SKOR.id – ASEAN Championship 2024 merupakan kejuaraan sepak bola kawasan Asia Tenggara edisi ke-15. Ajang ini diselenggarakan 8 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Sebanyak 10 Tim Nasional dari negara-negara ASEAN bersaing untuk merebut gelar juara, termasuk Indonesia.
Meski sudah terselenggara secara reguler sejak 28 tahun lalu, mungkin Skorer ada yang belum tahu bahwa ASEAN Championship 2024 yang bergulir mulai hari ini, sudah beberapa kali berganti logo.
Dan untuk edisi 2024, ajang ini memiliki logo baru. Adalah Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan Mitsubishi Electric selaku mitra utama kejuaraan ini, yang berada di balik pembaruan logo tersebut.
Awalnya, sebagai bagian dari perubahan, kompetisi bergengsi di kawasan Asia Tenggara yang sebelumnya dikenal dengan nama AFF Cup ini diubah namanya menjadi ASEAN Championship mulai edisi 2024.
Seiring hal tersebut, AFF bersama Mitsubishi selaku sponsor kemudian meluncurkan logo dan identitas baru untuk turnamen dua tahunan ini.
Apa makna di balik logo baru ASEAN Championsip tersebut? Seperti apa detail perubahannya dibanding logo sebelumnya?
Bagaimana pula perubahan bentuk logo Kejuaraan Sepak Bola ASEAN sejak dimulainya turnamen ini pada 1996? Itulah yang akan dibahas dalam Skor Special edisi kali ini.
(Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #SkorSpecial atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id).
Logo ASEAN Championship 2024 yang diperbarui terdiri dari tiga elemen grafis utama.
Yakni trofi Mitsubishi Electric Cup, AFF Unity Weave baru, dan judul kompetisi, yang semuanya tercakup dalam perisai.
Unity Weave menampilkan pola gantang beras yang berpotongan, melambangkan bahan makanan pokok terpenting di kawasan ini dan menjadi ikon utama logo resmi ASEAN.
Logo didesain dalam lima warna berbagai bendera negara ASEAN, melambangkan persatuan dan ikatan 12 Asosiasi Anggota AFF yang dijalin bersama dalam semangat kompetisi.
Mayor Jenderal Khiev Sameth, Presiden AFF, menjelaskan mengenai perubahan logo ASEAN Championship tersebut.
“Logo baru ini memberikan identitas visual yang berbeda, terarah, dan bermakna pada ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024,” kata Sameth.
“Antara lain, mencerminkan semangat dan semangat para penggemar sepak bola ASEAN terhadap ajang sepak bola terbesar di Asia Tenggara.”
“Logo baru ini juga terus mewujudkan semangat solidaritas yang tidak terpatahkan, semangat pantang menyerah, budaya yang beragam, dan semangat bersama terhadap sepak bola di wilayah kita,” ia menambahkan.
Mengenai dukungan Mitsubishi Electric, ia berkata, "Mitsubishi Electric merupakan bagian integral dan penting bagi keberhasilan acara AFF ini.“
“Saya mencerminkan apresiasi Dewan AFF dengan mengucapkan terima kasih kepada mereka atas dukungan mereka yang tiada henti.”
Sejak dimulai pada 1996, kompetisi yang mempertemukan 10 tim nasional terbaik ASEAN ini telah berkembang makin kuat pada tiap edisinya.
Pada edisi 2022, AFF Mitsubishi Electric Cup meraih rekor 438 juta penonton lebih di televisi dan platform streaming digital.
Selain itu, saluran media digital Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, dan X mencatat 4,2 miliar penayangan video terkait ajang ini.
Perubahan Logo dari Masa ke Masa
Pembuatan logo biasanya identik dengan sponsor, demikian pula dalam ajang ASEAN Championship yang beberapa kali berganti sponsor dan logo.
Jika satu perusahaan menjadi sponsor utama, biasanya logo tidak mengalami perubahan hingga kontrak selesai. Kalaupun berubah, tidak terlalu signifikan.
Sejauh ini ada tiga perusahaan yang pernah menjadi sponsor utama ASEAN Championship, yaitu Tiger Beer, Suzuki, dan Mitsubishi.
Dari 15 kali penyelenggaraan, hanya sekali ajang ini bergulir tanpa sponsor utama, yakni pada edisi 2007. Selengkapnya, simak infografis di bawah ini:
Nah Skorer, itulah tadi penjelasan singkat mengenai berubahnya logo dari era Piala Tiger hingga menjadi AFF Championship. Selamat menyaksikan laga-laga menegangkan di ASEAN Championship 2024.