SKOR.id – Sebuah strategi marketing yang unik dilakukan oleh Subaru Indonesia untuk merambah pasar yang lebih luas, terutama anak muda penggemar mode.
Dalam acara pembukaan Plaza Subaru Bandung baru-baru ini, Subaru memperkenalkan konsep marketing kolaboratif untuk 2024 bersama Rawtyperiot, sebuah brand lokal kreatif dari Kota Bandung.
Decky Sastra, Founder Rawtyperiot, mengakui pendekatan kolaboratif yang dilakukan oleh Subaru Indonesia ini bukan kali pertama terjadi.
“Kolaborasi ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi saat kami meluncurkan koleksi pertama pada tahun 2022 lalu,” ujar Decky, yang juga seorang pegiat otomotif.
“Karenanya kami juga sangat bersemangat untuk kembali bekerja sama untuk meluncurkan kolaborasi di tahun 2024 mendatang,” ia menambahkan.
“Tema overland, performance garment, dan warna-warna yang mewakili Subaru dan Rawtyperiot akan jadi konsep pada koleksi yang akan kami luncurkan tahun depan,” ia menambahkan.
Untuk menandai dimulainya kerja sama Subaru dan Rawtyperiot, pada pembukaan Plaza Subaru Bandung tersebut juga diluncurkan capsule collection khusus dengan tema Mendung di Gunung.
Koleksi fashion ini terinspirasi dari topografi kota Bandung yang berbukit dan batik khas Jawa Barat, Mega Mendung.
Koleksi ini berisi 3 artikel yaitu keychain, card wallet, dan tote bag yang menggunakan warna-warna alam dan juga brand identity Subaru.
Mendung di Gunung juga merayakan kreativitas insan muda Bandung, sekaligus memperlihatkan pendekatan kolaboratif Subaru khususnya dengan brand lokal yang memiliki kualitas tinggi.
Plaza Subaru Bandung diresmikan langsung oleh Subaru Corporation Japan pada Jumat (8/12/2023) lalu, berlokasi di Jalan Pelajar Pejuang 45 No.47, Bandung, Jawa Barat.
Arie Christopher, Chief Executive Officer Subaru Indonesia mengatakan, Bandung menjadi kota yang sangat penting bagi produsen mobil asal Jepang itu.
“Sudah banyak sekali suara pelanggan menginginkan Subaru hadir kembali ke kota Bandung,” Arie menuturkan.
“Hal itu tentu sangat memacu kami, apalagi Bandung memiliki angka pertumbuhan PDRB yang terus meningkat, naik lebih dari 5 persen pada dua tahun terakhir.”
“Selain itu, jika kita flashback sedikit ke belakang, terdapat dua diler resmi Subaru yang pernah melayani pelanggan di Bandung.”
“Untuk itu rasanya kami ingin melayani pelanggan-pelanggan yang sudah cukup loyal tersebut.”
“Tentunya sambil terus mengembangkan brand ini ke lingkaran pelanggan baru, mereka yang menyukai off-road, petualangan, hingga dunia motorsport,” kata Arie.
Dengan dibukanya Plaza Subaru Bandung, Subaru kini telah memiliki enam jaringan diler resmi di bawah manajemen Plaza Subaru.
Sebelumnya Subaru menyelenggarakan pembukaan diler resmi di Alam Sutera Tangerang, Batam, Surabaya, Pondok Indah, dan Tebet (Jakarta Selatan).