Wawancara Valentino Rossi: Harus Adaptasi dengan Banyak Hal dalam MotoGP

I Gede Ardy Estrada

Editor:

  • Valentino Rossi ungkap perjuangannya di balik kesuksesan meraih podium dalam GP Andalusia.
  • Rider veteran Yamaha itu melakukan perubahan radikal pada motornya agar bisa lebih maksimal.
  • The Doctor mengaku perlu sejumlah hal berbeda dibandingkan pembalap Yamaha lainnya.

SKOR.id - Angka seringkali berpihak kepada Valentino Rossi. Dia punya nomor ikonik, 46. Dia masih aktif di kelas MotoGP pada usia 41 tahun. Dan yang terpenting, dia adalah juara dunia 9 kali, tujuh di antaranya di kelas tertinggi.

The Doctor, julukan Valentino Rossi, juga bisa dengan bangga mengklaim dirinya sebagai pembalap yang sukses menorehkan banyak sejarah untuk Yamaha di era modern MotoGP.

Valentino Rossi merupakan "arsitek" kebangkitan Yamaha pada 2004 silam. Ia berhasil memenangi empat gelar MotoGP dengan pabrikan asal Jepang ini (2004, 2005, 2008, dan 2009).

Sepanjang prosesnya, rider asal Italia tersebut membukukan 56 kemenangan dan meraih 142 podium dalam dua periode menunggangi motor Yamaha, yang terbagi ke dalam 14 musim.

Tentu bisa dibayangkan bagaimana perasaan The Doctor ketika angka mulai menjauhinya. Musim lalu, Rossi hanya dua kali merasakan podium sebagai runner-up di GP Argentina dan Amerika Serikat.

Sementara rekan setimnya, Maverick Vinales, mencatatkan dua kemenangan serta menutup musim di belakang juara bertahan Marc Marquez. Pencapaian Rossi bahkan tak lebih baik dari debutan, Fabio Quartararo.

Pembalap tim satelit, Petronas Yamaha SRT, itu membukukan lima podium pada 2019 dan musim ini telah meraih dua kemenangan yang membawanya memuncaki klasemen sementara.

Ketika Valentino Rossi ingin bangkit, dengan meminta pengaturan berbeda pada motor YZR-M1 miliknya untuk mengatasi degradasi berlebihan pada ban belakang Michelin, respons Yamaha menohoknya.

Sang legenda malah diminta belajar dari Vinales dan Quartararo, yang mampu tampil lebih cepat dibandingkan dirinya. The Doctor pun mengaku harus mengatasi "politik" Yamaha tersebut.

Caranya, Rossi terus mendesak Yamaha. Pembalap kelahiran 16 Februari 1979 itu meminta motornya diubah ke setingan lama, terlepas dari fakta bahwa YZR-M1 yang dikendarainya dan spek ban berbeda.

Poros swingarm dimodifikasi dengan sumbu tetap berada pada titik terendahnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar motor The Doctor menemukan lebih banyak daya cengkeram.

Perubahan yang juga melibatkan bagian suspensi dan kelistrikan tersebut didefinisikan sebagai "transformasi radikal" oleh Prinsipal Yamaha Lin Jarvis. Namun semua itu tidak sia-sia.

Hasil akhirnya? Valentino Rossi merasakan podium lagi untuk kali pertama setelah 17 race. The Doctor finis di posisi ketiga dan mampu memaksa Vinales bekerja keras melewatinya.

Pencapaian dalam GP Andalusia tetap akan sulit membantu Valentino Rossi mampu bersaing jadi juara dunia. Namun paling tidak itu memperluas kemungkinannya untuk meraih lebih banyak podium.

Dan sekali lagi, di Sirkuit Jerez, angka berpihak kepada Rossi. Berikut wawancara The Doctor soal perjuangannya hingga bisa kembali naik podium yang dikutip dari Cycle World:

Apa kunci di balik perubahan pada seri pertama dan kedua?

Yamaha lebih kesulitan dibandingkan manufaktur lain dengan degradasi pada ban belakang. Akhir musim 2018, kami mengubah setingan motor agar bisa beradaptasi lebih baik dengan ban.

Pada awalnya, keseimbangan baru ini bisa bekerja lebih baik, namun kemudian kami mulai memiliki banyak problem.

Saya tidak bisa mengendarai motor dengan baik seperti pembalap Yamaha lainnya. Saya pun meminta perubahan pada (setingan) motor.

Lalu apa reaksi Yamaha terhadap permintaan Anda?

Mereka bilang, "Anda perlu belajar dari Vinales dan Quartararo." Saya bisa memahaminya, dalam artian, karena mereka (Vinales dan Quartararo) lebih cepat (daripada saya).

Saya punya hubungan baik dengan Yamaha dan selalu menempatkan brand ini sebagai prioritas. Namun dalam hal tertentu, itu bukan tanggapan yang cerdas karena saya memperkuat mereka tahun ini dan juga musim depan.

Dan ini (terjadi) setelah semua histori yang Anda miliki dengan Yamaha di MotoGP?

Saya pikir pada beberapa balapan tahun lalu, seperti di Valencia, Motegi, dan Aragon, juga dalam putaran pertama di Jerez musim ini, itu terlalu buruk untuk diterima sebagai kenyataan.

Saya mungkin sudah tua, tapi saya berkata kepada diri sendiri, "Seharusnya tidak seperti ini." Itu sangat mengecewakan. Ketika di garasi, saya lihat mata mekanik saya dan kami kehilangan kata-kata.

Apa itu membuat Anda berpikir untuk menyerah saja?

Sempat terpikir, "Mungkin ini saatnya tinggal di rumah (pensiun)." Namun saya sudah membuat keputusan untuk balapan dan itu membuat saya sedikit khawatir sebab saya tidak nyaman saat berada di atas motor.

Lalu bagaimana Anda berhasil meyakinkan pihak (Yamaha) Jepang untuk melakukan perubahan pada motor?

David Munoz (kepala mekanik baru Valentino Rossi yang didatangkan langsung dari tim Moto2 Sky VR46) dan saya terus menekan dan bersikeras terhadap para teknisi di Jepang.

Hingga akhirnya pada Jumat pagi (24 Juli 2020), kami mampu untuk melakukan perubahan pengaturan yang (cukup) radikal (pada motor YZR-M1).

Tidak bisakah Anda melakukan perubahan ini sebelumnya?

Setelah bertahun-tahun balapan (ini musim ke-25 Rossi di MotoGP), kebutuhan teknis saya makin spesifik dan saya bisa memberikan beberapa indikasi yang baik untuk itu.

Kami (perlu) mencari arah teknis yang berbeda dan saya tahu bahwa secara politis agak sulit untuk membuat perubahan tertentu. Dari luar sepertinya mudah, tapi tidak selalu demikian.

Saya memerlukan tim saya dan dukungan Yamaha. Saya butuh kepercayaan dari mereka sehingga bisa memacu motor dengan (lebih) cepat. Saya pun perlu sejumlah hal berbeda daripada rider Yamaha lainnya.

Saya lebih tinggi dan berat (dibandingkan Vinales, Quartararo, dan Franco Morbidelli). Saya harus adaptasi dengan banyak hal dalam MotoGP.

Mulai dari persaingan dengan para pembalap muda, gaya baru, hingga ban, tapi saya juga membutuhkan motor yang pas untuk itu.

Anda jadi juara dunia dengan mesin 2 tak 500cc, lalu di mesin 4 tak 990cc, 800cc, dan 1.000cc, memakai ban Bridgestone dan Michelin. Namun Bos Michelin Piero Taramasso menyebut Anda bermasalah dengan ban karena gaya balap...

Dalam beberapa tahun terakhir, gaya balap telah banyak berubah di MotoGP. Seringkali Anda perlu melakukan hal yang tepat dengan ban lebih dibandingkan berusaha berkendara dengan baik.

Saya pun berusaha untuk beradaptasi semaksimal mungkin dengan gaya (balap) modern MotoGP dan juga ban. Namun kami juga perlu menyesuaikan motor dengan pembalap.

Saya mungkin memiliki banyak pengalaman, tapi kadang-kadang itu adalah sebuah kerugian karena Anda juga dituntut harus memiliki pikiran yang lebih terbuka pada perubahan.

Podium di Jerez (GP Andalusia) tentu terasa istimewa...

Ya, podium itu spesial, kami mengambil arah yang berbeda dan ini baru permulaan. Rasanya sangat baik.

Anda mungkin bertambah tua, tapi Anda tidak kehilangan rasa humor. Selebrasi Anda di depan tribun (Sirkuit Jerez) yang kosong itu unik...

Saya menang tujuh kali di trek ini, terakhir pada 2016. Namun Jerez agak spesial. Begitu melewati bendera finis, saya berhenti di tikungan tempat saya merayakan kemenangan musim 1999.

Apakah Anda ingat perayaan dengan toilet? Saya ingin memeluk semua penggemar yang menonton balapan dari rumah.

Hari Minggu lalu juga terasa spesial untuk tim VR46 (Moto2 dan Moto3)...

Ya, saya sangat senang dengan kesuksesan mereka. Berlatih dengan mereka membuat saya merasa tetap muda. Kami mempersiapkan diri bersama dengan baik.

Sehingga ketika Yamaha akhirnya mendengarkan dan membuat perubahan untuk motor saya, kami siap untuk membuat perbedaan.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Valentino Rossi Lainnya:

September 2020, Peresmian Valentino Rossi sebagai Rider Petronas Yamaha SRT

Valentino Rossi Bakal Reinkarnasi Jadi Rookie Musim Depan

 

Source: Cycle World

RELATED STORIES

MotoGP Ceko 2020: Berjaya di Jerez, Fabio Quartararo Incar Podium di Brno

MotoGP Ceko 2020: Berjaya di Jerez, Fabio Quartararo Incar Podium di Brno

Fabio Quartararo mengusung target podium saat tampil pada MotoGP Ceko 2020 pada akhir pekan nanti.

MotoGP Ceko 2020: Valentino Rossi Siap Raih Podium Ke-200 di Brno

MotoGP Ceko 2020: Valentino Rossi Siap Raih Podium Ke-200 di Brno

Pembalap veteran Valentino Rossi berpeluang mencatatkan beberapa rekor MotoGP jika mampu naik podium di Sirkuit Brno, akhir pekan ini.

Valentino Rossi adalah Legenda, Bukan Masa Depan MotoGP

Menurut manajer Wilco Zeelenberg, Valentino Rossi saat ini adalah seorang legenda yang bukan lagi seorang pembalap MotoGP masa depan.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Futsal

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2024-2025

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2024-2025 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 25 Apr, 07:44

Stadion Anfield saksi kisah seru duel Liverpool vs Manchester United. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Menilik Perbandingan Gelar Liverpool vs Manchester United

Liverpool atau Manchester United, siapa yang memiliki gelar lebih banyak? Simak dalam perbandingan berikut ini!

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 06:09

Profil Klub Liga Italia, AC Milan. (Yusuf/Skor.id)

Liga Italia

Bologna vs AC Milan di Final Coppa Italia, I Rossoneri Punya Pengalaman Lebih Banyak

AC Milan akan menghadapi Bologna di final Coppa Italia 2024-2025, pengalaman I Rossoneri lebih banyak.

Pradipta Indra Kumara | 25 Apr, 03:56

EVOS Esports. (Hendy Andika./Skor.id)

Esports

EVOS Umumkan Kembalinya Branz ke Skuad MPL ID Season 15

Sebelumnya Branz berstatus sebagai roster inactive dari tim berjuluk Macan Putih itu.

Gangga Basudewa | 25 Apr, 03:22

Dewa United Esports (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Persiapan Dewa United Esports Hadapi Laga Sulit di Pekan Kelima MPL ID Season 15

Dewa United Esports akan menghadapi RRQ Hoshi dan Team Liquid ID di pekan kelima MPL ID Season 15.

Gangga Basudewa | 25 Apr, 02:58

El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid di Supercopa de Espana (Piala Super Spanyol). (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

La Liga

Head-to-Head Barcelona vs Real Madrid Jelang Final Copa del Rey 2025

Berikut ini adalah Head-to-Head Barcelona vs Real Madrid jelang bertemu final Copa del Rey 2024-2025.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 02:54

Timnas futsal putri Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Pesan Wamenpora untuk Timnas Futsal Putri Indonesia

Timnas Futsal Putri Indonesia akan berlaga di ajang AFC Women's Futsal Asian Cup 2025.

Gangga Basudewa | 25 Apr, 02:39

Cover Mobile Legends. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

5 Hal yang Patut Dinanti di Pekan 5 MPL Indonesia Season 15

Di pekan 5 Musim Reguler turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 15, ada beberapa hal yang patut dinanti.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 02:25

FFWS alias Free Fire World Series. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

FFWS SEA Spring 2025: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2025 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 02:11

Ilustrasi Valorant. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

VCT 2025 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2025 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 02:11

Load More Articles