SKOR.id – Belajar selalu menyenangkan. Kini, sekarang sains bisa membuktikannya. Sebuah studi penting menyoroti peran penting pendidikan dalam memperpanjang harapan hidup, dengan setiap tambahan tahun sekolah mengurangi risiko kematian sebesar 2%.
Oleh karena itu, mereka menetapkan bahwa pendidikan meningkatkan kesehatan dan umur panjang orang-orang dari segala usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan asal sosiodemografis. Demikian menurut penelitian teranyar dan terbesar yang baru-baru ini diterbitkan di The Lancet Public Health.
Para peneliti mengetahui bahwa mereka yang mencapai tingkat pendidikan lebih tinggi akan hidup lebih lama dibandingkan dengan orang lain (yang berpendidikan lebih rendah). Namun, mereka tidak mengetahui sejauh mana hingga saat ini.
Apa yang mereka temukan adalah bahwa risiko kematian berkurang sebesar 2% dengan setiap tambahan tahun pendidikan. Artinya, mereka yang menyelesaikan sekolah dasar selama 6 tahun memiliki risiko kematian yang lebih rendah, rata-rata sebesar 13%.
Setelah lulus SMA, risiko kematian berkurang hampir 25%, dan pendidikan 18 tahun mengurangi risiko sebesar 34%.
Untuk memperluas penelitian, para ilmuwan juga membandingkan dampak pendidikan dengan faktor risiko lain, seperti pola makan yang sehat, merokok, dan minum terlalu banyak alkohol, dan menemukan bahwa hasil kesehatannya serupa.
Misalnya, manfaat pendidikan selama 18 tahun dapat dibandingkan dengan manfaat makan sayur dalam jumlah yang ideal, daripada tidak makan sayur sama sekali. Tidak bersekolah sama buruknya dengan meminum lima atau lebih minuman beralkohol sehari atau merokok 10 batang sehari selama 10 tahun.
“Pendidikan memang penting, tidak hanya karena manfaat kesehatannya. Namun kini kemampuan untuk mengukur besarnya manfaat ini merupakan sebuah kemajuan yang signifikan,” kata Dr. Terje Andreas Eikemo, salah satu penulis dan Direktur Center for Global Studies. Penelitian Ketimpangan Kesehatan (CHAIN) di Universitas Sains dan Teknologi Norwegia (NTNU).
Studi ini mengidentifikasi data dari 59 negara dan mencakup lebih dari 10 ribu titik data yang dikumpulkan dari lebih dari 600 artikel yang diterbitkan.
Mayoritas studi yang ditinjau untuk studi ini berasal dari negara-negara berpendapatan tinggi, sehingga menyoroti perlunya lebih banyak penelitian di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.
Meskipun manfaat pendidikan paling besar dirasakan oleh kaum muda, mereka yang berusia di atas 50 dan bahkan 70 tahun masih mendapatkan manfaat dari dampak perlindungan pendidikan.
Salah satu hal yang perlu ditonjolkan adalah bidang pendidikan di mana seseorang dapat memperoleh ilmu pengetahuan.
Para peneliti tidak menemukan perbedaan signifikan dalam dampak pendidikan antarnegara yang telah mencapai tahap pembangunan berbeda. Ini berarti bahwa pendidikan yang lebih lama sama efektifnya di negara-negara kaya dan di negara-negara miskin.
“Semua pihak perlu meningkatkan investasi sosial untuk memungkinkan akses terhadap pendidikan yang lebih baik dan lebih banyak di seluruh dunia guna menghentikan kesenjangan yang terus-menerus memakan korban jiwa,” ucap Mirza Balaj, salah satu penulis utama dan rekan pascadoktoral di Departemen Sosiologi dan Ilmu Politik NTNU.
Balaj menambahkan, pendidikan yang lebih tinggi akan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dan pendapatan yang lebih tinggi, akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan dan membantu orang menjaga kesehatannya sendiri.
“Orang yang berpendidikan tinggi juga cenderung mengembangkan sumber daya sosial dan psikologis yang lebih luas yang berkontribusi terhadap kesehatan dan umur mereka,” ucapnya.
“Menutup kesenjangan pendidikan berarti menutup kesenjangan angka kematian. Kita semua perlu memutus siklus kemiskinan dan kematian yang dapat dihindari dengan bantuan komitmen internasional,” tutur Dr. Claire Henson, salah satu penulis utama dan peneliti di Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di School of Medicine University of Washington.
“Untuk mengurangi kesenjangan angka kematian, penting untuk berinvestasi pada bidang-bidang yang mendorong peluang masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Hal ini dapat berdampak positif pada kesehatan masyarakat di semua negara.”
Prof. Dr. Emmanuela Gakidou dari IHME menjelaskan bila perhatian saat ini harus terfokus pada wilayah di mana semua tahu bahwa akses terhadap pendidikan masih rendah dan penelitian mengenai pendidikan sebagai faktor penentu kesehatan masih terbatas.