SKOR.id – Kunjungan ke Porsche dalam pameran Retro Classics, Stuttgart, Jerman, selalu merupakan perjalanan melintasi waktu.
Tahun ini, pabrikan mobil sport itu akan merayakan hari jadinya dengan tema “Beyond Performance – 50 Years of Porsche Turbo” di trade fair untuk penggemar mobil klasik dan mobil sport Porsche.
Perayaan dilakukan dengan menghadirkan pameran Retro Classics tanggal 25-28 April 2024 mendatang.
Retro Classics menghadirkan banyak penggemar mobil klasik dan mobil sport dari seluruh dunia ke Stuttgart.
Bagi Porsche, pameran dagang ini bukan sekadar home game, melainkan merupakan agenda rutin dalam kalender acara tahunannya.
Selama pameran, pabrikan mobil sport tersebut akan menampilkan berbagai pilihan yang luar biasa.
“Tahun ini kami merayakan ulang tahun ke-50 Turbo di Retro Classics. Tidak ada model lain yang mencerminkan dorongan inovatif perusahaan seperti turunan Turbo,” kata Achim Stejskal, Direktur Porsche Heritage and Museum.
Pada 1974, pabrikan mobil sport tersebut menghadirkan seri pertama 911 Turbo di Paris Motor Show.
Itu merupakan sebuah teknologi yang bermigrasi dari motorsport ke produksi seri dengan ciri khas gaya Porsche.
“Kami sangat senang bisa menunjukkan kepada pengunjung kendaraan yang selalu terdepan pada masanya,” ujar Stejskal.
Pada 27 April 2024 pukul 14.00 waktu setempat, Thomas Krickelberg, Manajer Proyek lini model 911/718 Porsche dan Frank Jung, Kepala Arsip Perusahaan, akan berbicara dengan pembalap Monegasque dan pemenang Le Mans, Stephane Ortelli, tentang Turbo.
Setelah itu, Ortelli, yang memenangkan balapan 24 jam untuk Porsche dengan Porsche 911 GT1 pada 1998 bersama Laurent Aiello dan Allan McNish, akan membubuhkan tanda tangan.
Selain Turbo Talk, pengunjung stand pameran juga dapat mengikuti tur berpemandu dengan topik 50 Tahun Turbo.
911 Turbo Pertama
Bertempat di Stand A74 Hall 1, perusahaan akan menampilkan 911 Turbo pertama yang mengantarkan Porsche memasuki era baru.
Model pertama dari jenisnya yang dipamerkan juga merupakan model satu kali, yakni Porsche 911 Turbo “No. 1”.
Mobil ini diterima Louise Piech sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-70 pada musim panas 1974.
Berbeda dengan model Turbo yang ditawarkan oleh pabrikan sejak musim semi 1975, hadiah Piech memiliki bodi sempit seperti 911 Carrera.
Kap mobil sport berkekuatan 176 kW (240 PS) tersebut berlogo “Carrera” dan bukan logo “Turbo”.
Untuk melihat pemandangan pegunungan Austria yang indah dalam warna yang nyata, putri Ferdinand Porsche itu menahan diri untuk tidak mewarnai kaca depan.
Lencana pada kompartemen sarung tangan bertuliskan inisial LP dan tulisan: Turbo-Porsche No. 1, Stuttgart-Zuffenhausen, 29 Agustus 1974.
Mobil yang Langka dan Sangat Cepat
Mobil berikutnya yang dipamerkan adalah 911 Turbo 3.0 Coupe dari tahun 1975.
Porsche dalam Silver Green Diamond ini adalah salah satu dari 30 Turbo pertama yang diselesaikan dalam produksi seri.
Kaca spionnya cocok dengan kaca Carrera dan dicat dengan warna eksterior, sedangkan sayap yang lebih lebar dilas ke bodi dengan tangan.
Penarik penonton lainnya di stand seluas lebih dari 500 meter persegi adalah Porsche 911 GT2 dengan ekstensi sayap dan saluran masuk udara tambahan.
Untuk menyediakan udara yang cukup bagi mesin Turbo, sayap belakang yang dapat disesuaikan memiliki bukaan samping.
Perlengkapan pada mobil sport tahun 1996 ini sangat sederhana, memastikan tidak ada satu gram pun benda asing yang ada di dalamnya.
Pintu dan kap mesin terbuat dari aluminium, jendela belakang dan samping terbuat dari kaca tipis, dan pabrikan sepenuhnya tidak menggunakan bahan isolasi.
Mesin biturbo memiliki tenaga 20 PS lebih besar dibandingkan dengan versi standar.
Mobil Balap Ringan dan Mesin Bertenaga
Yang juga dipamerkan dalam pameran ini adalah Porsche 911 GT1 ‘98, sebuah mobil balap ringan dengan bobot hanya 970 kilogram.
Berbeda dengan pendahulunya dengan bagian depan baja lembaran, mobil sport bermesin tengah ini menampilkan monocoque serat karbon dan kulit luar plastik.
Mesin enam silinder 3,2 liter berpendingin air dengan dua turbocharger ini menghasilkan tenaga sekitar 404 kW (550 PS).
Berkat elektronik mesin yang inovatif, konsumsi bahan bakar menjadi sangat rendah, sebuah keunggulan yang menentukan saat balapan di Le Mans.
Model ini berfungsi sebagai kendaraan uji sepanjang kariernya, dan kemudian sebagai pengganti untuk pemotretan.
Porsche 911 Turbo S adalah salah satu dari hanya 435 model yang dibuat oleh Porsche Exclusive.
Dengan tenaga 331 kW (450 PS), mesin boxer biturbo berpendingin udara adalah salah satu yang paling bertenaga dari 911 generasi 993.
Sasis mobil sport ini diturunkan 15 milimeter, dan bodinya menampilkan paket aero dengan bagian depan dan belakang. spoiler.
Keempat pipa knalpotnya sangat mencolok. Pengunjung pameran perdagangan yang melihat ke dalam akan melihat hampir semua bagian plastik dilapisi kulit.
Duo yang Terdiri dari Mobil Sport dan Pesawat
Ada cerita khusus di balik model Turbo terbaru yang dipamerkan. 911 Turbo S “Duet” tahun 2020 merupakan produk kerja sama antara Porsche dan pabrikan pesawat Embraer.
Mereka yang memilih jet bisnis Phenom 300E pada saat itu dapat membeli 911 Turbo S yang disesuaikan dengan warna perak dua warna.
Dalam banyak detailnya, mobil sport bertenaga 650 PS ini mengingatkan kita pada dunia penerbangan.
Misalnya, saluran masuk udara samping dan trim pada jendela samping dengan warna krom cemerlang mengingatkan tampilan mesin jet.
Registrasi individual jet terkait dapat ditemukan pada bagian bawah sayap belakang serta pada kunci kendaraan model tersebut, yang diproduksi dalam jumlah terbatas sebanyak 10 unit.
Sesuai dengan tulisan di sayap pesawat, panel kusen pintu bertuliskan “No Step”.
Selain kendaraan seru era Turbo, Porsche juga akan menghadirkan dua pameran mesin.
Sementara satu mesin dari tahun 1988 mewakili generasi kedua Turbo, mesin lainnya berasal dari generasi ketujuh.
Antara dua model 911 Turbo - yang pertama disebut 930 in-house, yang kedua 991 - memiliki rentang waktu 26 tahun dan tenaga 220 PS.
Dalam etalase di stand, Porsche akan menampilkan sejumlah pameran dari arsip, seperti gambar logo Turbo tahun 1974, iklan, dan kartu perlengkapan Turbo pertama.
Toko museum, yang terintegrasi dengan stand pameran dagang, menawarkan kepada pengunjung produk-produk pilihan terkait Porsche serta koleksi yang dibuat khusus untuk ulang tahun Turbo.