SKOR.id – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi memperpanjang kemitraan dengan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) terkait hak siar ajang AFC untuk periode 2025-2028.
Adapun, konferensi pers terkait perpanjangan kerja sama antara AFC dan MNC Group tersebut digelar di iNews Tower, Jakarta, Senin (2/9/2024) siang.
Seperti diketahui, perjanjian ini mencakup semua kompetisi Timnas Indonesia di ajang AFC dalam periode tersebut, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Piala Asia Wanita 2026 di Australia, Piala Asia 2027 di Arab Saudi, Piala Asia U-23 2026 dan 2028, dan lainnya.
Tak hanya itu, kemitraan ini juga akan mencakup liputan kompetisi antarklub bergengsi yang sangat dinantikan, seperti AFC Champions League Elite, AFC Women’s Champions League, dan AFC Champions League Two.
Pada kesempatan tersebut, turut hadir pihak AFC, yang diwakili Andrew Rogers sebagai Commercial Director AFC. Ia pun menjelaskan perihal tujuan mereka memperpanjang kemitraan hak siar dengan MNC.
“MNC dan AFC sudah sering bekerja sama selama 17 tahun, menyajikan banyak tayangan sepak bola berkualitas di Indonesia. Dan, sekarang, kerja sama ini kami lanjutkan sampai 20 tahun lebih,” katanya dalam konferensi pers.
Menurut Andrew Rogers, MNC bisa memastikan penayangan sepak bola ke seluruh penjuru Indonesia secara maksimal.
“Mereka bisa menyebarkan tayangan AFC yang berkualitas ini ke semua lapisan masyarakat Indonesia,. Semoga ke depannya, masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal lagi kompetisi-kompetisi AFC,” Rogers menambahkan.
Pada sisi lain, Hary Tanoesoedibjo, selaku Executive Chairman MNC Group, mengatakan, perpanjangan kemitraan dengan AFC merupakan pencapaian besar untuk mereka.
“Kami sangat senang mengumumkan perpanjangan kemitraan kami dengan AFC, yang merupakan pencapaian besar lainnya bagi MNC Group. Kolaborasi ini akan meningkatkan layanan kami dan menyajikan pertandingan sepak bola untuk para pemirsa,” kata Hary Tanoesoedibjo.
“MNC Group tetap berdedikasi untuk menawarkan konten berkualitas tinggi dan sangat bernilai kepada penggemar sepak bola melalui platform kami, sekaligus menciptakan rasa kebersamaan dan antusiasme yang kuat,” lanjutnya.
Sementara itu, CEO PT MNC Tbk, Noersing, mengungkapkan setiap pertandingan yang ditayangkan di MNC Group boleh disaksikan dengan nonton bareng (nobar).
Noersing pun mempertegas aturan terkait nobar pertandingan AFC di MNC Group. Menurutnya, nobar diperbolehkan apabila pihak penyelenggara tidak menggandeng sponsor.
“Boleh, sepanjang itu tidak komersil. Definisi non-komersil ini artinya masyarakat atau penonton yang hadir di acara nonton bareng tidak dipungut biaya sepeser pun dalam bentuk apa pun, dan pihak penyelenggara tidak ada kerja sama dengan pihak sponsor dan iklan,” kata Noersing.
“Saya tegaskan lagi, pihak penyelenggara tersebut tidak mengambil keuntungan finansial ataupun keuntungan lainnya saat nobar.”
Apabila syarat tadi terpenuhi, bukan hanya diizinkan, MNC bahkan menganjurkan para penggemar untuk nobar demi meningkatkan rasa kebersamaan dan cinta tanah air.
"Kita bakal encourage, baik dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinisi, instansi, kampus, sekolah-sekolah, komunitas dan seluruh masyarakat Indonesia untuk mengadakan nobar sehingga dapat menyaksikan bersama tayangan-tayangan dari seluruh agenda pertandingan di AFC, baik tingkat klub maupun timnas,” kata Noersing.
“Bagaimana untuk yang nobar komersil? Karena MNC adalah pemegang hak siarnya, tentu ada aturan. Jadi, dari AFC sudah menegaskan ada aturan yang harus dijalani dan ditekankan untuk penyelenggaraan nobar komersil. Nanti bisa menghubungi tim marketing kami,” dia memungkasi.