Facebook dan Strategi HoK untuk Kuasai Skena Esports Dunia

Thoriq Az Zuhri

Editor: Thoriq Az Zuhri

Hubungan skena esports Honor of Kings dengan Facebook. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)
Hubungan skena esports Honor of Kings dengan Facebook. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR.id - Media sosial menjadi bagian tak terpisahkan bagi Honor of Kings untuk bisa menjadi penguasa skena esports dunia.

(Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.).

Honor of Kings sedang mencoba berlari kencang untuk jadi game MOBA Mobile nomor satu di dunia usai aplikasi mereka rilis global tahun ini.

Salah satu cara paling efektif untuk mengenalkan game mereka ke masyarakat adalah lewat kompetisi profesional.

Tak tanggung-tanggung, dana 15 juta dolar AS alias setara 239 miliar rupiah digelontorkan oleh Honor of Kings untuk memperkenalkan dan mendongkrak popularitas skena esports mereka.

Hal ini terbilang tak sia-sia, data menunjukkan bahwa skena esports Honor of Kings mulai dikenal publik, meski belum jadi yang terbaik.

HoK di Esports World Cup 2024

Esports World Cup 2024 alias Piala Dunia Esports di Riyadh, Arab Saudi, menjadi kesempatan besar bagi HoK untuk memperkenalkan skena Esports mereka.

Turnamen Honor of Kings Invitational Midseason 2024 lalu digelar di Esports World Cup 2024, diikuti oleh 12 tim terbaik tahun ini.

Salah satunya adalah tim KPL Dream Team, tim spesial yang berisi pemain-pemain terbaik dari KPL (King Pro League), alias kompetisi HoK tertinggi di Cina.

Honor of Kings Invitational Midseason 2024 lalu memecahkan rekor penonton untuk turnamen HoK dunia.

Total Jam Tonton untuk turnamen ini mencapai 2,4 juta jam, dengan peak viewers tercatat di angka 481 ribu penonton dengan rata-rata 92 ribu penonton.

Statistik penonton turnamen Honor of Kings Invitational Midseason 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)
Statistik penonton turnamen Honor of Kings Invitational Midseason 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Artinya, Honor of Kings Invitational Midseason 2024 jadi turnamen HoK paling banyak ditonton sepanjang sejarah (Di luar Cina), dengan peak viewers terbesar, hampir dua kali lipat rekor sebelumnya yang dipegang HoK Invitational 2024 Season 2.

Di sebulan awal Esports World Cup 2024, HoK menjadi kompetisi dengan peak viewers tertinggi kelima.

HoK dengan peak viewers 481 ribu hanya kalah dari Mobile Legends (2,3 juta penonton peak viewers), League of Legends (1,1 juta), Counter-Strike 2 (756 ribu), dan PUBG Mobile (566 ribu).

Uniknya, peak viewers turnamen HoK ini justru terjadi bukan saat kompetisi resmi, tetapi tercatat saat showmatch antara Team Honor dan Team Kings yang berisi para pemain pro dan juga influencers.

Mereka yang ikut dalam showmatch ini termasuk Alyssa (TikToker Indonesia), Charess (Cosplayer and influencer FIlipina), KPL.Cat, dan KPL.Qing.

Selain itu, HoK juga merekrut banyak influencers lain untuk bisa memperkenalkan game dan skena esports mereka seperti DEANKT, ICE ICE, B3shr, dan LeOniDeS.

Strategi ini nyatanya berhasil, dengan berbagai rekor penonton berhasil mereka pecahkan di Honor of Kings Invitational Midseason 2024.

Uniknya, Facebook menjadi platform paling populer untuk penonton turnamen ini, Facebook berkontribusi 71,2 persen dari jumlah total penonton di showmatch tersebut.

Memang, data menunjukkan bahwa Facebook masih menjadi media sosial andalan di Asia, khususnya di Asia Tenggara.

Hal ini juga sepertinya dimengerti oleh tim HoK, dengan mereka mempromosikan besar-besaran kompetisi mereka di Facebook.

Meski kini banyak sosial media lain seperti TikTok, Instagram, hingga X yang banyak digunakan, fokus di Facebook mungkin bisa jadi salah satu kekuatan HoK yang tak dimiliki skena esports lain.

Facebook di Indonesia

Saat skena esports mereka sudah mulai dilirik, HoK juga langsung mengumumkan rencana turnamen esports mereka ke depannya.

Honor of Kings Championship 2024 alias kompetisi tetringgi HoK tahunan akan dihelat di Indonesia pada Oktober mendatang, dengan prize pool mencapai satu juta dolar AS (15,9 miliar rupiah).

Jika tetap menggunakan strategi serupa, Facebook juga tetap bisa jadi platform utama HoK memperkenalkan skena esports mereka, khususnya di Indonesia.

Data dari Statista mengungkapkan bahwa Facebook masih menjadi pemimpin market share di Indonesia tahun 2023 lalu.

Facebook memimpin dengan market share 53 persen, unggul atas YouTube (33 persen), Instagram (6 persen), dan X (5 persen).

Laporan lain dari Data Reportal mengungkapkan ada 185 juta pengguna internet di Indonesia, dengan 139 juta aktif di sosial media per Januari 2024.

Sebanyak 126 juta pengguna sosial media berusia 18 tahun ke atas, atau setara 64,8 persen dari total penduduk Indonesia berusia 18 tahun ke atas.

Pada awal 2024, Meta merilis data bahwa Facebook punya 117,6 juta pengguna di Indonesia.

Jumlah ini bersaing dengan pengguna YouTube (139 juta), Instagram (100 juta), dan TikTok (126,8 juta), jauh mengungguli X (24,6 juta) dan sosial media lain.

Akan tetapi, memang potensi capaian iklan Facebook dalam setahun terakhir sejak Januari 2023 sampai Januari 2024 menurun 2,3 juta user.

Meski begitu, data yang sama menunjukkan iklan di Facebook bisa merengkuh 42,2 persen dari total penduduk Indonesia, atau 63,5 persen dari total pengguna internet di tanah air.

Artinya, secara data, Facebook masih sangat baik digunakan untuk promosi berbagai hal, termasuk promosi skena esports seperti yang dilakukan oleh HoK.

Ditambah dengan merekrut influencer dari sosial media lain seperti YouTube, Instagram, dan TikTok, sepertinya sudah lengkap langkah yang dilakukan Honor of Kings untuk bisa jadi penguasa skena esports dunia.

Kita tunggu saja!

Source: Eschart

RELATED STORIES

Bukti MPL Indonesia Tak Lagi Berisi Tim-Tim Terbaik Dunia

Bukti MPL Indonesia Tak Lagi Berisi Tim-Tim Terbaik Dunia

Berikut ini bukti-bukti bahwa MPL Indonesia tak lagi menghasilkan tim-tim terbaik di dunia skena esports Mobile Legends saat ini.

MLBB vs HoK: Menilik Perbandingan Skena Esports Kedua Game

MLBB vs HoK: Menilik Perbandingan Skena Esports Kedua Game

Mari melihat lebih dalam soal perbandingan skena Esports dua game MOBA Mobile, Mobile Legends: Bang Bang dan Honor of Kings.

Pemain Impor Filipina Sudah Tak Seksi Lagi di MPL Indonesia?

Di gelaran turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia, pemain impor asal Filipina sepertinya sudah tak seseksi musim lalu.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga Nusantara 2024-2025 atau Liga 3 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Rekap Hasil Liga Nusantara 2024-2025: Persekabpas Lolos 6 Besar, Waanal Brothers Mengintai

Tiga pertandingan pekan ke-13 Grup B Liga Nusantara 2024-2025 telah rampung pada Selasa (21/1/2025).

Teguh Kurniawan | 21 Jan, 19:54

Karakter animasi Aryna Sabalenka memiliki kemiripan dengan pakaian Nike-nya, tetapi tidak dengan rambutnya. (M. Yusuf/Skor.id)

Culture

Rambut Jadi Pirang, Aryna Sabalenka ‘Protes’ Animasinya di Australian Open

Rambut Aryna Sabalenka yang berwarna coklat menjadi pirang di versi animasi AO Animated Tennis Australia.

Tri Cahyo Nugroho | 21 Jan, 16:59

Sepatu khas petenis wanita AS, Coco Gauff, New Balance Coco CG2, terinspirasi sepatu bola basket, olahraga kegemaran ayahnya. (M. Yusuf/Skor.id)

Culture

Hobi Ayah Menginspirasi Sepatu Khas Kedua Coco Gauff

Terinspirasi dari olahraga pilihan ayah Gauff, yaitu bola basket, sneaker khusus Gauff tetap menjadi yang pertama di pasar tenis.

Tri Cahyo Nugroho | 21 Jan, 16:53

Ducati Desmosedici GP25 milik Tim Ducati Lenovo ini akan digeber Marc Marquez di MotoGP 2025. (Jovi Arnanda/Skor.id)

MotoGP

Lebih Bertenaga, Lebih Ringan, Ini Rahasia Ducati Desmosedici GP25

Skor.id coba paparkan detail dan data teknis Ducati Desmosedici GP25, prototipe baru Francesco Bagnaia dan Marc Marquez untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2025.

Tri Cahyo Nugroho | 21 Jan, 16:34

alfredo vera - madura

Liga 1

Alfredo Vera Resmi Jadi Pelatih Ketiga Madura United di Liga 1 2024-2025

Madura United memperkenalkan pelatih baru untuk mengarungi sisa musim Liga 1 2024-2025, sosoknya familier.

Teguh Kurniawan | 21 Jan, 15:11

Timnas putri Indonesia.

Timnas Indonesia

Timnas Putri Indonesia Ikut Kompetisi Universitas di Jepang pada Februari 2025

Timnas putri Indonesia juga akan menjalani agenda FIFA Matchday di Arab Saudi sebelum ke Jepang, Februari 2025.

Taufani Rahmanda | 21 Jan, 14:46

Petenis Australia, Destanee Aiava (tengah), mengikuti pakaian yang digunakan para petenis legendaris macam Caroline Wozniacki (kiri) dan Maria Sharapova (kanan) selama ajang Australia Open 2025 (Jovi Arnanda/Skor.id).

Fashion

Destanee Aiava Menggemari Gaya Fashion Vintage

Melawan Greet Minnen, Aiava pakai gaun produk kolaborasi Adidas x Stella McCartney.

Kunta Bayu Waskita | 21 Jan, 14:42

Film Elang yang bertema sepak bola Indonesia kini sedang beredar di bioskop-bioskop (Jovi Arnanda/Skor.id).

Films

Film Elang Ungkit Sisi Humanis Pemain hingga Mafia Sepak Bola

Film Elang mengisahkan perjalanan hidup pemain sepak bola Indonesia bernama Elang (diperankan Ganindra Bimo).

Kunta Bayu Waskita | 21 Jan, 12:48

CEO Bigetron Esports Edwin Chia atau BTR Starlest (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

CEO Bigetron Bocorkan Komposisi Tim Bigetron Alpha

Koh ED memberikan bocoran terkait dengan roster Bigetron Alpha di dalam live streamingnya.

Gangga Basudewa | 21 Jan, 12:12

Kolaborasi Jordan Wings x Paris Saint-Germain hadirkan lini streetwear untuk penggemar PSG maupun Jordan Brand (Yusuf/Skor.id).

Fashion

Jordan Wings x PSG Gabungkan Budaya Sepak Bola dan Kemewahan

Lini streetwear baru Jordan Wings x PSG menantang status quo.

Kunta Bayu Waskita | 21 Jan, 12:09

Load More Articles