Bagaimana Erling Haaland Mengancam Rekor Gol Kun Aguero dan Alan Shearer

Irfan Sudrajat

Editor: Irfan Sudrajat

Erling Haaland (tengah), Sergio Aguero (kanan), dan Alan Shearer di Liga Inggris. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).
Penyerang Manchester City, Erling Haaland (tengah), berpeluang mematahkan rekor hat-trick Sergio Aguero (kanan) dan rekor gol Alan Shearer di Liga Inggris. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

SKOR.id - Liga Inggris 2024-2025 baru berjalan tiga putaran, namun Erling Haaland sudah mengoleksi 7 gol. Dari 7 gol tersebut, di antaranya diraih dari dua hat-trick yang diciptakannya.

Hat-trick pertama musim ini yang diciptakan Erling Haaland terjadi di laga pekan kedua dalam kemenangan Manchester City atas Ipswich Town, dua pekan lalu.

Lalu, hanya sepekan kemudian atau di laga pekan ketiga pada akhir pekan lalu, Erling Haaland kembali menorehkan hat-trick dalam kemenangan 3-1 atas West Ham United.

Artikel Skor Special kali ini akan membahas mengapa Erling Haaland merupakan pencetak gol terbaik di Liga Inggris saat ini dan juga di masa depan.

(Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.).

Jumlah Hat-trick

Dengan ha-trick di awal musim Liga Inggris 2024-2025, Erling Haaland menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang mampu menorehkan dua hat-trick dari tiga laga awal Liga Inggris.

Pemain yang pernah menorehkan catatan serupa adalah Paul Jewell (Bradford City) pada 1994-1995 namun di Divisi Dua Liga Inggris.

Sedangkan terkait hat-trick di dua laga beruntun di Liga Inggris, Erling Haaland sudah pernah mengoleksinya. Yaitu pada musim pertamanya di Liga Inggris di pekan ke-4 dan pekan ke-5.

Ketika itu, Erling Haaland mencetak tiga gol dalam kemenangan 4-2 atas Manchester City lalu kembali mencetak tiga gol dalam kemenangan 6-0 atas Nottingham Forest.

Sedangkan terkait jumlah hat-trick yang diciptakannya, Erling Haaland telah mengoleksi 8 hat-trick dalam kariernya di Liga Inggris sejak bergabung ke Manchester City pada 2022 silam dari Borussia Dortmund.

Penyerang Manchester City, Erling Haaland. (Yusuf/Skor.id).
Penyerang Manchester City, Erling Haaland, dengan bola hat-trick setelah laga lawan West Ham. (Yusuf/Skor.id).

Berikut ini 8 Hat-trick Erling Haaland:

1. 27/8/2022 Manchester City 4-2 Crystal Palace

2. 31/8/2022 Manchester City 6-0 Nottingham Forest

3. 2/10/2022 Manchester City 6-3 Manchester United

4. 22/1/2023 Manchester City 3-0 Wolverhampton

5. 2/9/2023 Manchester City 5-1 Fulham

6. 4/5/2024 Manchester City 5-1 Wolverhampton (quat-trick)

7. 24/8/2024 Manchester City 4-1 Ipswich Town

8. 31/8/2024 West Ham United 1-3 Manchester City

Dengan 8 hat-trick itu pula, Erling Haaland kini menyamai jumlah hat-trick para mantan bintang di Liga Inggris yaitu Thierry Henry, Harry Kane (masih aktif kini di Bayern Munchen), dan Michael Owen.

Dalam sejarah Liga Inggris, pemain yang paling banyak menorehkan hat-trick adalah Sergio Aguero (Manchester City).

Bintang asal Argentina tersebut memimpin dengan 12 hat-trick dari total 275 laga di Liga Inggris yang dimainkannya.

Di posisi kedua ada Alan Shearer yang mengoleksi 11 hat-trick dari 441 pertandingan di Liga Inggris.

Dan ketiga adalah Robbie Fowler yang memiliki 9 hat-trick di Liga Inggris dari 379 laga.

Dengan hanya berjarak empat hat-trick dari Sergio Aguero, tampaknya hanya soal waktu bagi Erling Haaland untuk menyamai rekor hat-trick atau mematahkan rekor jumlah hat-trick mantan bintang Man City tersebut.

Rata-rata Hat-trick

Dengan hat-trick ke gawang West Ham United, Erling Haaland kini total telah mengoleksi 70 gol di Liga Inggris (Premier League) dan itu dikoleksi dari hanya 69 laga.

Jumlah tersebut membuat Erling Haaland rata-rata mampu mengoleksi 1,01 gol per laga. Efektivitas ini juga terlihat dari rata-rata kemampuannya mencetak hat-trick per pertandingan.

Dengan 8 hat-trick dari 69 pertandingan di Liga Inggris, dengan demikian Erling Haaland rata-rata memiliki kemampuan mencetak satu hat-trick dari setiap 8,6 pertandingan.

Bandingkan dengan Sergio Aguero contohnya. Dengan 12 hat-trick dari 275 pertandingan di Liga Inggris, Kun Aguero rata-rata menciptakan satu hat-trick dalam 22,9 pertandingan.

Erling Haaland menjadi pemain yang paling efektif dalam kemungkinannya menciptakan hat-trick di Liga Inggris.

Pemain terdekat dalam rata-rata hat-trick adalah Luis Suarez yang dalam kariernya di Liverpool telah mengoleksi 6 hat-trick di Liga Inggris.

Luis Suarez mencapai 6 hat-trick tersebut setelah tampil dalam 110 pertandingan di Liga Inggris. Dengan demikian, bintang asal Uruguay ini rata-rata membutuhkan 18,4 laga untuk menorehkan hat-trick.

Erling Haaland telah mengoleksi 8 hat-trick di Liga Inggris, (Jovi Arnanda/Skor.id).
Erling Haaland telah mengoleksi 8 hat-trick sepanjang kariernya di Liga Inggris, (Jovi Arnanda/Skor.id).

Peluang Menyamai Rekor Gol Alan Shearer

Pertanyaan besarnya adalah, mampukah Erling Haaland mematahkan rekor gol sang legendaris Alan Shearer yang hingga kini masih bertahan?

Alan Shearer, mantan bintang Southampton, Blackburn Rovers, dan Newcastle United yang aktif bermain sejak 1988 hingga 2006, merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Inggris.

Alan Shearer masih memegang rekor tersebut dengan koleksi 260 gol yang diciptakannya dari 441 laga di Liga Inggris (Premier League).

Jika berpatokan terhadap rasio Erling Haaland saat ini, peluang mencapai atau memecahkan rekor gol Alan Shearer sangat terbuka.

Namun, tentu saja membutuhkan waktu bagi bintang asal Norwegia ini untuk mencapainya.

Dengan rata-rata mengoleksi 1,01 gol per laga, Erling Haaland memiliki rasio yang bisa mengejar jumlah gol Alan Shearer. Sang legenda memiliki rasio 0,59 gol per laga.

Lalu, bagaimana Erling Haaland bisa setidaknya mendekati rekor gol Alan Shearer?

Erling Haaland telah mengoleksi 70 gol di Liga Inggri saat ini. Dengan mencetak 30 gol dalam setiap musim selama enam musim berikutnya, dia akan mengoleksi 250 gol.

Dengan demikian, dia hanya tertinggal 10 gol dari rekor Shearer dalam enam musim ke depan. Bahkan, bukan tidak mungkin bisa lebih cepat.

Meski demikian, tentu saja semua itu juga akan tergantung dari kondisinya, faktor cedera, atau apakah dirinya masih bermain di kompetisi ini di enam musim ke depan.

Namun, apakah kemampuannya sebagai penyerang membuatnya bisa mematahkan rekor Alan Shearer, jawabannya adalah "Ya".

Penyerang yang Langka

Para mesin gol di era saat ini seperti Harry Kane hingga Kylian Mbappe, karakteristik mereka adalah tipikal penyerang yang memiliki pergerakan yang lebih bebas di seputar area pertahanan lawan.

Bahkan, Kylian Mbappe adalah tipikal penyerang yang kerap mengawali pergerakannya dari sisi kiri. Mohamed Salah bahkan Lionel Messi juga melakukan hal yang sama yang membuat mereka kemudian menjadi mesin gol.

Di era sepak bola modern saat ini, Erling Haaland justru penyerang yang langka karena dia tipikal penalty box striker, yang area pergerakannya di jantung pertahanan lawan.

Erling Haaland tidak membutuhkan banyak sentuhan (memainkan) bola untuk mencetak gol. Menurut Opta, Erling Haaland pemain yang paling sedikit memainkan atau menguasai bola untuk gol yang diciptakannya.

Rata-rata dia membutuhkan 22,7 sentuhan sepanjang pertandingan untuk mencetak satu gol. Sementara dari aspek menit, bintang berusia 24 tahun ini mampu menorehkan 1 gol setiap 80 menit.

Intensitas itu melebihi Sergio Aguero yang rata-rata mencetak satu gol setiap 108 menit.

Demikianlah, semua statistik tersebut akan membawa Erling Haaland menegaskan sebagai penyerang terbaik yang pernah ada di Liga Inggris.

Dengan tujuh gol yang telah diciptakannya di awal 2024-2025 ini, memperlihatkan untuk kesekian kalinya bahwa mencetak gol adalah hal yang biasa dalam perannya sebagai penyerang.

Source: OptaSky Sportspremierleague.com

RELATED STORIES

Hasil West Ham vs Man City: Erling Haaland Hat-trick Lagi, The Cityzens Menang 3-1

Hasil West Ham vs Man City: Erling Haaland Hat-trick Lagi, The Cityzens Menang 3-1

Erling Haaland mencetak hat-trick dalam kemenangan Manchester City atas West Ham, 3-1, Sabtu (31/8/2024).

Format Baru Babak Grup Liga Champions: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu

Format Baru Babak Grup Liga Champions: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu

Berikut ini adalah informasi lengkap semua hal yang harus kamu tahu tentang format baru babak grup Liga Champions 2024-2025.

Transformasi Logo Premier League: Sejarah dan Makna

Transformasi Logo Premier League: Sejarah dan Makna

Apa makna dan bagaimana sejarah transformasi logo Premier League alias kasta teratas Liga Inggris sejak bergulir pada 1992?

Ada Apa dengan Arsenal? Tak Juara Liga Inggris 2 Dekade

Ada Apa dengan Arsenal? Tak Juara Liga Inggris 2 Dekade

Selama dua dekade tepatnya sejak tahun 2004, Arsenal tak pernah lagi jadi juara Liga Inggris. Ada apa dengan Arsenal?

Liga Inggris 2024-2025: Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Siapa saja pelatih baru dan calon bintang Liga Inggris musim ini? Semua terjawab di Skor Special kali ini.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga Real Madrid vs Stuttgart di Liga Champions 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Real Madrid vs Stuttgart di Liga Champions 2024-2025

Prediksi dan link live streaming Real Madrid vs Stuttgart di Liga Champions 2024-2025 yang akan digelar pada Rabu (18/9/2024) pukul 02.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 17 Sep, 08:10

Cover Galeri Foto Persija vs Dewa United. (Foto: Mario Sonatha/Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Galeri Foto: Ditonton Shin Tae-yong, Persija Diimbangi Dewa United

Berikut berbagai momen menarik dari pertandingan Persija vs Dewa United di SUGBK, yang berhasil diabadikan Skor.id.

Rais Adnan | 17 Sep, 08:03

pelatih persija carlos pena

Liga 1

Carlos Pena Kecewa Persija Diimbangi Dewa United

Persija Jakarta ditahan imbang Dewa United FC pada pekan kelima Liga 1 2024-2025 di SUGBK.

Sumargo Pangestu | 17 Sep, 07:17

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Berharap Rafael Struick Dapat Banyak Menit Bermain di Brisbane Roar

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendukung bergabungnya Rafael Struick ke Brisbane Roar.

Sumargo Pangestu | 17 Sep, 07:12

Laga Juventus vs PSV Eindhoven di Liga Champions 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Juventus vs PSV Eindhoven di Liga Champions 2024-2025

Prediksi dan link live streaming Juventus vs PSV Eindhoven di Liga Champions 2024-2025 yang akan digelar pada Selasa (17/9/2024) pukul 23.45 WIB.

Irfan Sudrajat | 17 Sep, 05:30

Pelatih Udinese, Kosta Runjaic. (Hendy Andika/Skor.id).

Liga Italia

Liga Italia 2024-2025: Setelah 13 Tahun, Udinese Kembali Pimpin Klasemen

Hasil imbang Inter Milan dan Juventus di pekan keempat Liga Italia 2024-2025 memberikan jalan bagi Udinese merebut puncak klasemen sementara.

Irfan Sudrajat | 17 Sep, 05:11

Kompetisi Liga Italia 2024-2025 dimulai pada Sabtu (17/8/2024) lalu. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Liga Italia 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Liga Italia 2024-2025 telah bergulir pada Sabtu (17/8/2024) lalu, berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen yang diupdate sepanjang musim ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 17 Sep, 05:10

Turnamen Valorant, VCT Ascension Pacific 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

VCT Ascension Pacific 2024: Hasil, Jadwal, Bagan Lengkap

Gelaran VCT Ascension Pacific 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan bagan lengkap turnamen Valorant tingkat Asia-Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 17 Sep, 00:10

Sepatu kets yang dicetak one-piece 3D dan bisa bernapas ekstrem, Adidas Climamog, diyakini akan segera diperkenalkan di Amerika Serikat. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Adidas Segera Luncurkan Sepatu Cetak 3D Futuristik

Desain dan teknologi Adidas Climamog dinilai sebuah lompatan besar.

Tri Cahyo Nugroho | 16 Sep, 22:10

Koleksi Adidas Originals LFSTLR Real Madrid musim 2024-2025 menambah pilihan fesyen bagi penggemarnya. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Real Madrid Tim Terkini yang Dapatkan Koleksi Adidas LFSTLR

Real Madrid menjadi tim terbaru yang menerima koleksi LFSTLR dari Adidas Originals untuk melengkapi seragam ketiganya musim ini.

Tri Cahyo Nugroho | 16 Sep, 21:58

Load More Articles