Sudschleife, Masa Lalu Nurburgring yang Terlupakan dan Berhantu

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Peta Sirkuit Nurburgring asli diambil dari Google Earth. Sirkuit Grand Prix modern di Nurburgring saat ini sejatinya bagian dari Sudschleife. (Hendy AS/Skor.id)
Peta Sirkuit Nurburgring asli diambil dari Google Earth. Sirkuit Grand Prix modern di Nurburgring saat ini sejatinya bagian dari Sudschleife. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Jerman selama ini terkenal cukup banyak memiliki lokasi berhantu, salah satunya kastil Frankenstien dan Barak Conn. Namun, Nurburgringsirkuit terkenal di Nurburg, negara bagian Rhineland-Palatinate, Jerman—mungkin juga menyimpan beberapa rahasia menyeramkan.

Nurburgring sejatinya terdiri dari dua bagian, yakni Nordschleife dan Sudschleife. Selama ini, jalur utara (Nordschleife) terkenal karena lintasannya yang sangat berbahaya karena panjangnya, banyaknya tikungan, dengan kontur yang tidak rata.

Meskipun jalur utaranya terkenal karena berbagai alasan, apa yang tersisa dari jalur lama dan terlupakan di bagian selatan (Sudschleife) mungkin hanya menyimpan lebih dari apa yang terlihat. Terutama bagi mereka yang ingin melihat hantu.

Nurburgring yang Legendaris

Sirkuit Nurburgring diresmikan pada 1925. Setelah Perang Dunia II berakhir, balapan kembali digelar di sini antara tahun 1947 sampai 1951, dan bagian Nordschleife menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula 1 kecuali pada 1959. 

Pada 1984, trek baru selesai dibangun di sekitar area pit lama Nordschleife. Sirkuit yang kemudian disebut GP-Strecke (Grand Prix Course) ini merupakan bagian dari Sudschleife di masa lalu. 

Seiring berkembangnya teknologi di F1, mulai 2002 lintasan GP-Strecke ini diperpanjang dari 4,556 km menjadi 5,148 km. Trek ini kali terakhir menggelar F1 pada 2020, tepatnya saat menjadi tuan rumah GP Eifel pada 9-11 Oktober.

Total, Nurburgring sudah 41 kali (1951–1954, 1956–1958, 1961–1969, 1971–1976, 1984–1985, 1995–2007, 2009, 2011, 2013, 2020) menggelar balapan F1 dengan sejumlah titel Grand Prix, yakni Jerman, Eropa, Luksemburg, hingga Eifel. 

Apakah Sudschleife Terlalu Berhantu untuk Digunakan?

Nordschleife dan Sudschleife pernah menjadi dua lintasan utama Nurburgring. Keduanya terhubung sedemikian rupa sehingga memungkinkan pembalap mengemudi secara terus menerus.

Sudschleife belum dimodifikasi antara tahun 1970–1971 dan ditinggalkan beberapa tahun kemudian demi perbaikan Nordschleife. Sebagai catatan, balapan resmi terakhir yang dilangsungkan di Sudschleife adalah Formula 3 pada 17 Oktober 1971.

Pembangunan GP-Strecke sendiri tidak lepas dari kecelakaan mengerikan yang dialami Niki Lauda di Nurgburgring pada 1976, yang membuat sirkuit tersebut kehilangan kesempatan menggelar GP Jerman (digantikan Hockenheim).

Bersamaan dengan dibangunnya GP-Strecke itu, berakhir pula Sudschleife menggelar balap. Nordschleife “selamat” karena dimodernisasi dan bisa dikoneksikan dengan trek baru (GP-Strecke) tersebut untuk menggelar berbagai jenis balapan. 

Sekarang, sebagian besar sudah tidak ada (sebagian karena pembangunan sirkuit baru) atau diubah menjadi jalan umum biasa. Namun, sejak tahun 2005, acara mobil antik telah diselenggarakan di tata letak trek lama, termasuk sebagian dari area parkir.

Saat ini, sebagian besar area yang dahulu bagian dari Sudschleife telah ditinggalkan dan hampir terlupakan. Kini, hanya sedikit dari jalur aslinya yang tersisa karena konstruksi yang dilakukan di sana untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

Terlepas dari itu, masa lalu wilayah selatan Nurburgring itu bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Meskipun para pembalap mengaku lebih tertantang melibas Nordschleife, Sudschleife sering kali mengingatkan akan bahaya dan masa lalu yang kelam.

Jika trek Nordschleife didominasi kontur pegunungan, Sudschleife sejatinya cenderung lebih landai. Namun, Sudschleife tetap dianggap berbahaya karena pepohonan yang mengelilinginya. 

Riwayat penampakan hantu di jalur ini oleh para pembalap juga dianggap mengkhawatirkan. Hal ini karena konon ada hantu yang terbang di antara pepohonan dan menyebabkan mobil mengalami kecelakaan yang tidak bisa dijelaskan. 

Kejadian-kejadian seperti ini tentunya menjadi tempat yang menakutkan bagi mereka yang memilih untuk melihat secara langsung sisa-sisa jalur selatan.

Meskipun tidak sebanyak Nordschleife, area Sudschleife dari Nurburgring juga tercatat merenggut beberapa nyawa pembalap. Terakhir pembalap motor Jerman Rudiger Schwietring yang tewas pada 6 Oktober 1973 saat turun di ajang Meisterschaftslauf für Serien-Motorrader.

Banyaknya korban tewas di Nurburgring—disebut lebih dari 200 orang oleh Jeremy Clarkson di Top Gear pada 2004 (kendati masih harus dicek ulang)—kemungkinan semakin menambah reputasi menyeramkan dan mistis trek ini.

Bagi pembalap maupun penggemar motorsport, Nuburgring adalah lokasi yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Jerman. 

Namun, mereka yang tertarik dengan dunia paranormal juga tidak akan kecewa — selama mereka mengunjungi sisa jalur selatan yang terlupakan, Sudschleife. 

Memiliki sejarah kelam dengan beberapa korban jiwa. Rumor penampakan hantu oleh pembalap maupun pengemudi yang melintas bagian dari bekas lintasan, tidak diragukan lagi mengapa Sudschleife tidak lagi digunakan. 

RELATED STORIES

Podium di GP Eifel, Daniel Ricciardo Justru Trauma dengan Nurburgring

Podium di GP Eifel, Daniel Ricciardo Justru Trauma dengan Nurburgring

Ada satu bagian dari Nurburgring yang bernama Nordschleife yang membuat Daniel Ricciardo trauma untuk kembali menjajal lintasan tersebut.

Alex Albon Menangi Seri Nurburgring DTM 2021

Alex Albon Menangi Seri Nurburgring DTM 2021

Kemenangann tersebut menjadi yang pertama sejak F2 GP Rusia 2018.

Honda Siapkan NSX GT3 Evo untuk Yuki Tsunoda Turun di Nurburgring

Yuki Tsunoda akan tampil di premier show event di sirkuit legendaris di Jerman itu.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Trofi baru Piala Dunia Antarklub FIFA didesain inovatif dengan sarat makna. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

World

Piala Dunia Antarklub 2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Dunia Antarklub 2025, yang akan diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Pradipta Indra Kumara | 16 Jun, 00:47

Trofi baru Piala Dunia Antarklub 2025. (Deni Sulaeman/Skor.id).

Bola Internasional

Hasil Piala Dunia Antarklub 2025: Bayern dan PSG Menang Besar

Bayern menang 10 gol tanpa balas, sementara PSG menang empat gol tanpa balas di laga pembuka Piala Dunia Antarklub.

Gangga Basudewa | 16 Jun, 00:13

ONIC Esports (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

ONIC Kunci Gelar Ketujuh MPL Indonesia Usai Kalahkan RRQ

Pemain ONIC, Sanz dinobatkan sebagai finals MVP di laga final yang berakhir 4-3 untuk kemenangan ONIC.

Gangga Basudewa | 15 Jun, 23:44

f1 2025

Formula 1

F1 2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen F1 2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya musim.

Teguh Kurniawan | 15 Jun, 21:26

avc nations cup 2025 putra

Other Sports

Jadwal Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Nations Cup 2025

Timnas Voli Putra Indonesia siap berjuang di AVC Nations Cup 2025, satu grup dengan Bahrain dan Thailand.

Teguh Kurniawan | 15 Jun, 21:14

vietnam putri u-19 vs indonesia putri u-19

Timnas Indonesia

Prediksi dan Link Live Streaming Vietnam vs Indonesia di Piala AFF Wanita U-19 2025

Timnas Putri U-19 Indonesia akan coba melewati Vietnam, Senin (16/6/2025), untuk mencapai final Piala AFF Wanita U-19 2025.

Teguh Kurniawan | 15 Jun, 15:43

Liga TopSkor

Liga TopSkor Batam Selesai Digelar, Tiga Tim Bersiap ke Seri Nasional

Liga TopSkor Batam 2025 selesai digelar, tiga tim berhak melaju ke TopSkor Cup Nasional Championship (TCNC) sebagai wakil dari Kepulauan Riau (Kepri).

Nizar Galang | 15 Jun, 14:15

Kompetisi futsal putri kasta tertinggi di Indonesia untuk musim terbaru, Women Pro Futsal League 2024-2025. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Futsal

Women Pro Futsal League 2024-2025: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2024-2025 yang terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 15 Jun, 12:43

Logo baru kompetisi futsal kasta tertinggi di Indonesia, Pro Futsal League 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Futsal

Pro Futsal League 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 15 Jun, 12:38

Piala Presiden 2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Asnawi dan Saddil Bakal Duel, Ini Pembagian Grup dan Jadwal Piala Presiden 2025

Sejumlah duel seru bakal tersaji di Piala Presiden 2025, berikut pembagian grup dan jadwal pertandingannya.

Teguh Kurniawan | 15 Jun, 12:22

Load More Articles