8 Tips Berhenti Minum Alkohol yang Memiliki Peluang untuk Berhasil

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme, lebih dari 14 juta orang dewasa AS memiliki apa yang diklasifikasikan sebagai gangguan penggunaan alkohol.
  • Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 25% orang yang berkomitmen untuk berhenti minum alkohol setiap tahun berhasil dalam jangka panjang.
  • Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk berhenti minum.

SKOR.id - Di akhir setiap tahun, semua orang biasanya datang dengan resolusi Tahun Baru yang melambung tentang bagaimana kita ingin memperbaiki diri ketika bulan Januari tiba.

Dan, salah satu hal yang paling populer dalam daftar resolusi itu seperti menurunkan berat badan, mendapatkan pekerjaan baru, dan berhenti minum (alkohol).

Jika yang terakhir ada di daftar resolusi Tahun Baru 2023 Anda, ada beberapa tips berhenti minum alkohol (atau setidaknya mengurangi, jika itu yang Anda inginkan) yang cukup berhasil untuk dilakukan.

Menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme, lebih dari 14 juta orang dewasa di Amerika Serikat (AS) memiliki apa yang diklasifikasikan sebagai gangguan penggunaan alkohol.

Banyaknya orang di AS yang minum berlebihan adalah mengapa itu menjadi resolusi Tahun Baru yang umum - dan penelitian menunjukkan bahwa sekitar 25% orang yang berkomitmen untuk berhenti minum setiap tahun berhasil dalam jangka panjang.

Namun, ketika bicara tentang cara berhenti minum alkohol, sangat penting untuk memahami mengapa Anda minum, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang akan membantu Anda berhenti melakukannya, dan rayakan kemenangan Anda di sepanjang jalan.

Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk berhenti minum.

Cara Membuat Rencana Berhenti Minum yang Cocok untuk Anda
Tidak ada cara yang tepat untuk berhenti minum -- ini semua tentang mencari tahu apa yang cocok untuk Anda dan gaya hidup Anda. Dan itu dimulai dengan sebuah rencana.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda ambil

*Periksa hubungan Anda dengan alkohol
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mundur selangkah dan mengevaluasi kebiasaan Anda. Itu berarti melihat hubungan Anda dengan minuman keras sehingga Anda dapat memahami mengapa Anda minum, kapan Anda minum, dan seberapa banyak Anda minum.

  • Sadarilah seberapa banyak Anda minum: Saat minum adalah bagian dari rutinitas sehari-hari, Anda mulai lupa seberapa banyak yang sebenarnya Anda konsumsi. Sangat penting untuk memeriksa dengan tepat berapa banyak alkohol yang telah Anda minum. Lihatlah setiap minuman saat Anda meletakkannya di depan Anda dan hitung berapa banyak yang Anda konsumsi sehari.
  • Identifikasi alasan Anda minum: Apakah Anda minum karena bosan? Apakah Anda minum dengan teman dan keluarga? Apakah Anda minum karena Anda sedih? Apakah Anda minum hanya karena Anda menyukai rasanya? Semua ini adalah alasan umum untuk mengonsumsi alkohol, dan langkah Anda selanjutnya dalam proses ini adalah memahami mengapa Anda minum saat melakukannya. Mulai jurnal untuk melacak apa yang Anda minum dan mengapa dan lihat apakah ada polanya. Ini juga akan membantu Anda menemukan cara baru untuk memuaskan keinginan saat keinginan itu muncul. Jika Anda biasanya meraih segelas anggur saat merasa sedih, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan lain kali saat perasaan itu muncul.
  • Pikirkan tentang mengapa Anda ingin berhenti minum: Memiliki tujuan dalam pikiran akan membantu memulai perjalanan Anda. Mengapa Anda ingin berhenti minum? Jika alasan Anda hanya ingin melakukannya, tidak apa-apa! Pastikan Anda tahu mengapa Anda ingin memotong sehingga Anda dapat mengingatnya saat menjalani proses ini. Tidak pernah mudah untuk berhenti dari sesuatu, tetapi mengetahui mengapa Anda melakukannya akan membantu Anda tetap pada jalurnya.

*Pelajari bagaimana alkohol memengaruhi tubuh Anda
Alkohol dapat merusak tubuh Anda. Menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme, alkohol cukup memengaruhi Anda dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Alkohol juga dapat membuat Anda sulit berpikir jernih, menyebabkan stroke, atau tekanan darah tinggi, menyebabkan sirosis, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Juga dapat mengganggu tidur Anda, dan kebersihan tidur yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut, seperti obesitas dan diabetes.

Mengetahui semua efek negatif alkohol terhadap kesehatan fisik dan mental Anda itu dapat membuat Anda lebih mudah memahami mengapa Anda lebih baik tanpa alkohol.

*Menentukan tujuan
Sasaran dapat membantu Anda tetap di jalur, tapi terkadang satu target besar terasa terlalu jauh dari jangkauan. Pertimbangkan untuk menetapkan tujuan yang lebih kecil untuk diri Anda sendiri (dan rayakan saat Anda berhasil melakukannya).

Alih-alih satu tujuan menyeluruh "Saya ingin berhenti minum", mulailah dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda akan mengurangi. Mungkin Anda hanya minum di akhir pekan untuk saat ini. Mungkin Anda melakukannya pada bulan Januari yang kering untuk benar-benar memulai rencana.

American Addiction Centers merekomendasikan tak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria, jadi ingatlah itu saat Anda menetapkan tujuan untuk mengurangi.

*Ciptakan sistem pendukung
Jauh lebih sulit untuk melakukan ini sendirian, jadi hubungkan orang yang Anda percayai. Setiap orang membutuhkan pemandu sorak di sudut mereka mendukung mereka.

  • Beri tahu teman dan keluarga Anda tentang tujuan Anda: Setelah Anda memiliki rencana untuk tujuan Anda, beri tahu teman dekat dan keluarga Anda - selama mereka adalah tipe orang yang akan mendukung. Beri tahu mereka mengapa Anda memutuskan untuk mengurangi minum dan beri tahu mereka bagaimana mereka bisa membantu Anda. Jika Anda ingin mereka meminta pertanggungjawaban Anda, beri tahu mereka dan putuskan cara terbaik untuk membantu Anda. Anda bahkan mungkin dapat meyakinkan beberapa orang Anda untuk melakukan perjalanan ini bersama Anda, yang dapat membuatnya lebih dapat diterima.
  • Buat komunitas Anda: Mencari orang yang berpikiran sama juga dapat membantu Anda sukses. Ada banyak komunitas online dari orang-orang yang telah berhenti minum yang akan menyambut Anda dan membantu Anda tetap di jalur. Anda juga bisa menemukan kelompok A.A. untuk dukungan, jika Anda memiliki satu di dekatnya. Dan sekarang kesempatan Anda untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman yang bukan peminum dan tidak akan menggoda Anda -- Anda bahkan mungkin menemukan teman baru atau menghidupkan lagi persahabatan lama setelah prioritas Anda berubah.
  • Mencari bantuan profesional: Berbicaralah dengan profesional medis, apakah itu dokter atau terapis, juga bisa sangat bermanfaat. Mereka akan selalu mendukung Anda menemukan gaya hidup yang lebih sehat dan dapat memberi Anda sumber daya, dukungan, dan dorongan apa pun yang Anda butuhkan. Jangan takut untuk mendekati mereka dengan topik itu, karena mereka siap dan bersedia membantu Anda sukses.

*Buatlah rencana kapan Anda akan pergi keluar
Sulit untuk menangani situasi sosial saat Anda ingin mengurangi minum, terutama jika Anda berada di sekitar orang lain yang sedang minum atau yang terbiasa dengan Anda minum. Seperti halnya bagian mana pun dari proses ini, ikuti rencana.

Jika Anda akan keluar dengan teman dekat atau keluarga yang membuat Anda nyaman, beri tahu mereka sebelumnya bahwa Anda tidak minum. Jika Anda pergi ke acara yang tidak memberi Anda kesempatan untuk mengatakan sesuatu sebelumnya dan Anda tidak ingin menarik perhatian pada diri sendiri, Anda dapat langsung menuju ke bar atau ke server dan memesan sendiri minuman nonalkohol.

Lebih mudah berbaur dengan gelas di tangan Anda, meskipun itu hanya Coke. Dan jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi di mana seseorang menawari Anda minuman, tolak saja dengan sopan.

Sebagian besar waktu, orang akan mundur, dan jika tidak, berdiri teguh dan katakan Anda tidak minum malam ini. Anda tidak berhutang kepada siapa pun alasan Anda di balik mengapa Anda menahan diri.

*Buang koleksi alkohol
Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk menguranginya, salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengeluarkan minuman keras dari rumah Anda. Jika tidak terjangkau, Anda tidak akan terlalu tergoda untuk minum.

Ini juga merupakan kesempatan baik untuk menemukan alternatif untuk beberapa minuman favorit Anda atau untuk menyerah.

Anda bisa mencoba sedikit mixology dan membuat mocktail sendiri untuk diminum di rumah sehingga Anda tetap merasa sedang menikmati sesuatu, atau Anda dapat menemukan minuman alternatif yang memuaskan Anda, apakah soda, es teh, atau sejenisnya. Bersiaplah untuk memiliki hal-hal ini saat keinginan muncul sehingga Anda dapat menghentikannya sejak awal.

*Rencanakan efek samping berhenti minum alkohol
Bergantung pada seperti apa kebiasaan alkohol Anda, Anda mungkin mengalami lebih sedikit atau lebih banyak gejala efek samping saat Anda mengurangi alkohol.

Gejalanya meliputi kondisi seperti sakit kepala, kecemasan, tremor atau getaran, insomnia, kelelahan, perubahan suasana hati, gangguan pencernaan, jantung berdebar, peningkatan tekanan darah atau detak jantung, hipertermia, pernapasan abnormal yang cepat, halusinasi, dan kejang.

Untungnya, gejala ini tidak akan berlangsung lama - sekitar satu minggu - tetapi dengarkan tubuh Anda jika ada sesuatu yang terasa tidak normal selama ini.

Cobalah untuk tetap fokus pada tujuan akhir Anda tetapi jangan takut untuk menghubungi dokter Anda jika ada yang tidak beres.

*Rayakan kemenangan Anda
Beri diri Anda kredit saat Anda mulai mencapai tonggak bebas alkohol. Perayaan membantu Anda tetap termotivasi, jadi pastikan Anda menghargai diri sendiri untuk tujuan yang dicapai.

Pertimbangkan untuk menyiapkan bagan hadiah dengan sesuatu yang benar-benar Anda inginkan -- mungkin berupa makan malam di restoran baru atau sepasang sepatu yang Anda incar.

Tetapkan target untuk tiap hadiah dan nikmati saat Anda sampai di sana. Anda bahkan bisa memberikan penghargaan kepada diri Anda sendiri dengan sesuatu yang besar dengan pencapaian besar seperti satu tahun bebas alkohol -- liburan mungkin menyenangkan!***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Piala Dunia 2022: Suporter Wanita Merasa Lebih Aman Berkat Larangan Alkohol

Alkohol Dilarang di Piala Dunia Qatar, Budweiser Akan Hadiahkan Semua Bir untuk Tim Pemenang

Piala Dunia 2022: Qatar Resmi Larang Bir dan Minuman Beralkohol di Stadion

Source: cnet.com

RELATED STORIES

Luis Enrique Mengenakan Tambalan di Lengannya: Untuk Apa Itu?

Luis Enrique Mengenakan Tambalan di Lengannya: Untuk Apa Itu?

Sebagai seorang kreator konten, Luis Enrique tidak ternilai harganya. Setiap hari dia selalu menemukan beberapa berita menarik tentang hidup sehat secara langsung di saluran Twitch miliknya. Yang terbaru adalah GPS metabolik digital ini.

Cara Tidur yang Dapat Menyebabkan Sakit Leher dan Punggung

Cara Tidur yang Dapat Menyebabkan Sakit Leher dan Punggung

Nyeri leher dapat disebabkan oleh banyak hal: Stres, postur tubuh yang buruk, SMS, cedera akibat olahraga, mobil, atau kecelakaan lain, dan penyakit kronis seperti fibromyalgia. Tapi ada penyebab lain yang mungkin tidak Anda pertimbangkan — bagaimana Anda tidur.

Bukan Cuma Manis, Gula Aren Ternyata Punya Banyak Manfaat buat Tubuh

Bukan Cuma Manis, Gula Aren Ternyata Punya Banyak Manfaat buat Tubuh

Gula aren tak cuma manis, tapi cuma memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Sikat Gigi Elektrik atau Manual: Kesalahan Paling Umum saat Menyikat Gigi

Sikat Gigi Elektrik atau Manual: Kesalahan Paling Umum saat Menyikat Gigi

Mandi setiap hari sangat penting dan semua orang mengetahuinya. Tetapi apakah semua orang tahu bahwa kebersihan mulut hampir sama pentingnya dengan kesehatan fisik?

Studi: 56 Jenis Penyakit yang Dapat Anda Alami jika Anda Merokok

Studi: 56 Jenis Penyakit yang Dapat Anda Alami jika Anda Merokok

Merokok berada di balik penyakit kanker, gangguan metabolisme, serta penyakit kardiovaskular, pernapasan, dan pencernaan.

Tips Mengemudi Saat Terjadi Gempa dan Langkah Evakuasi Mobil Setelah Gempa

Berikut penjelasan singkat cara menghadapi gempa bumi saat mengemudi mobil yang terbagi atas dua tahapan, dikutip dari Auto2000:

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Palembang Bank SumselBabel

Other Sports

Proliga 2024: Daftar Pemain Palembang Bank SumselBabel, Usung Misi Bangkit

Setelah terseok-seok pada 2022 dan 2023, tim voli putra Palembang Bank SumselBabel bertekad bangkit di Proliga 2024.

Doddy Wiratama | 24 Apr, 16:18

Jumpa pers Time Attack di Sirkuit Mandalika. (Foto: Humas ITDC/Grafis: Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Automotive

Puluhan Mobil Sport Jepang Bakal Mengaspal di Sirkuit Mandalika

Sementara itu, pada 2024, Sirkuit Mandalika telah terpesan 200 hari untuk event-event otomotif.

Rais Adnan | 24 Apr, 16:10

Koleksi fashion kolaborasi Reebok LTD x Boter (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Fashion

Reebok LTD x Botter Ungkap Koleksi Fashion Tribute kepada Budaya

Koleksi Reebok LTD x Botter rayakan warna, energi, dan semangat busana Karibia.

Kunta Bayu Waskita | 24 Apr, 16:04

Jakarta Pertamina Enduro

Other Sports

Proliga 2024: Daftar Pemain Jakarta Pertamina Enduro, Lanjutkan Perjuangan dengan Identitas Baru

Tim voli putri Jakarta Pertamina Enduro bakal meramaikan kompetisi Proliga 2024 di bawah komando kepala pelatih Eko Waluyo.

Doddy Wiratama | 24 Apr, 15:27

Mural-mural Lionel Messi terhampar di Buenos Aires (Yusuf/Skor.id).

Art

Ratusan Mural Lionel Messi Terhampar di Buenos Aires Usai Piala Dunia 2022

Mural-mural Lionel Messi itu dilukis oleh seniman jalanan yang berbeda.

Kunta Bayu Waskita | 24 Apr, 14:21

asnawi mangkualam - port fc

National

Asnawi Mangkualam Tak Dimainkan, Port FC Melaju ke Semifinal Thai League Cup 2023-2024

Port FC menaklukkan Chiangrai United dengan skor 2-1 pada babak perempat final.

Sumargo Pangestu | 24 Apr, 14:20

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Other Sports

Proliga 2024: Daftar Pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Andalkan pemain Binaan

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia membuka lembaran baru di Proliga 2024 dengan banyak mengandalkan pemain binaan.

Doddy Wiratama | 24 Apr, 14:10

Jakarta Bhayangkara Presisi

Other Sports

Proliga 2024: Daftar Pemain Jakarta Bhayangkara Presisi, Makin Matang di Tahun Kedua

Tim voli putra Jakarta Bhayangkara Presisi telah melakukan persiapan matang untuk menghadapi kompetisi Proliga 2024.

Doddy Wiratama | 24 Apr, 13:30

Penyerang Barcelona, Lamine Yamal. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

PSG Incar Wonderkid Barcelona untuk Gantikan Kylian Mbappe

Wonderkid Barcelona, Lamine Yamal, menjadi incaran Paris Saint-Germain (PSG), sebagai pengganti Kylian Mbappe.

Pradipta Indra Kumara | 24 Apr, 13:23

Barito Putera vs Bhayangkara FC di pekan ke-33 Liga 1 2023-2024 pada 25 April 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Streaming Barito Putera vs Bhayangkara FC di Liga 1 2023-2024

Laga Barito Putera vs Bhayangkara FC pada pekan ke-33 Liga 1 2023-2024 akan digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Kamis (25/4/2024).

Sumargo Pangestu | 24 Apr, 13:07

Load More Articles