Apa Saja yang Anak Muda Cina Inginkan pada 2024

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Tren sosial pada 2024 mengungkapkan preferensi baru dan strategi kesehatan mental di kalangan anak muda Cina. (Dede Mauladi/Skor.id)
Tren sosial pada 2024 mengungkapkan preferensi baru dan strategi kesehatan mental di kalangan anak muda Cina. (Dede Mauladi/Skor.id)

SKOR.id – Tahun Baru Imlek yang pada 2024 ini jatuh pada Sabtu (10/2/2024) kemarin sangat penting bagi masyarakat Cina maupun keturunannya di berbagai belahan dunia. 

Seiring perkembangan peradaban dan kemajuan teknologi, anak-anak muda di Cina pun memiliki preferensi baru dan strategi kesehatan mental dalam dalam menghadapi dunia yang kompleks dan didorong oleh teknologi.

Meningkatnya minat terhadap mitra yang didukung kepintaran buatan (AI); membentuk hubungan yang tidak rumit dan menghormati ruang pribadi; merangkul “cinta diri sendiri” di atas perasaan dan penilaian orang lain; dan mengatasi kecemasan dengan membayangkan diri mereka sebagai orang lain.

Hal-hal tersebut merupakan salah satu tren baru yang membentuk kembali tatanan sosial generasi muda di Cina saat ini. Itu menurut laporan terbaru dari Just So Soul, sebuah lembaga penelitian di bawah aplikasi kencan populer asal Negeri Tirai Bambu, Soul.

Mengambil wawasan dari survei terhadap lebih dari 3.800 pengguna, sebagian besar berusia 18 hingga 27 tahun, “Laporan Wawasan tentang Tren Sosial pada 2024” menawarkan gambaran sekilas tentang evolusi preferensi dan strategi kesehatan mental dari generasi yang menghadapi dunia yang semakin kompleks dan didorong oleh teknologi.

Dengan 30 juta pengguna aktif bulanan, Soul adalah salah satu aplikasi kencan paling populer di Cina, yang memungkinkan pengguna terhubung melalui tes kepribadian dan berkomunikasi menggunakan avatar yang disesuaikan. Aplikasi ini sangat disukai oleh generasi muda, dengan 80% penggunanya adalah Gen Z. 

Memasuki tahun 2024, berikut adalah beberapa tren yang mungkin akan mempengaruhi pilihan sosial, konsumsi, dan gaya hidup anak muda Negeri Tirai Bambu.

Zero-Sugar Networking 

Mirip dengan konsep menikmati Coke bebas gula, “zero-sugar networking” alias jaringan tanpa gula ini mengacu istilah untuk hubungan tanpa beban emosional apa pun. 

Menurut laporan Soul, hal ini memenuhi kebutuhan akan hubungan santai namun bermakna di antara semakin banyak anak muda Cina, dan sering kali hanya berlangsung sebentar dan berkisar pada minat dan aktivitas yang sama.

Pergaulan seperti ini digambarkan dengan kata kunci dazi, yang berarti “pendamping”. Laporan tersebut menunjukkan bahwa satu dari setiap empat orang yang lahir setelah tahun 2000 memiliki dazi, yang menunjukkan preferensi yang kuat di antara mereka terhadap pertemanan yang tidak rumit dan efektif untuk melawan perasaan terisolasi di era digital. 

Tren ini lazim di berbagai platform media sosial Cina, dengan pencari dazi mulai dari mahasiswa hingga profesional yang bekerja.

Meskipun minat terhadap sosialisasi dengan komitmen rendah meningkat, lebih dari 90% anak muda Cina masih menghargai interaksi sosial. Hal itu terbukti dari laporan tersebut yang menyatakan bahwa mereka menghabiskan rata-rata delapan jam setiap minggunya bersama teman-teman. 

Ketika ditanya tentang bentuk persahabatan ideal mereka, 54% responden muda lebih memilih untuk tetap menjalin kontak rutin dengan teman-teman sambil tetap menjaga ruang pribadi mereka. 

Bonding with Bots

Laporan ini juga menggarisbawahi dampak teknologi AI yang berkembang pesat terhadap kehidupan sosial generasi muda Cina

“Interaksi antara manusia dan AI sebelumnya hanya dibayangkan dalam cerita fiksi ilmiah. Tetapi terobosan pengembangan konten yang dihasilkan AI telah membuka kemungkinan baru untuk interaksi sosial,” demikian sebagian isi laporan tersebut. 

Menurut survei tersebut, 9% responden lebih menyukai entitas yang didukung AI daripada tokoh animasi dan selebritas. Namun, mayoritas – sekitar 48% – masih menemukan teman paling banyak di dunia nyata. 

Tahun lalu, platform media sosial ramai dengan orang-orang yang menggambarkan secara detail hubungan romantis mereka dengan entitas yang didukung AI

Dan, dengan raksasa teknologi yang ingin meniru kesuksesan ChatGPT, beberapa chatbot AI yang mampu terlibat dalam percakapan yang beragam dan interaktif, termasuk yang dirancang oleh Soul, kemungkinan akan semakin populer pada tahun 2024.

Tren AI tampaknya didorong oleh perasaan kesepian, dengan 65% dari mereka yang disurvei melaporkan bahwa mereka merasa kesepian “dari waktu ke waktu”. Sementara, lebih dari sepertiganya mengatakan bahwa mereka “terus-menerus” merasa kesepian. 

Survei lain yang dilakukan oleh aplikasi tersebut pada bulan Agustus menunjukkan bahwa 95% pengguna memiliki pandangan netral terhadap konten yang dihasilkan AI. Alasannya antara lain adalah nilai hiburan, kenyamanan, dan kemampuan untuk meningkatkan efisiensi kerja.

Creative Escapism (Pelarian yang Kreatif)

Metode lain untuk mengatasi kecemasan kerja yang diidentifikasi dalam laporan ini adalah “imajinasi terhadap orang lain”. Hal ini melibatkan individu untuk sementara waktu keluar dari identitas mereka sendiri untuk mengambil kepribadian lain. 

Salah satu contoh tren ini adalah meningkatnya minat terhadap genre online yang dijuluki sastra malou atau monyet. Menurut laporan tersebut, hal ini selaras dengan generasi muda yang melihat ekspresi tabah monyet sebagai cerminan kehidupan kerja mereka, yang menekankan ketekunan dan usaha. 

Laporan tersebut mencatat peningkatan signifikan dalam minat terhadap Soul, dengan postingan terkait malou meningkat lebih dari 2.000% pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Love Thyself (Mencintai Diri Sendiri)

Survei dari Soul juga menemukan adanya pergeseran sikap anak muda Tiongkok terhadap konsep baru yang disebut “romantisisme cinta diri,” yang terkait dengan mengutamakan diri sendiri sebelum orang lain, menjaga tubuh, dan memenuhi keinginan pribadi yang kecil. 

Lebih dari 90% responden memiliki pandangan “non-negatif” terhadap istilah tersebut, dan sekitar seperempatnya melihat “mencintai diri sendiri” sebagai bentuk romansa. 

Bisa dibilang, ini semacam pemberontakan terhadap budaya Asia Timur yang telah lama mengajarkan masyarakat Cina, khususnya, untuk menghormati perasaan dan pendapat orang lain. 

Faktanya, anak-anak muda Cina merasa mereka sudah dewasa sehingga dapat mengambil kembali kendali atas hidupnya. 

Tren ini juga terlihat di media sosial tahun lalu, dengan topik “memperbaiki diri sendiri lagi” mendapatkan perhatian luas. Di Soul, tagar terkait, seperti “Hidup sesuka Anda,” telah ditonton lebih dari 700 juta kali, menurut laporan tersebut. 

Dalam kampanye media sosial terkait yang diluncurkan oleh Soul pada bulan Juli, banyak pengguna secara terbuka mendiskusikan ketidaksempurnaan mereka, mulai dari ciri fisik hingga kurangnya bakat dalam olahraga, mendorong orang lain untuk menerima kekurangan dan individualitas mereka.

RELATED STORIES

Apparel Olahraga Hadirkan Produk-produk Terinspirasi Tahun Baru Imlek

Apparel Olahraga Hadirkan Produk-produk Terinspirasi Tahun Baru Imlek

Banyak generasi muda siap membelanjakan uangnya selama masa liburan Imlek.

6 Sneaker Mewah Edisi Terbatas Hadir Rayakan Tahun Baru Imlek

Dari sneaker klasik Burberry merah, Tory Burch, hingga sepatu atletik Moncler dan Bottega Veneta.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pembalap Tim Mercedes-AMG Petronas F1 Lewis Hamilton sudah langsung tampil modis di tes pramusim Bahrain di antaranya dengan sepatu Puma dan Timberland. (Dede Mauladi/Skor.id)

Culture

Lewis Hamilton ‘Fashion Week’ Sudah Dimulai

Outfit yang dikenakan Lewis Hamilton pada hari kedua tes pramusim F1 di Bahrain menarik perhatian.

Tri Cahyo Nugroho | 23 Feb, 16:59

Kolaborasi Venezia x Kappa menghasilkan produk tracksuit LA84 (Jovi Arnanda/Skor.id).

Fashion

Kolaborasi Venezia x Kappa Hadirkan Tracksuit Koleksi Terbatas LA84

Tracksuit baru Venezia x Kappa terinspirasi dari tim atletik Amerika Serikat di Olimpiade Los Angeles 1984.

Kunta Bayu Waskita | 23 Feb, 16:59

OhMyV33nus dan Wise (Dayat/Skor.id).

Esports

Blacklist International Umumkan Roster, Tak Ada Wise, OhMyV33nus, dan Renejay

Hadji diubah posisinya menjadi seorang roamer untuk MPL PH musim ini.

Gangga Basudewa | 23 Feb, 16:07

PMSL SEA 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Esports

Klasemen League Stage PMSL SEA Spring 2024, RRQ Pastikan Lolos ke Super Weekend

RRQ berhasil mengamankan peringkat pertama dari 24 tim yang berlaga di PMSL SEA Spring 2024.

Gangga Basudewa | 23 Feb, 16:02

KONI Pusat - Piala Wapres RI

Other Sports

KONI Pusat Ingin Gelar Kompetisi Multievent Piala Wapres RI Sebelum PON 2024

KONI Pusat telah menyusun konsep penyelenggaraan kompetisi multievent olahraga memperebutkan Piala Wakil Presiden RI.

I Gede Ardy Estrada | 23 Feb, 15:57

Viagra mampu mengurangi risiko terkena Alzheimer meskipun masih butuh riset lebih lanjut. (Dede Mauladi/Skor.id)

Culture

Viagra Mampu Mengurangi Risiko Alzheimer Cukup Signifikan

Hasil riset terkini menunjukkan viagra dan cialis bisa mengurangi risiko Alzheimer hingga 20%.

Tri Cahyo Nugroho | 23 Feb, 15:43

Film-film anime bertema racing juga seru dan memicu adrenalin (Jovi Arnanda/Skor.id).

Films

5 Rekomendasi Film Anime Racing Terbaik 2024 untuk Penggemar Balapan

Meski berbentuk anime, jalan cerita dari film-film racing ini tetap seru dan memicu adrenalin.

Kunta Bayu Waskita | 23 Feb, 15:40

Adidas Dame 9 bakal meluncur tahun ini di pasaran setelah diperkenalkan di NBA All-Star Weekend 2024. (Dede Mauladi/Skor.id)

Sneakers

Debut di NBA All-Star, Adidas Dame 9 Siap Dilepas Tahun Ini

Hingga kini belum diketahui harga Adidas Dame 9 di pasaran nanti.

Tri Cahyo Nugroho | 23 Feb, 15:35

Penyerang Inter Miami Lionel Messi membagikan playlist miliknya yang berjudul The Warm-Up di platform Apple Music. (Dede Mauladi/Skor.id)

Culture

Lionel Messi Bagikan Playlist Lagu Pemompa Semangat di Apple Music

Lionel Messi memiliki paling tidak 60 lagu yang rutin ia dengarkan sebelum satu pertandingan.

Tri Cahyo Nugroho | 23 Feb, 15:23

liga 2 2023-2024.jpg

Liga 2

Statistik Umum Semifinalis Liga 2 2023-2024: PSBS Produktif dan Malut United Raja Umpan

Ada berbagai fakta menarik dari statistik umum Malut United, Persiraja, PSBS, dan Semen Padang di Liga 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 23 Feb, 15:20

Load More Articles