SKOR.id – Putaran keempat Kejuaraan Dunia MotoGP 2024, Grand Prix Spanyol, sudah dimulai dengan digelarnya rangkaian latihan bebas di Circuito de Jerez – Angel Nieto, Jumat (26/4/2024).
Sejumlah pabrikan memanfaatkan GP Spanyol ini untuk memakai jatah wildcard maupun mencoba sejumlah inovasi teknologi pada motor. Honda diketahui salah satu pabrikan yang terlihat muncul dengan perubahan pada motornya.
Di Jerez, test rider Honda Stefan Bradl tidak hanya akan turun sebagai pembalap wildcard namun juga dijadwalkan menguji sejumlah hasil inovasi para teknisi Honda untuk mendongkrak performa motor.
Berikut sejumlah perubahan pada Honda RC213V yang tertangkap kamera di Jerez pada Jumat pagi waktu setempat.
Pertama, dan yang mudah terlihat adalah bagian depan. Aero di depan belum mengalami perubahan signifikan. Sayap atas sekarang lebih mirip versi pertama yang mereka miliki selama pengujian. Namun, sidepod RC213V sekarang lebih besar dan lebih kompleks.
Mereka juga membuang fairing samping yang besar dan menonjol untuk menempatkan beberapa saluran downwash mirip KTM dan satu sendok di bagian bawah fairing samping. Sayap garpunya sama seperti model sebelumnya.
Unit-unit komponen pada ekornya juga telah diperbarui. Bentuknya berbeda dengan sebelumnya dan tentunya ada penambahan sayap belakang berukuran besar yang jauh lebih tinggi daripada yang ada sekarang.
Pun begitu, bentuknya mempertahankan desain dua bagian dengan celah kecil antara elemen depan dan belakang.
Tidak ada perubahan pada bentuk saluran udara. Dari situ bisa diduga bila Honda RC213V kemungkinan besar masih menggunakan mesin yang sama.
Namun begitu, duo Tim Repsol Honda Joan Mir dan Luca Marini sudah mengakui bahwa Honda sedang mengerjakan mesin. Jadi, tidak menutup kemungkinan Bradl memiliki mesin yang diperbarui di sini. Tetapi, mungkin (mesin) itu akan disimpan untuk tes pada hari Senin.
Sulit untuk melihat apakah sasis telah diperbarui atau belum karena fairing dan selotip menutupi sebagian besar detailnya. Namun sepertinya ada sedikit perbedaan. Semua sepertinya masih harus bertanya kepada Mir dan Marini kapan mereka akan mengujinya pada hari Senin.
Honda juga telah melakukan beberapa perbaikan pada pendinginannya. Melepaskan ground effect side fairing memungkinkan mereka menambahkan ventilasi pembuangan tambahan dari radiator di bagian bawah fairing samping, dan menyertakan beberapa celah kecil seperti yang dimiliki Ducati dan Aprilia di bagian atas fairing samping.
Hingga berita ini diturunkan juga belum diketahui apakah Honda RC213V memakai sasis baru atau tidak.
Detail terakhir dari perubahan aerodinamika gila-gilaan Honda adalah munculnya potongan besar di bagian belakang roda depan.
Publik telah melihat Ducati, KTM dan Aprilia menambahkan suku cadang seperti ini ke mesin mereka selama setahun terakhir dan sekarang Honda sepertinya telah bergabung dengan mereka.