- Tikungan dalam sirkuit menjadi salah satu tantangan di dunia motorsport.
- Menghadapi tikungan, driver dan rider dituntut untuk bisa menyeimbangkan skill berkendara dan kemampuan mobil.
- Skor Indonesia merangkum tujuh tikungan paling menantang di dunia.
SKOR.id - Tikungan di dunia motorsport adalah "bumbu kompetisi." Tikungan di setiap sirkuit memberikan tantangan bagi seorang pengendara, memaksa mereka menggabungkan kecepatan dan kemampuan mengemudi.
Salah satu yang terkenal adalah tikungan di Sirkuit Sochi, Rusia. Sochi memiliki tikungan berbelok 90 derajat.
Tentu, skill seorang pengendara akan diuji di sini, dan sensasi tantangan, kesenangan, serta perasaan berbeda didapatkan pembalap untuk menaklukkan tikungan tersebut.
Tak hanya Sochi, dunia memiliki tikungan-tikungan menantang yang membuat para pembalap bergidik.
Skor Indonesia merangkum tujuh tikungan yang paling menantang yang berada dalam dunia motorsport.
Pouhon - Spa Francorchamps
Spa Francorchamps berada di tengah hutan Ardennes yang dipenuh dengan sudut-sudut ikonik dan pandangan yang menakjubkan. Akan tetapi, batas lintasan yang panjang dan run off aspal kiri dan kanannya yang curam, membawa pembalap dalam tantangan tersendiri.
Namun, mereka menikmati setiap tikungan, termasuk tikungan Pouhon yang terkenal sangat cepat, hingga dapat melahap kecepatan 289 Km/h.
Tikungan ini membuat para pembalap bisa mencapai batas cengkraman pada ban dengan memainkan gas secara halus, tanpa adanya sebuah ganggunan pada kemudi.
Bagi para pembalap F1, tikungan pouhon menjadi sebuah tantangan tersendiri. Pembalap dituntut untuk terus memacukan mobilnya dengan melakukan manufer berbelok ke kiri.
Lain halnya dengan mobil Porsche 911, mobil ini akan kesulitan ketika melahap tikungan Pouhon karena sulitnya menemukan Apex pengereman dan kurangnya tenaga dalam mobil yang membuat performa menjadi kurang baik dalam melahap tikungan ini.
Tikungan 17 - Sebring
Sebring sendiri terkenal dengan permukaan sirkuit yang tidak rata dan juga sunset yang menyinari tikungan ini. Banyaknya para pembalap mengalami kecelakan khususnya para driver balapan 12 jam ketika malam hari.
Sulit untuk menemukan titik pengereman dan banyaknya jalur yang tidak ditandai dengan garis putih lalu ditambah dengan adanya glombang aspal ditrek membuat tikungan ini terasa sulit.
Pembalap diharuskan berani dalam mengambil keputusan ketika hendak keluar dan masuk dari tikungan 17 Sebring.
Jika tidak, Pembalap akan kehilangan banyak waktu. Hal ini berlaku baik itu untuk balap mobil klasik maupun mobil modern.
Paddock Hill Bend – Brands Hatch
Brands hatch merupakan tikungan kecil di Paddock Hill Bend, bahkan lebih kecil dari yang kita liat dari televisi.
TIkungan ini membuat para pembalap cukup berdesakan ketika hendak memasuki tikungan, ditambah pembalap diharuskan menikung ke kanan sebanyak 90 derajat.
Diawali dengan trek lurus dan diakhiri dengan tikungan yang menurun membuat para pembalap dituntut untuk bisa menjaga mobilnya tetap berada di dalam trek.
Jika pengereman tidak tepat, kemungkinan besar mobil akan keluar trek dan dapat menabrak pembatas.
Turn 12 – Road Atlanta
Tikungan ke-12 di Road Atalanta merupakan tikungan terakhir dengan medan menikung kenan yang menurun.
Tentu, insting para pembalap sangatlah dibutuhkan ketika melewati tikungan tersebut, semakin kita cepat memasuki tikungan 12 tentu semakin cepat juga mobil ketika keluar dalam tikungan tersebut.
Saat pengendara meninggalkan tikungan 12, mobil akan melawati tanjakan tajam di bawah jembatan, maka dari itu pembalap sangat dianjurkan untuk tetap berakselerasi dengan semaksimal mungkin ketika memasuki tikungan 12, ditambah dengan tidak adanya area run-off pada bagian kiri.
Forrest’s Elbow – Mount Panorama
Sirkuit Mount Panorama yang terletak di Bathrust adalah rumah bagi para pembalap motorsport di Australia.
Disebut dengan Panorama karena memilki sebuah alasan: sirkuit dimulai dari pinggiran kota kecil Bathurst yang berada di Wales dilanjutkan menuju bukit Panorama.
Trek ini memilki Forest Elbow, tikungan dengan tanjakan dan turunan tajam, membuat para pembalap diharuskan berkonsentrasi semaksimal mungkin ketika melewati tikungan ini, ditambah dengan area yang sempit.
Para pembalap diharuskan menurunkan kecepatan dan bergantung pada sebuah gravitasi ketika melewati tikungan ini.
Tikungan ini sendiri sangatlah sempit sehingga akselerasi menentukan "nasib" para pembalap ketika memasuki dan keluar dari tikungan.
Rainey Curve/Corkscrew – Laguna Seca
Tikungan Corkscrew merupakan tikungan paling berbahaya di Sircuit Laguna Seca.
Tikungan ini memilki karakter menikung ke kiri lalu disambut dengan menikung ke kanan sambil menurun dengan ketinggian 18 meter.
Sirkuit ini juga memiliki tikungan dengan arah berlawanan jarum jam yang tidak biasa.
Akselerasi dari para pembalap sangatlah dibutuhkan. Khususnya bagi para rider MotoGP, keseimbangan kecepatan ketika melewati tikungan ini sangatlah penting.
Banyak dari para rider MotoGP maupun WSBK yang terjatuh di tikungan ini karen terlalu memaksakan kecepatan saat melakukan akselerasi menikung ganda.
Porsche Curves – Le Mans
Porsche Curves merupakan ikon dari Sirkuit Le Mans. Meskipun cirkuit ini sudah lama, namun insiden demi insiden terus saja terjadi di tikungan ini. Pihak sirkut telah melakukan perubahan demi keamanan, namun insiden itu tetaplah terjadi.
Tikungan pertama sangatlah menguras tenaga baik untuk para pembalap MotoGP maupun balap mobil 24 jam, menikung ke kanan dan di akhir dengan tikungan ke kiri yang cukup tajam membuat para pembalap harus lebih berwaspada dalam melewati tikungan ini.
Pembalap dituntut menentukan titik pengereman yang tepat tentunya menentukan prestasi para pembalap setelah melewati tikungan 1 ini.
Akan tetapi, banyak di antara para pembalap yang mengalami kecelakaan ketika melewati tikungan 1 disebabkan faktor banyaknya puing-puing aspal yang berserakan sepanjang tikungan dan bergelombang.
Berita Balapan Lainnya:
Podium MotoGP Belanda 2022 Bikin Maverick Vinales Makin Mantap bersama Aprilia
F1 GP Inggris 2022: Lewis Hamilton di Ambang Pemecahan 2 Rekor Penting
Penulis: Septian Eko Wibisono/UNIDA/Magang