- Perburuan terhadap Ducati dan Francesco Bagnaia pada MotoGP 2023 dimulai dari shakedown di Sirkuit Sepang, Malaysia.
- Seluruh pabrikan memiliki fokus berbeda pada tes selama tiga hari sejak Minggu (5/2/2023) itu.
- Ducati dan Aprilia mencoba peranti aerodinamika baru sedangkan Yamaha fokus pada mesin.
SKOR.id – Shakedown MotoGP 2023 di Sepang memang hanya diikuti pembalap penguji (test rider) dan rookie. Namun, hampir seluruh pabrikan turun dengan hasil inovasi terbaru mereka.
Test rider Yamaha Cal Crutchlow menjadi yang tercepat pada hari pertama shakedown usai menembus 2:01,145 menit untuk lap terbaik. Tetapi, ia hanya unggul 0,185 detik atas rookie GasGas Tech3, Augusto Fernandez di posisi kedua.
Usai shakedown di Sepang pada Selasa (7/2/2023), tim-tim akan menjalani tes pramusim MotoGP 2023, yang akan diikuti seluruh pembalap reguler, di sirkuit yang sama dari Jumat sampai Minggu (10-12/2/2023) nanti. Lantas, apa saja yang sudah dikembangkan keenam pabrikan dalam shakedown di Sepang?
Ducati dengan Fairing Baru
General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna sudah mengindikasikan bila Ducati Desmosedici versi 2023, GP23, hanya akan mengalami peningkatan kecil dari generasi yang sudah ada.
Pada shakedown Sepang, test rider Michele Pirro menguji dua unit Ducati GP23 dan sebuah GP22 untuk melakukan perbandingan dan mengetes fungsi atau kinerja sejumlah komponen, berjalan atau tidak.
Tampak Pirro sempat menggeber Ducati GP23 dengan fairing baru yang dilengkapi semacam air duct yang kemungkinan untuk mendapatkan sistem pendinginan sejumlah komponen internal. Pada Minggu sore, Pirro sempat mencoba GP23 di trek basah.
Yamaha Terus Upayakan Dongkrak Performa Mesin
Salah satu yang paling ditunggu dalam shakedown ini adalah seberapa besar peningkatan performa mesin Yamaha YZR-M1 terbaru. Keraguan sempat muncul usai tes di Valencia setelah Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli mengeluhkan performa mesin baru.
Faktanya, pada hari pertama shakedown Sepang, pembalap penguji Crutchlow mampu menembus 330 km/jam, tidak jauh dari top speed tertinggi yang dibuat test rider Aprilia Lorenzo Savadori dengan 332,3 km/jam.
Ini jelas pertanda progres bagus. Meskipun, seberapa besar kemajuan itu mungkin baru bisa dipastikan dalam beberapa hari ke depan.
Pada hari pertama, Yamaha YZR-M1 juga terlihat memakai lengan ayun (swingarm) baru dan buntut baru dengan peranti aerodinamika mirip Ducati. Sementara, hari ini tidak terlihat komponen aerodinamika anyar seperti yang sudah dites Quartararo di Valencia.
Aerodinamika Impresif Aprilia
Lorenzo Savadori mencoba enam motor baru sekaligus pada hari pertama karena mulai 2023 akan ada empat Aprilia RS-GP yang dua di antaranya milik tim satelit RNF.
Seusai hasil impresif pada MotoGP 2022, pabrikan asal Noale, Italia, itu menarik perhatian publik yang menanti apa lagi pengembangan yang dibuat tim teknis Aprilia di bawah pimpinan Romano Albesiano agar RS-GP lebih mampu konsisten bersaing podium dan kemenangan.
Tantangan Aprilia makin berat karena mulai musim ini mereka tidak akan lagi berstatus pabrikan konsesi.
Di Sepang, Aprilia tampak menguji fairing dengan desain baru yang mencolok. Bagian bawah fairing baru itu terlihat menyempit lalu makin ke atas agak melebar membentuk semacam sirip (fin).
Alur menonjol di bagian dasar fairing menunjukkan betapa ekstremnya desain motor MotoGP saat ini. Salah satu fungsi krusial desain fairing seperti ini adalah membuat aliran udara makin lancar di beberapa area.
Double spoon pada fairing baru ini memang bukan inovasi Aprilia. Namun, pemakaian model ini membuktikan betapa para teknisi Aprilia sangat memperhatikan dan memperhitungkan setiap detail dari aerodinamika.
Revisi Total KTM
Di pabriknya di Mattighofen, Austria, KTM bekerja keras sepanjang musim dingin untuk menentukan langkah terbaik agar mampu bicara lebih banyak di MotoGP.
Test rider Dani Pedrosa – yang bekerja dengan kru dari Jack Miller yang dipimpin eks teknisi Ducati, Cristhian Pupulin – serta Jonas Folger yang baru bergabung sebagai penguji, terlihat sangat sibuk di Sepang.
Manajer Tim KTM Francesco Guidotti menyebut bila KTM RC16 versi 2023 telah melakukan ubahan di setiap sektor. Pedrosa pun diminta membuat gambaran untuk acuan pembalap reguler, seusai shakedown nanti.
Dari tampilan, tidak terlihat inovasi yang mencolok meskipun faktaya banyak perubahan di balik fairing KTM RC16. Di trek, GasGas yang memakai mesin dan sasis identik dengan KTM RC16, menugaskan satu-satunya rookie MotoGP 2023, Augusto Fernandez, untuk adaptasi dengan motor barunya.
Honda Terus Mengejar
Menempati peringkat terakhir konstrutor dan menjadi satu-satunya pabrikan yang tak mampu menang di MotoGP 2022 lalu, Honda jelas harus cepat bangkit.
Tidak hanya harus mengejar Ducati pada MotoGP musim ini, Honda juga harus mengembalikan reputasinya di depan pabrikan lain.
Sambil menunggu penilaian dari Tokyo oleh Marc Marquez, test rider Honda Racing Corporation (HRC) Stefan Bradl terus bekerja keras terkait pemakaian swingarm aluminium baru dari Kalex dan knalpot anyar dari Akrapovic.
Hari ini, Honda RC213V geberan pembalap asal Jerman itu tampak memakai “lambung” baru yang jika dibandingkan dengan pabrikan lain tampak lebih ramping.
Berita MotoGP Lainnya:
Valentino Rossi Menikmati Balap Mobil di Australia, Selanjutnya ke Italia
Mayoritas Tim Uji Part Baru Hari Pertama Shakedown Test