Targetkan Gelar, Duo Ferrari Berharap SF-24 Lebih Mudah Dikendalikan

I Gede Ardy Estrada

Editor: I Gede Ardy Estrada

Scuderia Ferrari 2024
Scuderia Ferrari secara resmi meluncurkan mobil SF-24 yang akan dikemudikan dua pembalapnya, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr, pada F1 2024. (Dok. Ferrari/Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

SKOR.id – Scuderia Ferrari adalah satu-satunya tim yang menggagalkan usaha Red Bull Racing menyapu bersih kemenangan Grand Prix pada Formula 1 2023. 

Lalu apakah mobil baru mereka, yang telah resmi diluncurkan pada Selasa (13/2/2024), akan mampu membawa tim bersaing memperebutkan titel juara dunia tahun ini?

Ferrari tentu saja ingin melangkah lebih jauh dari musim lalu, di mana tim hanya finis ketiga di klasemen konstruktor. Targetnya, pastinya berjuang untuk meraih gelar, yang sudah 16 tahun belum lagi didapat. 

Tim Kuda Jingkrak akan mencoba untuk kembali ke performanya sebagai pemenang balapan dengan SF-24, challenger baru, yang mendapatkan perubahan besar guna mencapai tujuan utama.

Ferrari fokus membangun mobil SF-24 agar lebih mudah dikemudikan oleh kedua pembalapnya, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr. Sebenarnya, peningkatan yang dilakukan punya tujuan serupa dengan 2023.

Hanya saja ketika itu, setelah jeda musim panas, Leclerc serta Sainz masih perlu mengubah setup mobil mereka untuk menyempurnakkan handling yang sulit.   

Pergeseran ke arah understeer kemudian lebih menguntungkan Sainz sebelum perubahan di pengujung musim memungkinkan Leclerc mencetak empat pole position dan tiga podium dalam enam GP terakhir.

Ferrari tak ingin hal yang sama terulang. Mereka ingin memastikan mobil bisa langsung memperlihatkan performa kuat saat memulai F1 2024 pada awal Maret.

“Tim desain, dipimpin oleh Enrico Cardile (direktur teknis sasis), bertujuan untuk memberi Charles dan Carlos mobil yang mudah dikemudikan dan berekasi dengan cara yang dapat diprediksi, sebagai titik awal feeling positif pembalap di kokpit selama beberapa race terakhir musim lalu,” bunyi pernyataan Ferrari

Prinsipal Tim Ferrari, Fred Vasseur, mengatakan mereka harus lebih klinis dan efektif dengan manajemen balapannya serta membuat pilihan berani, karena targetnya adalah memutus dominasi Red Bull Racing.

“Tahun ini kami harus start dari apa yang kami tinggalkan pada akhir musim lalu, ketika kami bisa berada di barisan depan secara konsisten, dengan tujuan untuk terus meningkat di semua area,” tutur Vasseur.

SF-24 pun memperlihatkan desain livery yang telah direvisi. Ferrari mengurangi serat karbon di sekitar sirip ekor jet darat, rakitan utama sayap belakang dan halo demi lebih banyak memuat corak garis putih serta kuning untuk mempercantik kombinasi warna merah-hitam yang mendominasi mobil baru mereka.

Charles Leclerc dan Carlos Sainz berharap challenger baru Ferrari akan bisa lebih kompetitif dan tentunya konsisten di segala kondisi. Ini adalah salah satu problem utama pabrikan Maranello musim lalu. 

“Kami memiliki mobil yang bagus tahun lalu dan menjadi sangat kuat setiap kali kami dalam situasi yang sempurna, namun setiap kali kami punya salah satu faktor ini: suhu, kecepatan angin, atau arah, itu bakal berdampak besar pada mobil,” kata Leclerc.

Senada dengan rekan setimnya, Sainz, yang akan menjalani musim terakhirnya dengan Ferrari menyusul perekrutan Lewis Hamilton dari Mercedes, berharap SF-24 lebih mudah dikemudikan. 

“Harapan saya agar mobil menjadi lebih mudah dikendalikan, punya jendela performa lebih luas. Tahun lalu kami kesulitan dalam kondisi tertentu, sedangkan pada kondisi lainnya sangat kuat. Semoga balapan kami sedikit lebih mudah,” Sainz berharap.  

RELATED STORIES

Aston Martin Percaya Diri Tatap F1 2024, Tak Segan Incar Kemenangan Pertama

Aston Martin Percaya Diri Tatap F1 2024, Tak Segan Incar Kemenangan Pertama

Aston Martin menatap kompetisi F1 2024 dengan optimistis berkat performa positif yang didapatkan pada musim lalu.

Alpine Luncurkan Mobil A524, Esteban Ocon dan Pierre Gasly Tak Sabar Turun ke Lintasan

BWT Alpine F1 Team secara resmi meluncurkan mobil A524 yang bakal digunakan untuk mengarungi kompetisi F1 2024.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 15 Apr, 08:23

pemain indonesia di eropa

National

Rapor Pemain Indonesia di Eropa: Performa Impresif Thom Haye dan Elkan Baggott

Berikut rapor pemain Indonesia yang berkiprah di kompetisi Eropa pada pekan kedua April 2024.

Rais Adnan | 15 Apr, 08:01

Rapor pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri, lebih tepatnya di kompetisi negara Asia. (Hendy AS/Skor.id)

National

Rapor Pemain Indonesia di Asia: Nurhidayat dan Justin Hubner Berperan Bawa Timnya Menang

Berikut rapor pemain Indonesia yang berkiprah di kompetisi Asia pada pekan kedua April 2024.

Rais Adnan | 15 Apr, 07:20

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga TopSkor

Hadapi Qatar, Alumni Liga TopSkor Bermodalkan Statistik di Liga 1 2023-2024

Laga perdana Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 menghadapi tim tuan rumah Qatar.

Sumargo Pangestu | 15 Apr, 05:33

Pembalap Gresini Racing Marc Marquez

MotoGP

Masalah Rem Depan Gagalkan Marc Marquez Menang di MotoGP Amerika 2024

Bintang Gresini Racing Marc Marquez tiba-tiba terjatuh ketika tengah memimpin balapan MotoGP Amerika 2024 di COTA.

I Gede Ardy Estrada | 15 Apr, 02:43

Stefanos Tsitsipas mengalami momen canggung dengan sang ibu saat bertanding melawan Daniil Medvedev di semifinal Italian Open. (Deni Sulaeman/Skor,id)

Tennis

Monte-Carlo Masters 2024: Stefanos Tsitsipas Klaim Trofi Ketiga Usai Atasi Casper Ruud

Kemenangan atas Casper Ruud di final membuat Stefanos Tsitsipas bergabung dengan empat petenis legendaris dalam sejarah Monte-Carlo Masters.

I Gede Ardy Estrada | 15 Apr, 00:35

Pelatih Aston Villa, Unai Emery. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Rekor Unai Emery di Stadion Emirates Lebih Baik daripada Mikel Arteta dan Arsene Wenger

Unai Emery mencetak rata-rata poin per laga lebih baik di Stadion Emirates daripada Mikel Arteta dan Arsene Wenger.

Tri Cahyo Nugroho | 14 Apr, 23:35

Nurhidayat - United City FC

National

Nurhidayat Raih Kemenangan Perdana bersama United City FC di Filipina

Bek asal Indonesia, Nurhidayat Haji Haris, meraih kemenangan perdananya di kasta elite Liga Filipina, Minggu (14/4/2024).

Teguh Kurniawan | 14 Apr, 20:01

Darwin Nunez, penyerang tengah Liverpool dan Timnas Uruguay. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Liga Inggris

Tingkat Konversi Peluang Besar Darwin Nunez Terburuk di Eropa

Di Liga Inggris musim ini, Darwin Nunez sudah 25 kali membuang peluang besar.

Tri Cahyo Nugroho | 14 Apr, 18:09

nathan tjoe-a-on timnas indonesia

Timnas Indonesia

Nathan Tjoe-A-On Dilepas Heerenveen, Susul Timnas U-23 Indonesia ke Qatar

Nathan Tjoe-A-On akhirnya mendapat izin dari SC Heerenveen untuk memperkuat Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024.

Teguh Kurniawan | 14 Apr, 17:19

Load More Articles