MotoGP 2023, Musim Pembuktian Aprilia Racing

I Gede Ardy Estrada

Editor: I Gede Ardy Estrada

Tim Aprilia Racing 2023
Pembalap Maverick Vinales (kiri) serta Aleix Espargaro (kanan) bersama Direktur Teknik Aprilia Racing Romano Albesiano dan CEO Aprilia Racing Massimo Rivola saat peluncuran RS-GP 2023. (Dok. Aprilia Racing)
  • Aprilia Racing akan memasuki MotoGP 2023 sebagai tim yang diprediksi bisa menghentikan dominasi Ducati.
  • Namun, pabrikan Noale menghadapi tantangan serius karena kehilangan status sebagai tim konsesi.
  • Kendati begitu, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales optimistis menatap musim baru setelah launching tim. 

SKOR.id – MotoGP 2023 akan jadi musim pembuktian bagi Aprilia Racing setelah menunjukkan progres signifikan dua musim terakhir. Mereka berevolusi dari kuda hitam menjadi penantang pasti di grid.

Musim lalu adalah titik balik pabrikan berbasis di Noale, Italia tersebut. Mereka beralih sebagai salah satu kandidat kuat dalam perburuan gelar. Aprilia mampu bersaing untuk podium secara reguler.

Aleix Espargaro memberikan kemenangan perdana di kategori utama yang bersejarah dalam Grand Prix Argentina. Mereka pun sukses meraih delapan podium lainnya, tiga disumbangkan Maverick VInales.  

Itu mempertegas pertumbuhan besar RS-GP, yang kini sudah menjadi salah satu motor paling disegani di trek MotoGP. Sayang, progres sempat terganggu ditahap akhir kejuaraan, karena beberapa isu teknis.

Alhasil, impian untuk merengkuh gelar tim dan pabrikan sirna. Tidak hanya itu, kans Espargaro menjadi juara dunia juga gagal diwujudkan. Pembalap Spanyol tersebut akhirnya finis di peringkat keempat.     

Dan, Aprilia Racing tentu ingin menebusnya tahun ini. Tujuan mereka jelas untuk menjadi juara dunia, walaupun tantangannya lebih berat. Pasalnya, mereka tidak bakal lagi berstatus sebagai tim konsesi.    

Aprilia menyadari itu. Oleh karenanya pengembangan terus dilakukan. Termasuk segi aerodinamika, dengan solusi seperti di Formula 1, yaitu saluran-S yang melintasi windshield. Ini diuji Aleix Espargaro dan Maverick Vinales selama tes di Sepang, Malaysia. 

Progres juga telah dibuat dari sisi mesin, yang juga telah dikonfirmasi kedua pembalap Aprilia di Sepang. Tetapi mereka mengharapkan langkah lanjutan dalam tes pramusim terakhir di Portimao, 11-12 Maret.

Dan pada Jumat (10/3/2023), Aprilia Racing secara resmi memperkenalkan tim dan memamerkan livery RS-GP 2023, yang akan digeber Espargaro serta Vinales untuk coba melawan dominasi Ducati sekaligus membendung kebangkitan Yamaha dan juga Honda.

Pada penampilan perdana musim ini, RS-GP anyar Aprilia memberikan kesan positif. Mereka bisa melaju kencang, walau masih ada kekhawatiran karena sedikit kalah cepat dari motor Ducati, Desmosedici GP.  

Untuk livery, desain tidak berubah signifikan. Warna hitam masih mendominasi, namun ditambah aksen merah lebih banyak di sejumlah bagian motor. Lalu tampak juga beberapa sisipan warna ungu di RS-GP.  

Seperti yang telah disebutkan, aspek lain yang perlu dipahami adalah, apakah hilangnya status konsesi akan berdampak terhadap pencapaian Aprilia Racing? Ini tentunya baru terlihat selama musim berjalan. 

Namun, CEO Aprilia Massimo Rivola dan dua pembalapnya tidak pernah mengatakan mereka cemas soal hal itu. Yang pasti tugas test driver Lorenzo Savadori akan meningkat karena harus melakukan semua tes privat sendiri untuk membantu pengembangan motor.

Selain itu, Aprilia mulai MotoGP musim 2023 juga lebih terbantu dalam hal mengumpulkan data serta informasi dengan memiliki tim satelit, RNF, yang diperkuat Miguel Oliveira serta Raul Fernandez.  

“Pertumbuhan kami tidak dapat disangkal, seperti seberapa cepat kami meningkat. Ini adalah jalan yang tidak muncul secara kebetulan. Kami adalah tim yang lebih baik dari segala sudut pandang, jadi saya berharap tren (positif) ini berlanjut,” kata Rivola.

“Tantangan kami sekarang akan meningkat dengan tanggung jawab lebih lanjut dari tim satelit yang, sementara di satu sisi memungkinkan kami memiliki lebih banyak informasi, juga akan jadi ujian penting untuk kemampuan organisasi dan analitis kami.” 

Sedangkan Aleix Espargaro tahu betul bahwa kini tekanan lebih besar tertuju kepada Aprilia dan dirinya, setelah apa yang dicapai dua musim terakhir. Apalagi tahun ini format baru Sprint Race diperkenalkan.

“Bersama Aprilia untuk waktu yang lama memberikan tekanan tertentu sebab saya tahu betapa penting hasil bagi perusahaan. Di saat yang sama, fakta bahwa saya mengenal orang-orang di dalam tim dengan baik memberi saya ketenangan,” ujar Espargaro.

“Musim 2023 dimulai dengan banyak hal yang tidak diketahui. Format baru Sprint Race akan menuntut lebih banyak dari kami, tetapi belum ada yang bisa menilai dampaknya. Saya telah mempersiapkan diri dan saya yakin kami akan bersenang-senang lagi.”

Sementara itu, Maverick Vinales berambisi untuk membuat kemajuan signifikan setelah menyelesaikan adaptasinya musim lalu. Ia tidak sabar memulai musim dan tentunya memberi kemenangan bagi Aprilia.

“Saya belajar banyak pada 2022 mengenai Aprilia, tim saya dan juga tentang diri saya sendiri. Di musim baru ini, kami akan dapat mempraktekkan semua yang telah dipelajari. Saya pun langsung menyukai RS-GP baru,” tutur Vinales.

“Motor telah meningkat dalam banyak aspek, seperti manajemen pembukaan throttle awal, yang sangat mendasar untuk gaya berkendara saya. Format akhir pekan yang baru akan menarik, bagi kami dan fans. Saya tak sabar memulai.”  

Source: Aprilia

RELATED STORIES

Bos Aprilia: Sprint Race Cocok untuk Aleix Espargaro

Bos Aprilia: Sprint Race Cocok untuk Aleix Espargaro

Format sprint race akan diberlakukan mulai MotoGP 2023.

Aprilia Uji Arodinamika Formula 1 untuk RS-GP

Aprilia Uji Arodinamika Formula 1 untuk RS-GP

Aprilia menguji komponen aerodinamika yang pernah dipakai di Formula 1 saat shakedown MotoGP 2023 di Sepang, Malaysia.

Tanpa Konsesi Mulai MotoGP 2023, Tantangan Serius buat Aprilia

MotoGP 2023 bakal lebih menarik karena tidak ada lagi pabrikan berstatus konsesi.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Madura United vs Borneo FC pada pekan ke-32 Liga 1 2024-2025 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, 10 Mei 2025. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Liga 1 2024-2025

Jelang lanjutan pekan ke-32, Sabtu (10/5/2025) sore, Madura United dan Borneo FC sama punya modal bagus.

Taufani Rahmanda | 09 May, 07:09

PSM Makassar vs Malut United pada pekan ke-32 Liga 1 2024-2025 di Stadion Gelora B.J Habibie, Pare pare, 10 Mei 2025. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming PSM vs Malut United di Liga 1 2024-2025

Jelang lanjutan pekan ke-32, Sabtu (10/5/2025) sore, PSM Makassar dan Malut United dalam kondisi yang kontras.

Taufani Rahmanda | 09 May, 06:44

shayne pattynama - timnas indonesia

World

Perjalanan Karier Shayne Pattynama, ke Mana Selanjutnya?

Ke mana Shayne Pattynama akan berlabuh selanjutnya? Ia resmi dilepas oleh klub Liga Belgia, KAS Eupen.

Thoriq Az Zuhri | 09 May, 06:37

Profil Luton Town, klub kontestan Liga Inggris 2023-2023 (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Inggris

Luton Town, Tim Jadi Tim Ke 4 yang Mengalami Degradasi Beruntun dari Premier League

Luton Town yang terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Inggris (Premier League) di musim 2023-2024, kembali terdegradasi dari divisi Championsip.

Pradipta Indra Kumara | 09 May, 06:34

Logo baru kompetisi futsal kasta tertinggi di Indonesia, Pro Futsal League 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Futsal

Pro Futsal League 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 09 May, 05:56

Liga 4 Nasional atau Liga 4 putaran nasional. (Deni Sulaeman/Skor.id)

National

Putaran Nasional Liga 4 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Berikut jadwal, hasil, dan klasemen putaran nasional Liga 4 2024-2025.

Rais Adnan | 09 May, 05:56

Piala Asia Futsal Wanita 2025 di Cina atau AFC Women's Futsal Asian Cup China 2025. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Futsal

Piala Asia Futsal Wanita 2025: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen lengkap Piala Asia Futsal Wanita 2025 terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 09 May, 05:50

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2024-2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Skor Indonesia | 09 May, 05:48

Indonesia Kings Laga Spring 2025 atau IKL Spring 2025. (Honor of Kings)

Esports

Jelang Pekan Kelima IKL Spring 2025

Pekan Kelima dari IKL Spring 2025 akan berlangsung pada akhir pekan ini 9 hingga 11 Mei 2025.

Gangga Basudewa | 09 May, 03:42

Skuad Chelsea musim ini dinilai punya potensi besar. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

5 Duel Sesama Tim Liga Inggris di Final Kompetisi Eropa, Chelsea Paling Sering

Pertemuan Tottenham Hotspur vs Manchester United di Liga Europa jadi duel keenam sesama Tim Inggris di kompetisi Eropa, Chelsea paling sering.

Pradipta Indra Kumara | 09 May, 03:27

Load More Articles