- Komite Olimpiade Indonesia resmi meluncurkan logo baru Tim Indonesia.
- Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Ferry J Kono menjelaskan transformasi logo Tim Indonesia merupakan realisasi usulan Federasi Olahraga Nasional (PP/PB).
- Perubahan logi tim Indonesia dengan tambahan lima ring Olimpiade dan dipertegas dengan lingkaran Merah Putih yang menjadi simbol bendera Indonesia.
SKOR.id - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) resmi meluncurkan logo baru Tim Indonesia pada Senin (19/07/2021).
Simbol ini resmi akan digunakan Kontingen Merah Putih di Olimpiade 2020 Tokyo dan multievent internasional selanjutnya.
Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Ferry J Kono, menjelaskan transformasi logo Tim Indonesia merupakan realisasi usulan Federasi Olahraga Nasional (PP/PB) yang ingin tampil dengan simbol Garuda di dada.
NOC Indonesia akhirnya memutuskan perubahan dengan tambahan lima ring Olimpiade dan dipertegas dengan lingkaran Merah Putih yang menjadi simbol bendera Indonesia.
“Kami ingin menunjukkan Garuda bukan sekadar kebanggaan cabang olahraga sepak bola saja, tetapi menjadi kebanggaan atlet-atlet yang membawa nama Indonesia,” kata Ferry.
“Lima ring Olimpiade yang berada di bawah logo Garuda menunjukkan bahwa lambang negara kita mengedepankan nilai-nilai Olimpiade, yakni respect, friendship, peaceful, sportivitas, serta excellence," ucapnya.
"Nilai-nilai ini kami harapkan menjadi kebanggaan seluruh atlet Indonesia dan kami yakin logo baru ini kian menunjukkan jati diri Indonesia di multi event," Ferry menambahkan.
NOC Indonesia, lanjut Ferry, akan mulai menggunakan logo baru ini di baju kontingen dan jersey tanding atlet-atlet Indonesia yang tampil Olimpiade Tokyo, 23 Juli-8 Agustus.
“Kami harap perlengkapan jersey ini bisa dimiliki supporter, khususnya fans olahraga di Tanah Air sehingga mereka bisa menunjukkan kebanggaan dan dukungan dengan menggunakan jersey asli yang kami jual secara resmi," ujar Ferry
"Perlu diketahui, desain yang akan kami tampilkan di setiap multi event juga akan berbeda-beda sehingga ini layak menjadi koleksi,” katanya.
Tim Indonesia untuk Olimpiade Tokyo berjumlah 28+1 atlet dari delapan cabang olahraga, yaitu bulu tangkis, angkat besi, panahan, atletik, surfing, menembak, rowing, dan renang.
Kontingen Merah Putih yang tampil mendapat dukungan penuh dari sponsor utama, salah satunya Wall’s, yang merupakan brand es krim produksi PT Unilever Indonesia Tbk.
Dukungan yang diberikan Wall’s merupakan kelanjutan dari dukungan terus-menerus bagi atlet Indonesia yang akan berlaga di pertandingan internasional.
Bernardus Rendita Kusumo selaku Senior Brand Manager Wall’s Indonesia mengatakan melalui brand Feast sebagai official partner dari Tim Indonesia menyambut baik logo baru yang diluncurkan oleh Tim Indonesia.
"Ajang olahraga multievent terbesar di dunia ini merupakan momen yang membahagiakan dan kesempatan yang baik bagi masyarakat Indonesia yang tengah rindu untuk dapat menyaksikan ajang olahraga dan melihat perjuangan para atlet Indonesia” ucap Bernardus.
Ia menambahkan bahwa masyarakat bisa menunjukan dukungan dengan mengunggah foto di sosial media dengan #BangkitkanSemangatMerahPutih.
Selain Walls, sponsor utama lainnya adalah Li-Ning ditambah 11 sponsor pendukung yaitu J99 Corp (Juragan 99), Sate Khas Senayan, Pocari, Oakley, The Diplomat Tailor, My Tour, Essenza, Bags City, LED Supernova, Masker Evo, Madu Nutrisi Ibuku Gold Plus, serta Lung Carpet.
Ferry juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan sponsor untuk Tim Indonesia.
“Kami sangat mengapresiasi para sponsor yang telah mendukung Tim Indonesia untuk Olimpiade Tokyo kali ini. Khususnya Walls dan Li-Ning yang bersedia menjadi sponsor utama,” kata Ferry.
Ikuti juga Instagram, Facebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.
Lihat postingan ini di Instagram
Berita lainnya:
Ini Bonus yang Diberikan Gilang Juragan99 Bagi Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020
Lifter Indonesia Sudah Berlatih di Jepang, Siap Rebut Emas Olimpiade Tokyo