SKOR.id – Sepuluh tahun setelah peluncurannya, Porsche Macan berada di puncak generasi model kedua, sekarang dalam bentuk serba-listrik.
Sebagai model Porsche pertama yang dibangun di atas Premium Platform Electric (PPE) yang baru, SUV ini merupakan pengembangan yang benar-benar baru.
Proses pengujian untuk memastikan koordinasi yang sempurna dari semua komponen dan sistem dilakukan dengan sangat teliti.
Porsche sangat mementingkan pengujian di dunia nyata dengan prototipe yang disamarkan.
Pada saat yang sama, simulasi di dunia virtual dan terowongan angin semakin tepat dan memainkan peran yang semakin besar.
Hal ini terutama berlaku dalam hal membuat Porsche baru yang tidak hanya lebih sporty, tetapi juga lebih efisien.
Nilai Cd 0,25 - Desainer dan Insinyur Aerodinamika Bekerja Keras
"Ketika kami mengembangkan model baru, selalu menyangkut dinamika dan ketepatan berkendara. Itulah Porsche,” kata Jorg Kerner, Vice President Product Line Macan.
“Hal ini sudah ada dalam DNA kami. Tetapi selalu tentang efisiensi juga. Dan desain," Kerner menambahkan.
Salah satu tantangannya adalah mempertahankan identitas produk dari seri model Macan yang sukses.
Sementara pada saat yang sama memenuhi persyaratan aerodinamis yang diperlukan untuk memastikan efisiensi tinggi, dan oleh karena itu juga jarak tempuh yang tinggi.
Oleh karena itu, penting untuk memastikan kerja sama yang erat antara para pemimpin kedua tim selama tahap pengembangan di departemen Desain, dan pengujian aerodinamis di terowongan angin Porsche yang canggih.
"Menemukan hubungan yang optimal antara prinsip-prinsip desain kami dan spesifikasi yang diberikan oleh para insinyur aerodinamika tentu saja merupakan sebuah tantangan," kata Peter Varga, Direktur Desain Eksterior di Style Porsche.
"Kami bekerja sama dalam setiap milimeter untuk mencapai keseimbangan optimal antara estetika dan fungsi."
Melalui kerja sama tim ini, Porsche berhasil menggabungkan DNA desainnya dengan aerodinamika yang dioptimalkan.
Hal ini dicapai tidak hanya melalui siluet yang mencolok, tetapi juga melalui komponen Porsche Active Aerodynamics (PAA) dan langkah-langkah yang ditargetkan lainnya.
"Elemen aerodinamis aktif semuanya berkontribusi secara signifikan terhadap jarak tempuh," kata Thomas Wiegand, Direktur Aerodinamika dan Aeroakustik.
"Kami memiliki spoiler belakang memanjang secara otomatis dan penutup pendingin aktif pada intake udara depan."
Ada juga elemen variabel pada bagian bawah bodi mobil. Cover bagian bawah mobil rata dan tertutup seperti mobil balap, bahkan di area as roda belakang.
Bagian fairing-nya fleksibel dan juga memastikan hambatan udara yang rendah saat melambung.
Itu merupakan solusi inovatif yang dikombinasikan dengan roda yang ramping dan sebagian besar tertutup serta kontur ban yang dioptimalkan secara aerodinamis.
Selama jelajah normal di jalan pedesaan, Porsche Macan secara otomatis mengasumsikan kerampingan yang ideal.
Spoiler belakang bergerak ke posisi eco, penutup udara menutup dan tingkat sasis menurun.
Dalam situasi ini, Wiegand dan timnya mengukur koefisien hambatan sebesar 0,25 (sebelumnya 0,35).
Semua ini menjadikan Macan baru sebagai salah satu SUV paling aerodinamis - dengan dampak besar pada efisiensi.
Jarak tempuh menurut WLTP akan lebih dari 500 km untuk semua varian.
Pengisian Daya Cepat hingga 270 kW - untuk Semua Pasar
Motor listrik pada Macan baru mendapatkan energi dari baterai lithium-ion di bagian bawah bodi mobil, dengan kapasitas kotor 100 kWh, di mana hingga 95 kWh dapat digunakan secara aktif.
Arsitektur PPE 800 volt pada Macan baru memungkinkan pengisian daya cepat berkinerja tinggi, yang sedang diuji di seluruh dunia sebagai bagian dari proses pengembangan.
"Terdapat standar pengisian daya yang berbeda di pasar utama kami,” kata Kerner.
“Oleh karena itu, fokus utama dari pengujian ini adalah untuk memeriksa kondisi kerangka kerja yang berbeda ini di berbagai lokasi dengan prototipe kami dan mengadaptasi teknologi yang sesuai jika diperlukan.”
“Pengisian daya harus berfungsi dengan baik, di mana pun dan kapan pun," kata Kerner.
Kapasitas pengisian daya DC untuk Macan baru di stasiun pengisian daya 800 volt mencapai 270 kW.
Tingkat pengisian daya dapat ditingkatkan dari 10 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 22 menit di stasiun pengisian daya 400 volt.
Sakelar tegangan tinggi pada baterai memungkinkan pengisian daya bank dengan secara efektif membagi baterai 800 volt menjadi dua baterai, masing-masing dengan voltase 400 volt.
Hal ini memungkinkan pengisian daya yang sangat efisien, tanpa HV booster tambahan, hingga 150 kW. Pengisian daya AC dapat dilakukan hingga 11 kW.
Pengujian Dinamika Berkendara dalam Kondisi Ekstrem
Porsche mengembangkan Macan baru dengan fokus yang tajam pada dinamika berkendara yang khas dari merek ini, dan rasa kemudi yang familiar.
Kompetensi inti dari produsen mobil sport ini menjadi fokus khusus selama pengujian.
Melalui berbagai tahap pengujian, dengan tujuan untuk mengkoordinasikan komponen dan sistem yang baru dikembangkan serta memastikan stabilitas operasional dan kelancaran fungsi interaksinya.
Dalam pengujian ketahanan, masa pakai kendaraan disimulasikan di bawah kondisi pengoperasian yang keras yang nantinya hanya akan dialami oleh pelanggan pada batas absolut.
Hingga saat ini, prototipe Macan listrik yang disamarkan telah menyelesaikan lebih dari tiga setengah juta kilometer uji coba di lintasan uji coba dan jalan umum.
Untuk menguji interaksi semua komponen penggerak aktif di bawah beban iklim dan situasi yang ekstrem, mobil uji digunakan di seluruh dunia.
"Kami menguji semua rentang suhu. Dari minus 30 derajat Celcius di Skandinavia hingga plus 50 derajat Celcius, seperti yang kami rasakan di Death Valley di California," ucap Kerner.
"Tentu saja, sebuah SUV juga harus bekerja di permukaan apa pun. Itulah mengapa kami menguji tidak hanya di jalan raya, tetapi juga di luar jalan raya, pada kerikil, salju, dan es."
Penggerak semua roda yang berfokus di belakang pada model Macan listrik selalu menjadi andalan dalam hal ini.
Porsche secara eksklusif menggunakan motor PSM generasi terbaru yang digerakkan secara permanen di as roda depan dan belakang.
Motor ini memberikan daya overboost lebih dari 450 kW, menawarkan efisiensi yang sangat baik dan memungkinkan reproduksi output daya yang optimal.
Porsche Traction Management yang dikontrol secara elektronik mengelola distribusi torsi lebih dari 1.000 Nm dengan Launch Control pada model teratas hampir secara real time.
Untuk menawarkan spektrum yang luas antara performa tinggi dan kenyamanan yang menjadi ciri khas Macan, para insinyur telah menggunakan sistem Porsche Active Suspension Management.
Sistem ini mengusung teknologi peredam dua katup, suspensi udara, kunci transversal rear-axle, dan, dan untuk pertama kalinya, kemudi rear-axle dengan sudut kemudi hingga lima derajat.