SKOR.id – Wajar jika dikatakan bahwa Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 lalu bukanlah musim yang baik bagi juara dunia 2021 Fabio Quartararo.
Pembalap tim pabrikan Yamaha itu tidak mampu meraih kemenangan pada musim 2023. Karena rekan setimnya saat itu Franco Morbidelli juga tak pernah finis P1, maka Yamaha pun harus merasakan gagal memenangi balapan dalam semusim di MotoGP untuk kali pertama dalam 20 tahun terakhir.
Di tengah masalah yang mengakar pada mesin Yamaha YZR-M1, Quartararo hanya berhasil mencetak tiga podium—itu pun semua hanya P3—dari 20 Grand Prix, musim terpanjang yang pernah ada. Alhasil, ia finis terburuk di sepanjang kariernya di klasemen MotoGP, ke-10.
Pembalap asal Prancis itu mengakui, mentalnya terpukul musim lalu. Maklum, ia sudah mengerahkan segala kemampuan, 100 persen. Namun, El Diablo tetap tidak mampu bersaing di posisi atas dan hanya finis P7 misalnya. Ia pun “harus puas” dengan hasil tersebut.
Tes usai musim 2023 di Valencia tidak menunjukkan perubahan besar seperti yang diharapkan Quartararo. Namun, dengan program Yamaha yang berfokus pada aero, Quartararo secara tentatif merasa positif dengan kemajuan yang dicapai.
Di luar perbaikan spesifik, Quartararo mengatakan dia telah melihat semangat baru di dalam pabrik karena tidak hanya perubahan pada motor tetapi juga struktur tim secara keseluruhan.
Musim dingin lalu, Yamaha mengangkat direktur teknik baru Max Bartolini dan kepala aerodinamika Marco Nicotra. Mereka menjadi dua rekrutan penting yang dilakukan Yamaha dari merek saingannya untuk menutup kesenjangan ke depan.
“Saya pikir mentalitasnya mulai menjadi lebih mirip dengan mentalitas Eropa, dan ini adalah sesuatu yang saya sukai,” tutur Quartararo.
“Ini sesuatu yang membuat orang-orang yang mereka pekerjakan, meskipun mereka berasal dari Eropa, mereka lebih mendengarkan orang-orang dari luar Jepang.
“Pada akhirnya, jika memerlukan bantuan, Anda harus mendengarkan orang lain. Saya pikir di masa lalu mereka hanya mendengarkan orang-orang Yamaha. Sekarang mereka lebih terbuka, dan menurut saya ini adalah perubahan besar bagi Yamaha.”
Quartararo menjelaskan, tentu saja orang-orang di Yamaha akan mendapat tekanan. Namun, menurut Quartararo, mereka juga harus bisa tampil di bawah tekanan, bukan hanya pembalap.
Tekanan yang perlu diterapkan juga sangat jelas bagi Quartararo. Tidak hanya mencari performa mesin yang lebih baik seperti yang telah ia tuntut selama berbulan-bulan, ia juga sadar betul bahwa keseluruhan paket M1 telah ditinggalkan oleh aerodinamika MotoGP dan perang perangkat pengatur ketinggian pengendaraan.
“Akselerasi, aero, perangkatnya, dan kecepatan di tikungan,” kata Quartararo saat ditanya apa saja yang perlu ditingkatkan dari Yamaha YZR-M1.
Semua hal di atas terjadi sebelum dimulainya putaran pertama Kejuaraan Dunia MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, akhir pekan lalu. Faktanya, Quartararo dan Yamaha terlihat masih sangat kesulitan untuk bersaing di posisi atas di Qatar.
November 2023 lalu, Quartararo finis di P7 dan terpaut +7,8 detik dari pemenang MotoGP Qatar. Pada Minggu (10/3/2024) malam lalu, El Diablo menjadi pembalap Yamaha dengan hasil finis terbaik di GP Qatar, P11. Yang mengkhawatirkan, gapnya dengan sang pemenang yang juga juara dunia bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) mencapai +17,7 detik.
Hal serupa terjadi di sprint race yang digelar sehari sebelumnya. Yamaha YZR-M1 milik Quartararo menyelesaikan 4,938 detik lebih cepat dibanding pencapaiannya tahun lalu. Namun, para rival Yamaha asal Eropa mengambil langkah yang jauh lebih besar.
Qatar memang baru putaran pertama MotoGP 2024. Musim ini masih sangat panjang, masih ada 20 Grand Prix di depan. Tetapi jika Yamaha tidak melakukan perubahan radikal dengan cepat, bukan tidak mungkin mereka akan kehilangan Quartararo mulai musim 2025.
Quartararo memang telah menjadi subyek banyak spekulasi menjelang tahun terakhir kontraknya dengan Yamaha. Pemenang 11 Grand Prix kelas MotoGP itu berulang kali mengungkapkan rasa frustrasinya atas terbatasnya kemajuan pada M1 dibandingkan dengan apa yang berhasil dicapai oleh para rival Eropanya: Ducati, KTM, dan Aprilia.
Selama tes pramusim di Malaysia, Quartararo mengakui dirinya telah mengadakan “pembicaraan awal” dengan tim-tim lain untuk tahun 2025 dan seterusnya. Kansnya cukup besar mengingat sebagian besar kursi di grid akan tersedia tahun depan.
Meski menekankan bahwa tidak ada batasan waktu kapan ia ingin mendapat kepastian di mana ia akan membalap tahun depan, pembalap berusia 24 tahun itu mengatakan ia ingin melihat terlebih dahulu dampak dari perubahan yang dilakukan Yamaha terhadap staf tekniknya sebelum ini. menandatangani kontrak baru.
“Tidak ada tenggat (batas waktu), kami belum melakukan pembicaraan yang baik dengan Yamaha,” ujar Quartararo pada Kamis (7/3/2024) pekan lalu di Qatar.
“Jadi saya pikir saya perlu sedikit waktu. Proyeknya, mentalitas tim, bagaimana perkembangan para insinyur baru ini. Saat ini saya dapat mengatakan mereka sedang membuat langkah-langkah, seperti yang saya katakan di jawaban sebelumnya. Tapi saya pikir kita harus mendengarkan semua orang.”
Quartararo menjelaskan bagaimana penurunan performa berdampak pada dirinya baik di dalam maupun di luar lintasan. Namun, ia merasa telah belajar mengelola ekspektasinya menjelang tahun 2024.
“Itu tidak mudah. Tahun lalu cukup sulit untuk menerima posisi yang saya jalani. Saya pikir di tujuh atau delapan balapan awal, secara pribadi saya merasa tidak enak badan. Di rumah saya juga tidak baik,” ucap Quartararo.
“Ketika bertarung memperebutkan gelar juara selama tiga tahun berturut-turut dan Anda berada di posisi seperti saya saat ini, itu tidak pernah mudah. Tapi saat ini Anda harus tahu di mana Anda berada.”