Bos Red Bull Racing Akui Adrian Newey Nyaris Gabung ke Ferrari

I Gede Ardy Estrada

Editor: I Gede Ardy Estrada

Chief Technical Officer Red Bull Racing Adrian Newey
Chief Technical Officer Red Bull Racing Adrian Newey kini diburu Tim Aston Martin F1. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Prinsipal Red Bull Racing Christian Horner mengungkapkan bahwa Adrian Newey sempat hampir hengkang ke Scuderia Ferrari, ketika tim berada pada titik terendahnya beberapa tahun lalu.

Perancang genius di balik mobil-mobil balap Formula 1 itu adalah bagian penting dari kebangkitan Red Bull dan RB19, yang memungkinkan Max Verstappen menjadi juara dunia untuk kali ketiga berturut-turut. 

Namun, pada musim 2014, setelah regulasi mesin baru mengakibatkan Red Bull harus kehilangan dominasi dalam kejuaraan yang direbut Mercedes, Newey dapat tawaran menggiurkan dari Ferrari.

Hal ini diungkapkan Horner dalam siniar ‘Eff Won with DRS’. Ia mengatakan Newey hanya sekitar setengah jam saja dari pintu keluar Red Bull. Ferrari benar-benar menginginkannya. Beruntung, itu bisa dicegah.

“Kami berbalik dari memenangi (musim 2010, 2011, 2012, 2013, empat kali beruntun, dan kemudian ada perubahan regulasi besar-besaran pada mesin. Pemasok mesin kami benar-benar meleset dari target,” kata Horner.

“Saat itu, Sebastian Vettel hengkang (ke Ferrari) karena problem mesin. Adrian (Newey) juga hampir saja pergi. Dia sekitar setengah jam. Ferrari datang dan berupaya keras memboyongnya.”

“Mereka menjanjikannnya dunia, seperti ‘Anda dapat memiliki gaya hidup Hollywood, terbang ke pabrik dari Monako setiap hari, tidak membayar pajak apa pun, Anda dapat merancang road car.”  

Dengan segala tawaran menarik yang dijanjikan Ferrari, Christian Horner bergerak cepat untuk mencegah salah satu perancang mobil F1 terbaik sepanjang masa tersebut keluar dari Red Bull. Dan, ia berhasil.

“Saya mampu membujuknya tetap bertahan dengan mengatakan, ‘Kita akan membuat road car, jika Anda ingin membuatnya, maka kita akan membangun road car!’” Horner menuturkan. 

“Dia bilang, ‘Bagaimana?’ Saat itu saya katakan, ‘Saya tidak tahu, tapi kita akan temukan jalan, kita bakal mewujudkannya,” lanjut sang prinsipal yang kemudian melakukan pendekatan terhadap Aston Martin.

Lewat koneksi yang dijalin dengan Aston Martin, Christian Horner menemui CEO brand Inggris tersebut dan menawarkan sebuah ide. Singkat kata, proposalnya diterima dan Newey pun bersedia bertahan.

“Saya temui CEO mereka (Aston Martin) dan mengatakan, ‘Kami bisa dibilang memiliki perancang terbaik sepanjang masa, Anda brand hebat, kami tak bisa membiayai pembangunan mobil (road car), tapi masuk akal untuk mewujudkannya.’”

“Begitulah yang terjadi, benar-benar di sebuah pub di Inggris. Kami memungkinkan Adrian bisa memenuhi ambisinya (membangun road car) dan sekaligus mempertahankannya di dalam tim,” pungkas Horner tersenyum.

Tak selang lama, ‘ide liar’ Adrian Newey terwujud menjadi apa yang kemudian dikenal sebagai Aston Martin Valkyrie, sebuah hypercar yang mengadopsi teknologi Formula 1 ke jalan raya.     

Pria 64 tahun pun melanjutkan tugasnya sebagai Chief Technical Officer Red Bull selama delapan musim dominasi Mercedes. Pada 2021, mobil F1 rancangannya, RB16B, mengantar Verstappen jadi juara dunia untuk kali pertama. 

Sejak itu, Red Bull kembali mendominasi kejuaraan dunia, salah satunya tentu berkat jet darat karya Newey, RB18 (2022), RB19 (2023). Untuk F1 musim 2024, ia akan menyiapkan RB20 untuk Verstappen dan Sergio Perez.   

RELATED STORIES

Ducati Ingin Tiru Red Bull Racing di F1, Berambisi Terus Dominasi MotoGP

Ducati Ingin Tiru Red Bull Racing di F1, Berambisi Terus Dominasi MotoGP

Gigi Dall’Igna mengatakan superioritas Red Bull dalam Formula 1 sepanjang musim 2023 lebih baik dibandingkan Ducati di MotoGP.

Lewis Hamilton Bantah Pernah Hubungi Christian Horner untuk Gabung Red Bull Racing

Lewis Hamilton membantah gosip yang menyebut dirinya pernah menghubungi Christian Horner untuk gabung ke Red Bull Racing.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Proliga 2025

Other Sports

Update Proliga 2025 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Rangkaian laga sektor putri Proliga 2025 bakal bergulir pada 3 Januari–10 Mei dengan melibatkan tujuh tim di babak reguler.

Doddy Wiratama | 09 Dec, 09:25

Cover LTS Semarang.

Liga TopSkor

Jumlah Tim yang Mendaftar Liga TopSkor Semarang Melebihi Kuota

Pendaftaran Liga TopSkor Semarang sudah dibuka sejak 1 Desember dan rencananya ditutup pada 10 Desember mendatang.

Nizar Galang | 09 Dec, 08:07

Replika mobil balap F1 Ferrari SF-24 ini terbuat dari ribuan kepingan Lego (Hendy Andika/Skor.id).

Art

Lego Technic Rilis Replika Ferrari F1 tetapi Bukan untuk Kado Natal

Replika mobil balap F1 Ferrari SF-24 ini berskala 1:8 dan harganya cukup menguras kantong.

Kunta Bayu Waskita | 09 Dec, 07:36

Lewis Hamilton

Formula 1

Lewis Hamilton dan Mercedes Abadi sebagai Kolaborasi Terhebat dalam Sejarah F1

Pembalap Lewis Hamilton telah melakoni GP terakhirnya bersama Mercedes di Abu Dhabi, Minggu (8/12/2024), menandai selesainya kolaborasi 13 tahun.

I Gede Ardy Estrada | 09 Dec, 07:08

Madura United vs Semen Padang. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Madura United vs Semen Padang di Liga 1 2024-2025

Laga Madura United vs Semen Padang akan digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Selasa (10/12/2024) petang WIB.

Rais Adnan | 09 Dec, 05:36

Trofi PMGC 2024. (PUBG Mobile)

Esports

Dplus Juara PMGC 2024, Voin Donkey Ukir Prestasi

Voin Donkey ID mampu menempati peringkat kelima di klasemen akhir PMGC 2024.

Gangga Basudewa | 09 Dec, 01:49

Sepak bola wanita Indonesia. (Dede Mauladi/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Kompetisi Hydroplus Soccer League 2024

Hydroplus Soccer League 2024 yang berlangsung di Supersoccer Arena, Rendeng, Kudus Jawa Tengah

Gangga Basudewa | 09 Dec, 01:18

Fnatic ONIC PH vs Team Liquid ID. (Andreas Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Playoff M6: Head-to-Head Fnatic ONIC PH vs Team Liquid ID

Berikut ini adalah head-to-head Fnatic ONIC PH vs Team Liquid ID yang akan bertemu di Playoff turnamen Mobile Legends, M6 World Championship.

Thoriq Az Zuhri | 09 Dec, 00:47

ragnar - fcv dender by dayat

National

Jay Idzes Gagal Menang, Jordi Amat dan Ragnar Oratmangoen Raih Tiga Poin

Berikut hasil dari kiprah para pemain Timnas Indonesia di klub luar negeri pada 8-9 Desember 2024.

Rais Adnan | 08 Dec, 22:16

Kejuaraan dunia Mobile Legends: Bang Bang, M6 World Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

M6 World Championship: Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap

Gelaran M6 World Championship sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tingkat dunia Mobile Legends: Bang Bang ini.

Thoriq Az Zuhri | 08 Dec, 21:29

Load More Articles