Magalhaes memanfaatkan sepak pojok Bukayo Saka antar Arsenal menang 1-0 atas Tottenham Hotspur di pekan keempat Liga Inggris 2024-2025. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga Inggris

Statistik Kontras Arsenal dan Tottenham soal Set-Piece

Arsenal sekali lagi menunjukkan kepada Tottenham mengapa efisiensi bola mati sangat penting.

Tri Cahyo Nugroho | 16 Sep, 17:33

Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri

Other Sports

Lalu Muhammad Zohri Sukses Sabet Medali Emas dan Pecah Rekor PON

Sprinter NTB Lalu Muhammad Zohri borong medali emas nomor 100 meter serta 200 meter putra di PON 2024 Aceh-Sumut.

I Gede Ardy Estrada | 16 Sep, 17:10

Striker Inter Milan asal Argentina Lautaro Martinez belum juga mencetak gol hingga pekan keempat Liga Italia 2024-2025. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga Italia

Mengapa Lautaro Martinez Belum Mampu Cetak Gol untuk Inter

Sejak Mei lalu, Lautaro Martinez baru mencetak satu gol di Liga Italia untuk Inter Milan.

Tri Cahyo Nugroho | 16 Sep, 16:50

Cristiano Ronaldo sudah mencetak 900 gol lebih dalam karier yang dibuatnya di usia 39 tahun. (Hendy Andika S/Skor.id)

SKOR SPECIAL

Rahasia Cristiano Ronaldo Tetap Fit dan Populer di Usia 39 Tahun

Bagaimana Cristiano Ronaldo menjaga kondisi tubuhnya tetap fit di usia 39 tahun, menarik perhatian publik.

Tri Cahyo Nugroho | 16 Sep, 16:20

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2024-2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Skor Indonesia | 16 Sep, 14:02

Azzahra Permatahani-Olimpiade 2024

Other Sports

Perenang Azzahra Permatahani Lanjutkan Tradisi Emas di PON 2024

Perenang Azzahra Permatahani sukses merebut medali emas nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri PON 2024 untuk Sulawesi Tengah.

Arin Nabila | 16 Sep, 13:16

Stadion Nasional Bahrain. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Timnas Indonesia

Profil Stadion Nasional Bahrain, Venue Menyakitkan untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan kembali bermain lagi ke Stadion Nasional Bahrain, setelah terakhir kali pada 2012 silam.

Rais Adnan | 16 Sep, 13:08

Pelatih asal Uruguay, Marcelo Suarez. (Foto: Dok. Marcelo Suarez/Grafis: Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Liga 1

Marcelo Suarez, Pelatih yang Pernah Juara Liga Uruguay Tertarik Melatih Klub Indonesia

Marcelo Suarez tertarik melatih klub Indonesia, setelah melihat perkembangan pesat Timnas Indonesia.

Rais Adnan | 16 Sep, 11:58

Sergio Perez dan Carlos Sainz Jr

Formula 1

Soal Insiden di Baku, Sergio Perez dan Carlos Sainz Enggan Saling Menyalahkan

Sergio Perez dan Carlos Sainz Jr jelaskan kronologi kecelakaan yang melibatkan mereka di pengujung balapan F1 GP Azerbaijan 2024.

I Gede Ardy Estrada | 16 Sep, 11:22

Rafael Rodrigues 'Rafinha', penyerang asing asal Brasil yang memperkuat PSIM Yogyakarta di Liga 2 2024-2025. (Foto: Instagram PSIM Yogyakarta/Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

Liga 2

Rafael Rodrigues, Bintang Kemenangan PSIM Usai Berikrar untuk Sang Buah Hati

Rafael Rodrigues 'Rafinha' dari PSIM Yogyakarta jadi player of the week Liga 2 2024-2025 versi Skor.id.

Taufani Rahmanda | 16 Sep, 10:54

Load More Articles