Mengapa Tim-tim Spanyol Mendominasi Sepak Bola Akhir-akhir Ini

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Timnas Spanyol dari berbagai level, pria maupun wanita, meraih sukses dalam setahun belakangan ini (Jovi Arnanda/Skor.id).
Timnas sepak bola Spanyol dari berbagai level, pria maupun wanita, meraih sukses dalam setahun belakangan. Terakhir timnas putra U-23 mereka menjuarai Olimpiade 2024 (Jovi Arnanda/Skor.id).

SKOR.id – Spanyol berhasil mendominasi sepak bola dunia dalam semua level akhir-akhir ini. Tim nasional putra Spanyol mengalahkan Inggris pada laga final untuk dinobatkan sebagai juara Euro 2024.

Sementara sebelumnya, Timnas Wanita Spanyol memenangkan Piala Dunia Wanita 2023.

Spanyol juga memegang dua gelar terbesar dalam sepak bola klub Eropa, dengan Real Madrid dan Barcelona masing-masing memenangkan Liga Champions pria dan wanita musim 2023-2024.

Dan Spanyol kini telah menambahkan medali emas Olimpiade ke dalam daftar prestasi.

Tim sepak bola putra mereka berhasil menaklukkan tuan rumah Prancis pada final cabang sepak bola Olimpiade 2024 di Paris, Jumat (9/8/2024) waktu setempat.

Inilah daftar gelar yang diraih tim putra sepak bola Spanyol belakangan ini (Jovi Arnanda/Skor.id).
Inilah daftar gelar yang diraih tim sepak bola Spanyol untuk sektor putra dalam setahun belakangan ini (Jovi Arnanda/Skor.id).

Ini adalah daftar prestasi yang sangat mengesankan bagi Spanyol, meski mungkin mengkhawatirkan bagi negara-negara pesaingnya.

Itu mengingat keberhasilan tersebut diraih di tengah kekacauan dalam tubuh RFEF akibat skandal seksisme yang sempat membayangi kemenangan mereka dalam Piala Dunia Wanita 2023.

Jadi, bagaimana Spanyol bisa menjadi kekuatan yang begitu dominan akhir-akhir ini? Inilah yang akan dibahas dalam Skor Special edisi kali ini.

Skor Special merupakan artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.

1. Menormalkan Perasaan Menang dalam Semua Level

Sukses Spanyol menjadi yang terbaik dalam pentas Euro 2024 merupakan gelar Euro pertama mereka sejak tahun 2012.

Faktanya, Timnas Spanyol telah mengalami periode yang relatif sulit pada tahun-tahun di antara 2012 hingga 2024 itu.

Namun, ketika Spanyol mencapai babak akhir turnamen, La Roja biasanya selalu menjadi yang teratas seperti yang disorot oleh salah satu statistik.

Baik itu dalam pentas Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions, atau Piala UEFA/Liga Europa, dalam 27 final pria terakhir yang melibatkan tim Spanyol, semua berakhir dengan kemenangan untuk Spanyol.

Sementara itu, permainan Timnas Wanita Spanyol telah berkembang pesat dalam dekade terakhir dan juga mulai meraih sukses besar dalam permainan bertekanan tinggi.

Kemenangan Spanyol atas Inggris dalam final Piala Dunia Wanita tahun lalu terjadi hanya dalam penampilan ketiga mereka di turnamen tersebut, setelah menjalani debut pada 2015.

Timnas Wanita Spanyol juga memenangkan Nations League awal tahun ini, sementara Barcelona telah memenangkan dua gelar dalam Liga Champions Wanita terakhir.

"Perubahan dalam sepak bola wanita di Spanyol sangat signifikan," mantan pemain Timnas Wanita Spanyol, Maria Garrido, yang sekarang menjadi jurnalis, mengatakan kepada BBC Sport.

"Sepuluh tahun lalu ketika saya bermain untuk FC Barcelona, ​​tidak ada La Masia (akademi terkenal di Barcelona) untuk anak perempuan.” 

“Kami menanggung biaya transportasi sendiri, orangtua kami membawa kami ke tempat latihan, dan kami tidak menghasilkan uang,” Garrido menambahkan.

"Namun dalam lima tahun terakhir ini, situasinya telah membaik secara dramatis. Ada dorongan substansial untuk mempromosikan sepak bola wanita.”

“Termasuk penciptaan lebih banyak kategori pemain muda, fasilitas dan kondisi yang lebih baik, hingga pendirian akademi sepak bola khusus untuk anak perempuan.”

"Transformasi ini tidak hanya merevolusi olahraga, melainkan juga meningkatkan rasa hormat terhadap sepak bola wanita di Spanyol," ia menambahkan.

Keberhasilan ini, baik untuk tim putra maupun tim putri, diraih setelah mengangkat banyak gelar dalam level junior selama dekade terakhir.

Para pemain dari tim muda tersebut kemudian membawa mentalitas juara itu ke sepak bola senior.

Salma Paralluelo contohnya, baru berusia 20 tahun, tapi ia merupakan bagian dari tim juara Piala Dunia Wanita dan sudah dua kali jadi juara Liga Champions Wanita bersama Barcelona.

Dalam level junior, Paralluelo memenangkan Piala Dunia Wanita U-20 dan U-17, serta Piala Eropa Wanita U-17.

"Kami bekerja dengan sangat baik, tetapi kami melihatnya dalam kategori yang lebih rendah," kata Paralluelo dalam sebuah wawancara dengan FIFA tahun lalu.

"Kami memenangkan segalanya. Pada akhirnya, kami menganggap kemenangan sebagai hal yang wajar. Sungguh luar biasa apa yang sedang dilakukan."

Sedangkan pada sektor putra ada Lamine Yamal yang baru berusia 17 tahun saat ikut membawa Spanyol meraih juara Euro 2024.

2. Pelatih dan Pemain yang Berkelanjutan

Keakraban dan keberlanjutan tampaknya juga memainkan peran penting dalam dominasi Spanyol baru-baru ini.

Sosok yang membawa Timnas Putra Spanyol meraih kesuksesan dalam Euro 2024 pada musim panas ini adalah Luis de la Fuente.

Pelatih 63 tahun itu mengambil alih Timnas Spanyol senior pada 2022, tapi ia sebelumnya pernah melatih beberapa anggota timnya di level U-19, U-21, dan U-23.

Sukses De la Fuente dalam Euro 2024 di Jerman merupakan gelar ketiganya dalam ajang tersebut bersama negaranya, setelah meraih juara bersama Spanyol U-19 dan U-21.

"De la Fuente mengenal sebagian besar pemain ini dari akademi dan mereka berkembang sebagai sebuah tim," kata mantan gelandang Spanyol, Juan Mata, kepada BBC Sport.

"Ini bukan hanya tim untuk saat ini, tetapi juga tim untuk masa depan," Mata menambahkan.

Jorge Vilda melatih Spanyol saat memenangkan Piala Dunia Wanita tahun lalu.

Tapi Vilda kemudian dipecat di tengah dampak skandal Presiden RFEF (PSSI-nya Spanyol), Luis Rubiales.

Vilda telah menjadi pelatih Timnas Spanyol wanita selama delapan tahun. Dia sebelumnya telah memenangkan gelar sebagai pelatih Tim Nasional Spanyol wanita U-17 dan U-19.

Vilda kemudian digantikan oleh mantan asistennya, Montse Tome, yang sekaligus menjadi wanita pertama yang melatih Timnas Spanyol wanita.

Tome memimpin timnya menuju kemenangan dalam Nations League pada percobaan pertama, usai mengalahkan Prancis pada bulan Februari lalu.

"Praktik mempromosikan pelatih dari level U-17 dan U-19 ke tim senior telah menumbuhkan pendekatan taktis dan filosofi yang konsisten dalam Tim Nasional Spanyol," Garrido menuturkan.

"Transisi yang mulus ini memungkinkan pemain untuk berkembang di bawah kepemimpinan pelatih yang sudah dikenal.”

“Sehingga memastikan gaya bermain yang koheren dan terpadu dari level muda hingga senior," ia menambahkan.

3. Gaya Bermain yang Jelas

Ketika Timnas Spanyol putra terakhir menikmati periode dominasi akhir tahun 2000-an hingga awal 2010-an, mereka terkenal dengan umpan pendek dan gaya sepak bola tiki taka.

Era tika taka murni kini sebagian besar telah berakhir, tapi meskipun sepak bola Spanyol belum sepenuhnya meninggalkan prinsip-prinsipnya, mereka telah mengembangkannya.

Penguasaan bola masih menjadi bagian penting dari permainan mereka, tetapi tidak sepenting dulu.

Dalam kemenangan 3-0 atas Kroasia di Euro 2024, mereka memiliki penguasaan bola yang lebih sedikit daripada tim lawan untuk pertama kalinya sejak final Euro 2008.

Catatan itu mengakhiri rangkaian 136 pertandingan Spanyol sebelumnya yang selalu mendominasi penguasaan bola.

Teknik dan posisi kini jadi elemen kunci permainan Timnas Spanyol, dan keduanya juga menjadi fokus utama dalam sepak bola wanita dan remaja.

Tujuan utamanya adalah agar para pemain terbiasa dengan sistem pada semua level.

"Yang hebat dari tim Spanyol saat ini, mereka tahu peran mereka dan bagaimana menyesuaikan diri," kata mantan bek Manchester City, Micah Richards, usai kemenangan Spanyol atas Inggris di Euro 2024.

"Terkadang dengan Inggris, kami hanya menurunkan pemain terbaik kami di lapangan.”

“Tim Spanyol ini berhasil menemukan cara dan memilih pemain yang akan memberi dampak dalam sistem ini," Richards menuturkan.

Inilah daftar gelar yang diraih tim-tim putri Spanyol dalam setahun belakangan (Jovi Arnanda/Skor.id).
Inilah daftar gelar yang diraih tim-tim sepak bola putri Spanyol dalam setahun belakangan (Jovi Arnanda/Skor.id).

Bagaimana Skandal Seksisme Pengaruhi Sepak Bola Spanyol?

Spanyol masih berusaha memperbaiki reputasinya setelah skandal seksisme yang membayangi kemenangan negara itu di Piala Dunia Wanita tahun lalu.

Luis Rubiales kemudian mengundurkan diri sebagai Presiden RFEF usai dikritik karena mencium penyerang Spanyol, Jenni Hermoso, tanpa izinnya pada upacara penyerahan medali final. 

Rubiales selalu membantah melakukan kesalahan. "Terlepas dari kontroversi dengan mantan presiden Luis Rubiales dan skandal seksisme, sepak bola Spanyol masih berkembang pesat," kata Garrido.

"Skandal itu memang menimbulkan perhatian negatif dan mungkin memengaruhi moral.”

“Tapi sistem sepak bola Spanyol yang kuat dan pemain-pemain berbakat membantu menjaga semuanya tetap pada jalurnya,” ia menambahkan. 

“Keberhasilan mereka menunjukkan betapa berdedikasi dan tangguhnya mereka,” kata Garrido.

Dalam jangka panjang, dijelaskan Garrido, skandal ini dapat menyebabkan perubahan positif dalam sepak bola Spanyol. 

“Ada dorongan untuk lebih banyak transparansi, inklusivitas, dan kesetaraan gender dalam federasi,” ujarnya.

"Dengan beberapa reformasi yang diperlukan, federasi dapat menjadi lebih kuat dan lebih inklusif, memastikan keberhasilan dan pertumbuhan yang berkelanjutan," kata Garrido.

Source: BBC Sport

RELATED STORIES

Sulitnya Raih Medali Emas Olimpiade Sekaligus Juara Piala Dunia

Sulitnya Raih Medali Emas Olimpiade Sekaligus Juara Piala Dunia

Sejarah mengatakan sangat sulit meraih medali emas Olimpiade lalu bisa jadi juara Piala Dunia, siapa saja pernah meraihnya?

Top Atlet Peraih Emas Olimpiade Beruntun, Ledecky Dekati Rekor Mijain Lopez

Top Atlet Peraih Emas Olimpiade Beruntun, Ledecky Dekati Rekor Mijain Lopez

Katie Ledecky satu-satunya atlet di dunia yang berpeluang menyamai rekor Mijain Lopez.

Facebook dan Strategi HoK untuk Kuasai Skena Esports Dunia

Facebook dan Strategi HoK untuk Kuasai Skena Esports Dunia

Honor of Kings punya strategi sendiri bagaimana mereka mencoba mengenalkan skena esports mereka ke dunia, salah satunya dengan Facebook.

Mengapa Armand Duplantis Hanya Naikkan 1 Cm untuk setiap Rekor

Mengapa Armand Duplantis Hanya Naikkan 1 Cm untuk setiap Rekor

Tak pernah kalah sejak 2019, Armand Duplantis sudah mengumpulkan 900 ribu dolar AS dari pemecahan rekor dunia loncat galah.

Mengenal Sport Climbing: Perbedaan dan Sistem Poin Speed, Boulder, dan Lead

Berikut segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang perbedaan dan sistem poin panjat tebing (sport climbing), juga perbedaan antara nomor speed, boulder, dan lead.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Prinsipal Tim Red Bull Racing Christian Horner

Formula 1

Posisi Konstruktor Dikudeta McLaren, Red Bull Racing Siap Lancarkan Serangan Balik

Bos Red Bull Christian Horner optimistis timnya akan bangkit dan merebut kembali puncak klasemen kontruktor F1 2024 dari McLaren.

I Gede Ardy Estrada | 17 Sep, 10:36

PSBS Biak vs Madura United. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Liga 1

Hasil PSBS Biak vs Madura United: Badai Pasifik Tumbangkan Laskar Sapeh Kerrab

PSBS Biak berhasil menuai poin penuh saat menjamu Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (17/9/2024).

Rais Adnan | 17 Sep, 10:25

Anthony Sinisuka Ginting, pebulu tangkis Indonesia

Badminton

China Open 2024: Anthony Sinisuka Ginting Jadi Wakil Indonesia Pertama di 16 Besar

Anthony Sinisuka Ginting ke babak 16 besar China Open 2024 usai menyingkirkan sesama wakil Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Doddy Wiratama | 17 Sep, 10:20

Honor of Kings Championship 2024 akan berlangsung di Indonesia (Hendy AS/Skor.id)

Esports

Venue Honor of Kings Championship 2024 Resmi Diumumkan

Akan ada dua venue yang digunakan untuk ajang Honor of Kings Championship 2024.

Gangga Basudewa | 17 Sep, 09:53

Cover Persebaya Surabaya vs Persis Solo. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persebaya Surabaya vs Persis Solo di Liga 1 2024-2025

Laga Persebaya vs Persis akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (18/9/2024) malam WIB.

Rais Adnan | 17 Sep, 09:19

Ilustrasi Basket. (Hendy AS/Skor.id)

Basketball

FIBA Ungkap Alasan Buka Kantor di Indonesia

Minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap olahraga basket jadi salah satu alasan FIBA membuka kantornya di Jakarta.

Arin Nabila | 17 Sep, 09:03

Honor of Kings Championship 2024 (Level Infinite)

Esports

Tiket HOK Championship 2024 Indonesia Qualifier Gratis, Begini Cara Mendapatkannya

Tiket Final Honor of Kings Championship 2024 Indonesia Qualifier bisa dipesan secara gratis melalui aplikasi Livin by Mandiri.

Gangga Basudewa | 17 Sep, 08:18

Laga Real Madrid vs Stuttgart di Liga Champions 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Real Madrid vs Stuttgart di Liga Champions 2024-2025

Prediksi dan link live streaming Real Madrid vs Stuttgart di Liga Champions 2024-2025 yang akan digelar pada Rabu (18/9/2024) pukul 02.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 17 Sep, 08:10

Cover Galeri Foto Persija vs Dewa United. (Foto: Mario Sonatha/Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Galeri Foto: Ditonton Shin Tae-yong, Persija Diimbangi Dewa United

Berikut berbagai momen menarik dari pertandingan Persija vs Dewa United di SUGBK, yang berhasil diabadikan Skor.id.

Rais Adnan | 17 Sep, 08:03

pelatih persija carlos pena

Liga 1

Carlos Pena Kecewa Persija Diimbangi Dewa United

Persija Jakarta ditahan imbang Dewa United FC pada pekan kelima Liga 1 2024-2025 di SUGBK.

Sumargo Pangestu | 17 Sep, 07:17

Load More Articles