SKOR.id – Merek sepatu Anta Sports yang berkantor pusat di Xiamen, Cina, kini menjadi perusahaan sepatu yang berkembang pesat.
Anta Sports telah menarik bintang-bintang besar NBA untuk bekerja sama dengan merek tersebut, bersaing dengan merek-merek besar macam Nike, Adidas, dan lain-lain.
Tidak bisa dimungkiri, Anta merupakan salah satu merek sepatu yang sedang naik daun, dan kini mulai populer karena endorser NBA-nya.
Pendukung paling menonjol dari sepatu asal Cina tersebut adalah pebasket Golden State Warriors, Klay Thompson, yang telah menjadi juru bicara merek tersebut selama sembilan tahun.
Lineup sepatu kets ini sebenarnya sudah ada sejak 1991. Kemudian perusahaan ini mendapatkan daya tarik yang besar setelah jadi salah satu sponsor Olimpiade Beijing 2008.
Legenda NBA Kevin Garnett merupakan salah satu endorser pertama dari merek tersebut pada tahun 2010.
Bahkan, Klay Thompson sampai rela membatalkan kontraknya dengan Nike untuk menandatangani kontrak dengan Anta pada tahun 2017.
Selain Thompson dan Garnett, perusahaan sepatu berusia 32 tahun itu telah mengontrak Gordon Hayward (Charlotte Hornets) dan Rajon Rondo (Cleveland Cavaliers).
Kini makin banyak pemain muda NBA yang bergabung mengenakan Anta, termasuk Alex Caruso, Terrance Mann, Kevon Looney, dan James Wiseman.
Pemain NBA lain yang juga memakai merek Anta tersebut adalah Jacob Evans, Chandler Parsons, Luis Scola, dan Hamadou Diallo.
Setelah Nike berpisah dengan Kyrie Irving musim ini, delapan kali NBA All-Star itu menandatangani kontrak lima tahun dengan Anta minggu ini senilai 126 juta dolar AS.
"Kesepakatan sepatu baru yang menggiurkan untuk Irving juga akan memberinya kemampuan untuk merekrut/menandatangani pemain dan kolaborator lainnya,” kata Shams Charania dari The Athletic.
“Lalu membawa tingkat manufaktur ke Amerika Serikat untuk memulai proses Anta untuk mendistribusikan sepenuhnya di Amerika," Shams menambahkan.
Kyrie Irving, pemain Dallas Mavericks, tidak hanya menandatangani kontrak pengesahan selama lima tahun dengan merek Anta.
Ia juga mendapatkan posisi sebagai Chief Creative Officer perusahaan tersebut. Perusahaan manajemen Irving, A11Even, menegosiasikan kesepakatan itu.
Bagi Irving, ini menjadi awal baru baginya setelah perpisahannya yang sulit dengan Nike.
“Saya sangat senang dengan kolaborasi ini," kata Irving.
"Langkah pertama untuk menjadi mitra adalah berbagi mimpi, tujuan, dan misi yang sama.”
"Perkembangan pesat Anta selama bertahun-tahun, keterbukaan terhadap kreativitas, kemauan untuk merangkul keluarga dan kerja sama tim.”
“Keahlian di bidang-bidang seperti inovasi produk dan proses manufaktur telah meninggalkan kesan yang luar biasa tidak hanya bagi saya,” ujar Irving.
“Tetapi juga tim A11Even saya yang akan bekerja berdampingan dengan saya dalam menciptakan sesuatu yang benar-benar istimewa bagi generasi.”
Anta Makin Populer di Filipina
Selain mendapatkan pemain NBA sebagai promotor, Anta membuat kehadirannya terasa di Filipina dengan mendapatkan tokoh olahraga paling berpengaruh, Manny Pacquiao.
Juara delapan divisi itu tak hanya berpengaruh dalam olahraga tinju, tapi ia juga dihormati dalam olahraga bola basket di negara asalnya.
Mantan senator Filipina ini juga pemilik Liga Bola Basket Maharlika Pilipinas, yang menaungi lebih dari 30 tim dari berbagai belahan negara.
Selain Pacquiao, tim perguruan tinggi seperti Adamson Soaring Falcons, UST Growling Tigers, St. Benilde Blazers, dan San Beda Red Lions semuanya memakai merek tersebut.