Toto Wolff dan Mercedes dalam Tekanan Besar untuk Bangkit pada F1 2024

I Gede Ardy Estrada

Editor: I Gede Ardy Estrada

Toto Wolff, Prinsipal Tim F1 Mercedes
Prinsipal tim Mercedes-AMG Toto Wolff. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Bos Mercedes-AMG Toto Wolff dan timnya berada di bawah tekanan yang sangat besar untuk memastikan mobil Formula 1 2024 mereka mampu bersaing secara konsisten dan kompetitif. 

Setelah melalui F1 2023 tanpa kemenangan, tim pabrikan Jerman benar-benar berharap mampu bangkit dengan konsep mobil baru W15 sebagai penantang pada musim 2024.

Juara dunia tujuh kali Formula 1 sekaligus pembalap veteran Mercedes Lewis Hamilton mengatakan hanya ada sedikit ruang manuver bagi tim berjuluk Silver Arrows untuk melakukan kesalahan lagi.

Hal ini otomatis telah meningkatkan tuntutan kepada seluruh anggota skuad, terutama sang prinsipal tim, Toto Wolff. Menurut Hamilton, semua orang di Mercedes merasakan tekanan jelang musim dingin yang vital guna memastikan mobil 2024 kompetitif. 

“Pastinya jumlah (tekanan) yang sangat besar. Bukan hanya Toto (Wolff), tetapi secara keseluruhan, kami semua. Orang-orang di pabrik, tekanan besar juga mereka pikul,” ujar Hamilton.

“Pada akhirnya, sebagai bos seperti Toto, Anda harus mulai lebih bergantung pada orang lain. Dan, cara melakukannya tidaklah mudah, sebab pada titik tertentu orang pun bisa frustrasi.”

“Jadi bagaimana Anda melakukannya dengan cara yang konstruktif, yang menginspirasi mereka untuk mau terus berjuang? Bagi saya, semoga (lewat) beberapa hasil balapan dan performa yang dapat saya lakukan.”

Lewis Hamilton mengakui Mercedes kesulitan menemukan arah pada mobil mereka selama dua musim terakhir. di era ground effect baru. Menurutnya, Silver Arrows tidak punya arah pengembangan yang jelas.

Lewis Hamilton
Pembalap Mercedes-AMG Lewis Hamilton gagal meraih kemenangan Grand Prix pada F1 2023. (Dede Mauladi/Skor.id) 

“Kami tidak memiliki mobil yang diperlukan pada awal tahun, tidak mengetahui persis ke mana kami harus bekerja. Dan ini merupakan semacam garis zigzag yang kami tempuh untuk mencapai tempat yang kami inginkan,” tuturnya.

“Sesekali sesuatu yang positif terjadi, Anda seperti, ‘Oke, ini dia.’ Dan kemudian terjadi pergeseran, jadi titik tujuannya selalu berubah, dan itu merupakan hal yang tipikal (dua musim terakhir),” imbuh Hamilton.

Namun berkat perubahan infrastruktur tahun ini yang mencakup kembalinya Direktur Teknik James Allison ke garis depan, dan peralihan konsep mobil, Lewis Hamilton menjadi jauh lebih bersemangat.

“Tapi tetap saja menuju ke sana (tujuan) bukanlah seperti jalur yang lurus. Ada hal-hal tertentu, keputusan yang telah dibuat, yang menyebabkan Anda terhambat di ujung jalan, dan Anda tidak dapat melakukan apa pun, karena cost cap dan berbagai hal lain,” kata Hamilton.

“Jika Anda melihat Red Bull (Racing), dan mereka telah melakukan pekerjaan luar biasa, tapi dari Bahrain tahun lalu mereka mengalami masalah, namun bisa segera memperbaikinya minggu itu juga.”

“Sementara kami, setiap kali mencoba mengatasi masalah, hasilnya makin buruk. Kami tidak berkembang dalam waktu yang sangat lama. Kami seperti jalan di tempat. Gap (dengan Red Bull), kami berada di jalur yang sangat berbeda.”

“Tapi saya pikir kami telah memahami mobil dengan jauh lebih baik sekarang. Kami mengembangkan alat-alat hebat di belakang layar. Tentu saja, saya berharap (yang terbaik), Namun, kita lihat saja.”   

Source: Motorsport

RELATED STORIES

Musim 2023 Jadi Lanjutan Episode Suram Lewis Hamilton di Formula 1

Musim 2023 Jadi Lanjutan Episode Suram Lewis Hamilton di Formula 1

Juara dunia F1 tujuh kali Lewis Hamilton lagi-lagi mengakhiri musim tanpa satu pun kemenangan seperti tahun lalu.

Bos Ferrari Sindir Balik Toto Wolff soal Mobil F1 Red Bull

Prinsipal Ferrari Fred Vasseur tak senang dengan asumsi Toto Wolff yang menyebut RB19 satu-satunya mobil F1 di grid.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

MotoGP Prancis 2024

MotoGP

Jadwal dan Fakta Menarik MotoGP Prancis 2024

Persaingan para pembalap MotoGP akan berlanjut pada putaran kelima musim 2024, Grand Prix Prancis, di Sirkuit Bugatti, Le Mans, akhir pekan ini.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 16:50

RRQ Xinnn (Hendy AS/Skor.id)

Esports

Xin Ikut Komentari Performa Buruk RRQ di Pekan Ketujuh

Xinn merupakan mantan pemain RRQ yang musim ini memutuskan menjadi inactive player.

Gangga Basudewa | 09 May, 14:18

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 09 May, 14:13

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Kedelapan MPL ID Season 13, Duel Klasik EVOS vs RRQ

MPL ID Season 13 akan memasuki dua pekan terakhir sebelum babak playoff.

Gangga Basudewa | 09 May, 13:14

Dewa United Banten-IBL

Basketball

IBL 2024: Tantangan Berat Menanti Dewa United Banten pada Pekan Ke-11

Dewa United Banten, yang belum terkalahkan, akan menjamu pemuncak klasemen sementara IBL 2024, Pelita Jaya, akhir pekan ini.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 12:05

logo timnas vietnam

World

VFF Sanksi 5 Pemain Vietnam yang Terjerat Kasus Narkoba

Dari lima pemain yang terjerat kasus narkoba, dua di antaranya masih berstatus sebagai pemain aktif di Timnas Vietnam.

Rais Adnan | 09 May, 11:26

Olimpiade Paris 2024

Other Sports

Api Olimpiade Tiba di Prancis dengan Pengawalan Ketat

Setelah melalui 12 hari perjalanan dari Yunani, api Olimpiade telah sampai di Prancis dan akan memulai kirab dari Marseille.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 10:28

Kegiatan test drive Wuling Cloud EV bersama media digelar di kawasan Kemayoran Jakarta, 2-3 April 2024 (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Automotive

Wuling Catat 252 SPK dalam PEVS 2024, Cloud EV Paling Banyak Dipesan

Test drive berbagai kendaraan listrik Wuling diikuti 819 pengunjung selama PEVS berlangsung.

Kunta Bayu Waskita | 09 May, 10:27

Asics GT-2160 "Seal Grey" akan hadir bulan ini (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Sneakers

Asics Hadirkan GT-2160 Seal Grey, Rilis Bulan Ini dengan Harga Rp1,9 Juta

Dengan corak “Seal Grey”, Asics GT-2160 cocok dipakai sepanjang tahun karena warnanya netral dan serbaguna.

Kunta Bayu Waskita | 09 May, 09:49

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri dalam artikel ini akan terus diperbarui secara berkala.

Doddy Wiratama | 09 May, 09:44

Load More Articles