SKOR.id – Olimpiade Musim Panas selalu menjadi bisnis besar bagi industri sepatu kets, termasuk Olimpide tahun ini yang digelar di Paris.
Olimpiade selalu memberikan peluang bagi semua merek apparel olahraga besar untuk memasarkan atlet dan produk mereka ke khalayak global.
Tidak terkecuali perusahaan apparel olahraga asal Amerika Serikat, Nike, yang terkenal dengan kampanye iklannya yang selalu menarik.
Pada 19 Juli 2024, Nike merilis kampanye iklan yang memukau untuk Olimpiade Paris 2024 berjudul “Winning isn’t for Everyone (Menang bukan untuk semua orang).
Video berdurasi 90 detik yang dinarasikan oleh Willem Dafoe itu melontarkan pertanyaan retoris, "Am I a bad person?" (Apakah saya orang jahat?).
Ciri-ciri seorang atlet kompetitif dicantumkan sambil menampilkan klip pemain basket paling populer dari merek tersebut, termasuk LeBron James, Giannis Antetokounmpo, dan Victor Wembanyama.
Namun, ada salah satu atlet Nike yang hilang dari kampanye pemasaran baru tersebut, dia adalah Kevin Durant.
Meskipun berstatus 14 kali NBA All-Star dan telah berpindah klub berkali-kali, Durant tetap setia kepada merek Nike dan Tim USA.
Durant sangat tersinggung dengan kelalaian tersebut. Power forward Phoenix Suns ini memotret Nike pada Instagram Story-nya, mengunggah banyak foto dari masanya dalam panggung internasional.
Durant bertanya, "@nike beritahu saya, apakah saya orang jahat?????" Dia menambahkan, 'Tetap bersama kalian di setiap langkah.' Terakhir, "Bahkan selama karantina Olimpiade @nike."
Kemudian agen lama Durant, Rich Kleiman, membagikan unggahan Instagram yang mengomentari kemitraan Durant dengan Kith dan USA Basketball, dengan menyatakan, "Senang sekali melihatnya."
Dapat diasumsikan bahwa ini bukanlah aksi pemasaran. Durant memang benar-benar tersinggung karena tidak disertakan dalam kampanye pemasaran Nike.
Dan siapa yang bisa menyalahkannya? Durant menandatangani kontrak seumur hidup dengan Nike pada 2023 dan memakai sepatu ke-17 khasnya (signature) dengan merek tersebut.
Fans secara cepat bereaksi terhadap dampak kejadian ini secara online.
Sementara itu, merek Under Armour terus menjadi duri bagi Nike di media sosial.
Merek tersebut mengomentari emoji ember popcorn dalam unggahan Instagram yang membahas hubungan Durant dengan Nike.
Selain itu, Under Armour mengunggah foto bintang NBA lainya, Stephen Curry dan De'Aaron Fox, dengan judul, "BUKAN orang jahat" pada Jumat (19/7/2024) lalu.
Ini hanyalah upaya terbaru Under Armour untuk mengendalikan pesaingnya tersebut di media sosial.
Durant dan Nike tidak akan pernah putus, tapi pasti ada perasaan sakit hati di balik layar.
Ini akan menjadi salah satu dari banyak alur cerita yang menarik untuk diikuti dalam industri sepatu kets sepanjang Olimpiade Paris 2024.