SKOR.id – Tahun 2023 merupakan tahun yang bermakna bagi PT Eurokars Motor Indonesia, Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) dari brand otomotif Mazda di Indonesia.
Sebab pada akhir tahun lalu (2023), Mazda sukses membukukan penjualan mobil sebanyak 5.320 unit.
Ini merupakan angka penjualan tertinggi sejak tiga tahun terakhir (sejak 2020), dengan peningkatan hingga 100%.
Tren peningkatan penjualan oleh PT Eurokars Motor Indonesia konsisten mengalami kenaikan sejak masa pandemi global pada tahun 2020.
Atas pencapaian ini, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia), Ricky Thio menjelaskan faktor-faktor pendorong penjualan di tahun 2023 lalu.
“Kesuksesan PT EMI pada tahun 2023 lalu didukung oleh banyak faktor,” kata Ricky di Mazda Indonesia Headquarter, Simprug, Jakarta, Kamis (25/1/2024).
“Terutama tentu adalah antusiasme dan dukungan dari para penggemar dan pelanggan Mazda, serta kinerja terbaik dari para jajaran dealer principal.”
“Layanan purna-jual Mazda yang terus melakukan performance improvement, disempurnakan dengan program MyMazda Service.”
“Program ini memberikan fasilitas tanpa biaya untuk jasa dan suku cadang 3 tahun atau 60.000 km (mana tercapai terlebih dahulu) bagi para pelanggan. Ini juga turut memiliki andil,” ujar Ricky.
Sepanjang tahun 2023, Mazda juga konsisten berpartisipasi dalam pameran otomotif bergengsi.
Sebut saja Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dan Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.
Salah satu misi terbesar Mazda untuk masuk ke dalam segmentasi pasar kendaraan premium juga direalisasikan tahun lalu dengan peluncuran The All-New Mazda CX-60.
Peluncuran The All-New Mazda CX-60 di Indonesia menandai keseriusan Mazda melahirkan produk premium 7G, dalam kategori segmen Large Premium SUV.
The All-New Mazda CX-60 menggunakan mesin 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System).
Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm.
Angka Penjualan Mazda Tahun 2020-2023
Tahun | Qty | Persentase Kenaikan |
2023 | 5.320 | ↑36.8%
*2020 vs. 2023 ↑100% |
2022 | 3.888 | ↑14.6% |
2021 | 3.392 | ↑27.5% |
2020 | 2.660 |
Pramita Sari, Marketing & Communications General Manager PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia) menjelaskan perihal model dan warna yang paling diminati para pelanggan tahun 2023.
“Mazda CX-5 dan CX-3 masih menjadi model yang paling diminati oleh para Mazda Friends di Indonesia, dengan Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic, sebagai dua pilihan warna terfavorit,” kata Pramita.
Pada Mazda sendiri, Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic dikategorikan sebagai premium colours, yang dalam proses pengecatan-nya memanfaatkan teknologi khusus.
Teknologi ini memiliki hasil akhir lebih presisi dan berkualitas, seperti diaplikasikan oleh tangan pengrajin terampil.
Mazda menyebut keistimewaan dalam hal pengecatan ini sebagai Takumi-Nuri atau Artisan Colouring.
“Keunggulan Takumi-Nuri pada unit Mazda, mampu memberikan kesan yang kuat, penuh energi, dengan penampilan yang eksklusif dan mengesankan,” Ricky menuturkan.