SKOR.id – Pada 2024 Porsche AG memperbarui jajaran produknya secara komprehensif, dengan perubahan generasi untuk empat dari enam jajaran model: Panamera, Taycan, 911, dan Macan.
Porsche telah berkembang di empat dari lima wilayah dunia dan mencapai rekor bersejarah.
Pangsa mobil sport bertenaga listrik meningkat dari 22 menjadi 27 persen, hampir setengahnya adalah kendaraan listrik.
Pabrikan mobil sport ini terbukti memiliki posisi yang kuat pada tahun 2024 dan mengirimkan 310.718 mobil.
Angka tersebut menunjukkan sedikit penurunan sebesar tiga persen dibanding tahun sebelumnya.
Fakta menarik lainnya, pelanggan Porsche makin mempersonalisasi kendaraan mereka dan menambah perlengkapan standar sesuai keinginan pribadi mereka.
Porsche meluncurkan model all-electric kedua pada tahun 2024, Macan baru.
“Peluncuran ini benar-benar menggemparkan kami,” kata Detlev von Platen, Member of the Executive Board for Sales and Marketing di Porsche AG.
“Oleh karena itu, saya sangat senang bahwa lebih dari 18.000 varian all-electric telah dikirim ke pelanggan dalam beberapa bulan terakhir,” von Platen menambahkan.
“Secara keseluruhan, kami terbukti sangat kuat pada tahun 2024, dalam lingkungan pasar yang menantang.”
“Kami telah banyak berinvestasi pada merek kami dan kami senang melihat rincian penjualan kami di masing-masing wilayah di dunia tetap sangat seimbang,” ucapnya.
Porsche Tumbuh di Empat dari Lima Wilayah di Dunia
Porsche mengirimkan 75.899 mobil tahun lalu di Eropa (kecuali Jerman). Jumlah tersebut delapan persen lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.
Untuk pasar Jerman, 35.858 pelanggan menerima pengiriman mobil mereka, atau meningkat 11 persen.
Dengan 86.541 pengiriman, Amerika Utara sekali lagi menjadi wilayah penjualan terbesar, mencatat peningkatan satu persen dibanding tahun sebelumnya.
Untuk Cina, 56.887 unit mobil diserahkan kepada pelanggan (-28 persen). Penurunan ini terutama disebabkan oleh situasi ekonomi yang terus menantang di wilayah ini.
Meskipun demikian, Porsche tetap berpegang teguh pada pendekatan penjualan berbasis nilai untuk menyeimbangkan permintaan dan penjualan.
Pasar Luar Negeri dan Negara Berkembang kembali berkembang secara positif dengan pertumbuhan sebesar enam persen. Sebanyak 55.533 unit mobil dikirimkan kepada pelanggan di wilayah ini.
Macan All-Electric Terbaru Tersedia Sejak Akhir September 2024
Pada awal 2024, New Macan all-electric merayakan peluncuran perdananya di Singapura. Mobil ini telah diperkenalkan secara berturut-turut ke pasar sejak akhir September 2024.
Hingga akhir 2024, 18.278 model all-electric telah dikirimkan. Di sebagian besar negara di luar Uni Eropa, Porsche terus menyediakan Macan sebagai opsi bermesin bakar secara paralel, di mana 64.517 contoh telah dikirimkan.
Secara total, Porsche mengirimkan 82.795 Macan pada tahun 2024. Angka ini turun lima persen dibanding tahun sebelumnya.
Hal itu antara lain disebabkan oleh penghentian produksi Macan bermesin bakar di Eropa dan pengenalan model listrik di seluruh dunia.
Mobil sport ikonik 911 terus menikmati popularitas yang luar biasa pada tahun 2024, dengan 50.941 contoh yang dikirimkan, mencatat peningkatan dua persen dibanding 2023.
Model 718 Boxster dan 718 Cayman mencatat 23.670 pengiriman. Jumlah tersebut 15 persen lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.
Secara keseluruhan, 20.836 unit Taycan telah dikirim ke pelanggan tahun lalu, atau mengalami penurunan 49 persen.
Terjadi perubahan model di sini, dan peningkatan mobilitas listrik secara umum berjalan lebih lambat daripada yang direncanakan.
Cayenne telah diperbarui secara fundamental pada 2023 dan telah menjadi yang terlaris di antara enam lini model Porsche pada 2024.
Sebanyak 102.889 unit telah dikirimkan kepada pelanggan, atau meningkat 18 persen dibanding tahun sebelumnya.
Panamera mencatat 29.587 pengiriman. Penurunan sebesar 13 persen untuk lini model ini disebabkan oleh permintaan yang lebih rendah untuk lini model ini di pasar Cina.
Menatap ke depan hingga 2025, Detlev von Platen mengatakan, “Dengan jajaran produk termuda dalam sejarah perusahaan, penawaran kami sangat menarik bagi para pelanggan.”
“Pada saat yang sama, tentu saja, kami memperkirakan bahwa kondisi ekonomi dan geopolitik akan lebih menantang pada tahun 2025,” ujarnya.
“Namun demikian, tujuan kami adalah untuk makin memperkuat merek kami secara global dan memanfaatkan potensi pasar.”
“Kami akan melakukan hal ini sesuai permintaan di masing-masing wilayah untuk tetap setia pada prinsip penjualan berbasis nilai di masa depan,” von Platen menuturkan.