Danica Patrick Akui Telah Melepas Implan Payudara: Apa Itu Penyakit Implan Payudara?

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Danica Patrick membagikan kisah tentang pengangkatan implan payudara.
  • Mantan pembalap NASCAR itu terpaksa melakukannya setelah menderita masalah medis.
  • Pada dasarnya dia mengalami apa yang disebut penyakit implan payudara.

SKOR.id - Danica Patrick menjadikan dirinya selebritas terbaru yang membagikan kisahnya tentang pengangkatan implan payudara setelah menderita masalah medis.

Dalam postingan baru-baru ini di Instagram-nya, mantan pembalap NASCAR itu menjelaskan sejarahnya dengan implan payudara, yang awalnya dia lakukan pada November 2014.

“Saya mendapatkannya karena saya ingin memiliki semua. Saya benar-benar bugar, tetapi saya tidak punya payudara," tulisnya. "Jadi saya mendapatkannya. Semuanya berjalan dengan baik, dan saya senang dengan hasilnya."

Di postingan yang sama itu, Patrick merinci gejala fisik yang kemudian ia alami yang katanya dimulai pada 2018 dan terus berkembang pada 2020 ketika "rodanya lepas".

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Danica Patrick (@danicapatrick)

“Saya mengalami ketidakteraturan siklus, bertambah berat badan, rambut saya tidak terlihat sehat sama sekali dan wajah saya memiliki bentuk yang berbeda (aneh yang saya tahu),” katanya, menambahkan bahwa dia terperosok ke dalam “lubang kelinci” ketika mencari tahu apa masalahnya. "Saya melakukan setiap tes yang bisa dilakukan."

Patrick bukan satu-satunya selebritas yang terbuka tentang pengangkatan implan payudara.

Pada Agustus 2021, mantan bintang "Bachelorette", Clare Crawley, mengungkapkan bahwa dia juga telah menjalani prosedur eksplan - pengambilan implan - setelah menderita problem autoimun, pembengkakan kelenjar getah bening, serta ruam aneh di tubuhnya.

Dalam pesannya itu, Patrick mengatakan gejala kesehatannya berkaitan dengan kondisi yang disebut breast implant illness (penyakit implan payudara/BII), menambahkan bahwa dia mengalami masalah yang "tidak dapat Anda selesaikan."

Dr. Stephen Nicolaidis, seorang ahli bedah plastik di Contour Clinic di Montreal, tidak terlibat dalam kasus Patrick, tetapi mengatakan bahwa dia menerima kunjungan orang-orang dari seluruh Kanada, bahkan jauh0jauh dari Brasil, yang ingin melepas implan payudara mereka karena penyakit implan payudara tersebut.

Apa itu penyakit implan payudara?
Penyakit implan payudara adalah istilah yang digunakan oleh para dokter dan wanita untuk "mengacu pada berbagai gejala yang dapat berkembang setelah menjalani rekonstruksi ataupun pembesaran kosmetik dengan implan payudara."

Gejala dapat terjadi dengan berbagai jenis implan, termasuk yang diisi silikon dan isii garam.

Penyakit implan payudara saat ini memang bukan diagnosis medis resmi, dan beberapa ahli menggambarkannya sebagai "diagnosis dengan pengecualian."

"Diagnosis dengan pengecualian berarti tidak ada tes untuk itu, tetapi ada tes untuk hal-hal lain yang memiliki gejala yang sama atau gejala serupa," demikian Diana Zuckerman, presiden dari Pusat Penelitian Kesehatan Nasional AS mengatakan kepada ABC News.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Danica Patrick (@danicapatrick)

“Jika tidak ada alasan lain untuk gejala susunan ini, jika ada dokter yang akan menyebutnya penyakit implan payudara.”

Penyakit implan payudara jauh lebih dikenal daripada sebelumnya, tapi banyak cerita online soal wanita dengan masalah medis yang pergi ke dokter dan penyakitnya disembuhkan.

Nicolaidis mengatakan kepada Yahoo Canada bahwa dia memiliki rekan kerja yang sangat terkejut bahwa dia percaya pada penyakit implan payudara.

Namun, dalam pengalamannya, pasien yang implannya dilepas "kembali dan mengatakan bahwa mereka merasa lebih baik."

Dokter setuju bahwa media sosial adalah bagian besar dari kesadaran dan juga menawarkan dukungan kepada wanita yang mengalami masalah kesehatan serupa.

Salah satu grup Facebook terbesar, Breast Implant Illness and Healing by Nicole, yang dibuat beberapa tahun lalu oleh seorang wanita yang mengatakan bahwa dia juga menderita penyakit implan payudara. Sekarang memiliki lebih dari 160.000 anggota.

Patrick sendiri beralih ke internet selama cobaan medisnya, mengatakan bahwa dia telah menonton lebih dari 100 cerita di YouTube.

Semua perhatian ini telah menyebabkan lebih banyak diskusi di komunitas medis.

“(Masalah) sudah cukup diakui bahwa FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat sekarang membicarakannya,” kata Nicolaidis.

Pada Oktober 2021, FDA memperbarui persyaratan keamanannya terkait implan payudara, termasuk peringatan label baru yang ditambahkan pada kemasan implan dan membuat daftar periksa keputusan pasien untuk pasien sehingga mereka bisa memahami risiko pra-operasi.

Apa saja tanda dan gejala penyakit implan payudara?
Gejalanya bisa berbeda-beda pada setiap orang. American Society of Plastic Surgeons mendaftar yang lebih umum sebagai berikut:

  • Kelelahan
  • Nyeri otot dan sendi
  • Masalah memori dan konsentrasi
  • Penipisan/kerontokan rambut
  • Ruam kulit
  • Depresi
  • Migrain

Adapun kapan seseorang akan mengalami gejala tersebut, itu juga tergantung orangnya.

“Saya memiliki pasien yang datang dan bertanya kepada saya, itu menghancurkan hati saya karena ini benar-benar dua bulan setelah pembesaran payudara mereka, dan mereka merasa sangat sakit sehingga mereka ingin implannya dikeluarkan,” kata Nicolaidis. "Dan itu terjadi paling cepat, dalam satu atau dua bulan."

Namun, Nicolaidis menambahkan bahwa sebagian besar pasien tidak akan mengalami gejala setidaknya selama beberapa tahun, jika tidak lebih lama.

Siapa yang berisiko terkena penyakit implan payudara?
Nicolaidis memperkirakan bahwa satu sampai 10 persen pasien implan payudara mungkin akan menderita BII.

Ketika ditanya siapa sebenarnya yang berisiko sakit, spesialis Kanada mengatakan bahwa "tidak 100 persen jelas."

Umumnya, dokter mengatakan wanita memiliki risiko lebih besar terkena BII jika mereka memiliki riwayat penyakit autoimun secara pribadi ataupun keluarga, menderita kondisi kronis seperti fibromyalgia, memiliki beberapa alergi, atau didiagnosis dengan sindrom iritasi usus besar.

Nicolaidis melakukan operasi pembesaran payudara hingga satu tahun lalu karena dia ingin belajar lebih banyak tentang faktor risiko yang menyebabkan penyakit itu.

“Kemudian saya mulai menemui pasien yang tidak memiliki faktor risiko tersebut, tapi masih mengembangkan penyakit implan payudara,” jelasnya. "Saat itulah saya memutuskan 'OK lupakan saja, saya tidak akan melakukan implantasi lagi'."

Seperti apa perawatannya?
Pilihan pengobatan umum untuk orang yang menderita penyakit implan payudara adalah pengangkatan implan dan jaringan parut di sekitarnya.

Patrick mengatakan dia merasa lebih baik segera setelah operasi, mencatatkan wajahnya "memiliki lebih banyak warna dan lingkaran hitam lebih sedikit", wajahnya mulai memproduksi minyak lagi, dia bisa mengambil napas lebih dalam. Dia juga memiliki lebih banyak energi.

Sementara beberapa efek terasa lebih cepat, masalah lainnya mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

“(Pasien) yang telah mengembangkan penyakit autoimun yang parah dari implan mereka, akan lebih lambat untuk menjadi lebih baik,” Nicolaidis menjelaskan. “Mereka sering membutuhkan tidak hanya pengangkatan implan dan kapsul, tetapi juga membutuhkan perawatan medis untuk memperbaikinya.”

Terkait nasihat yang dia tawarkan kepada pasiennya, Nicolaidis percaya risiko operasi implan payudara tak boleh diremehkan, mengatakan keputusan itu tidak boleh dibuat "ringan".

“Ada banyak komplikasi yang bisa muncul,” saran sang dokter. “Untuk pasien yang memiliki jaringan payudara cukup, Anda mungkin lebih baik melakukan pengangkatan daripada penyebab augmentasi, sehingga Anda memiliki jaringan sendiri dan tidak perlu menjalani operasi lain.”

Adapun pada Danica Patrick sendiri, pembalap wanita legendaris itu mengatakan bahwa dia akan terus membagikan kemajuan kesehatannya.

“Jika postingan ini hanya membantu satu orang untuk mengetahui akar masalahnya, maka itu sudah sangat memuaskan,” katanya.***

Berita Bugar Lainnya:

5 Tips dan Trik Kesehatan Payudara yang Perlu Anda Ketahui

Kerokan Punya Banyak Manfaat, Salah Satunya Obati Pembengkakan Payudara

Source: Yahoo Life Kanada

RELATED STORIES

4 Makanan untuk Detoksifikasi Racun dalam Tubuh secara Instan

4 Makanan untuk Detoksifikasi Racun dalam Tubuh secara Instan

Berikut ini adalah empat makanan yang berguna untuk detoksifikasi tubuh secara instan.

Apakah Anda Tak Bisa Lepas dari Ponsel? Cari Tahu Apakah Anda Menderita Nomophobia

Apakah Anda Tak Bisa Lepas dari Ponsel? Cari Tahu Apakah Anda Menderita Nomophobia

Dalam masyarakat yang sangat terhubung seperti yang kita jalani saat ini, adalah normal untuk menemukan orang-orang yang tidak dapat melepaskan diri dari layar ponselnya.

5 Pemanasan Penting Sebelum Lakukan Bench Press

5 Pemanasan Penting Sebelum Lakukan Bench Press

Mayoritas orang diperkirakan tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum melakukan latihan bench press.

Rahasia di Balik Lengan Ratu Letizia yang Selalu Terlihat Kencang

Rahasia di Balik Lengan Ratu Letizia yang Selalu Terlihat Kencang

Jika ada foto Ratu Letizia dari Spanyol yang mempengaruhi kita dalam beberapa tahun terakhir, itu adalah gambar bagian bahu dan lengan telanjangnya yang begitu kencang.

Kim Kardashian Turun 7 Kilo dalam 3 Minggu demi Gaun Marilyn Monroe: Itu Standar yang Tidak Sehat!

Kim Kardashian Turun 7 Kilo dalam 3 Minggu demi Gaun Marilyn Monroe: Itu Standar yang Tidak Sehat!

Sejak mengaku kehilangan berat badan hanya dalam tiga minggu dengan mengenakan gaun ikonik Marilyn Monroe, Kim Kardashian justru mendapat kecaman karena mempromosikan standar tubuh yang tidak sehat.

Latihan Terbaik untuk Memperkuat Lutut

Latihan Terbaik untuk Memperkuat Lutut

Masalah utama dengan lutut adalah bahwa, meskipun sangat kuat, mereka juga sangat rentan terhadap cedera dan segala jenis penyakit.

Tips Menjaga Kadar Gula Darah setelah Merayakan Lebaran

Tips Menjaga Kadar Gula Darah setelah Merayakan Lebaran

Berikut ini Skor.id merangkum beberapa tips menjaga kadar gula darah setelah banyak menyantap hidangan lebaran.

5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner dengan seragam klub asal Jepang, Cerezo Osaka.

National

Justin Hubner Berbagi Pengalaman Buruk Hampir Alami Kecelakaan Pesawat di Jepang

Bek timnas Indonesia, Justin Hubner hampir terjatuh di laut dalam perjalanan membela Cerezo Osaka.

Nizar Galang | 17 May, 12:11

Putaran nasional Liga 3 atau Liga 3 Nasional. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Hasil Undian 16 Besar Liga 3 Nasional 2023-2024, Kick-off Mulai 19 Mei

Babak 32 besar telah rampung, Liga 3 Nasional 2023-2024 akan segera bergerak ke fase 16 besar.

Teguh Kurniawan | 17 May, 12:03

Marselino Ferdinan.jpg

Timnas Indonesia

Indra Sjafri Pastikan Marselino Ferdinan Tidak Ikut Turnamen Toulon 2024 di Prancis

Pelatih timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri ogah mengajak Marselino Ferdinan saat tampil di turnamen Toulon 2024.

Nizar Galang | 17 May, 11:55

Profil Timnas Serbia di Grup C Euro 2024. (Yusuf/Skor.id).

World

Profil Tim Grup C Euro 2024: Serbia

Berikut ini profil tim Grup C Euro 2024 (Piala Eropa 2024), Serbia, yang akan sersaing dengan Slovenia, Inggris, dan Denmark.

Pradipta Indra Kumara | 17 May, 11:51

Persib Bandung vs Bali United pada leg kedua semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persib vs Bali United di Championship Series Liga 1 2023-2024

Disertai 27 fakta menarik jelang pertandingan leg kedua semifinal Liga 1 2023-2024 yang digelar Sabtu (18/5/2024) itu.

Nizar Galang | 17 May, 10:08

Trofi Piala Eropa atau Piala UEFA European Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Kilas Balik Piala Eropa 1968: Ketika Italia ke Final dengan Cara Toss Koin

Tanpa pilihan tepat dari Giacinto Facchetti dalam toss koin lawan Uni Soviet, Italia tidak akan melangkah ke final dan tidak akan juara Piala Eropa 1968.

Rais Adnan | 17 May, 09:35

Cover Deltras - Hendy AS Skor.id

Liga 2

Deltras FC Jadi Satu-satunya Tim Liga 2 yang Lolos Lisensi Klub Profesional Musim 2023-2024

Deltras FC mengaku kesungguhan manajemen klub dalam pengelolaan standarisasi manajemen secara professional jadi kuncinya.

Taufani Rahmanda | 17 May, 09:35

Euro 2024 (Piala Eropa 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

World

Euro 2024: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Turnamen Ini

Berikut ini adalah semua hal tentang Euro 2024 (Piala Eropa 2024), dari daftar tim hingga stadion digelarnya turnamen ini.

Pradipta Indra Kumara | 17 May, 07:46

Timnas Slovenia akan tampil di Euro 2024. (Yusuf/Skor.id).

World

Profil Tim Grup C Euro 2024: Slovenia

Berikut ini profil Timnas Slovenia, kontestan Euro 2024 yang tampil lagi di turnamen ini setelah absen 24 tahun.

Irfan Sudrajat | 17 May, 07:45

Euro 2024 akan digelar di Jerman pada 14 Juni hingga 15 Juli 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Euro 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Euro 2024 akan digelar mulai 14 Juni 2024 di Jerman, berikut ini jadwal pertandingannya, serta hasil, dan klasemen yang akan diperbarui saat turnamen ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 17 May, 07:44

Load More Articles