- Popularitas F1 terus bertumbuh sering pemutaran serial "Drive To Survive" di Netflix.
- Platform media sosial Instagram, Twitter, dan utamanya YouTube, menjelma menjadi panggung bagi pembalap F1 dan penggemar mereka.
- Simak pembalap F1 mana yang membuat konten paling menarik untuk penggemar mereka di YouTube.
SKOR.id - Bagi banyak pembalap F1 akhir-akhir ini, media sosial telah menjadi pilihan karier alternatif sekaligus sumber hiburan di luar trek balap.
Maklum, F1 telah tumbuh dalam popularitas secara eksponensial selama bertahun-tahun.
Serial "Drive To Survive" di Netflix telah menjadi magnet bagi pemirsa dari seluruh dunia.
Dengan kemunculan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan utamanya YouTube sejak bertahun-tahun, beberapa pembalap selebriti dari seluruh dunia telah menemukan cara untuk terhubung lebih dalam dengan jutaan audiens mereka.
Sebagian besar platform ini, terutama YouTube, memberi kita informasi tentang tidak hanya kehidupan profesional sang pembalap tersebut, tetapi juga kehidupan pribadi mereka.
Mari kita lihat pembalap F1 mana saja yang membuat konten paling menarik untuk seluruh penggemar YouTube mereka:
#1 Nico Rosberg adalah pembalap F1 yang paling banyak diikuti di YouTube
Mantan pembalap F1 dan juara dunia 2016, Nico Rosberg, memiliki pengikut besar 1,37 juta di YouTube. Dia adalah salah satu YouTuber paling terkenal di dunia, bahkan di luar F1.
Dapat dikatakan Rosberg menganggap YouTube sebagai bagian yang sangat penting dalam hidupnya, karena dia mengunggah 3-4 video per bulannya.
Dia tercatat memiliki pengikut terbesar ketiga di Monako (tempat tinggalnya sekarang) dan menghasilkan hingga $63.9K (sekitar Rp990 juta) per tahun dari kontennya.
Salurannya adalah salah satu tempat terbaik untuk belajar tentang Formula Satu dan dikenal karena menjaga keseimbangan sempurna antara F1 dan hiburan.
Video Rosberg mencakup semua, dari analisis trek yang mendalam hingga mengungkapkan persaingannya dengan Lewis Hamilton. Dia juga menjadi pembawa acara podcast populer "Beyond Victory," di mana dia telah mewawancarai Alain Prost dan Romain Grosjean tentang olahraga tersebut.
#2 Lando Norris adalah YouTuber favorit generasi muda
Lando Norris dari McLaren F1 adalah salah satu entitas paling terkenal dan dicintai di grid saat ini. Norris memulai salurannya pada tahun 2014 dan saat ini memiliki 846 ribu pelanggan. Pembalap asal Inggris itu secara luas dianggap sebagai calon juara dunia F1.
Norris juga seorang streamer Twitch yang rajin dan telah mengumpulkan audiens yang luas secara online hanya melalui alirannya (1,3 juta pengikut).
Sang pembalap mencoba memposting sesering mungkin di saluran YouTube miliknya dan menghasilkan hingga $21.1K per tahun melalui videonya.
Beberapa video Norris yang paling populer tidak ada hubungan dengan Formula Satu. Salah satu videonya, "Meeting my hero" - di mana dia bertemu Valentino Rossi - telah ditonton lebih dari 2,5 juta kali.
Norris juga memiliki saluran lain yang disebutnya Quadrant, yang menggabungkan minatnya pada game, balap, dan pakaian. Dia mengerjakannya dengan tiga teman lain dan mengunggahnya seminggu sekali.
#3 Daniel Ricciardo suka berbagi kehidupan pribadi di YouTube
Favorit F1 Daniel Ricciardo memiliki sekitar 426 ribu pengikut di YouTube, saluran yang dia mulai pada tahun 2016.
Sang pembalap adalah favorit penggemar dan salah satu tokoh paling dihormati di grid saat ini. Dia memiliki salah satu basis penggemar paling bersemangat di antara pembalap F1 dan secara luas dianggap sebagai pembalap yang hebat.
Ricciardo sering mengunggah video ke YouTube dan menghasilkan sekitar $2.9K per tahun dari videonya tersebut.
Selanjutnya, pembalap McLaren ini tidak takut untuk membiarkan penonton masuk ke dalam kehidupan dan pemikiran pribadinya.
Meskipun sebagian besar videonya disponsori, Ricciardo tidak pernah gagal menghibur fans dengan konten organik dari perjalanannya di Austin bersama teman-teman, menemukan beruang saat bersepeda, atau menilai menu ayam goreng pedas.
Saluran ini juga berisi wawancara dengan majalah seperti GQ, pembaruan kehidupan, dan banyak lagi. Penggemar harus memastikan untuk melihat video "Monaco F1 Track Drive" miliknya, yang telah ditonton lebih dari 1,7 juta kali.
#4 Romain Grosjean adalah YouTuber F1 terkemuka
Eks pembalap F1 dan Haas, Romain Grosjean, memiliki saluran bernama "Romain Grosjean Official" di mana ia memiliki sekitar 235 ribu pelanggan. Pembalap asal Prancis itu adalah pembalap F1 yang tangguh, dan saluran ini memberikan wawasan tentang kehidupan pasca-F1 dan karier IndyCar yang sedang berlangsung.
Dia juga memberikan informasi yang andal dan berpengetahuan mengenai Motorsports di salurannya dan sangat konsisten dengan unggahannya.
Salurannya terkenal karena selalu up to date dengan setiap musim dan memberikan analisis dan pendapat reguler tentang penalti pembalap, kemenangan, kinerja sirkuit, dan rekor.
#5 Charles Leclerc memanjakan penggemar dengan konten Ferrari
Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, membuat saluran YouTube-nya pada tahun 2019 dan telah mengelola 461 ribu pelanggan hingga sekarang. Bakatnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi membuatnya menjadi pembalap yang menarik untuk diwaspadai di grid saat ini.
Sang pembalap juga memposting satu atau dua video setiap dua hingga tiga bulannya dan berpotensi menghasilkan hingga $101,8 K per tahun. Pria asal Monako ini menikmati dan mengunggah video pendek YouTube secara teratur.
Konten Leclerc dibatasi untuk akhir pekan Grand Prix dan balap umum. Senang eksperimen dan memiliki 5,2 juta penayangan di video ''The Day In The Life''. Bagi penggemar balap yang ingin melihat persiapan di balik layar, saluran Leclerc termasuk wajib dilihat.***
Berita Formula 1 Lainnya:
Gagal Jegal Max Verstappen di Jepang, Charles Leclerc Alihkan Fokus ke 4 Seri Tersisa
Daniel Ricciardo Akui Mobil McLaren Tak Cocok dengan Gaya Kemudinya
Hampir Celakai Dirinya, Lando Norris Berharap Max Verstappen Dihukum Penalti Grid