10 Bahaya Kesehatan untuk Hewan Peliharaan di Musim Panas dan Cara Pencegahannya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Seperti manusia, hewan peliharaan juga mengalami kesulitan di musim panas.
  • Sederet bahaya kesehatan mengancam binatang berbulu kesayangan Anda.
  • Berikut 10 ancaman yang harus diwaspadai para pemilik hewan peliharaan.  

SKOR.id - Setiap musim selalu menghadirkan risiko yang berbeda untuk teman berbulu kita — terutama di musim panas ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu di luar.

Dari suhu ekstrem hingga tanaman beracun dan rumput yang disemprot petisida, ada berbagai tindakan pencegahan yang harus dilakukan para pemilik hewan peliharaan untuk memelihara anjing dan kucing mereka.

Yahoo Kanada berbicara dengan seorang dokter hewan dan ahli hewan mengenai 10 bahaya paling umum yang mungkin dihadapi hewan peliharaan kita sepanjang musim panas.

1. Panas
Sama seperti kita, hewan peliharaan sangat terpengaruh oleh cuaca panas.

Dr. Rebecca Jackson, seorang instruktur di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Calgary, Kanada, mengatakan bahwa Anda harus sangat berhati-hati ketika cuaca panas di luar karena sama seperti manusia, hewan juga dapat menderita sengatan panas.

"Ini agak berbeda karena hewan-hewan tidak bisa berkeringat melalui kulit mereka sehingga mereka benar-benar hanya bisa berkeringat melalui bantalan kaki mereka dan Anda tahu, dengan terengah-engah, kita harus ingat bahwa mereka jauh lebih rentan terhadap serangan panas," Jackson menjelaskan.

Matahari juga memanaskan trotoar jalanan, yang dapat menimbulkan risiko serius lainnya bagi hewan peliharaan.

“Mereka (cakar yang terbakar) sangat sulit untuk disembuhkan karena bantalan kaki tidak terlalu vaskular. Ketika ada cedera dan luka bakar di area itu, dibutuhkan waktu berbulan-bulan dan berbulan-bulan untuk mengembalikan jaringan itu ke bantalan kaki itu," tambah Jackson. "Jalanan paving yang panas, terutama trotoar aspal, adalah masalah besar."

Satu pengingat penting lainnya di musim panas adalah jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan Anda di dalam mobil, terutama saat cuaca panas di luar.

Mobil sering cepat panas dan tidak memiliki sirkulasi udara, yang berarti tidak butuh waktu lama bagi hewan peliharaan Anda untuk merasakan akibatnya.

Jackson mengatakan hanya butuh 10 menit bagi hewan peliharaan untuk menderita "kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki akibat sengatan panas" di dalam kendaraan.

2. Pupuk dan pestisida
Jika Anda seseorang yang suka menjaga halaman Anda dalam kondisi prima, waspadalah terhadap bahan kimia yang mungkin tidak disadari oleh hewan peliharaan kita.

Jika Anda menggunakan pupuk, herbisida, atau insektisida, disarankan untuk menjauhkan hewan peliharaan Anda dari area yang dirawat sampai kering.

Sementara pupuk biasanya aman untuk hewan peliharaan, produk tertentu mengandung blood meal (tepung darah), bone meal (tepung tulang), feather meal (tepung bulu ayam), dan zat besi yang bisa lezat dan berbahaya dalam jumlah besar.

Jika hewan peliharaan Anda menelan terlalu banyak produk ini dapat menyebabkan masalah perut dan pankreatitis parah.

Jika Anda menduga hewan peliharaan Anda telah menelan salah satu produk ini, Anda dapat menghubungi saluran bantuan racun hewan peliharaan atau dokter hewan Anda untuk mengetahui apakah mereka memerlukan perawatan.

3. Tumbuhan
Banyak dari kita menikmati aktivitas berkebun di musim panas - tetapi para ahli mengatakan Anda harus memperhatikan apa yang Anda tanam untuk memastikan hewan peliharaan Anda tidak sakit.

Tanaman kebun tertentu dapat berbahaya bagi anjing dan kucing, termasuk tomat, rhubarb, bawang putih, daun kucai, dan daun bawang. Jika Anda tidak yakin apakah yang Anda tanam itu berbahaya, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu.

Bukan hanya tanaman sayuran, tanaman bunga juga perlu Anda waspadai. Tulip, lili, azalea, iris, dan monkshood adalah beberapa yang dapat membuat hewan peliharaan Anda sakit.

4. Serangga
Manusia tidak suka gigitan serangga — begitu juga dengan hewan peliharaan Anda.

Sengatan lebah dan tawon, gigitan laba-laba, dan gigitan nyamuk juga bisa terjadi di musim panas dan penting untuk memperhatikan perilaku yang tidak biasa dari hewan peliharaan kita.

Jika teman berbulu Anda muntah, mengalami diare, mulut bengkak atau ruam, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan.

Kutu juga merupakan masalah besar dan dapat menularkan penyakit, seperti penyakit Lyme, pada anjing.

Disarankan untuk memeriksa hewan peliharaan untuk kutu setelah mereka berada di luar.

Gerakkan tangan Anda di atas tubuh dan kepala hewan peliharaan Anda untuk merasakan benjolan yang sebelumnya tidak Anda sadari. Jangan lupa ekor dan di antara jari-jari kaki anjing.

Risiko lain adalah heartworm, yang menurut Alberta Veterinary Medical Association terjadi di daerah yang lebih hangat, seperti di Kanada. Atau daerah-daerah tropis.

Kelompok itu mengatakan tampaknya cacing hati "tidak dapat bertahan hidup pada suhu yang berlaku di Alberta dan Saskatchewan."

Menurut Jackson, heartworm menjadi masalah yang lebih besar di Kanada.

"Itu adalah parasit yang disebarkan oleh nyamuk, Telurnya yang menetas akan membentuk cacing dalam aliran darah yang hidup di jantung anjing," katanya kepada Yahoo Canada.

“Heatworm dapat menyebabkan berbagai sindrom dan penyakit termasuk kematian pada anjing, dan terkadang kucing juga, tetapi kebanyakan pada anjing.”

5. Ganggang
Kebanyakan anjing suka berenang di musim panas — tetapi pastikan Anda memperhatikan peringatan apa pun tentang ganggang biru-hijau. Bakteri ini sering ditemukan di danau, kolam, dan waduk dan dapat berkembang biak di bulan-bulan musim panas.

Anjing sangat berisiko jika mereka menelan ganggang biru-hijau. Ini dapat menyebabkan masalah hati dan neurologis jika tidak diobati. Tanda bahaya yang harus diwaspadai termasuk muntah, diare, pusing, air liur berlebihan, dan masalah pernapasan.

6. Alergi
Jika Anda menderita alergi musiman maka Anda tidak sendirian, hewan peliharaan kami juga mendapatkannya.

Jackson mengatakan dia melihat lebih banyak hewan peliharaan dengan alergi lingkungan.

"Kami menerima satu hingga empat janji sehari di musim panas untuk pasien alergi," sang instruktur menambahkan. "Mereka sangat jarang berakibat fatal, tetapi mereka adalah bahaya yang sangat umum."

Anjing bukanlah satu-satunya yang menderita alergi, bahkan kucing dalam ruangan dapat terpengaruh ketika serbuk sari masuk melalui jendela dan pintu yang terbuka.

7. Kompos
Kompos adalah bahaya lain yang umum terjadi di musim panas.

Saat kompos terurai dapat membentuk spora jamur dan bakteri. Dan, spora jamur itu dapat menghasilkan racun kuat yang disebut mikotoksin, yang dapat mempengaruhi koordinasi otot hewan.

8. Sisa makanan
Piknik, barbekyu, dan api unggun adalah kegiatan yang paling digemari di musim panas.

Sayangnya, banyak dari peristiwa yang berpusat di sekitar makanan ini bisa menjadi zona bahaya bagi hewan peliharaan kita.

Jackson merekomendasikan untuk berhati-hati terhadap sisa makanan di tanah atau memberikan makanan apa pun kepada hewan peliharaan kita.

Makanan berlemak seperti potongan steak dapat menyebabkan pankreatitis, radang hati, sementara daging hamburger atau ayam mentah, serta tongkol jagung, juga menimbulkan risiko.

Pastikan untuk membuang sisa tusuk sate dengan benar karena dapat menyebabkan masalah serius jika anjing menelannya.

9. Tenggelam
Musim panas juga merupakan musim berenang dan sementara anjing Anda mungkin suka berenang di kolam renang atau pantai, para ahli mengatakan yang terbaik adalah tidak membiarkan mereka tanpa pengawasan.

Anjing bisa sangat panik jika jatuh ke air dan juga bisa kelelahan setelah berenang lama.

Mengawasi teman berbulu Anda saat mereka berada di dekat perairan mana pun akan memastikan mereka aman.

Juga, berhati-hatilah saat akan berperahu dan pastikan anjing Anda memiliki jaket pelampung yang sesuai.

10. Mendaki
Jika Anda menyukai hobi mendaki dan membawa serta hewan peliharaan Anda, waspadalah terhadap risiko tertentu.

Bekerja di Alberta, Jackson mengatakan dia melihat banyak hewan yang menderita cedera yang mereka derita saat hiking.

“Luka pada bantalan, keseleo, dan ketegangan otot karena terlalu banyak berjalan ataupun  tersandung saat mendaki pasti bisa menjadi masalah atau lubang gopher, tersandung di lubang gopher,” katanya.

Banyak risiko musim panas bersifat regional, kata para ahli
Meskipun tampaknya ada banyak risiko yang harus diwaspadai, Jackson mencatat bahwa penting untuk diingat bahwa risiko bersifat regional dalam hal hewan peliharaan.

Si spesialis hewan mengatakan cara terbaik untuk mempersiapkan rencana musim panas adalah membuat janji dengan dokter hewan Anda sebelumnya.

“Anda benar-benar membutuhkan pendekatan individual untuk setiap hewan. Itulah alasan mengapa sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter hewan karena saran yang akan saya berikan kepada pemilik A akan berbeda dari saran saya kepada pemilik B dan itu benar-benar tergantung di mana mereka bepergian,” ujarnya.***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Bahaya Tidur Bersama Hewan Peliharaan saat Malam Hari

Sederet Manfaat Memelihara Kucing untuk Kesehatan Mental

Apakah Kucing Anda Suka Menjilat? Para Ahli Sebut 4 Kemungkinan Alasan

Source: Yahoo Life Kanada

RELATED STORIES

4 Buah yang Membantu Meningkatkan Hemoglobin

4 Buah yang Membantu Meningkatkan Hemoglobin

Berikut ini adalah empat jenis makanan yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah seseorang.

Jangan Buang Kelebihan Air Beras Anda, Kenali Beragam Manfaatnya untuk Kesehatan

Membuang air dari nasi setelah dimasak mungkin bukan keputusan yang paling masuk akal, Anda akan membuang banyak manfaat.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

Timnas Indonesia

Singkirkan Korea Selatan U-23, Shin Tae-yong Senang Sekaligus Berat

Timnas U-23 Indonesia berhasil menaklukkan Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 2024.

Sumargo Pangestu | 26 Apr, 04:36

Timnas U-23 Korea Selatan (Korea Selatan U-23). (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Pelatih Korea Selatan U-23: Keberuntungan Tidak Berpihak ke Kami

Asisten pelatih Korea Selatan U-23, Myung Jae-yong, mengungkapkan faktor kekalahan timnya dari Timnas U-23 Indonesia.

Sumargo Pangestu | 26 Apr, 04:05

Bintang Manchester City, Phil Foden. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Brighton vs Man City: Phil Foden Tembus 50 Gol di Liga Inggris

Phil Foden mencetak dua gol dalam kemenangan Manchester City 4-0 atas Brighton, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Irfan Sudrajat | 26 Apr, 04:02

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 26 Apr, 02:55

Esports World Cup 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Esports World Cup 2024, Semua Hal yang Harus Kamu Tahu

Berikut ini adalah semua hal yang harus kamu tahu dari gelaran Esports World Cup 2024 alias Piala Dunia Esports 2024 di Riyadh, Arab Saudi.

Thoriq Az Zuhri | 26 Apr, 01:59

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-23 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 25 Apr, 22:40

Mentimun, tomat, dan sayuran berwarna hijau membuat Anda tetap terhidrasi dan fit pada musim panas. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Buah dan Sayuran yang Buat Anda Tetap Terhidrasi dan Fit di Musim Panas

Buah dan sayuran seperti semangka, mentimun, dan tomat tidak hanya mengandung banyak air namun juga nutrisi, berbagai vitamin, dan serat.

Tri Cahyo Nugroho | 25 Apr, 21:36

Piala Dunia Esports (Yusuf/Skor.id).

Esports

Daftar Game yang Dipertandingkan di Piala Dunia Esports 2024

Esports World Cup 2024 alias Piala Dunia Esports 2024 akan segera bergulir, ini adalah daftar game yang akan dipertandingkan.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 21:25

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 21:21

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

ESL One Birmingham 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024, sedang dihelat. Berikut ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkapnya.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 21:20

Load More Articles