Mengapa Saya Selalu Lapar? 8 Alasan Perut Anda Terus-menerus Keroncongan

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Kelaparan, menurut definisinya, adalah kebutuhan fisiologis akan nutrisi untuk menyediakan bahan bakar bagi tubuh.
  • Ada banyak alasan berbeda mengapa Anda mungkin sering merasa lapar.
  • Termasuk beberapa penyebab rasa lapar yang khas dan beberapa yang mengkhawatirkan.

SKOR.id - Perut Anda keroncongan, Anda merasa tubuh gemetar, dan Anda mungkin merasa gelisah. Anda tahu betul sensasi ini: Anda kelaparan, inilah saatnya untuk makan.

Kelaparan, menurut definisinya, adalah kebutuhan fisiologis akan nutrisi untuk menyediakan bahan bakar bagi tubuh Anda, catat Risa Groux, CN, ahli gizi fungsional.

"Sama seperti mobil yang membutuhkan gas untuk berfungsi, tubuh kita juga membutuhkan makanan untuk menciptakan energi untuk bertahan hidup dan berkembang. Begitu tangki kosong, tubuh membutuhkan pengisian ulang," kata Groux, menjelaskannya.

Dari sudut pandang biologis, tubuh kita menghasilkan hormon yang disebut ghrelin di perut kita untuk memberi sinyal ke otak bahwa tubuh membutuhkan makanan.

Sementara ghrelin meningkat sebelum makan dan turun setelah makan, leptin —hormon lain yang dibuat dalam sel lemak— memberi tahu otak bahwa ia telah memiliki energi yang cukup dan tidak perlu mengonsumsi makanan lain.

Namun, terkadang proses ini tidak berjalan sesuai rencana.

Bahkan, Anda bisa makan lebih banyak dari yang Anda butuhkan dan masih bertanya-tanya, 'Mengapa saya selalu lapar?'

Ada banyak alasan berbeda mengapa Anda mungkin sering merasa lapar, termasuk beberapa penyebab rasa lapar yang khas serta beberapa yang mengkhawatirkan.

Dalam 101 panduan ini, Real Simple mengobrol dengan para ahli untuk lebih memahami kelaparan dan ilmu di baliknya.

Alasan Khas untuk Menjadi Lapar
Seperti dikatakan Groux, makanan adalah bahan bakar, dan tubuh kita membutuhkannya.

Dan karena tubuh kita cerdas dan kompleks, perut akan memberi tahu kita kapan harus menikmati makanan.

1. Kamu sudah lama tidak makan
Alasan paling jelas mengapa perut Anda mendorong Anda untuk memberinya makan? Kamu sudah lama tidak makan!

“Kekurangan makanan dari waktu ke waktu menyebabkan tubuh menjadi lapar, meliputi rasa tidak nyaman di bagian tengah tubuh, tubuh terasa lemas karena kekurangan nutrisi,” jelas Lauren Minchen, MPH, RDN, CDN, konsultan nutrisi Freshbit.

Jika Anda merasa lesu atau lelah saat belum makan, itulah respons alami tubuh Anda untuk menghemat energi. 

Menurut Minchen, lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk merasakan tidak nyaman akibat rasa lapar bisa bermacam-macam, karena tergantung pada beberapa faktor.

Umumnya, orang bisa mulai merasa lapar tiga hingga lima jam setelah terakhir kali makan, tetapi bisa lebih lama jika mereka sebelumnya mengonsumsi makanan yang banyak.

2. Anda baru saja berolahraga
Mengikuti kelas berlari atau kamp pelatihan yang intens, Anda menghitung mundur menit sampai Anda dapat mengisi kembali diri Anda dengan camilan atau makanan yang enak.

Olahraga, terutama aktivitas fisik yang berat atau penuh kardio, menggunakan kalori dan nutrisi untuk mencukupi bahan bakar tubuh kita, yang dapat menyebabkan rasa lapar.

Minchen juga mencatat bahwa kerusakan otot selama latihan menciptakan keinginan untuk makan. "Melatih jaringan otot kita dan memecahnya untuk merangsang pembangunan jaringan otot yang lebih kuat memicu kebutuhan protein, karbohidrat, dan lemak yang lebih besar dalam proses pembangunan kembali itu," katanya.

"Tanpa makronutrien yang berharga ini setelah latihan, otot kita tidak akan menjadi lebih kuat dan lebih tangguh."

3. Anda tidak tidur nyenyak tadi malam
Percaya atau tidak, kurang tidur bisa membuat Anda merasa lapar. Menurut Kathleen Winston, PhD, RN, dari University of Phoenix, keduanya mungkin tampak tidak terhubung, tetapi tidur sangat penting untuk mengendalikan nafsu makan.

Bagaimana cara kerjanya, Anda bertanya? Saat kita berada di alam mimpi, otak dan sistem kekebalan tubuh kita diperkuat, mengatur hormon lapar ghrelin.

Bagi mereka yang tidak cukup istirahat secara teratur, hormon ini lebih tinggi sehingga membuat nafsu makan meningkat, menurut Winston.

4. Anda tidak cukup makan protein, lemak, dan serat
Selain tidak makan dalam waktu lama, tidak makan makanan yang tepat juga bisa membuat rasa lapar itu muncul. Groux menunjukkan bahwa kita semua membutuhkan diet yang seimbang dengan jumlah protein, lemak, dan serat yang cukup agar merasa puas.

"Protein mengatur ghrelin dan leptin, membantu kita merasa kenyang," jelasnya. "Lemak berkualitas membantu produksi leptin untuk memberi sinyal rasa kenyang dan memperlambat pencernaan kita."

"Asupan serat yang tinggi memicu produksi asam lemak rantai pendek, yang menyebabkan tubuh merasa kenyang, bersama dengan menciptakan keragaman bakteri usus yang baik di mikrobioma," tambah Groux.

"Serat larut, atau makanan yang larut dalam air, cenderung menurunkan nafsu makan dan menciptakan rasa kenyang."

5. Anda sedang hamil atau menyusui
Minchen mencatat bahwa selama masa kehamilan, kebutuhan kalori dan makronutrien tubuh meningkat untuk menyediakan bahan bakar yang tepat untuk pertumbuhan janin.

"Kalori dan makronutrien ini secara langsung memicu perkembangan dan pertumbuhan otak janin, serta jaringan kerangka, otot, dan lemak untuk bayi yang sehat," ia berbagi.

Selain itu, menyusui memberikan tuntutan yang sangat besar pada tubuh wanita, dan dapat membuatnya merasa lapar dan haus.

Secara umum, Minchen mengatakan kehamilan membutuhkan tambahan 300 kalori sehari, sementara menyusui membutuhkan antara 500 hingga 1.000 kalori ekstra setiap hari.

Alasan Mengkhawatirkan untuk Menjadi Lapar
Namun, di sisi lain, terdapat beberapa kondisi medis, baik fisik maupun mental, yang dapat menimbulkan rasa lapar yang berkelanjutan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, buatlah janji dengan dokter Anda untuk menjawab pertanyaan 'Mengapa saya selalu lapar?' dan mudah-mudahan menemukan solusinya.

1. Anda memiliki kondisi medis
Hipertiroidisme adalah suatu kondisi di mana lebih banyak hormon hadir dalam tubuh daripada yang dibutuhkan. Menurut Winston, hal ini bisa memicu rasa lapar yang berlebihan.

Penyebab medis lainnya yang dapat menyebabkan rasa lapar termasuk diabetes, infeksi parasit di saluran usus, dan hipoglikemia.

Dari catatan Groux, fluktuasi kadar gula darah adalah penyebab umum dari rasa lapar yang berlebihan atau terus-menerus.

"Ketika gula darah meningkat, atau ada diabetes, nafsu makan cenderung meningkat, begitu juga rasa haus," katanya.

"Hal ini terjadi karena glukosa tidak dapat menembus sel, dan tubuh membuangnya melalui urine. Ketika gula darah habis dan terjadi kondisi hipoglikemia, tubuh akan mendambakan makanan untuk membantu mengatur kadar gula darah."

2. Hormon Anda bermasalah
Setelah semalaman minum banyak, apakah Anda mendambakan pizza atau makanan berat karbohidrat lainnya? Ini mungkin tampak seperti respons normal, tetapi sebenarnya ini adalah sinyal bahwa hormon Anda rusak.

Seperti dijelaskan Groux, minuman keras menghambat produksi leptin — hormon kenyang. "Selain itu, konsumsi alkohol yang lebih besar dapat mengurangi bagian otak yang bertanggung jawab untuk pengendalian diri; oleh karena itu, orang cenderung makan lebih banyak saat minum alkohol daripada saat tidak," katanya.

Juga, ketika Anda mengalami stres, Anda mungkin beralih ke permen atau makanan lainnya  yang menenangkan perut Anda.

Ini adalah pertimbangan hormonal lain karena kortisol adalah hormon yang diproduksi pada kelenjar adrenal yang meningkat dengan stres kronis. "Kortisol dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan nafsu makan," tambah Groux.

3. Anda memiliki pola makan yang tidak teratur
Dalam kasus ekstrem, gangguan makan seperti anoreksia, bulimia, atau kondisi dismorfia tubuh lainnya dapat menyebabkan pola lapar yang tidak normal.

Mereka yang memiliki kondisi ini cenderung sangat membatasi kalori esensial dan nutrisi lainnya, menciptakan rasa lapar yang meningkat, kata Minchen. Kemudian, rasa lapar mereka dapat bermanifestasi dalam pemecahan tugas-tugas penting dan jaringan dalam tubuh.

"Kerusakan kulit, rambut rontok, sembelit, detak jantung cepat, dan kelelahan merupakan beberapa tanda awal kerusakan tubuh akibat kelaparan dan pembatasan kronis," Minchen memperingatkan.***

Berita Bugar Lainnya:

Makanan yang Dapat Membantu Kendalikan Rasa Lapar

Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

Ketahui Penyebab Perut Bunyi Saat Tidak Lapar

Source: Real Simple

RELATED STORIES

Buruknya Kualitas Tidur Remaja Sangat Menyakiti Kesehatan Mental Mereka

Buruknya Kualitas Tidur Remaja Sangat Menyakiti Kesehatan Mental Mereka

Istirahat sangat penting untuk mengembangkan otak — inilah cara membantu anak-anak mendapatkan lebih banyak istirahat.

Bukan Cuma untuk Gaya, Ada 4 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Pakai Kacamata Hitam

Bukan Cuma untuk Gaya, Ada 4 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Pakai Kacamata Hitam

Faktanya, menggunakan kacamata hitam tak hanya berguna untuk menunjang penampilan, tapi bisa membantu terhindar dari berbagai penyakit.

5 Makanan untuk Mengontrol Diabetes dan Menurunkan Kadar Gula Darah

5 Makanan untuk Mengontrol Diabetes dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika Anda menderita diabetes, Anda tahu betapa sulitnya mengatur pola makan dan mengontrol kadar gula darah.

5 Pertanda Tubuh Kekurangan Zat Besi yang Perlu Diketahui

Ada beberapa pertanda yang menunjukkan bahwa Skorer kekurangan zat besi yang tidak bisa dianggap remeh.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Persib Bandung vs Bali United pada leg kedua semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persib vs Bali United di Championship Series Liga 1 2023-2024

Disertai 27 fakta menarik jelang pertandingan leg kedua semifinal Liga 1 2023-2024 yang digelar Sabtu (18/5/2024) itu.

Nizar Galang | 17 May, 10:08

Trofi Piala Eropa atau Piala UEFA European Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Kilas Balik Piala Eropa 1968: Ketika Italia ke Final dengan Cara Toss Koin

Tanpa pilihan tepat dari Giacinto Facchetti dalam toss koin lawan Uni Soviet, Italia tidak akan melangkah ke final dan tidak akan juara Piala Eropa 1968.

Rais Adnan | 17 May, 09:35

Cover Deltras - Hendy AS Skor.id

Liga 2

Deltras FC Jadi Satu-satunya Tim Liga 2 yang Lolos Lisensi Klub Profesional Musim 2023-2024

Deltras FC mengaku kesungguhan manajemen klub dalam pengelolaan standarisasi manajemen secara professional jadi kuncinya.

Taufani Rahmanda | 17 May, 09:35

Euro 2024 (Piala Eropa 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

World

Euro 2024: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Turnamen Ini

Berikut ini adalah semua hal tentang Euro 2024 (Piala Eropa 2024), dari daftar tim hingga stadion digelarnya turnamen ini.

Pradipta Indra Kumara | 17 May, 07:46

Timnas Slovenia akan tampil di Euro 2024. (Yusuf/Skor.id).

World

Profil Tim Grup C Euro 2024: Slovenia

Berikut ini profil Timnas Slovenia, kontestan Euro 2024 yang tampil lagi di turnamen ini setelah absen 24 tahun.

Irfan Sudrajat | 17 May, 07:45

Euro 2024 akan digelar di Jerman pada 14 Juni hingga 15 Juli 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Euro 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Euro 2024 akan digelar mulai 14 Juni 2024 di Jerman, berikut ini jadwal pertandingannya, serta hasil, dan klasemen yang akan diperbarui saat turnamen ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 17 May, 07:44

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:10

Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:10

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:09

Laga MPL Indonesia, RRQ Hoshi vs Alter Ego. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Esports

MPL ID S13: Head-to-Head RRQ Hoshi vs Alter Ego

Berikut ini sejarah pertemuan head-to-head RRQ Hoshi vs Alter Ego, laga yang akan kembali tersaji di MPL Indonesia Season 13.

Thoriq Az Zuhri | 17 May, 03:26

Load More Articles