SKOR.id – MotoGP resmi meluncurkan logo baru pada hari yang sama Jorge Martin menjadi juara dunia kelas premier, Minggu (17/11/2024). Desain tersebut bakal digunakan mulai 2025.
Perubahan ini merupakan bagian dari persiapan kejuaraan dunia menyambut era baru di bawah payung Liberty Media yang juga adalah pemilik ajang balap Formula 1.
Seperti ketika mengambil alih F1 pada 2016, salah satu hal awal yang dilakukan Liberty adalah membangun identitas baru dengan penggunaan logo baru per 2017.
Identitas anyar MotoGP yang mengusung tagline Faster. Forward. Fearless. jelas terlihat sangat berbeda dibandingkan desain terdahulu yang ikonik dan dinamis. Logo tampak lebih sederhana, tanpa simbol chequered flag.
Ini menandai perubahan signifikan pertama sejak 2007. Desain logo baru tak hanya akan terjadi di MotoGP, tetapi juga di kelas Moto2, Moto3, serta MotoE.
Tampilan anyar tersebut digarap oleh studio desain Pentagram, yang mencakup logo, font, serta identitas visual dan verbal.
Menurut Dorna Sports, selaku operator MotoGP, huruf “M” yang dibuat miring pada logo baru terinspirasi dari dua motor yang jaraknya berdekatan di trek.
Sementara itu, dua “O” merepresentasikan roda dan “T” adalah pembalap di antaranya. Sedangkan GP tetap menggunakan huruf kapital serta diletakkan agak berjarak.
“Bekerja pada identitas baru MotoGP adalah kehormatan luar biasa. Senang sekali dapat berkolaborasi dengan MotoGP untuk menata ulang brand ikonik ini,” ujar Direktur Kreatif Pentagram Angus Hyland.
“Kami berharap para penggemar di seluruh dunia akan menyukai tampilan dan nuansa baru saat MotoGP memasuki musim selanjutnya,” ia menambahkan.
Antusiasme juga ditunjukkan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta terkait logo terbaru MotoGP. Ia mengaku sangat puas dengan hasil karya Pentagram dan berharap penggemar pun menyukainya.
“Bekerja sama dengan Pentagram telah menjadi pengalaman luar biasa yang menghasilkan apa yang kami harap akan disetujui fans sebagai sebuah hasil yang fantastis,” kata Ezpeleta.
“Brand lebih dari sekadar logo, dan MotoGP lebih dari sebuah olahraga. Kami berharap identitas baru ini mengomunikasikan setiap aspeknya, dari kecepatan hingga gairah dan segala hal di antaranya.”