SKOR.id - Berikut ini adalah istilah-istilah dalam permainan game MOBA yang harus kalian ketahui.
MOBA adalah singkatan dari Multiplayer online battle arena, sebuah subgenre dari video game bergenre strategi, dengan para pemain yang dibagi menjadi dua tim bertarung di sebuah arena yang sudah ditentukan sebelumnya.
Setiap pemain mengontrol satu karakter dengan kemampuan tertentu yang meningkat seiring berjalannya waktu di dalam game dan menjadi bagian dari strategi untuk kemenangan tim.
Biasanya, objektif utama dari game MOBA adalah menghancurkan markas utama lawan, yang berada di paling ujung lain arena berlawanan dengan markas sendiri.
Para pemain dibantu oleh unit-unit lain yang digerakkan oleh komputer, muncul setiap beberapa saat sekali, berjalan sesuai dengan rute yang sudah ditentukan, menuju markas lawan yang baisanya punya pertahanan berlapis.
Dota 2, League of Legends, Mobile Legends: Bang Bang, dan Honor of Kings menjadi beberapa MOBA di PC maupun mobile terbesar di dunia.
Meski begitu, bagi para pemain baru, masuk ke dunia MOBA seperti menginjak tanah negara asing, ada banyak hal-hal yang perlu diketahui.
Artikel Skor Special kali ini akan membahas beberapa istilah-istilah dalam game MOBA yang perlu diketahui.
(Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.).
Istilah dalam Game MOBA yang Harus Kamu Ketahui:
1. Last Hit/Last-Hitting
Membunuh minion, monster, atau lawan akan membuat pemain mendapatkan gold tertentu. Gold yang didapatkan akan lebih banyak jika pemain tersebut jadi yang terakhir kali memberikan serangan yang membuat karakter lain terbunuh.
Hal ini yang diharapkan oleh semua pemain dan disebut dengan last hit (serangan terakhir).
2. Farm/Farming
Pemain fokus untuk meningkatkan jumlah gold mereka dengan cara fokus membunuh minion ataupun monster hutan, bukan melawan musuh.
Farming dilakukan dengan harapan cepat mendapatkan gold untuk bisa segera membeli item yang lebih baik di shop.
3. Ranged
Hero atau karakter yang melakukan serangan dari jarak jauh.
4. Melee
Hero atau karakter yang melakukan serangan dari jarak dekat.
5. Gank/Ganking
Menyergap musuh yang tak siap, biasanya dilakukan bersama-sama kepada lawan yang tak menyangka akan mendapat serangan mendadak. Hal ini perlu koordinasi sempurna dari rekan satu tim.
6. Kite/Kitting
Memancing lawan dengan menyerang dari jarak jauh, biasanya dilakukan sembari mundur perlahan. Digunakan agar lawan terpancing dan keluar dari zoma aman mereka.
7. Buff
Buff adalah peningkatan sementara statistik karakter yang digunakan. Buff bisa didapatkan dengan berbagai cara seperti membunuh monster, efek item tertentu, efek dari rekan setim, dan banyak lagi.
8. Crowd Control (CC)
CC adalah istilah yang digunakan mengacu kepada kemampuan karakter untuk bisa memberikan efek kontrol terhadap musuh.
Efek ini bisa bermacam-macam seperti melambatkan (slow), menghentikan (stun), membuat bingung, dll. Efek ini juga berbeda-beda dalam hal target, ada yang bisa digunakan hanya untuk satu target ada yang banyak target.
9. Area of Effect (AoE)
Istilah ini digunakan untuk menunjukkan seberapa luas area dari efek kemampuan suatu karakter, yang artinya seberapa banyak lawan bisa mendapat efek dari suatu kemampuan.
10. Cooldown (CD)
Saat karakter menggunakan kemampuannya, kemampuan ini biasanya tak bisa langsung digunakan, ada jeda waktu yang harus ditunggu sampai kemampuan ini bisa dipakai lagi, disebut dengan cooldown.
11. Lifesteal
Beberapa karakter maupun item bisa membuat pemain menambah darah mereka sendiri dengan cara menyerang lawan.
12. Skill
Kemampuan dari karakter, berbeda-beda setiap karakter. Skill adalah kemampuan unik yang berbeda setiap karakter.
13. Ultimate
Skill terkuat dari setiap karakter, biasanya memiliki CD paling lama dengan efek paling kuat.
14. Lane
MOBA standar memiliki tiga lane, atas, tengah, dan bawah. Ini adalah jalur minion berjalan dan jalur dari turret/tower yang harus dihancurkan untuk menuju markas lawan.
15. Turret/Tower
Struktur penjaga lane, biasanya terdiri dari beberapa lapis di setiap lane. Wajib dihancurkan untuk menuju markas lawan.
16. Jungle
Daerah di tengah antara lane satu dengan lainnya. Biasanya berbentuk seperti hutan dan tak terlihat di peta oleh lawan. Berisi monster-monster yang bisa dibunuh untuk mendapatkan gold/buff.
17. Minion
Unit kecil yang muncul setiap beberapa detik sekali dari kedua markas tim, berjalan sesuai dengan jalurnya di setiap lane. Membantu tim untuk merobohkan tower lawan.
18. Feed
Terlalu banyak terbunuh oleh lawan, membuat seperti "memberi makan" kepada lawan dengan banyaknya gold yang didapatkan oleh lawan. Hal ini berimbas pada tidak seimbangnya item antara kedua tim dan laga berjalan berat sebelah.
19. Item/Build
Alat yang bisa dibeli di shop. Setiap item memiliki karakteristik masing-masing dengan keunggulan masing-masing, setiap karakter biasanya membutuhkan build/tatanan item yang berbeda-beda, tergantung kemampuan masing-masing.
20. Ace/Savage/Penta Kill
Saat seorang pemain berhasil membunuh semua karakter lawan dalam waktu yang bersamaan.
21. Active/Passive Ability
Kemampuan yang dimiliki oleh karakter maupun item. Kemampuan aktif artinya pemain harus menekan tombol untuk mengaktifkannya, kemampuan pasif selalu aktif saat syarat terpenuhi.
22. Carry
Seorang pemain/karakter yang diharapkan bisa menjadi andalan tim. Biasanya mereka akan fokus mengumpulkan gold di awal game, sebelum kemudian jadi andalan saat game memasuki saat-saat akhir.
23. Backdoor
Mengelabui lawan untuk bisa menghancurkan markas lawan lewat jalur yang tak diduga.
24. Bot/Mid/Top
Tiga jenis lane, Bot artinya lane bawah, Mid di tengah, dan Top adalah lane atas.
25. Dive
Usaha untuk masuk ke dalam tower musuh dengan tujuan membunuh ehro lawan.
26. First Blood
Kematian pertama dalam game, biasanya pemain yang bisa melakukannya mendapatkan gold cukup banyak.
27. Fog of War
Area berkabut dalam map, kejadian di sini tak bisa terlihat di map oleh tim, kecuali ada yang berjalan ke area tersebut atau dengan item tertentu.
28. Invade
Masuk ke dalam area musuh, biasanya jungle milik musuh dan monster netral lainnya bertujuan agar lawan tak mendapatkan gold dari monster.
29. MIA
Missing-in-action. Saat lawan menghilang dan tak terlihat di map.
30. Push
Mendorong sebuah lane agar lebih maju, bersama minion menghancurkan tower milik musuh.
31. Skillshot
Kemampuan yang membutuhkan bidikan manual untuk mengarahkannya.
32. Squishy
Karakter yang memiliki darah sedikit dan mudah terbunuh.
33. Scaling
Peningkatan statistik sebuah karakter dalam game seiring berjalannya waktu dan kenaikan level.
34. Snowball
Saat sebuah tim unggul di awal game, lalu hal ini mereka manfaatkan untuk semakin unggul hingga meraih kemenangan.
35. Zoning
Menghalangi lawan untuk masuk ke area tertentu.