Sudschleife, Masa Lalu Nurburgring yang Terlupakan dan Berhantu

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Peta Sirkuit Nurburgring asli diambil dari Google Earth. Sirkuit Grand Prix modern di Nurburgring saat ini sejatinya bagian dari Sudschleife. (Hendy AS/Skor.id)
Peta Sirkuit Nurburgring asli diambil dari Google Earth. Sirkuit Grand Prix modern di Nurburgring saat ini sejatinya bagian dari Sudschleife. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Jerman selama ini terkenal cukup banyak memiliki lokasi berhantu, salah satunya kastil Frankenstien dan Barak Conn. Namun, Nurburgringsirkuit terkenal di Nurburg, negara bagian Rhineland-Palatinate, Jerman—mungkin juga menyimpan beberapa rahasia menyeramkan.

Nurburgring sejatinya terdiri dari dua bagian, yakni Nordschleife dan Sudschleife. Selama ini, jalur utara (Nordschleife) terkenal karena lintasannya yang sangat berbahaya karena panjangnya, banyaknya tikungan, dengan kontur yang tidak rata.

Meskipun jalur utaranya terkenal karena berbagai alasan, apa yang tersisa dari jalur lama dan terlupakan di bagian selatan (Sudschleife) mungkin hanya menyimpan lebih dari apa yang terlihat. Terutama bagi mereka yang ingin melihat hantu.

Nurburgring yang Legendaris

Sirkuit Nurburgring diresmikan pada 1925. Setelah Perang Dunia II berakhir, balapan kembali digelar di sini antara tahun 1947 sampai 1951, dan bagian Nordschleife menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula 1 kecuali pada 1959. 

Pada 1984, trek baru selesai dibangun di sekitar area pit lama Nordschleife. Sirkuit yang kemudian disebut GP-Strecke (Grand Prix Course) ini merupakan bagian dari Sudschleife di masa lalu. 

Seiring berkembangnya teknologi di F1, mulai 2002 lintasan GP-Strecke ini diperpanjang dari 4,556 km menjadi 5,148 km. Trek ini kali terakhir menggelar F1 pada 2020, tepatnya saat menjadi tuan rumah GP Eifel pada 9-11 Oktober.

Total, Nurburgring sudah 41 kali (1951–1954, 1956–1958, 1961–1969, 1971–1976, 1984–1985, 1995–2007, 2009, 2011, 2013, 2020) menggelar balapan F1 dengan sejumlah titel Grand Prix, yakni Jerman, Eropa, Luksemburg, hingga Eifel. 

Apakah Sudschleife Terlalu Berhantu untuk Digunakan?

Nordschleife dan Sudschleife pernah menjadi dua lintasan utama Nurburgring. Keduanya terhubung sedemikian rupa sehingga memungkinkan pembalap mengemudi secara terus menerus.

Sudschleife belum dimodifikasi antara tahun 1970–1971 dan ditinggalkan beberapa tahun kemudian demi perbaikan Nordschleife. Sebagai catatan, balapan resmi terakhir yang dilangsungkan di Sudschleife adalah Formula 3 pada 17 Oktober 1971.

Pembangunan GP-Strecke sendiri tidak lepas dari kecelakaan mengerikan yang dialami Niki Lauda di Nurgburgring pada 1976, yang membuat sirkuit tersebut kehilangan kesempatan menggelar GP Jerman (digantikan Hockenheim).

Bersamaan dengan dibangunnya GP-Strecke itu, berakhir pula Sudschleife menggelar balap. Nordschleife “selamat” karena dimodernisasi dan bisa dikoneksikan dengan trek baru (GP-Strecke) tersebut untuk menggelar berbagai jenis balapan. 

Sekarang, sebagian besar sudah tidak ada (sebagian karena pembangunan sirkuit baru) atau diubah menjadi jalan umum biasa. Namun, sejak tahun 2005, acara mobil antik telah diselenggarakan di tata letak trek lama, termasuk sebagian dari area parkir.

Saat ini, sebagian besar area yang dahulu bagian dari Sudschleife telah ditinggalkan dan hampir terlupakan. Kini, hanya sedikit dari jalur aslinya yang tersisa karena konstruksi yang dilakukan di sana untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

Terlepas dari itu, masa lalu wilayah selatan Nurburgring itu bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Meskipun para pembalap mengaku lebih tertantang melibas Nordschleife, Sudschleife sering kali mengingatkan akan bahaya dan masa lalu yang kelam.

Jika trek Nordschleife didominasi kontur pegunungan, Sudschleife sejatinya cenderung lebih landai. Namun, Sudschleife tetap dianggap berbahaya karena pepohonan yang mengelilinginya. 

Riwayat penampakan hantu di jalur ini oleh para pembalap juga dianggap mengkhawatirkan. Hal ini karena konon ada hantu yang terbang di antara pepohonan dan menyebabkan mobil mengalami kecelakaan yang tidak bisa dijelaskan. 

Kejadian-kejadian seperti ini tentunya menjadi tempat yang menakutkan bagi mereka yang memilih untuk melihat secara langsung sisa-sisa jalur selatan.

Meskipun tidak sebanyak Nordschleife, area Sudschleife dari Nurburgring juga tercatat merenggut beberapa nyawa pembalap. Terakhir pembalap motor Jerman Rudiger Schwietring yang tewas pada 6 Oktober 1973 saat turun di ajang Meisterschaftslauf für Serien-Motorrader.

Banyaknya korban tewas di Nurburgring—disebut lebih dari 200 orang oleh Jeremy Clarkson di Top Gear pada 2004 (kendati masih harus dicek ulang)—kemungkinan semakin menambah reputasi menyeramkan dan mistis trek ini.

Bagi pembalap maupun penggemar motorsport, Nuburgring adalah lokasi yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Jerman. 

Namun, mereka yang tertarik dengan dunia paranormal juga tidak akan kecewa — selama mereka mengunjungi sisa jalur selatan yang terlupakan, Sudschleife. 

Memiliki sejarah kelam dengan beberapa korban jiwa. Rumor penampakan hantu oleh pembalap maupun pengemudi yang melintas bagian dari bekas lintasan, tidak diragukan lagi mengapa Sudschleife tidak lagi digunakan. 

RELATED STORIES

Podium di GP Eifel, Daniel Ricciardo Justru Trauma dengan Nurburgring

Podium di GP Eifel, Daniel Ricciardo Justru Trauma dengan Nurburgring

Ada satu bagian dari Nurburgring yang bernama Nordschleife yang membuat Daniel Ricciardo trauma untuk kembali menjajal lintasan tersebut.

Alex Albon Menangi Seri Nurburgring DTM 2021

Alex Albon Menangi Seri Nurburgring DTM 2021

Kemenangann tersebut menjadi yang pertama sejak F2 GP Rusia 2018.

Honda Siapkan NSX GT3 Evo untuk Yuki Tsunoda Turun di Nurburgring

Yuki Tsunoda akan tampil di premier show event di sirkuit legendaris di Jerman itu.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Jairo Riedewald, gelandang Crystal Palace yang berminat memperkuat Timnas Indonesia. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Proses Naturalisasi Rumit, Jairo Riedewald Bisa Batal Perkuat Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa surat-surat pendukung naturalisasi Jairo Riedewald belum memadai.

Teguh Kurniawan | 22 Feb, 21:03

bang jay venezia

National

Jay Idzes Kapten dan Clean Sheet, Ole Romeny Debut Starter di Oxford United

Justin Hubner juga sukses bawa Wolves U-21 menang atas tim muda Tottenham Hotspur.

Teguh Kurniawan | 22 Feb, 20:01

Malut United vs PSS Sleman. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Malut United vs PSS di Liga 1 2024-2025

Malut United menjamu PSS Sleman pada laga pekan ke-24 Liga 1 2024-2025 di Stadion Gelora Kie Raha, Minggu (23/2/2025) malam.

Teguh Kurniawan | 22 Feb, 18:13

Hasil pertandingan Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Rekap Hasil Liga 1 2024-2025: Persib Kembali Gagal Menang, Borneo FC Tekuk Persita

Dua pertandingan pekan ke-24 Liga 1 2024-2025 tersaji pada Sabtu (22/2/2025).

Teguh Kurniawan | 22 Feb, 15:26

Manuel Ugarte, gelandang bertahan Manchester United. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Hasil Everton vs Man United: Imbang 2-2, Setan Merah Terancam ke Zona Degradasi

Manchester United kembali belum meraih kemenangan, kali ini imbang 2-2 lawan Everton di laga Liga Inggris 2024-2025, Sabtu (22/2/2025) malam WIB.

Irfan Sudrajat | 22 Feb, 14:49

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)

National

PSSI Gandeng VinFast untuk Sponsori Timnas Indonesia

Pabrikan mobil listrik, VinFast, menambah panjang daftar sponsor Timnas Indonesia dari pihak swasta.

Teguh Kurniawan | 22 Feb, 13:48

TikTok Teach jadi "produk" hasil kolaborasi TikTok dengan Timnas Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Timnas Indonesia

Ramadhan Sananta Akui Kolaborasi Timnas Indonesia dengan TikTok Tingkatkan Produktivitas

Penyerang Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta, berbagi pandangan dan pengalamannya terlibat konten TikTok Teach.

Taufani Rahmanda | 22 Feb, 13:32

Bandung BJB Tandamata 2025

Other Sports

Bandung BJB Tandamata Siap Beri Kekalahan Jakarta Livin Mandiri di Laga Pamungkas Proliga 2025

Meskipun kans ke final four Proliga 2025 telah sirna, Bandung BJB Tandamata tetap incar kemenangan lawan Jakarta Livin Mandiri, Minggu besok.

I Gede Ardy Estrada | 22 Feb, 13:05

Logo baru kompetisi futsal kasta tertinggi di Indonesia, Pro Futsal League 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Futsal

Pro Futsal League 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 22 Feb, 12:40

Fafage Banua, klub peserta kompetisi futsal profesional kasta tertinggi di Indonesia untuk kategori putra atau Pro Futsal League. (M Yusuf/Skor.id)

Futsal

Rekap Hasil Pro Futsal League 2024-2025: Fafage Banua Telan Kekalahan Perdana, Pangsuma FC Pesta Gol

Unggul FC memberikan Fafage Banua kekalahan perdana di Pro Futsal League 2024-2025.

Rais Adnan | 22 Feb, 12:38

Load More Articles