New Porsche Macan Jalani Uji Performa dan Efisiensi

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

New Porsche Macan (Yusuf/Skor.id).
New Porsche Macan (Yusuf/Skor.id).

SKOR.id – Sepuluh tahun setelah peluncurannya, Porsche Macan berada di puncak generasi model kedua, sekarang dalam bentuk serba-listrik.

Sebagai model Porsche pertama yang dibangun di atas Premium Platform Electric (PPE) yang baru, SUV ini merupakan pengembangan yang benar-benar baru. 

Proses pengujian untuk memastikan koordinasi yang sempurna dari semua komponen dan sistem dilakukan dengan sangat teliti. 

Porsche sangat mementingkan pengujian di dunia nyata dengan prototipe yang disamarkan. 

Pada saat yang sama, simulasi di dunia virtual dan terowongan angin semakin tepat dan memainkan peran yang semakin besar. 

Hal ini terutama berlaku dalam hal membuat Porsche baru yang tidak hanya lebih sporty, tetapi juga lebih efisien.

Nilai Cd 0,25 - Desainer dan Insinyur Aerodinamika Bekerja Keras

"Ketika kami mengembangkan model baru, selalu menyangkut dinamika dan ketepatan berkendara. Itulah Porsche,” kata Jorg Kerner, Vice President Product Line Macan.  

“Hal ini sudah ada dalam DNA kami. Tetapi selalu tentang efisiensi juga. Dan desain," Kerner menambahkan. 

Salah satu tantangannya adalah mempertahankan identitas produk dari seri model Macan yang sukses.

Sementara pada saat yang sama memenuhi persyaratan aerodinamis yang diperlukan untuk memastikan efisiensi tinggi, dan oleh karena itu juga jarak tempuh yang tinggi. 

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kerja sama yang erat antara para pemimpin kedua tim selama tahap pengembangan di departemen Desain, dan pengujian aerodinamis di terowongan angin Porsche yang canggih. 

"Menemukan hubungan yang optimal antara prinsip-prinsip desain kami dan spesifikasi yang diberikan oleh para insinyur aerodinamika tentu saja merupakan sebuah tantangan," kata Peter Varga, Direktur Desain Eksterior di Style Porsche

"Kami bekerja sama dalam setiap milimeter untuk mencapai keseimbangan optimal antara estetika dan fungsi."

Melalui kerja sama tim ini, Porsche berhasil menggabungkan DNA desainnya dengan aerodinamika yang dioptimalkan. 

Hal ini dicapai tidak hanya melalui siluet yang mencolok, tetapi juga melalui komponen Porsche Active Aerodynamics (PAA) dan langkah-langkah yang ditargetkan lainnya.

"Elemen aerodinamis aktif semuanya berkontribusi secara signifikan terhadap jarak tempuh," kata Thomas Wiegand, Direktur Aerodinamika dan Aeroakustik. 

"Kami memiliki spoiler belakang memanjang secara otomatis dan penutup pendingin aktif pada intake udara depan." 

Ada juga elemen variabel pada bagian bawah bodi mobil. Cover bagian bawah mobil rata dan tertutup seperti mobil balap, bahkan di area as roda belakang. 

Bagian fairing-nya fleksibel dan juga memastikan hambatan udara yang rendah saat melambung.

Itu merupakan solusi inovatif yang dikombinasikan dengan roda yang ramping dan sebagian besar tertutup serta kontur ban yang dioptimalkan secara aerodinamis. 

Selama jelajah normal di jalan pedesaan, Porsche Macan secara otomatis mengasumsikan kerampingan yang ideal. 

Spoiler belakang bergerak ke posisi eco, penutup udara menutup dan tingkat sasis menurun. 

Dalam situasi ini, Wiegand dan timnya mengukur koefisien hambatan sebesar 0,25 (sebelumnya 0,35). 

Semua ini menjadikan Macan baru sebagai salah satu SUV paling aerodinamis - dengan dampak besar pada efisiensi. 

Jarak tempuh menurut WLTP akan lebih dari 500 km untuk semua varian.

Pengisian Daya Cepat hingga 270 kW - untuk Semua Pasar

Motor listrik pada Macan baru mendapatkan energi dari baterai lithium-ion di bagian bawah bodi mobil, dengan kapasitas kotor 100 kWh, di mana hingga 95 kWh dapat digunakan secara aktif. 

Arsitektur PPE 800 volt pada Macan baru memungkinkan pengisian daya cepat berkinerja tinggi, yang sedang diuji di seluruh dunia sebagai bagian dari proses pengembangan.

"Terdapat standar pengisian daya yang berbeda di pasar utama kami,” kata Kerner. 

“Oleh karena itu, fokus utama dari pengujian ini adalah untuk memeriksa kondisi kerangka kerja yang berbeda ini di berbagai lokasi dengan prototipe kami dan mengadaptasi teknologi yang sesuai jika diperlukan.” 

“Pengisian daya harus berfungsi dengan baik, di mana pun dan kapan pun," kata Kerner.

Kapasitas pengisian daya DC untuk Macan baru di stasiun pengisian daya 800 volt mencapai 270 kW. 

Tingkat pengisian daya dapat ditingkatkan dari 10 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 22 menit di stasiun pengisian daya 400 volt.

Sakelar tegangan tinggi pada baterai memungkinkan pengisian daya bank dengan secara efektif membagi baterai 800 volt menjadi dua baterai, masing-masing dengan voltase 400 volt. 

Hal ini memungkinkan pengisian daya yang sangat efisien, tanpa HV booster tambahan, hingga 150 kW. Pengisian daya AC dapat dilakukan hingga 11 kW.

Pengujian Dinamika Berkendara dalam Kondisi Ekstrem

Porsche mengembangkan Macan baru dengan fokus yang tajam pada dinamika berkendara yang khas dari merek ini, dan rasa kemudi yang familiar. 

Kompetensi inti dari produsen mobil sport ini menjadi fokus khusus selama pengujian.

Melalui berbagai tahap pengujian, dengan tujuan untuk mengkoordinasikan komponen dan sistem yang baru dikembangkan serta memastikan stabilitas operasional dan kelancaran fungsi interaksinya. 

Dalam pengujian ketahanan, masa pakai kendaraan disimulasikan di bawah kondisi pengoperasian yang keras yang nantinya hanya akan dialami oleh pelanggan pada batas absolut. 

Hingga saat ini, prototipe Macan listrik yang disamarkan telah menyelesaikan lebih dari tiga setengah juta kilometer uji coba di lintasan uji coba dan jalan umum.

Untuk menguji interaksi semua komponen penggerak aktif di bawah beban iklim dan situasi yang ekstrem, mobil uji digunakan di seluruh dunia. 

"Kami menguji semua rentang suhu. Dari minus 30 derajat Celcius di Skandinavia hingga plus 50 derajat Celcius, seperti yang kami rasakan di Death Valley di California," ucap Kerner. 

"Tentu saja, sebuah SUV juga harus bekerja di permukaan apa pun. Itulah mengapa kami menguji tidak hanya di jalan raya, tetapi juga di luar jalan raya, pada kerikil, salju, dan es."

Penggerak semua roda yang berfokus di belakang pada model Macan listrik selalu menjadi andalan dalam hal ini. 

Porsche secara eksklusif menggunakan motor PSM generasi terbaru yang digerakkan secara permanen di as roda depan dan belakang. 

Motor ini memberikan daya overboost lebih dari 450 kW, menawarkan efisiensi yang sangat baik dan memungkinkan reproduksi output daya yang optimal. 

Porsche Traction Management yang dikontrol secara elektronik mengelola distribusi torsi lebih dari 1.000 Nm dengan Launch Control pada model teratas hampir secara real time.

Untuk menawarkan spektrum yang luas antara performa tinggi dan kenyamanan yang menjadi ciri khas Macan, para insinyur telah menggunakan sistem Porsche Active Suspension Management.

Sistem ini mengusung teknologi peredam dua katup, suspensi udara, kunci transversal rear-axle, dan, dan untuk pertama kalinya, kemudi rear-axle dengan sudut kemudi hingga lima derajat.

Source: Porsche Indonesia

RELATED STORIES

Porsche Akan Luncurkan Mobil Baru pada 8 Juni 2023, Kemungkinan 911 ST

Porsche Akan Luncurkan Mobil Baru pada 8 Juni 2023, Kemungkinan 911 ST

Porsche baru ini bisa menjadi versi paling ringan dari mobil sport generasi sekarang.

Porsche Berniat Gabung ke F1 pada Musim 2025

Porsche Berniat Gabung ke F1 pada Musim 2025

Petinggi Porsche mengatakan bahwa timnya terus memantau perkembangan regulasi F1 bebas emisi untuk 2025.

Porsche Charging Lounge Pertama di Dunia untuk Isi Daya Diresmikan di Eropa

Performa tinggi, enam stasiun pengisian daya listrik memiliki kapasitas masing-masing 300 kilowatt.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Maarten Paes sebagai kiper Timnas Indonesia. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Lawan Arab Saudi dan Irak, Maarten Paes Ingatkan Pemain Timnas Indonesia untuk Tidak Terbebani

Maarten Paes menegaskan kesiapannya untuk tampil bersama Timnas Indonesia pada putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Rais Adnan | 06 Oct, 08:38

motogp 2025

MotoGP

MotoGP Indonesia 2025 Pecahkan Rekor Penonton di Sirkuit Mandalika

MotoGP Indonesia 2025 di Sirkuit Mandalika mencatat total penonton mencapai 140.324 orang.

Rais Adnan | 06 Oct, 06:26

kevin diks - gladbach

Timnas Indonesia

Hasil Pemain Indonesia di Luar Negeri: Kevin Diks dan Dean James Starter, Kompak Raih Imbang

Sementara itu, dua pemain yakni Calvin Verdonk dan Adrian Wibowo tidak masuk DSP laga teranyar klub masing-masing.

Rais Adnan | 06 Oct, 06:12

Laga Kualilfikasi Piala Dunia 2026. (Yusuf/Skor.id)

World

Daftar Negara yang Sudah Lolos Piala Dunia 2026

Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 negara, berikut ini adalah daftar negara yang sudah lolos ke Piala Dunia 2026.

Thoriq Az Zuhri | 05 Oct, 23:34

Ilustrasi Cover Free Fire. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

Daftar Tim Free Fire yang Lolos FFWS Global Finals 2025

Berikut ini adalah daftar tim Free Fire yang lolos ke turnamen tertinggi dunia tahun ini, FFWS Global Finals 2025. Siapa saja?

Thoriq Az Zuhri | 05 Oct, 23:33

FFWS SEA Fall 2025. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

Daftar Peraih Gelar FFWS SEA, Team Falcons Terbanyak!

Team Falcons jadi tim yang paling sering menjadi juara di turnamen Free Fire tingkat Asia Tenggara, FFWS SEA.

Thoriq Az Zuhri | 05 Oct, 23:25

Penyerang Manchester City, Erling Haaland. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Inggris

Man City Dekati Puncak, Haaland Bak Hantu Tak Diundang

Erling Haaland menjadi seperti hantu tak diundang saat mengantarkan Manchester City menang di kandang Brentford dan dekati puncak klasemen.

Thoriq Az Zuhri | 05 Oct, 23:18

Gelandang AC Milan, Christian Pulisic. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Juventus vs AC MIlan Imbang, Papan Atas Liga Italia Ketat

Papan atas Liga Italia makin ketat usai laga Juventus vs AC Milan bermain imbang tanpa gol.

Thoriq Az Zuhri | 05 Oct, 23:05

Hansi Flick membawa perubahan sejak menangani Barcelona. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

La Liga

Barcelona Kalah dan Gagal ke Puncak, Hansi Flick Suka 1 Hal

Hansi Flick suka akan satu hal meski Barcelona harus kalah dan gagal merebut kembali puncak klasemen La Liga dari Real Madrid.

Thoriq Az Zuhri | 05 Oct, 22:39

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 12: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 12 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 05 Oct, 22:25

Load More Articles