Facebook dan Strategi HoK untuk Kuasai Skena Esports Dunia

Thoriq Az Zuhri

Editor: Thoriq Az Zuhri

Hubungan skena esports Honor of Kings dengan Facebook. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)
Hubungan skena esports Honor of Kings dengan Facebook. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR.id - Media sosial menjadi bagian tak terpisahkan bagi Honor of Kings untuk bisa menjadi penguasa skena esports dunia.

(Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.).

Honor of Kings sedang mencoba berlari kencang untuk jadi game MOBA Mobile nomor satu di dunia usai aplikasi mereka rilis global tahun ini.

Salah satu cara paling efektif untuk mengenalkan game mereka ke masyarakat adalah lewat kompetisi profesional.

Tak tanggung-tanggung, dana 15 juta dolar AS alias setara 239 miliar rupiah digelontorkan oleh Honor of Kings untuk memperkenalkan dan mendongkrak popularitas skena esports mereka.

Hal ini terbilang tak sia-sia, data menunjukkan bahwa skena esports Honor of Kings mulai dikenal publik, meski belum jadi yang terbaik.

HoK di Esports World Cup 2024

Esports World Cup 2024 alias Piala Dunia Esports di Riyadh, Arab Saudi, menjadi kesempatan besar bagi HoK untuk memperkenalkan skena Esports mereka.

Turnamen Honor of Kings Invitational Midseason 2024 lalu digelar di Esports World Cup 2024, diikuti oleh 12 tim terbaik tahun ini.

Salah satunya adalah tim KPL Dream Team, tim spesial yang berisi pemain-pemain terbaik dari KPL (King Pro League), alias kompetisi HoK tertinggi di Cina.

Honor of Kings Invitational Midseason 2024 lalu memecahkan rekor penonton untuk turnamen HoK dunia.

Total Jam Tonton untuk turnamen ini mencapai 2,4 juta jam, dengan peak viewers tercatat di angka 481 ribu penonton dengan rata-rata 92 ribu penonton.

Statistik penonton turnamen Honor of Kings Invitational Midseason 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)
Statistik penonton turnamen Honor of Kings Invitational Midseason 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Artinya, Honor of Kings Invitational Midseason 2024 jadi turnamen HoK paling banyak ditonton sepanjang sejarah (Di luar Cina), dengan peak viewers terbesar, hampir dua kali lipat rekor sebelumnya yang dipegang HoK Invitational 2024 Season 2.

Di sebulan awal Esports World Cup 2024, HoK menjadi kompetisi dengan peak viewers tertinggi kelima.

HoK dengan peak viewers 481 ribu hanya kalah dari Mobile Legends (2,3 juta penonton peak viewers), League of Legends (1,1 juta), Counter-Strike 2 (756 ribu), dan PUBG Mobile (566 ribu).

Uniknya, peak viewers turnamen HoK ini justru terjadi bukan saat kompetisi resmi, tetapi tercatat saat showmatch antara Team Honor dan Team Kings yang berisi para pemain pro dan juga influencers.

Mereka yang ikut dalam showmatch ini termasuk Alyssa (TikToker Indonesia), Charess (Cosplayer and influencer FIlipina), KPL.Cat, dan KPL.Qing.

Selain itu, HoK juga merekrut banyak influencers lain untuk bisa memperkenalkan game dan skena esports mereka seperti DEANKT, ICE ICE, B3shr, dan LeOniDeS.

Strategi ini nyatanya berhasil, dengan berbagai rekor penonton berhasil mereka pecahkan di Honor of Kings Invitational Midseason 2024.

Uniknya, Facebook menjadi platform paling populer untuk penonton turnamen ini, Facebook berkontribusi 71,2 persen dari jumlah total penonton di showmatch tersebut.

Memang, data menunjukkan bahwa Facebook masih menjadi media sosial andalan di Asia, khususnya di Asia Tenggara.

Hal ini juga sepertinya dimengerti oleh tim HoK, dengan mereka mempromosikan besar-besaran kompetisi mereka di Facebook.

Meski kini banyak sosial media lain seperti TikTok, Instagram, hingga X yang banyak digunakan, fokus di Facebook mungkin bisa jadi salah satu kekuatan HoK yang tak dimiliki skena esports lain.

Facebook di Indonesia

Saat skena esports mereka sudah mulai dilirik, HoK juga langsung mengumumkan rencana turnamen esports mereka ke depannya.

Honor of Kings Championship 2024 alias kompetisi tetringgi HoK tahunan akan dihelat di Indonesia pada Oktober mendatang, dengan prize pool mencapai satu juta dolar AS (15,9 miliar rupiah).

Jika tetap menggunakan strategi serupa, Facebook juga tetap bisa jadi platform utama HoK memperkenalkan skena esports mereka, khususnya di Indonesia.

Data dari Statista mengungkapkan bahwa Facebook masih menjadi pemimpin market share di Indonesia tahun 2023 lalu.

Facebook memimpin dengan market share 53 persen, unggul atas YouTube (33 persen), Instagram (6 persen), dan X (5 persen).

Laporan lain dari Data Reportal mengungkapkan ada 185 juta pengguna internet di Indonesia, dengan 139 juta aktif di sosial media per Januari 2024.

Sebanyak 126 juta pengguna sosial media berusia 18 tahun ke atas, atau setara 64,8 persen dari total penduduk Indonesia berusia 18 tahun ke atas.

Pada awal 2024, Meta merilis data bahwa Facebook punya 117,6 juta pengguna di Indonesia.

Jumlah ini bersaing dengan pengguna YouTube (139 juta), Instagram (100 juta), dan TikTok (126,8 juta), jauh mengungguli X (24,6 juta) dan sosial media lain.

Akan tetapi, memang potensi capaian iklan Facebook dalam setahun terakhir sejak Januari 2023 sampai Januari 2024 menurun 2,3 juta user.

Meski begitu, data yang sama menunjukkan iklan di Facebook bisa merengkuh 42,2 persen dari total penduduk Indonesia, atau 63,5 persen dari total pengguna internet di tanah air.

Artinya, secara data, Facebook masih sangat baik digunakan untuk promosi berbagai hal, termasuk promosi skena esports seperti yang dilakukan oleh HoK.

Ditambah dengan merekrut influencer dari sosial media lain seperti YouTube, Instagram, dan TikTok, sepertinya sudah lengkap langkah yang dilakukan Honor of Kings untuk bisa jadi penguasa skena esports dunia.

Kita tunggu saja!

Source: Eschart

RELATED STORIES

Bukti MPL Indonesia Tak Lagi Berisi Tim-Tim Terbaik Dunia

Bukti MPL Indonesia Tak Lagi Berisi Tim-Tim Terbaik Dunia

Berikut ini bukti-bukti bahwa MPL Indonesia tak lagi menghasilkan tim-tim terbaik di dunia skena esports Mobile Legends saat ini.

MLBB vs HoK: Menilik Perbandingan Skena Esports Kedua Game

MLBB vs HoK: Menilik Perbandingan Skena Esports Kedua Game

Mari melihat lebih dalam soal perbandingan skena Esports dua game MOBA Mobile, Mobile Legends: Bang Bang dan Honor of Kings.

Pemain Impor Filipina Sudah Tak Seksi Lagi di MPL Indonesia?

Di gelaran turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia, pemain impor asal Filipina sepertinya sudah tak seseksi musim lalu.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sangat menyukai filosofi olahraga Jiu-Jitsu. (Hendy AS/Skor.id)

Fashion

Tiba-Tiba Jam Tangan ala Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg kini terpantau selalu memakai jam tangan, ia baru melakukannya dalam satu tahun terakhir.

Thoriq Az Zuhri | 17 Nov, 02:14

Skuda Timnas Jerman. (Grafis: Yudhy Kurniawan/Skor.id)

World

Baku Hantam Jerman dan Slovakia Demi 1 Tiket ke Piala Dunia 2026

Satu tiket ke Piala Dunia 2026 akan didapatkan oleh pemenang laga Timnas Jerman vs Slovakia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Eropa malam nanti.

Thoriq Az Zuhri | 17 Nov, 01:50

Ilustrasi Cover Mobile Legends. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

Prestasi Terbaik Semua Tim Peserta M7 World Championship

Tim peserta turnamen Mobile Legends tingkat dunia, M7 World Championship, kini sudah lengkap. Ini prestasi terbaik mereka di skena esports dunia.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 23:06

Jonatan Christie (kanan) dan Sabar Karyaman/Moh Reza Pahlevi

Badminton

Update Terkini Wakil Indonesia di Australia Open 2025

Turnamen bulu tangkis Australia Open 2025 sedang dihelat, berikut ini adalah update wakil Indonesia di ajang ini.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 22:44

Penyerang Norwegia, Erling Haaland. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Italia Kalah, Portugal dan Norwegia Lolos Piala Dunia 2026

Timnas Portugal berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2026 sedangkan Timnas Italia kalah di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Eropa.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 21:51

Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Yusuf/Skor.id)

World

Daftar Negara yang Sudah Lolos Piala Dunia 2026

Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 negara, berikut ini adalah daftar negara yang sudah lolos ke Piala Dunia 2026.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 21:38

M7 World Championship, Jakarta. (Moonton)

Esports

Daftar Tim yang Sudah Lolos M7 World Championship

Turnamen dunia Mobile Legends: Bang Bang, M7 World Championship, akan segera digelar, ini adalah tim yang sudah memastikan diri lolos.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 21:36

Para pemenang MilkLife Soccer Challenge Malang Seri 1 2025-2026. (MilkLife)

National

Pertama Kali Digelar, MilkLife Soccer Challenge Malang Dapat Antusias Luar Biasa

Partisipasi peserta sangat tinggi yaitu 1.918 pelajar yang berasal dari 120 SD dan MI di Kota Apel dan sekitarnya.

Gangga Basudewa | 16 Nov, 14:40

Presiden FIFA Gianni Infantino di Stadion Manahan, Solo, dalam final Piala Dunia U-17 2023, Sabtu (2/12/2023). (Mario Sonatha/Skor.id).

Bola Internasional

Gianni Infantino Umumkan Bakal Basmi Kekerasan Online di Sepak Bola

Infantino menegaskan FIFA sedang menjalankan “operasi digital terbesar” untuk melawan ujaran kebencian, rasisme, hingga perisakan

Gangga Basudewa | 16 Nov, 14:12

Alumni Liga TopSkor. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga TopSkor

Alumni Liga TopSkor Incar Posisi Kiper Utama Timnas U-23 Indonesia

Penjaga gawang Timnas U-23 Indonesia, Cahya Supriadi bertekad memperbaiki performanya usai kebobolan tiga gol dari Mali U-23.

Nizar Galang | 16 Nov, 12:54

Load More Articles