Teknik Loncat Galah yang Buat Armand Duplantis ‘Terbang’

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Perbandingan postur dan rekor dunia loncat tinggi Armand Duplantis dengan beberapa benda dan binatang. (M. Yusuf/Skor.id)
Perbandingan postur dan rekor dunia loncat tinggi Armand "Mondo" Duplantis dengan beberapa benda dan binatang. (M. Yusuf/Skor.id)

SKOR.id – Peloncat galah yang hebat harus cepat, kuat, dan tepat untuk mendorong dirinya setinggi dua lantai hanya dengan menggunakan tongkat. Peloncat terhebat sepanjang masa membuatnya terlihat elegan. 

Armand “Mondo” Duplantis, 24, yang berkompetisi untuk Swedia, telah mencetak rekor dunia sembilan kali sejak tahun 2020 dan berhasil memenangi medali emas Olimpiade kedua berturut-turut di Paris sekaligus membuat rekor dunia baru dengan 6,25 meter.

Tekniknya yang tidak lazim namun sangat anggun dan efisien pernah membuat seorang pelatih muda terkagum-kagum, “Sementara semua orang berebut tiang, Mondo menari dengan tiang.”

Apa teknik yang dipakai Duplantis sehingga ia bisa “terbang” dan selalu mampu menaikkan mistar 1 cm untuk memecahkan rekor? Apa saja faktor yang berperan? 

Skor.id akan coba mengulasnya secara singkat lewat bahasan dalam Skor Special kali ini. (Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.).

1. Lari Awalan yang Luar Biasa Cepat

Semakin cepat seorang peloncat berlari, makin banyak energi yang dapat ditransfer ke galah. Itu membantu sang atlet dalam dua cara: tiang bergerak maju lebih cepat seperti wiper kaca depan mobil pada kecepatan lebih tinggi, dan peloncat dapat menggunakan tiang yang lebih kaku, yang lebih sulit ditekuk tetapi akan melemparkannya lebih tinggi saat diluruskan. 

Tidak ada peloncat galah kelas dunia yang berlari secepat Mondo. Kecepatan tertingginya saat lepas landas mencapai 10,3 meter per detik, yang berarti 23 mil/jam — catatan yang hanya dimiliki para sprinter elite. 

Johan Cassirame, seorang ilmuwan olahraga Prancis yang mempelajari biomekanik loncat galah dan memiliki database lebih dari 18 ribu loncat galah, menyebut hanya segelintir peloncat galah yang berhasil memecahkan 10 meter/detik.

Dalam 50 tahun terakhir, take-off speed seorang peloncat galah hanya di kisaran 9 sampai 10 meter/detik dan baru Mondo yang mampu lebih cepat. 

Keunggulan kecepatan Mondo begitu besar sehingga jika semuanya setara, ia diperkirakan akan mampu “terbang” hampir satu kaki lebih tinggi (30 sentimeter) dibanding para pesaingnya. Itulah mengapa pada banyak kesempatan, Mondo terlihat mampu melewati mistar sedikit lebih banyak dibanding para lawannya.

Berlari dengan Galah

Para peloncat biasanya membawa galah secara horizontal di landasan. Mereka kini juga menggunakan teknik “active pole drop” yang membuat galah tersebut membantu sang atlet dan bukannya menjadi beban mati.

*Peloncat memulai dengan memegang tiang secara vertikal, biasanya dengan tangan dominan berjarak enam hingga 12 inci dari ujung.

*Saat peloncat berlari - biasanya 20 langkah - gravitasi menarik tiang ke bawah, seperti penutupan jembatan angkat. 

*Gaya sentrifugal tiang membantu pelompat berakselerasi.

*Peloncat mengangkat tangannya untuk memasukkan ujung tiang ke dalam kotak loncat logam saat mereka mulai melompat, dan momentum tiang membantu menarik mereka untuk lepas landas. 

Active pole drop adalah salah satu teknik yang dikenalkan pelatih Ukraina Vitaly Petrov pada era 1980-an dan 1990-an. Ide-ide sang pelatih, dikombinasikan dengan keberhasilan murid yang juga pemecah rekor dunia loncat galah 35 kali Sergey Bubka, dituangkan dalam buku teks teknik olahraga ini. Mungkin, satu saat nanti Mondo Duplantis akan merevisinya.

2. Posisi Menjatuhkan Galah yang Tidak Biasa

Kebanyakan pelompat mencoba menjatuhkan ujung galah langsung ke bagian belakang/paling jauh dari kotak tumpuan galah. Tapi Mondo Duplantis meletakkannya sekitar satu kaki sebelum ujung landasan karet dan membiarkannya meluncur ke dalam kotak besi di ujung.

Ini adalah salah satu dari banyak aspek teknik milik Mondo yang tidak sesuai dengan buku Petrov. Ketika Mondo menjatuhkan galah dengan cara ini saat masih muda, Greg Duplantis — ayah dan pelatihnya serta mantan peloncat kelas dunia — merasa prihatin. 

“Saya sudah mencoba membuatnya menjatuhkan tiang dengan cara yang lebih konvensional. Dia bisa melakukannya, tidak masalah. Tapi dia tidak menyukainya dan hasilnya juga tidak berbeda. Jadi saya berpikir, ‘Yah, toh (tekniknya) itu tidak menyakitinya’,” kata Greg. 

Semua atlet loncat galah mengalami getaran saat berlari dengan galah dan guncangan hebat saat galah menyentuh ujung kotak sebelum mulai melengkung. 

Greg berteori bahwa dengan menjatuhkan tiang ke landasan lebih awal, Mondo tidak hanya meredam sebagian getaran tersebut tetapi juga memiliki waktu sepersekian detik lebih lama untuk mempersiapkan tubuhnya menghadapi guncangan tersebut. “Jadi, dia akan lebih siap lepas landas dibanding yang lain,” ucap Greg.

3. Lepas Landas yang Sulit

Saat galah menyentuh bagian belakang kotak loncat, posisi tubuh Mondo berbeda dalam beberapa hal dari teknik konvensional. 

Kebanyakan peloncat tertinggi lepas landas setidaknya sejauh 14 atau 15 kaki. Mondo dapat melakukannya tidak hanya pada jarak 14 kaki tetapi bahkan sedekat 12 kaki.

Kaki Mondo menginjak tanah lebih lama dibanding atlet lain, dan masih berada di landasan saat tiang mulai bengkok. Idealnya bagi Petrov adalah kaki meninggalkan tanah tepat ketika tiang membentur bagian belakang kotak atau sepersekian detik sebelum itu.

Teknik konvensional mengatakan bahwa peloncat harus mampu menggambar garis imajiner vertikal dari tangan atas hingga ujung kaki lepas landas. Namun jari kaki Mondo biasanya lebih dekat ke kotak dibanding tangannya. 

Dalam istilah loncat, itu berarti dia lepas landas “di bawah” atau under. Sebaliknya, ketika jari kaki peloncat berada di belakang garis imajiner, disebut “keluar”.

Hal ini bukanlah hal yang aneh dan atlet loncat galah kelas dunia lainnya juga bisa melakukan hal yang sama. 

Namun dampaknya adalah hal itu memberikan banyak tekanan pada bahu dan punggung. Pinggul pelompat dapat ditarik dengan keras ke bawah saat tiang bertabrakan dengan bagian belakang kotak. 

Menariknya, transisi Mondo sangat lancar sehingga sulit untuk melihat kapan tabrakan terjadi, bahkan dalam gerakan lambat.

4. Ayunan Balik (Throwback)

Vaulter membalikkan badan dengan mendorong keras galah dengan tangan dan mengayunkan tubuh bagian bawah. “Ini adalah gerakan yang sangat, sangat agresif,” kata David Butler, seorang pelatih kawakan yang dikenal sebagai “Master Zen” loncat galah.

Mondo mengayunkan kedua kakinya seperti pendulum, gerakan kekuatan yang kuat mirip dengan pesenam yang membangun momentum pada palang horizontal. Greg mengatakan teknik ini mengingatkan publik pada masa saat tiang logam atau bambu tidak bisa ditekuk, sehingga peloncat harus memeras setiap momentum dari tubuh mereka.

Kebanyakan peloncat lainnya mendorong satu lutut ke atas dan hanya mengayunkan kaki lurus mereka, mengorbankan sedikit momentum sebagai ganti kemampuan untuk melakukan gerakan terbalik dengan cepat. 

Perhatikan bagaimana Mondo menjaga lengan bawahnya tetap lurus saat tiang berubah dari membungkuk ke tidak membungkuk? 

Atlet loncat galah yang turun di dua Olimpiade, Simon Arkell, menyebut teknik Mondo ini sulit dilakukan. Tetapi hal ini membantunya menjaga tekanan pada tiang. Dia akan kehilangan lebih banyak energi jika lengannya ditekuk.

Galah pilihan Armand Duplantis - Rahmat Ari Hidayat Skor.id.jfif
Galah pilihan Armand Duplantis sejatinya tidak jauh berbeda dengan yang dipakai atlet lain. Hanya teknik yang membedakan pemegang rekor dunia asal Swedia itu dengan para rivalnya. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

5. Lipatan yang Sangat Ketat 

Melalui ayunan tersebut, tubuh Mondo “selalu terus mampu panjang” dan pada detik-detik terakhir, dia akan mematahkan pinggulnya dan memasukkan “bola kecil” agar bisa terbalik. Demikian ungkap Doug “Bubba” Sparks, juara dunia loncat galah tiga kali yang telah mengenal keluarga Duplantis sejak Mondo masih balita.

“Bola kecil” itu disebut tuck dan Mondo melakukannya sedemikian rupa sehingga pinggulnya sejajar di atas bahunya tepat saat tiangnya akan terlepas, posisi yang sempurna untuk diluncurkan ke atas. 

Gaya itu tidak unik bagi Mondo — karena peloncat harus sedikit membungkuk agar bisa terbalik — tetapi gerakannya ekstrem, dengan lutut hampir menyentuh wajahnya. 

Banyak peloncat yang membocorkan momentum selama transisi rumit tersebut saat tiang berubah dari membungkuk ke tidak membungkuk. Namun Mondo memiliki perasaan alami untuk menangkap tikungan, seperti “seorang peselancar menangkap ombak”. Pusat massanya tidak pernah berhenti bergerak maju dan naik. 

6. Peluncuran yang Sangat Mudah

Gerakan cepat penting karena pelompat ingin berada dalam posisi terbalik dan sejajar dengan tiang ketika melepaskan semua energi yang tersimpan.

Jika dia “tertangkap di tikungan”, hentakan galah akan mendorongnya ke atas dan dia akan terlontar dari atas tiang seperti senjata pop, seperti peluncuran roket.

Saat berlatih dengan posisi mistar yang lebih rendah, Mondo tidak perlu melambung tinggi seperti saat bertanding. Namun saat lomba, tubuh Mondo sering kali masih terangkat setinggi 4 kaki (sekira 1,2 meter) setelah ia melepaskan galah.

Hal Terpenting Mondo Duplantis yang Tidak Terlihat

Setiap orang yang mencermati cerita ini mengatakan bahwa teknik Mondo adalah revolusioner. Namun tidak satupun dari mereka mengatakan bahwa itu adalah kekuatan super terhebatnya.

Beberapa menyebutkan kesadaran luar biasa tentang di mana tubuhnya berada di ruang angkasa yang memungkinkan dia menyesuaikan pertengahan lompatan untuk menyelamatkan lepas landas yang tidak sempurna. 

Yang lain menyebutkan dorongan batin dan daya saingnya, yang diasah selama masa kanak-kanaknya berusaha mengimbangi dua kakak laki-lakinya yang atletis. 

Tapi semua orang menyebutkan keberaniannya, sebuah persyaratan yang tidak bisa dinegosiasikan ketika Anda dengan sengaja mendorong tubuh Anda lebih dari 20 kaki (6 meter) ke udara. 

“Pertama, dia tidak tahu apa yang harus dia takuti. Kedua, dia tidak takut pada apa pun,” kata Sparks. 

RELATED STORIES

Mengapa Armand Duplantis Hanya Naikkan 1 Cm untuk setiap Rekor

Mengapa Armand Duplantis Hanya Naikkan 1 Cm untuk setiap Rekor

Tak pernah kalah sejak 2019, Armand Duplantis sudah mengumpulkan 900 ribu dolar AS dari pemecahan rekor dunia loncat galah.

Armand Duplantis Pecahkan Rekor Dunia Lompat Galah di Polandia

Pelompat galah Swedia, Armand Duplantis, mencetak rekor dunia lompat galah putra dengan 6,17 meter dalam turnamen World Athletics Indoor Tour pada Sabtu (8/2/2020).

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga Atalanta vs Arsenal di Liga Champions 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Atalanta vs Arsenal di Liga Champions 2024-2025

Prediksi dan link live streaming Atalanta vs Arsenal di Liga Champions 2024-2025 yang akan diglear pada Jumat (20/9/2024) pukul 02.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 18 Sep, 15:56

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2024-2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Skor Indonesia | 18 Sep, 14:27

Piala Dunia Futsal 2024 yang digelar di Uzbekistan, 14 September hingga 6 Oktober 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

World

Piala Dunia Futsal 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Dunia Futsal 2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 18 Sep, 14:25

Persib Bandung vs Port FC pada AFC Champions League 2024-2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, 19 September 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

National

Prediksi dan Link Live Streaming Persib vs Port FC di AFC Champions League 2 2024-2025

Persib Bandung mengawali kiprahnya di ACL 2 2024-2025 dengan bersua tim Asnawi Mangkualam, Kamis (19/9/2024) malam.

Nizar Galang | 18 Sep, 14:21

Kolaborasi terbaru pakaian kolaborasi Boiler Room x Umbro (Jovi Arnanda/Skor.id).

Fashion

Boiler Room x Umbro Hadirkan Pakaian Sporty Klasik

Boiler Room x Umbro ciptakan koleksi berkode klub yang ideal untuk lantai dansa dan lapangan.

Kunta Bayu Waskita | 18 Sep, 14:00

Pelatih AS Roma, Daniele De Rossi. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Italia

AS Roma Pecat Daniele De Rossi setelah Tidak Pernah Menang di 4 Laga Awal

Karier Daniele De Rossi sebagai pelatih AS Roma berakhir pada Rabu (18/9/2024) ini setelah hasil buruk yang diraih I Giallorossi di Liga Italia 2024-2025.

Irfan Sudrajat | 18 Sep, 13:57

M. Rian Ardianto (kiri) dan Fajar Alfian, ganda putra andalan Indonesia saat ini (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Badminton

China Open 2024: Fajar/Rian dan Leo/Bagas Menang, Indonesia Dapat 2 Amunisi di Nomor Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana susul Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin.

Doddy Wiratama | 18 Sep, 13:29

Grup 1 Liga 2 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 2

Prediksi dan Link Live Streaming Liga 2 2024-2024: Grup 1 Pekan Ketiga

FC Bekasi City vs Persiraja, Sriwijaya FC vs Persikota, PSKC vs PSPS, Persikabo vs Dejan FC pada 19-22 September 2024.

Taufani Rahmanda | 18 Sep, 13:27

Film Tyson's Run menjadi inspirasi  bagi anak-anak penderita autisme (Jovi Arnanda/Skor.id).

Films

3 Hal Menarik Film Tyson's Run, Kisah Remaja Autis yang Menjadi Pelari

Tyson's Run menceritakan kisah Tyson dan perjuangannya untuk diterima oleh orang-orang di sekitarnya.

Kunta Bayu Waskita | 18 Sep, 13:04

Toto Schillaci, bintang Timnas Italia di Piala Dunia 1990 meninggal dunia. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Toto Schillaci, Pemilik 'Malam Keajaiban' Italia di Piala Dunia 1990 Meninggal Dunia

Toto Schillaci mantan bintang Timnas Italia dan top scorer Piala Dunia 1990 meninggal dunia pada Rabu (18/9/2024) pagi waktu Italia, dalam usia 59 tahun.

Irfan Sudrajat | 18 Sep, 12:48

Load More Articles