Istilah dalam Game MOBA yang Harus Kamu Ketahui

Thoriq Az Zuhri

Editor: Thoriq Az Zuhri

Istilah game MOBA yang harus kamu tahu, seperti di game-game Mobile Legends, Dota 2, League of Legends, dan Honor of Kings. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)
Istilah game MOBA yang harus kamu tahu, seperti di game-game Mobile Legends, Dota 2, League of Legends, dan Honor of Kings. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR.id - Berikut ini adalah istilah-istilah dalam permainan game MOBA yang harus kalian ketahui.

MOBA adalah singkatan dari Multiplayer online battle arena, sebuah subgenre dari video game bergenre strategi, dengan para pemain yang dibagi menjadi dua tim bertarung di sebuah arena yang sudah ditentukan sebelumnya.

Setiap pemain mengontrol satu karakter dengan kemampuan tertentu yang meningkat seiring berjalannya waktu di dalam game dan menjadi bagian dari strategi untuk kemenangan tim.

Biasanya, objektif utama dari game MOBA adalah menghancurkan markas utama lawan, yang berada di paling ujung lain arena berlawanan dengan markas sendiri.

Para pemain dibantu oleh unit-unit lain yang digerakkan oleh komputer, muncul setiap beberapa saat sekali, berjalan sesuai dengan rute yang sudah ditentukan, menuju markas lawan yang baisanya punya pertahanan berlapis.

Dota 2, League of Legends, Mobile Legends: Bang Bang, dan Honor of Kings menjadi beberapa MOBA di PC maupun mobile terbesar di dunia.

Meski begitu, bagi para pemain baru, masuk ke dunia MOBA seperti menginjak tanah negara asing, ada banyak hal-hal yang perlu diketahui.

Artikel Skor Special kali ini akan membahas beberapa istilah-istilah dalam game MOBA yang perlu diketahui.

(Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.).

Istilah dalam Game MOBA yang Harus Kamu Ketahui:

1. Last Hit/Last-Hitting

Membunuh minion, monster, atau lawan akan membuat pemain mendapatkan gold tertentu. Gold yang didapatkan akan lebih banyak jika pemain tersebut jadi yang terakhir kali memberikan serangan yang membuat karakter lain terbunuh.

Hal ini yang diharapkan oleh semua pemain dan disebut dengan last hit (serangan terakhir).

2. Farm/Farming

Pemain fokus untuk meningkatkan jumlah gold mereka dengan cara fokus membunuh minion ataupun monster hutan, bukan melawan musuh.

Farming dilakukan dengan harapan cepat mendapatkan gold untuk bisa segera membeli item yang lebih baik di shop.

3. Ranged

Hero atau karakter yang melakukan serangan dari jarak jauh.

4. Melee

Hero atau karakter yang melakukan serangan dari jarak dekat.

5. Gank/Ganking

Menyergap musuh yang tak siap, biasanya dilakukan bersama-sama kepada lawan yang tak menyangka akan mendapat serangan mendadak. Hal ini perlu koordinasi sempurna dari rekan satu tim.

6. Kite/Kitting

Memancing lawan dengan menyerang dari jarak jauh, biasanya dilakukan sembari mundur perlahan. Digunakan agar lawan terpancing dan keluar dari zoma aman mereka.

7. Buff

Buff adalah peningkatan sementara statistik karakter yang digunakan. Buff bisa didapatkan dengan berbagai cara seperti membunuh monster, efek item tertentu, efek dari rekan setim, dan banyak lagi.

8. Crowd Control (CC)

CC adalah istilah yang digunakan mengacu kepada kemampuan karakter untuk bisa memberikan efek kontrol terhadap musuh.

Efek ini bisa bermacam-macam seperti melambatkan (slow), menghentikan (stun), membuat bingung, dll. Efek ini juga berbeda-beda dalam hal target, ada yang bisa digunakan hanya untuk satu target ada yang banyak target.

9. Area of Effect (AoE)

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan seberapa luas area dari efek kemampuan suatu karakter, yang artinya seberapa banyak lawan bisa mendapat efek dari suatu kemampuan.

10. Cooldown (CD)

Saat karakter menggunakan kemampuannya, kemampuan ini biasanya tak bisa langsung digunakan, ada jeda waktu yang harus ditunggu sampai kemampuan ini bisa dipakai lagi, disebut dengan cooldown.

11. Lifesteal

Beberapa karakter maupun item bisa membuat pemain menambah darah mereka sendiri dengan cara menyerang lawan.

12. Skill

Kemampuan dari karakter, berbeda-beda setiap karakter. Skill adalah kemampuan unik yang berbeda setiap karakter.

13. Ultimate

Skill terkuat dari setiap karakter, biasanya memiliki CD paling lama dengan efek paling kuat.

14. Lane

MOBA standar memiliki tiga lane, atas, tengah, dan bawah. Ini adalah jalur minion berjalan dan jalur dari turret/tower yang harus dihancurkan untuk menuju markas lawan.

15. Turret/Tower

Struktur penjaga lane, biasanya terdiri dari beberapa lapis di setiap lane. Wajib dihancurkan untuk menuju markas lawan.

16. Jungle

Daerah di tengah antara lane satu dengan lainnya. Biasanya berbentuk seperti hutan dan tak terlihat di peta oleh lawan. Berisi monster-monster yang bisa dibunuh untuk mendapatkan gold/buff.

17. Minion

Unit kecil yang muncul setiap beberapa detik sekali dari kedua markas tim, berjalan sesuai dengan jalurnya di setiap lane. Membantu tim untuk merobohkan tower lawan.

18. Feed

Terlalu banyak terbunuh oleh lawan, membuat seperti "memberi makan" kepada lawan dengan banyaknya gold yang didapatkan oleh lawan. Hal ini berimbas pada tidak seimbangnya item antara kedua tim dan laga berjalan berat sebelah.

19. Item/Build

Alat yang bisa dibeli di shop. Setiap item memiliki karakteristik masing-masing dengan keunggulan masing-masing, setiap karakter biasanya membutuhkan build/tatanan item yang berbeda-beda, tergantung kemampuan masing-masing.

20. Ace/Savage/Penta Kill

Saat seorang pemain berhasil membunuh semua karakter lawan dalam waktu yang bersamaan.

21. Active/Passive Ability

Kemampuan yang dimiliki oleh karakter maupun item. Kemampuan aktif artinya pemain harus menekan tombol untuk mengaktifkannya, kemampuan pasif selalu aktif saat syarat terpenuhi.

22. Carry

Seorang pemain/karakter yang diharapkan bisa menjadi andalan tim. Biasanya mereka akan fokus mengumpulkan gold di awal game, sebelum kemudian jadi andalan saat game memasuki saat-saat akhir.

23. Backdoor

Mengelabui lawan untuk bisa menghancurkan markas lawan lewat jalur yang tak diduga.

24. Bot/Mid/Top

Tiga jenis lane, Bot artinya lane bawah, Mid di tengah, dan Top adalah lane atas.

25. Dive

Usaha untuk masuk ke dalam tower musuh dengan tujuan membunuh ehro lawan.

26. First Blood

Kematian pertama dalam game, biasanya pemain yang bisa melakukannya mendapatkan gold cukup banyak.

27. Fog of War

Area berkabut dalam map, kejadian di sini tak bisa terlihat di map oleh tim, kecuali ada yang berjalan ke area tersebut atau dengan item tertentu.

28. Invade

Masuk ke dalam area musuh, biasanya jungle milik musuh dan monster netral lainnya bertujuan agar lawan tak mendapatkan gold dari monster.

29. MIA

Missing-in-action. Saat lawan menghilang dan tak terlihat di map.

30. Push

Mendorong sebuah lane agar lebih maju, bersama minion menghancurkan tower milik musuh.

31. Skillshot

Kemampuan yang membutuhkan bidikan manual untuk mengarahkannya.

32. Squishy

Karakter yang memiliki darah sedikit dan mudah terbunuh.

33. Scaling

Peningkatan statistik sebuah karakter dalam game seiring berjalannya waktu dan kenaikan level.

34. Snowball

Saat sebuah tim unggul di awal game, lalu hal ini mereka manfaatkan untuk semakin unggul hingga meraih kemenangan.

35. Zoning

Menghalangi lawan untuk masuk ke area tertentu.
 

Source: FandomVain Glory

RELATED STORIES

Garena: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu

Garena: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu

Berikut ini adalah semua hal yang harus kamu tahu soal perusahaan publisher dan developer game asal Singapura, Garena.

Facebook dan Strategi HoK untuk Kuasai Skena Esports Dunia

Facebook dan Strategi HoK untuk Kuasai Skena Esports Dunia

Honor of Kings punya strategi sendiri bagaimana mereka mencoba mengenalkan skena esports mereka ke dunia, salah satunya dengan Facebook.

Mengapa Surabaya Jadi Primadona Event Esports Dunia

Gelaran FFWS SEA Fall 2024 dan PMSL SEA Fall 2024 akan dihelat di Surabaya, Indonesia, bulan Agustus ini. Mengapa Surabaya?

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Para ibu harus memiliki kesehatan fisik dan mental bagus karena itu dapat memengaruhi tumbuh kembang anak. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Hari Ibu: 6 Tips Kesehatan Krusial untuk Para Ibu

Segudang problem dan tantangan yang dihadapi para ibu mengharuskan mereka mampu menjaga kondisi kesehatan dan mentalnya.

Tri Cahyo Nugroho | 22 Dec, 06:30

kadek arel timnas

Liga TopSkor

Alumni Liga TopSkor Catat Menit Bermain Terbanyak di Timnas Indonesia Piala AFF 2024

Kadek Arel, alumni Liga TopSkor, mencatatkan diri sebagai pemain dengan menit bermain terbanyak di Timnas Indonesia selama Piala AFF 2024.

Nizar Galang | 22 Dec, 05:12

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Gagal ke Semifinal, Shin Tae-yong Disebut Menggali Kuburnya Sendiri

Shin Tae-yong dinilai tidak mampu mengoptimalisasi potensi pemain yang ada.

Sumargo Pangestu | 22 Dec, 02:11

La Liga 2024-2025 (Liga Spanyol). (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

La Liga 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Berikut ini jadwal lengkap, hasil, dan klasemen La Liga (Liga Spanyol) musim 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 22 Dec, 00:08

Penyerang Atletico Madrid, Alexander Sorloth. (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

Hasil Barcelona vs Atletico Madrid: Los Rojiblancos Menang 2-1, Alexander Sorloth Cetak Gol Menit Terakhir

Atletico Madrid menang 2-1 atas Barcelona lewat gol yang diciptakan Alexander Sorloth di menit terakihr, Minggu (22/12/2024) dini hari WIB.

Irfan Sudrajat | 21 Dec, 23:38

Pemain Swansea City, Nathan Tjoe-A-On, menyatakan ketertarikannya untuk membela timnas Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Nathan Tjoe-A-On Penghangat Bangku Cadangan, Tiga Pemain Tak Masuk DSP

Nathan Tjoe-A-On, lagi-lagi hanya duduk di bangku cadangan Swansea City dalam lanjutan Championship 2024-2025, Sabtu (21/12/2024).

Teguh Kurniawan | 21 Dec, 20:19

Grand final Indonesia Pingpong League 2024 digelar di GBK Arena, Jakarta, Minggu (22/12/2024). (Foto: Dok. Indonesia Pingpong League/Grafis: Yusuf/Skor.id)

Other Sports

Penentuan Juara Indonesia Pingpong League 2024 Digelar 22 Desember

Babak grand final Indonesia Pingpong League 2024 akan digelar di GBK Arena, Jakarta, Minggu (22/12/2024).

Rais Adnan | 21 Dec, 17:24

Liga Inggris 2024-2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen, serta profil klub lengkap Liga Inggris 2024-2025 yang akan diupdate sepanjang musim bergulir.

Irfan Sudrajat | 21 Dec, 17:15

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2024-2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Skor Indonesia | 21 Dec, 16:15

ASEAN Championship 2024 (Piala AFF 2024). (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Timnas Indonesia

ASEAN Championship 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen ASEAN Championship 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 21 Dec, 16:02

Load More Articles