SKOR.id - PSSI resmi bekerja sama dengan brand lokal, Erspo sebagai apparel timnas Indonesia yang baru, Senin (22/1/2024) siang.
Peresmian kerja sama dilakukan di FX Senayan, Jakarta, dihadiri Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Founder Erspo Muhammad Sadad.
Erspo merupakan bagian dari brand casual lokal ternama, Erigo, yang sebelumnya telah memenangkan bidding yang dilakukan PSSI.
Saat ini Timnas Indonesia masih memakai apparel lokal lainnya, Mills. Namun kerja sama yang terjalin sejak 2020 itu akan selesai akhir Februari 2024.
Erick Thohir pun menjelaskan alasan PSSI kembali memilih brand lokal sebagai apparel Timnas Indonesia setelah berpisah dengan Mills.
"Ini era baru, golden era. Tidak hanya kita mendorong tim nasional kita bisa mempersaipkan diri dengan baik, apalagi kemarin ada training center di Tukri, persiapan Timnas U-20, tetapi kita juga membuka bagaimana brand lokal bisa mendunia," katanya dalam sambutan.
"Kita cocba mendorong brand-brand lokal yang banyak didorong generasi muda dunia, menjadi ekosistem yang saling mengntungkan dengan sepak bola Indonesia," Erick Thohir menuturkan.
Lebih lanjut lelaki yang juga Menteri BUMN itu menjelaskan kalau ada 20 brand yang mengikuti tender ini dan proses yang dilakukan secara transparan.
"Ini pertama kali, karena memang kita dorong PSSI ini bukan hanya untuk meningkatkan value PSSI dan sponsor, tetapi juga transparansi," Erick Thohir menambahkan.
Mantan petinggi klub Inter Milan itu mengatakan kalau nilai kontrak dengan Erspo mencapai lebih dari Rp15 miliar. Dan, kerja sama ini akan berlangsug selama dua tahun.
"Dan nilainya ini 16,5 miliar, di mana ada cash 5 miliar, dan yang paling terbaru ada istilahnya royalti. Ini belum pernah selama ini. Biasanya hanya dengan konsep sponsorship," ujar Erick Thohir.
"Karena itu, kami juga mendorong, bagaimana supaya PSSI, timnas, apa yang bisa kita bantu. Karena jangan sampai kerja sama ini tidak last long."
"Kalau kita mau sukses sama-sama, kita harus ada mutual, benefit, kerja sama yang last long. Karena itu saya apresiasi para founder. Kami percaya, brand lokal bisa mendunia," Erick Thohir memungkasi.
Sementara itu Founder Erspo, Muhammad Sadad berterima kasih kepada PSSI yang sudah mempercayakan brand mereka menjadi apparel Timnas Indonesia ke depan.
"Terima kasih sebelumnya saya ucapkan kepada Pak Erick yang sudah mempercayakan Erspo," ucapnya.
"Jadi officially hari ini kita akan memperkenalkan brand baru yang namanya Erspo, itu identity yang berbeda dari Erigo. Kita ingin serius di industri sportswear."
"Mudah-mudahan ini dapat diapresiasi oleh insan pencinta bola di Indonesia," Sadad menjelaskan.
Tak hanya itu, ia pun mengaku kalau jersey Timnas Indonesia terbaru bakal diluncurkan oleh Erspo pada Maret 2024.
"Jadi proyek Erspo ini kami tarik beberapa orang di bidangnya. Kami juga tarik satu mantan pemain Timnas U-23, ada desainer juga," ucap Sadad.
"Ini proyek benar-benar kolaborasi karena kami ingin mengajak orang-orang dari industri bahwa Garuda memanggil."
"Semoga produk ini bisa menjadi hadiah di bulan Maret nanti supaya bisa menang saat lawan Vietnam (di Kualifikasi Piala Dunia 2026)," ia memungkasi.