Sudschleife, Masa Lalu Nurburgring yang Terlupakan dan Berhantu

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Peta Sirkuit Nurburgring asli diambil dari Google Earth. Sirkuit Grand Prix modern di Nurburgring saat ini sejatinya bagian dari Sudschleife. (Hendy AS/Skor.id)
Peta Sirkuit Nurburgring asli diambil dari Google Earth. Sirkuit Grand Prix modern di Nurburgring saat ini sejatinya bagian dari Sudschleife. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Jerman selama ini terkenal cukup banyak memiliki lokasi berhantu, salah satunya kastil Frankenstien dan Barak Conn. Namun, Nurburgringsirkuit terkenal di Nurburg, negara bagian Rhineland-Palatinate, Jerman—mungkin juga menyimpan beberapa rahasia menyeramkan.

Nurburgring sejatinya terdiri dari dua bagian, yakni Nordschleife dan Sudschleife. Selama ini, jalur utara (Nordschleife) terkenal karena lintasannya yang sangat berbahaya karena panjangnya, banyaknya tikungan, dengan kontur yang tidak rata.

Meskipun jalur utaranya terkenal karena berbagai alasan, apa yang tersisa dari jalur lama dan terlupakan di bagian selatan (Sudschleife) mungkin hanya menyimpan lebih dari apa yang terlihat. Terutama bagi mereka yang ingin melihat hantu.

Nurburgring yang Legendaris

Sirkuit Nurburgring diresmikan pada 1925. Setelah Perang Dunia II berakhir, balapan kembali digelar di sini antara tahun 1947 sampai 1951, dan bagian Nordschleife menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula 1 kecuali pada 1959. 

Pada 1984, trek baru selesai dibangun di sekitar area pit lama Nordschleife. Sirkuit yang kemudian disebut GP-Strecke (Grand Prix Course) ini merupakan bagian dari Sudschleife di masa lalu. 

Seiring berkembangnya teknologi di F1, mulai 2002 lintasan GP-Strecke ini diperpanjang dari 4,556 km menjadi 5,148 km. Trek ini kali terakhir menggelar F1 pada 2020, tepatnya saat menjadi tuan rumah GP Eifel pada 9-11 Oktober.

Total, Nurburgring sudah 41 kali (1951–1954, 1956–1958, 1961–1969, 1971–1976, 1984–1985, 1995–2007, 2009, 2011, 2013, 2020) menggelar balapan F1 dengan sejumlah titel Grand Prix, yakni Jerman, Eropa, Luksemburg, hingga Eifel. 

Apakah Sudschleife Terlalu Berhantu untuk Digunakan?

Nordschleife dan Sudschleife pernah menjadi dua lintasan utama Nurburgring. Keduanya terhubung sedemikian rupa sehingga memungkinkan pembalap mengemudi secara terus menerus.

Sudschleife belum dimodifikasi antara tahun 1970–1971 dan ditinggalkan beberapa tahun kemudian demi perbaikan Nordschleife. Sebagai catatan, balapan resmi terakhir yang dilangsungkan di Sudschleife adalah Formula 3 pada 17 Oktober 1971.

Pembangunan GP-Strecke sendiri tidak lepas dari kecelakaan mengerikan yang dialami Niki Lauda di Nurgburgring pada 1976, yang membuat sirkuit tersebut kehilangan kesempatan menggelar GP Jerman (digantikan Hockenheim).

Bersamaan dengan dibangunnya GP-Strecke itu, berakhir pula Sudschleife menggelar balap. Nordschleife “selamat” karena dimodernisasi dan bisa dikoneksikan dengan trek baru (GP-Strecke) tersebut untuk menggelar berbagai jenis balapan. 

Sekarang, sebagian besar sudah tidak ada (sebagian karena pembangunan sirkuit baru) atau diubah menjadi jalan umum biasa. Namun, sejak tahun 2005, acara mobil antik telah diselenggarakan di tata letak trek lama, termasuk sebagian dari area parkir.

Saat ini, sebagian besar area yang dahulu bagian dari Sudschleife telah ditinggalkan dan hampir terlupakan. Kini, hanya sedikit dari jalur aslinya yang tersisa karena konstruksi yang dilakukan di sana untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

Terlepas dari itu, masa lalu wilayah selatan Nurburgring itu bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Meskipun para pembalap mengaku lebih tertantang melibas Nordschleife, Sudschleife sering kali mengingatkan akan bahaya dan masa lalu yang kelam.

Jika trek Nordschleife didominasi kontur pegunungan, Sudschleife sejatinya cenderung lebih landai. Namun, Sudschleife tetap dianggap berbahaya karena pepohonan yang mengelilinginya. 

Riwayat penampakan hantu di jalur ini oleh para pembalap juga dianggap mengkhawatirkan. Hal ini karena konon ada hantu yang terbang di antara pepohonan dan menyebabkan mobil mengalami kecelakaan yang tidak bisa dijelaskan. 

Kejadian-kejadian seperti ini tentunya menjadi tempat yang menakutkan bagi mereka yang memilih untuk melihat secara langsung sisa-sisa jalur selatan.

Meskipun tidak sebanyak Nordschleife, area Sudschleife dari Nurburgring juga tercatat merenggut beberapa nyawa pembalap. Terakhir pembalap motor Jerman Rudiger Schwietring yang tewas pada 6 Oktober 1973 saat turun di ajang Meisterschaftslauf für Serien-Motorrader.

Banyaknya korban tewas di Nurburgring—disebut lebih dari 200 orang oleh Jeremy Clarkson di Top Gear pada 2004 (kendati masih harus dicek ulang)—kemungkinan semakin menambah reputasi menyeramkan dan mistis trek ini.

Bagi pembalap maupun penggemar motorsport, Nuburgring adalah lokasi yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Jerman. 

Namun, mereka yang tertarik dengan dunia paranormal juga tidak akan kecewa — selama mereka mengunjungi sisa jalur selatan yang terlupakan, Sudschleife. 

Memiliki sejarah kelam dengan beberapa korban jiwa. Rumor penampakan hantu oleh pembalap maupun pengemudi yang melintas bagian dari bekas lintasan, tidak diragukan lagi mengapa Sudschleife tidak lagi digunakan. 

RELATED STORIES

Podium di GP Eifel, Daniel Ricciardo Justru Trauma dengan Nurburgring

Podium di GP Eifel, Daniel Ricciardo Justru Trauma dengan Nurburgring

Ada satu bagian dari Nurburgring yang bernama Nordschleife yang membuat Daniel Ricciardo trauma untuk kembali menjajal lintasan tersebut.

Alex Albon Menangi Seri Nurburgring DTM 2021

Alex Albon Menangi Seri Nurburgring DTM 2021

Kemenangann tersebut menjadi yang pertama sejak F2 GP Rusia 2018.

Honda Siapkan NSX GT3 Evo untuk Yuki Tsunoda Turun di Nurburgring

Yuki Tsunoda akan tampil di premier show event di sirkuit legendaris di Jerman itu.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga Derby della Mole antara Torino vs Juventus di pekan ke-20 Liga Italia 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Italia

Prediksi dan Link Live Streaming Torino vs Juventus di Liga Italia 2024-2025

Prediksi pertandingan dan link live streaming Torino vs Juventus, pada giornata ke-20 Liga Italia 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 11 Jan, 00:16

David Beckham saat bermain di LA Galaxy. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR SPECIAL

David Beckham dan Kisah Los Angeles yang Mendunia

Los Angeles punya banyak cerita, tak terkecuali di sepak bola. Salah satunya adalah soal David Beckham yang menggetarkan dunia.

Thoriq Az Zuhri | 11 Jan, 00:11

Turnamen Mobile Legends, ESL SPS. (Andreas Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

ESL SPS S6 APAC Challenge Season: Hasil, Jadwal, Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Mobile Legends, ESL SPS S6 APAC Challenge Season.

Thoriq Az Zuhri | 10 Jan, 22:36

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 6: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 6.

Thoriq Az Zuhri | 10 Jan, 22:32

Kompetisi futsal kasta tertinggi di Indonesia kategori putra, Pro Futsal League 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Futsal

Jadwal dan Link Live Streaming Pro Futsal League 2024-2025: Pekan Kedua, 11-12 Januari 2025

Berikut jadwal dan link live streaming untuk Pro Futsal League 2024-2025, 11-12 Januari 2025.

Rais Adnan | 10 Jan, 16:13

Deretan mobil Subaru yang dipamerkan di Tokyo Auto Salon 2025, 10-12 Januari (Jovi Arnanda/Skor.id).

Automotive

Subaru Hadir di Tokyo Auto Salon, STI S210 Prototype Diperkenalkan

S210 Prototype dikembangkan menggunakan teknologi dan pengetahuan dari Nurburgring 24-Hour.

Kunta Bayu Waskita | 10 Jan, 16:00

Liga 1 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Update Bursa Transfer Paruh Musim Liga 1 2024-2025

Aktivitas keluar masuk pemain 18 klub Liga 1 2024-2025 pada jendela transfer pertengahan musim, diperbaharui berkala.

Taufani Rahmanda | 10 Jan, 15:47

Pemain Madura United FC U-16, Fardan Ary Setyawan.

Liga TopSkor

Produktif Mencetak Gol, Fardan Ary Siap Kembali Bersaing di Timnas Usia Muda

Mantan pemai Farmel FA, Fardan Ary Setyawan mampu membuktikan diri bahwa ia mempunyai naluri sebagai penyerang haus gol di EPA U-16 2024-2025.

Nizar Galang | 10 Jan, 15:40

Proliga 2025

Other Sports

Update Proliga 2025 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor Proliga 2025 hanya akan diikuti oleh lima tim voli dan akan berlangsung pada 3 Januari–11 Mei mendatang.

Doddy Wiratama | 10 Jan, 15:13

Kolaborasi Teenage Mutant NInja Turtles x Puma MB.01 "Baxter Stockman" segera rilis beberapa bulan ke depan (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Sneakers

Teenage Mutant Ninja Turtles x Puma MB.01 Baxter Stockman Hadir Tahun Ini

Kolaborasi terbaru sepatu ini menghadirkan estetika unik ke lapangan basket.

Kunta Bayu Waskita | 10 Jan, 14:55

Load More Articles