Istilah dalam Game MOBA yang Harus Kamu Ketahui

Thoriq Az Zuhri

Editor: Thoriq Az Zuhri

Istilah game MOBA yang harus kamu tahu, seperti di game-game Mobile Legends, Dota 2, League of Legends, dan Honor of Kings. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)
Istilah game MOBA yang harus kamu tahu, seperti di game-game Mobile Legends, Dota 2, League of Legends, dan Honor of Kings. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR.id - Berikut ini adalah istilah-istilah dalam permainan game MOBA yang harus kalian ketahui.

MOBA adalah singkatan dari Multiplayer online battle arena, sebuah subgenre dari video game bergenre strategi, dengan para pemain yang dibagi menjadi dua tim bertarung di sebuah arena yang sudah ditentukan sebelumnya.

Setiap pemain mengontrol satu karakter dengan kemampuan tertentu yang meningkat seiring berjalannya waktu di dalam game dan menjadi bagian dari strategi untuk kemenangan tim.

Biasanya, objektif utama dari game MOBA adalah menghancurkan markas utama lawan, yang berada di paling ujung lain arena berlawanan dengan markas sendiri.

Para pemain dibantu oleh unit-unit lain yang digerakkan oleh komputer, muncul setiap beberapa saat sekali, berjalan sesuai dengan rute yang sudah ditentukan, menuju markas lawan yang baisanya punya pertahanan berlapis.

Dota 2, League of Legends, Mobile Legends: Bang Bang, dan Honor of Kings menjadi beberapa MOBA di PC maupun mobile terbesar di dunia.

Meski begitu, bagi para pemain baru, masuk ke dunia MOBA seperti menginjak tanah negara asing, ada banyak hal-hal yang perlu diketahui.

Artikel Skor Special kali ini akan membahas beberapa istilah-istilah dalam game MOBA yang perlu diketahui.

(Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.).

Istilah dalam Game MOBA yang Harus Kamu Ketahui:

1. Last Hit/Last-Hitting

Membunuh minion, monster, atau lawan akan membuat pemain mendapatkan gold tertentu. Gold yang didapatkan akan lebih banyak jika pemain tersebut jadi yang terakhir kali memberikan serangan yang membuat karakter lain terbunuh.

Hal ini yang diharapkan oleh semua pemain dan disebut dengan last hit (serangan terakhir).

2. Farm/Farming

Pemain fokus untuk meningkatkan jumlah gold mereka dengan cara fokus membunuh minion ataupun monster hutan, bukan melawan musuh.

Farming dilakukan dengan harapan cepat mendapatkan gold untuk bisa segera membeli item yang lebih baik di shop.

3. Ranged

Hero atau karakter yang melakukan serangan dari jarak jauh.

4. Melee

Hero atau karakter yang melakukan serangan dari jarak dekat.

5. Gank/Ganking

Menyergap musuh yang tak siap, biasanya dilakukan bersama-sama kepada lawan yang tak menyangka akan mendapat serangan mendadak. Hal ini perlu koordinasi sempurna dari rekan satu tim.

6. Kite/Kitting

Memancing lawan dengan menyerang dari jarak jauh, biasanya dilakukan sembari mundur perlahan. Digunakan agar lawan terpancing dan keluar dari zoma aman mereka.

7. Buff

Buff adalah peningkatan sementara statistik karakter yang digunakan. Buff bisa didapatkan dengan berbagai cara seperti membunuh monster, efek item tertentu, efek dari rekan setim, dan banyak lagi.

8. Crowd Control (CC)

CC adalah istilah yang digunakan mengacu kepada kemampuan karakter untuk bisa memberikan efek kontrol terhadap musuh.

Efek ini bisa bermacam-macam seperti melambatkan (slow), menghentikan (stun), membuat bingung, dll. Efek ini juga berbeda-beda dalam hal target, ada yang bisa digunakan hanya untuk satu target ada yang banyak target.

9. Area of Effect (AoE)

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan seberapa luas area dari efek kemampuan suatu karakter, yang artinya seberapa banyak lawan bisa mendapat efek dari suatu kemampuan.

10. Cooldown (CD)

Saat karakter menggunakan kemampuannya, kemampuan ini biasanya tak bisa langsung digunakan, ada jeda waktu yang harus ditunggu sampai kemampuan ini bisa dipakai lagi, disebut dengan cooldown.

11. Lifesteal

Beberapa karakter maupun item bisa membuat pemain menambah darah mereka sendiri dengan cara menyerang lawan.

12. Skill

Kemampuan dari karakter, berbeda-beda setiap karakter. Skill adalah kemampuan unik yang berbeda setiap karakter.

13. Ultimate

Skill terkuat dari setiap karakter, biasanya memiliki CD paling lama dengan efek paling kuat.

14. Lane

MOBA standar memiliki tiga lane, atas, tengah, dan bawah. Ini adalah jalur minion berjalan dan jalur dari turret/tower yang harus dihancurkan untuk menuju markas lawan.

15. Turret/Tower

Struktur penjaga lane, biasanya terdiri dari beberapa lapis di setiap lane. Wajib dihancurkan untuk menuju markas lawan.

16. Jungle

Daerah di tengah antara lane satu dengan lainnya. Biasanya berbentuk seperti hutan dan tak terlihat di peta oleh lawan. Berisi monster-monster yang bisa dibunuh untuk mendapatkan gold/buff.

17. Minion

Unit kecil yang muncul setiap beberapa detik sekali dari kedua markas tim, berjalan sesuai dengan jalurnya di setiap lane. Membantu tim untuk merobohkan tower lawan.

18. Feed

Terlalu banyak terbunuh oleh lawan, membuat seperti "memberi makan" kepada lawan dengan banyaknya gold yang didapatkan oleh lawan. Hal ini berimbas pada tidak seimbangnya item antara kedua tim dan laga berjalan berat sebelah.

19. Item/Build

Alat yang bisa dibeli di shop. Setiap item memiliki karakteristik masing-masing dengan keunggulan masing-masing, setiap karakter biasanya membutuhkan build/tatanan item yang berbeda-beda, tergantung kemampuan masing-masing.

20. Ace/Savage/Penta Kill

Saat seorang pemain berhasil membunuh semua karakter lawan dalam waktu yang bersamaan.

21. Active/Passive Ability

Kemampuan yang dimiliki oleh karakter maupun item. Kemampuan aktif artinya pemain harus menekan tombol untuk mengaktifkannya, kemampuan pasif selalu aktif saat syarat terpenuhi.

22. Carry

Seorang pemain/karakter yang diharapkan bisa menjadi andalan tim. Biasanya mereka akan fokus mengumpulkan gold di awal game, sebelum kemudian jadi andalan saat game memasuki saat-saat akhir.

23. Backdoor

Mengelabui lawan untuk bisa menghancurkan markas lawan lewat jalur yang tak diduga.

24. Bot/Mid/Top

Tiga jenis lane, Bot artinya lane bawah, Mid di tengah, dan Top adalah lane atas.

25. Dive

Usaha untuk masuk ke dalam tower musuh dengan tujuan membunuh ehro lawan.

26. First Blood

Kematian pertama dalam game, biasanya pemain yang bisa melakukannya mendapatkan gold cukup banyak.

27. Fog of War

Area berkabut dalam map, kejadian di sini tak bisa terlihat di map oleh tim, kecuali ada yang berjalan ke area tersebut atau dengan item tertentu.

28. Invade

Masuk ke dalam area musuh, biasanya jungle milik musuh dan monster netral lainnya bertujuan agar lawan tak mendapatkan gold dari monster.

29. MIA

Missing-in-action. Saat lawan menghilang dan tak terlihat di map.

30. Push

Mendorong sebuah lane agar lebih maju, bersama minion menghancurkan tower milik musuh.

31. Skillshot

Kemampuan yang membutuhkan bidikan manual untuk mengarahkannya.

32. Squishy

Karakter yang memiliki darah sedikit dan mudah terbunuh.

33. Scaling

Peningkatan statistik sebuah karakter dalam game seiring berjalannya waktu dan kenaikan level.

34. Snowball

Saat sebuah tim unggul di awal game, lalu hal ini mereka manfaatkan untuk semakin unggul hingga meraih kemenangan.

35. Zoning

Menghalangi lawan untuk masuk ke area tertentu.
 

Source: FandomVain Glory

RELATED STORIES

Garena: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu

Garena: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu

Berikut ini adalah semua hal yang harus kamu tahu soal perusahaan publisher dan developer game asal Singapura, Garena.

Facebook dan Strategi HoK untuk Kuasai Skena Esports Dunia

Facebook dan Strategi HoK untuk Kuasai Skena Esports Dunia

Honor of Kings punya strategi sendiri bagaimana mereka mencoba mengenalkan skena esports mereka ke dunia, salah satunya dengan Facebook.

Mengapa Surabaya Jadi Primadona Event Esports Dunia

Gelaran FFWS SEA Fall 2024 dan PMSL SEA Fall 2024 akan dihelat di Surabaya, Indonesia, bulan Agustus ini. Mengapa Surabaya?

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan (Conmebol). (Yusuf/Skor.id).

World

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol: Argentina Menang Tipis, Brasil Melorot

Rekap hasil pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol, Argentina dan Brasil beda nasib.

Pradipta Indra Kumara | 06 Jun, 04:31

Kompetisi futsal kasta tertinggi di Indonesia kategori putri, Women Pro Futsal League 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Futsal

Jadwal dan Link Live Streaming Women Pro Futsal League 2024-2025: Pekan 1, 7-8 Juni

Enam pertandingan tersaji pada pekan pembuka Women Pro Futsal League 2024-2025 di GOR Bung Karno, Sukoharjo.

Taufani Rahmanda | 06 Jun, 04:24

Pelatih Timnas Brasil, Carlo Ancelotti. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Debut Carlo Ancelotti bersama Brasil Hasilkan 1 Poin di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Debut Carlo Ancelotti bersama Timnnas Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2026, berakhir imbang melawan Ekuador.

Pradipta Indra Kumara | 06 Jun, 03:54

Timnas U-17 Indonesia melakukan pemusatan latihan (TC) lanjutan di Jakarta dan Surabaya untuk menghadapi Piala Dunia U-17 2023 yang akan dimulai 10 November mendatang. (M Yusuf/Skor.id)

Timnas Indonesia

Pemain Berdarah Manado Jebol Gawang Barcelona, Opsi Tambahan untuk Timnas U-17 Indonesia

Pemain berdarah Manado, Miroslav Fernando Momor, membobol gawang Barca U-16 bersama SSA Sevilla.

Taufani Rahmanda | 06 Jun, 03:29

Mobile Legends. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

Deretan 5 Pemain Asing di Playoff MPL Indonesia Season 15

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 15, memasuki babak Playoff. Ada lima pemain asing yang akan ikut serta.

Thoriq Az Zuhri | 06 Jun, 02:45

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia

Patrick Kluivert Tidak Butuh Tambahan Pemain Naturalisasi untuk Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Patrick Kluivert, soal kebutuhan pemain naturalisasi baru dalam upaya menuju Piala Dunia 2026.

Taufani Rahmanda | 06 Jun, 02:41

Presiden RI ke-8, Prabowo Subianto, dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap perkembangan olahraga di Indonesia.

Timnas Indonesia

Presiden Prabowo Ingatkan Perjalanan Timnas Indonesia Masih Panjang, Mau Kalahkan Jepang

Komentar Presiden RI, Prabowo Subianto, usai menyaksikan langsung Timnas Indonesia vs Cina, Kamis (5/6/2025) malam.

Sumargo Pangestu | 06 Jun, 02:10

Free Fire. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

Format dan Jadwal Grand Final FFWS SEA Spring 2025

FFWS SEA Spring 2025 akan segera memasuki fase Grand Final, berikut ini format dan jadwal turnamen Free Fire ini.

Thoriq Az Zuhri | 06 Jun, 01:45

Luis de la Fuente membawa Timnas Spanyol ke era baru. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

5 Fakta Laga Spanyol vs Prancis, La Furia Roja Tantang Portugal di Final UEFA Nations League

5 Fakta pertandingan semifinal UEFA Nnations League antara Spanyol vs Prancis, La Furia Roja tantang Portugal di Final.

Pradipta Indra Kumara | 06 Jun, 00:36

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Jadwal Lengkap Babak Playoff MPL Indonesia Season 15

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 15, segera memasuki babak playoff, berikut ini jadwal lengkapnya.

Thoriq Az Zuhri | 05 Jun, 22:23

Load More Articles