SKOR.id – Merek jersey Tim Nasional Indonesia yang baru saja diluncurkan yakni Erspo, mungkin masih terdengar asing di telinga pencinta sepak bola Indonesia.
Namun setelah mengetahui bahwa kepanjangan dari Erspo adalah Erigo Sport, barulah orang sadar bahwa jersey tersebut merupakan bagian dari produk Erigo.
Erigo merupakan sebuah brand fashion lokal asal Tangerang yang didirikan oleh Muhammad Sadad.
Pada 24 Oktober 2023 lalu, Erigo terpilih sebagai Mitra Official Fashion Apparel Timnas Indonesia untuk 2024-2025 mengantikan merek sebelumnya, Mills.
Konsekuensinya, Erigo akan memproduksi berbagai apparel pendukung Skuat Garuda dalam dua tahun ini.
Ketika terpilih, belum ada sub-brand Erigo yang memproduksi perlengkapan olahraga.
Hingga kemudian pada 22 Januari 2024 barulah Erigo resmi meluncurkan sub-brandnya, yaitu Erspo, yang khusus memproduksi produk-produk apparel olahraga.
Jadilah nama dan logo Erspo yang dipakai oleh Skuad Garuda untuk saat ini.
Ketika diluncurkan, PSSI dan Erspo mengusung tema “Moving Forward Into The Golden Era” (Melangkah ke Depan Menuju Era Emas). Kerja sama ini bernilai Rp16,5 miliar.
Dalam konferensi pers Senin (18/3/2024) di Jakarta, Muhammad Sadad memperkenalkan beberapa varian jersey Timnas Indonesia yaitu home, away, dan kiper kepada media.
Terdapat tiga tingkatan dari jersey tersebut, yakni player issue yang dipakai pemain, kemudian replica version, serta versi terendah dan termurah adalah supporter version.
Sejarah Erigo
Erigo memproduksi produk-produk atasan kasual, jaket kasual, bawahan jeans dan bukan jeans, tas kasual, jam tangan, busana formal, dan kemeja batik.
Cikal bakal Erigo sudah ada sejak 2011 di Kota Depok, namun baru mulai ditekuni dan diseriusi oleh pemiliknya, Muhammad Sadad, pada 2013 dan kemudian dinamai Erigo.
Brand lokal ini berfokus pada streetwear fashion yang dapat digunakan pria dan wanita di Indonesia maupun global.
Ya, Erigo memang menjadi lokal brand yang laris di pasaran bahkan mulai mendunia.
Selain menjual produk fashion di Indonesia, Erigo juga menjual produk sampai mereka hingga ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.
Tidak hanya itu, pada 2021, Erigo juga tampil dalam ajang mode bergengsi dunia, New York Fashion Week.
Erigo saat itu menjadi satu-satunya brand Indonesia yang melenggang di panggung gelaran New York Fashion Week.
Sebagai upaya menjangkau pasar Amerika Serikat, Erigo juga membuka pop-up store pada September 2021 lalu di SoHo.
Selama ini dikenal sebagai salah satu lokasi paling bergengsi di New York. Pop-up store ini dibuka selama dua minggu.
Bahkan, Erigo juga berani memasang iklan di Time Square New York hingga sempat menjadi trending topic.
Saat ini Erigo memiliki berbagai koleksi mulai dari Outerwear, T-shirt, Longshirt, Short Shirt, Chino Pants, Denim Pants, dan aksesori dengan desain terbaru.