Revolusi Motor Baru Mulai MotoGP 2027

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

MotoGP Indonesia 2023 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB
Motor-motor MotoGP akan berubah signifikan mulai musim 2027. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR.idMotoGP akan memperkenalkan motor baru mulai tahun 2027, dengan peraturan baru yang ditetapkan untuk membuat olahraga ini lebih aman, berkelanjutan, dan bahkan lebih spektakuler. 

Mesin-mesin baru ini akan lebih relevan di jalan raya dan lebih efisien, mendukung keberlanjutan global, dan dirancang untuk menciptakan balapan yang lebih baik dan lebih banyak lagi aksi saling menyalip. 

Berikut sejumlah perubahan besar pada motor MotoGP yang akan mulai diterapkan pada musim 2027:

Mesin

Mulai tahun 2027, kapasitas mesin akan dikurangi dari 1000cc menjadi 850cc. Hal ini akan menurunkan kecepatan tertinggi (top speed) yang akan membuat olahraga lebih aman dan meningkatkan jarak tempuh, sehingga lebih efisien dan berkelanjutan. 

Ukuran diameter silinder juga akan berkurang dari 81 menjadi 75 milimeter, yang juga akan membatasi performa. Hal ini membuat mesin lebih relevan di jalan raya sekaligus memastikan karakteristik yang membuat MotoGP tetap spektakuler. 

Untuk menjadikan olahraga ini lebih efisien, jumlah maksimum mesin yang diperbolehkan untuk setiap pembalap dalam satu musim juga akan ditentukan, yakni dikurangi dari tujuh (saat ini) menjadi enam. 

Bahan Bakar

Seperti yang telah diumumkan, MotoGP akan berlomba dengan 100% bahan bakar ramah lingkungan mulai tahun 2027 – meningkat dari jumlah minimum 40% yang digunakan sejak tahun 2024. 

Sebagai bagian dari peraturan baru, kapasitas maksimum tangki bahan bakar juga akan berkurang, dari 22 liter menjadi 20 liter. Para pembalap juga diperbolehkan menggunakan bahan bakar sebanyak 11 liter selama balapan sprint. Berat minimum (tanpa bahan bakar) motor MotoGP 2027 nanti adalah 153 kg.

Aerodinamika

Semua batasan aerodinamika ini akan berdampak langsung pada lebar permukaan MotoGP. Lebar maksimum fairing depan aero body akan dikurangi 50 mm (dari 600 mm menjadi 550 mm). 

Tinggi maksimum belakang juga dikurangi dari 1250 mm menjadi 1150 mm, serta hidung yang akan dimundurkan 50 mm sehingga mengurangi efek aero di area yang penting, di trek lurus dan area pengereman. Hal ini akan menciptakan balapan yang lebih ketat, dengan lebih banyak aksi menyalip. 

Di bagian belakang, aero di belakang pengendara akan menjadi bagian dari homologasi mulai tahun 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim untuk mengendalikan biaya.

Perangkat Pengatur Tinggi-Rendah Berkendara dan Holeshot

Di era baru mulai tahun 2027, semua perangkat ride-height dan holeshot akan dilarang. Itu akan mengontrol performa dan membuat olahraga lebih aman, terutama saat balapan dimulai. Hal ini juga akan semakin mementingkan skill masing-masing pebalap, seperti halnya aerodinamika yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyalip.

Data GPS

Untuk menyamakan kedudukan lebih jauh lagi, data GPS dari semua pembalap akan tersedia untuk semua tim setelah setiap sesi. Memberikan data kepada seluruh kompetitor menawarkan peluang kemajuan yang lebih baik bagi tim dan pebalap dengan performa kurang, dan dengan biaya yang terkendali. 

Akses terhadap berbagai data ini akan membantu menjadikan olahraga ini lebih aman, dan juga akan meningkatkan tingkat wawasan yang tersedia bagi para penggemar di seluruh dunia.

Konsesi

Sistem konsesi saat ini, yang diperkenalkan pada akhir musim 2023, akan terus berlanjut. Tetapi seiring dengan berlakunya peraturan teknis baru pada tahun 2027, semua pabrikan akan memulai musim di peringkat B. 

Mereka kemudian akan dinilai lagi pada pertengahan musim, di musim panas 2027, dan dapat mengubah peringkat naik atau turun untuk memiliki akses ke lebih banyak atau lebih sedikit konsesi. 

Dengan sistem reaktif ini, berarti kinerja produsen diperhitungkan sejak hari pertama, menjaga persaingan sedekat mungkin dengan dimulainya era baru.  

RELATED STORIES

Ditunda akibat Banjir, Belum Ada Jadwal Baru untuk MotoGP Kazakhstan 2024

Ditunda akibat Banjir, Belum Ada Jadwal Baru untuk MotoGP Kazakhstan 2024

MotoGP telah mengumumkan penangguhan GP Kazakhstan di Sokol, yang seharusnya digelar 14-16 Juni, gara-gara kondisi darurat banjir.

Tim MotoGP Memiliki 11 Pilihan Rotor Rem yang Berbeda

Tim MotoGP Memiliki 11 Pilihan Rotor Rem yang Berbeda

Penawaran Brembo lebih banyak dibanding pilihan pada ban mobil Formula 1.

Hasil MotoGP Spanyol 2024: Pecco Bagnaia Hat-trick, Marc Marquez Comeback Podium

Rider Ducati Francesco Bagnaia berhasil memenangi duel sengit melawan Marc Marquez di Jerez, Minggu (28/4/2024).

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

mees hilgers

National

Dikabarkan Bakal Hengkang, Mees Hilgers Ikuti Latihan Perdana FC Twente

Mees Hilgers terlihat mengikuti latihan perdana bersama FC Twente untuk persiapan musim 2025-2026.

Rais Adnan | 08 Jul, 10:03

cover bursa transfer Liga 1.

Liga 1

Update Bursa Transfer Liga 1 Menuju Musim 2025-2026

Aktivitas keluar-masuk pemain dan jajaran pelatih tim 18 klub Liga 1 2025-2026 pada awal musim, yang diperbaharui berkala.

Taufani Rahmanda | 08 Jul, 09:17

Anthony Sinisuka Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung

Badminton

Anthony Sinisuka Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung Siap Comeback di Japan Open 2025

Dua pebulu tangkis tunggal andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung, siap bertanding lagi.

Teguh Kurniawan | 08 Jul, 08:35

Erick Thohir

National

Ketum PSSI Jelaskan Faktor Piala Indonesia Tidak Digelar

Ketum PSSI, Erick Thohir, memberikan alasan kenapa Piala Indonesia tidak digelar lagi pada musim depan.

Rais Adnan | 08 Jul, 08:20

LaLiga Youth Tournament Greater Jakarta bejalan dengan sukses. (Foto: LaLiga, Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

La Liga

LaLiga Youth Tournament Indonesia Greater Jakarta 2025 Berjalan Sukses, Selanjutnya Jawa Barat

LaLiga Youth Tournament Indonesia 2025 edisi Greater Jakarta berjalan sukses.

Pradipta Indra Kumara | 08 Jul, 08:18

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Italia

Update Bursa Transfer Liga Italia 2025-2026

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026, Napoli, Inter Milan, Juventus, hingga AC Milan berburu pemain baru.

Pradipta Indra Kumara | 08 Jul, 07:58

Update bursa transfer La Liga (Liga Spanyol) di musim 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

La Liga

Update Bursa Transfer La Liga 2025-2026

Update bursa transfer La Liga (Liga Spanyol) musim 2025-2026, Real Madrid, Barcelona, hingga Atletico Madrid beruburu pemain baru.

Pradipta Indra Kumara | 08 Jul, 07:32

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia untuk musim terbaru, Liga 1 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Alasan Persebaya vs PSIM Yogyakarta Jadi Laga Pembuka Super League 2025-2026

Laga Persebaya vs PSIM akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 8 Agustus 2025.

Rais Adnan | 08 Jul, 07:22

Update bursa transfer Liga Inggris (Premier League) musim 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Inggris

Update Bursa Transfer Liga Inggris 2025-2026

Berikut ini update bursa transfer Liga Inggris (Premier League) musim 2025-2026.

Pradipta Indra Kumara | 08 Jul, 07:13

Diego Leon, pemain Manchester United dari Paraguay. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Inggris

5 Fakta Diego Leon, Rekrutan Baru Manchester United dari Paraguay

Berikut ini 5 fakta Diego Leon, rekrutan baru Manchester United yang berasal dari Paraguay.

Pradipta Indra Kumara | 08 Jul, 05:05

Load More Articles