Seberapa Realistis Indonesia untuk Menggelar Formula 1

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Melihat sejumlah faktor dan pertimbangan, sepertinya Indonesia masih butuh waktu cukup lama jika ingin menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula 1. (M. Yusuf/Skor.id)
Melihat sejumlah faktor dan pertimbangan, sepertinya Indonesia masih butuh waktu cukup lama jika ingin menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula 1. (M. Yusuf/Skor.id)

SKOR.id – Akhir pekan ini, Kejuaraan Dunia Formula 1 2024 memasuki putaran ke-18, Grand Prix Singapura. Balapan 62 lap di trek sepanjang 4,94 km Marina Bay Street Circuit akan digelar pada Minggu (22/9/2024) malam dengan start mulai pukul 19:00 WIB. 

GP Singapura menjadi salah satu dari tujuh Grand Prix di Asia yang masuk kalender Kejuaraan Dunia Formula 1 2024 yang terdiri dari total 24 round. Singapura juga menjadi satu-satunya Grand Prix F1 yang digelar di kawasan Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir.

Potensi perluasan Formula 1 di Asia Tenggara menjadi topik hangat akhir-akhir ini. Negara-negara seperti Thailand dan Indonesia saat ini sedang dipertimbangkan untuk menjadi tuan rumah balapan F1. Hal itu diungkapkan CEO Liberty Media Greg Maffei di sela-sela acara yang diselenggarakan oleh Autosport di Monako, Mei lalu.

Ini tentu menjadi sinyal positif bagi negara-negara yang disebutkan di atas, utamanya Indonesia yang sejak Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar Kejuaraan Dunia Superbike (mulai akhir 2021) dan Kejuaraan Dunia MotoGP (mulai 2022). 

Namun, menggelar Formula 1 tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bagi Indonesia, banyak faktor yang memengaruhi dan tantangan yang harus diatasi untuk menggelar ajang balap mobil paling bergengsi di dunia.

Apa saja yang harus disiapkan Indonesia jika ingin menggelar F1? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Realistiskah rencana Indonesia menjadi tuan rumah salah satu putaran F1? 

Skor.id akan coba mengulasnya dalam Skor Special kali ini. (Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.). 

Indonesia Sudah Lama Berencana

Keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah putaran Kejuaraan Dunia Formula 1. Seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, menjelang akhir Mei 2019 silam, Presiden RI Joko Widodo meminta otoritas terkait untuk menjajaki peluang Indonesia menggelar balap Formula 1 pada 2021. 

Abdulbar Mansoer yang saat itu menjadi Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) – badan usaha milik negara yang terspesialisasi dalam pengembangan dan pengelolaan kompleks pariwisata terintegrasi yang berhak mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB – menyatakan Presiden ingin F1 bisa menjadi salah satu yang bisa mengangkat nama Indonesia dan mengembangkan sport tourism.

Setelah mampu menggelar MotoGP dan World Superbike di Mandalika, asa untuk menggelar Formula 1 di Indonesia makin menguat. Sekira awal 2023, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menegaskan organisasinya terus berusaha melakukan lobi-lobi untuk mendatangkan F1 ke Indonesia. 

Sebagai bukti keseriusan Indonesia, pemerintah saat itu berencana untuk membangun sirkuit Formula 1 di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, dan Bintan, Kepulauan Riau. 

Menjelang akhir tahun 2023, Bambang Soesatyo menegaskan bila IMI akan berusaha keras menjadikan Indonesia salah satu tuan rumah untuk Kejuaraan Dunia Formula 1 2026. 

Boks skor special negara2 Asia pernah tuan rumah F1 - M. Yusuf Skor.id.jfif
Dari 34 negara yang pernah dan masih menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1, 10 di antaranya adalah negara-negara Asia. Indonesia hingga kini belum mampu masuk daftar tersebut. (M. Yusuf/Skor.id)

Butuh Biaya Fantastis

Formula 1 adalah puncak dari motorsport. Orang-orang terkaya membayar mahal untuk menontonnya, perusahaan-perusahaan terbesar bersaing untuk mendapatkan tempat terbatas untuk mensponsorinya, dan pemilik tim mengeluarkan biaya besar untuk menempatkan pembalap mereka di belakang kemudi. 

Meskipun demikian, hal ini masih menjadi beban keuangan yang sangat besar bagi pemerintah setempat (baca: negara) dan pemilik trek swasta yang bekerja sama untuk mendanai dan menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1

Bagi tuan rumah, keuntungan tidak dijamin. Bahkan, terkadang titik impas sudah dianggap beruntung. Sebagai informasi, commitment fee dari Liberty Media selaku pemegang hak penyelenggara dan komersial F1, yang diminta dari tuan rumah jumlahnya sangat fantastis. 

Uniknya, jumlah uang yang harus disetorkan ke Liberty Media ini bervariasi untuk setiap sirkuit, antara 20 juta dolar AS sampai 57 juta dolar AS untuk sekali gelaran. 

Penyelenggara GP Monako yang paling kecil, 20 juta dolar AS, karena dinilai bersejarah dan memiliki daya tarik tersendiri. Karena statusnya “mirip” Monako, commitment fee GP Belgia (22 juta dolar AS), GP Emilia Romagna (21 juta dolar AS), dan GP Italia (25 juta dolar AS), juga “tidak begitu besar”. 

Penyelenggara Grand Prix di Cina, Azerbaijan, Arab Saudi, Qatar, Spanyol-Madrid (mulai 2026), dan Bahrain harus menyetor antara 50 juta dolar AS sampai 57 juta dolar AS (sekira Rp758,04 miliar sampai Rp864,16 miliar) dengan Azerbaijan yang tertinggi (57 juta dolar AS).

Angka-angka di atas adalah “setoran” yang harus diserahkan ke Liberty Media oleh penyelenggara lokal. Padahal, satu Grand Prix biasanya memiliki kontrak lebih dari setahun. 

Bahrain diperkirakan membayar 52 juta dolar AS per tahun untuk balapannya hingga tahun 2036. Sementara, F1 akan tetap di Sirkuit Silverstone, Inggris, hingga tahun 2034 dengan biaya sekitar 30 juta dolar AS setiap tahunnya.

Saat ini, F1 akan menghasilkan 770 juta dolar AS dalam biaya promosi balapan tahun depan, angka yang tampaknya akan terus meningkat. 

Komparasi dengan Hosting Fee MotoGP

Saat pertama menggelar MotoGP di Mandalika pada 2022, hosting fee (kabarnya sebesar Rp143 miliar) ditanggung oleh pemerintah pusat lewat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Lantas pada 2023, Kemenparekraf membantu membayar hosting fee kepada Dorna Sports selaku pemegang hak komersial dan penyelenggaraan MotoGP sebesar Rp78,8 miliar dalam bentuk belanja iklan Wonderful Indonesia. 

Adapun hosting fee yang harus dikeluarkan untuk MotoGP 2024 di Mandalika pada 27-29 September nanti ternyata naik drastis menjadi Rp231,29 miliar. 

Kendati besar, hosting fee MotoGP masih terbilang lebih kecil dibanding commitment fee untuk menggelar Formula 1 per tahun. 

Sirkuit

Seperti sudah disebutkan di atas, dari sejumlah sumber menyebut Indonesia berencana menyiapkan dua sirkuit untuk Formula 1, PIK dan Bintan. 

Bintan International Circuit (BIC) yang kabarnya menyedot investasi senilai Rp1,2 triliun berlokasi di Lagoi, Kabupaten Bintan dan dikelilingi 34 ribu hektare wilayah konservasi hutan bakau. 

Seperti dikutip dari akun Instagram @sirkuitinternasionalbintan, BIC nantinya akan memiliki panjang lintasan lebih dari lima kilometer dengan 18 tikungan untuk balap mobil dan 17 balap motor seperti MotoGP

Di sisi lain, kawasan PIK 2 sudah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN) terbaru. Diberitakan bila area seluas 1.000 hektare itu nantinya akan memiliki sirkuit F1 yang rencananya akan menggelar balap jet darat perdana pada 2029. 

Awal bulan Apri 2024 lalu, Menparekraf Sandiaga Uno menyebut berharap bisa mengundang Formula 1 lima tahun lagi dari sekarang. 

Beberapa bulan sebelumnya, tepatnya Oktober 2023, Sandiaga melalui akun X miliknya menyebut pihaknya berencana mengajukan Sirkuit Internasional Mandalika untuk menjadi tuan rumah Formula 1, menyusul kesuksesan gelaran MotoGP 2022 dan 2023. 

Namun, saat itu Sandi juga menyebut masih mengkaji ulang untung dan ruginya menggelar F1. Jika menguntungkan, proyek ini akan ditindaklajuti. 

Masalahnya, Mandalika belum bisa menggelar F1 karena saat ini baru berlisensi Grade A Federasi Motor Internasional (FIM). Sementara, F1 memerlukan sirkuit dengan Grade 1 dari Federasi Autommobil Internasional (FIA). 

Untuk menaikkan grade Mandalika sesuai standar FIA untuk F1 jelas dibutuhkan anggaran sangat besar. Sirkuit Internasional Mandalika saja sudah menghabiskan Rp2 triliun saat dibangun. 

Dari sejumlah sumber diketahui, saat ini membangun sebuah sirkuit standar F1 membutuhkan biaya minimal 270 juta dolar AS (sekira Rp4,09 triliun) dengan biaya perawatan mencapai 18 juta dolar AS per tahun. 

Bahkan, sirkuit jalan raya Las Vegas di AS yang baru masuk kalender pada 2023 kabarnya menyedot anggaran hingga 400 juta dolar AS (Rp6,06 triliun). 

Besar kecilnya anggaran pembuatan sirkuit tentu dipengaruhi sejumlah faktor. Desain dan panjang lintasan, fasilitas penunjang, serta lokasi, hanyalah beberapa hal yang harus dipikirkan saat membangun sirkuit. 

Untung-Rugi 

India dan Korea adalah dua dari banyak contoh Grand Prix yang menunjukkan betapa sulitnya bagi pemilik trek untuk mendapatkan keuntungan dengan tiket menjadi satu-satunya sumber pendapatan mereka. 

Kedua negara itu hanya menjadi tuan rumah beberapa kali Grand Prix dan harus membatalkan Grand Prix berikutnya karena berbagai alasan. Namun, kerugian finansial yang besar tampaknya menjadi salah satu penyebab utama. 

Grand Prix India pada tahun 2013, tahun terakhir operasionalnya, merugi 24 juta dolar AS. Sedangkan Grand Prix Korea mengalami kerugian 37 juta dolar AS pada tahun 2012, hanya satu tahun sebelum berakhirnya operasional. Meskipun trek lain biasanya tidak merugi sebanyak itu, namun tetap saja sulit mencapai titik impas.

Jika menjadi tuan rumah Formula 1 tidak menguntungkan untuk investasi, mengapa pemerintah dan pemilik lintasan swasta benar-benar mengambil proyek ini? Mengapa tidak mengalokasikan uang tersebut ke bidang ekonomi lain yang benar-benar akan memberikan manfaat lebih langsung? 

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa uang yang diperoleh dari pariwisata dan perjalanan akibat Grand Prix sebenarnya menstimulasi perekonomian lokal hingga pada titik di mana terdapat keuntungan positif.

Misalnya, meskipun Las Vegas diperkirakan menghabiskan sekitar 500 juta dolar AS pada Grand Prix 2023, manfaat pariwisata dari balapan tersebut diperkirakan sebesar 1,2 miliar dolar AS  yang berasal dari pengeluaran di hotel, restoran, dan bisnis lokal lainnya. 

Selain itu, Grand Prix Singapura dari tahun 2008 hingga 2018 memberikan manfaat bagi perekonomian lokal dengan mendatangkan 450 ribu pengunjung tambahan yang menghabiskan sekitar 1,4 miliar dolar AS untuk perekonomian lokal.

Terakhir, Grand Prix Meksiko yang diselenggarakan di Mexico City terus menghasilkan peningkatan tahunan sebesar 12% dalam jumlah tamu yang menginap di hotel mewah pada hari perlombaan akhir pekan. 

Mexico City juga terus melihat pengeluaran pengunjung rata-rata sekitar 1.730 dolar AS per orang pada akhir pekan Grand Prix untuk barang dan jasa yang tidak terkait dengan Formula 1.

RELATED STORIES

MotoGP Indonesia 2024 Sebulan Lagi, Berbagai Pihak Siap Sukseskan Event Akbar di Mandalika

MotoGP Indonesia 2024 Sebulan Lagi, Berbagai Pihak Siap Sukseskan Event Akbar di Mandalika

Berbagai pihak siap menyukseskan gelaran MotoGP Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika pada 27–29 September nanti

Hasil F1 GP Azerbaijan 2024: Oscar Piastri Berjaya di Baku Usai Jinakkan Charles Leclerc

Pembalap McLaren Oscar Piastri meraih kemenangan dalam F1 GP Azerbaijan 2024, yang kedua baginya musim ini.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga Arsenal vs Dinamo Zagreb di Liga Champions 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Arsenal vs Dinamo Zagreb di Liga Champions 2024-2025

Prediksi pertandingan dan link live streaming Arsenal vs Dinamo Zagreb di Liga Champions 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 22 Jan, 02:45

Laga AC Milan vs Girona di Liga Champions 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming AC Milan vs Girona di Liga Champions 2024-2025

Prediksi pertandingan dan link live streaming AC Milan vs Girona pada matchday 7 Liga Champions 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 22 Jan, 01:49

Liga Champions 2024-2025 menggunakan format baru. (Hendy Andika/Skor.id)

World

Hasil Matchday 7 Liga Champions, Barcelona Kesulitan Kalahkan Benfica, Liverpool Masih Sempurna

Hasil matcday 7 Liga Champions yang digelar Rabu (22/1/2025) dini hari WIB, Barcelona tekuk Benfica, Liverpool jaga kesempurnaan.

Pradipta Indra Kumara | 22 Jan, 00:35

Liga Nusantara 2024-2025 atau Liga 3 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Rekap Hasil Liga Nusantara 2024-2025: Persekabpas Lolos 6 Besar, Waanal Brothers Mengintai

Tiga pertandingan pekan ke-13 Grup B Liga Nusantara 2024-2025 telah rampung pada Selasa (21/1/2025).

Teguh Kurniawan | 21 Jan, 19:54

Karakter animasi Aryna Sabalenka memiliki kemiripan dengan pakaian Nike-nya, tetapi tidak dengan rambutnya. (M. Yusuf/Skor.id)

Culture

Rambut Jadi Pirang, Aryna Sabalenka ‘Protes’ Animasinya di Australian Open

Rambut Aryna Sabalenka yang berwarna coklat menjadi pirang di versi animasi AO Animated Tennis Australia.

Tri Cahyo Nugroho | 21 Jan, 16:59

Sepatu khas petenis wanita AS, Coco Gauff, New Balance Coco CG2, terinspirasi sepatu bola basket, olahraga kegemaran ayahnya. (M. Yusuf/Skor.id)

Culture

Hobi Ayah Menginspirasi Sepatu Khas Kedua Coco Gauff

Terinspirasi dari olahraga pilihan ayah Gauff, yaitu bola basket, sneaker khusus Gauff tetap menjadi yang pertama di pasar tenis.

Tri Cahyo Nugroho | 21 Jan, 16:53

Ducati Desmosedici GP25 milik Tim Ducati Lenovo ini akan digeber Marc Marquez di MotoGP 2025. (Jovi Arnanda/Skor.id)

MotoGP

Lebih Bertenaga, Lebih Ringan, Ini Rahasia Ducati Desmosedici GP25

Skor.id coba paparkan detail dan data teknis Ducati Desmosedici GP25, prototipe baru Francesco Bagnaia dan Marc Marquez untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2025.

Tri Cahyo Nugroho | 21 Jan, 16:34

alfredo vera - madura

Liga 1

Alfredo Vera Resmi Jadi Pelatih Ketiga Madura United di Liga 1 2024-2025

Madura United memperkenalkan pelatih baru untuk mengarungi sisa musim Liga 1 2024-2025, sosoknya familier.

Teguh Kurniawan | 21 Jan, 15:11

Timnas putri Indonesia.

Timnas Indonesia

Timnas Putri Indonesia Ikut Kompetisi Universitas di Jepang pada Februari 2025

Timnas putri Indonesia juga akan menjalani agenda FIFA Matchday di Arab Saudi sebelum ke Jepang, Februari 2025.

Taufani Rahmanda | 21 Jan, 14:46

Petenis Australia, Destanee Aiava (tengah), mengikuti pakaian yang digunakan para petenis legendaris macam Caroline Wozniacki (kiri) dan Maria Sharapova (kanan) selama ajang Australia Open 2025 (Jovi Arnanda/Skor.id).

Fashion

Destanee Aiava Menggemari Gaya Fashion Vintage

Melawan Greet Minnen, Aiava pakai gaun produk kolaborasi Adidas x Stella McCartney.

Kunta Bayu Waskita | 21 Jan, 14:42

Load More Articles