- Hyundai hadirkan Museum FIFA yang jadi bagian dari kampanye Hyundai “Goal of the Century” Piala Dunia 2022.
- Hyundai tampilkan karya seni instalasi baja daur ulang “The Greatest Goal” oleh seniman kontemporer.
- Interior museum dibangun dari bahan yang didaur ulang.
SKOR.id – Hyundai Motor Company menghadirkan Museum FIFA dalam FIFA Fan Festival di Doha, Qatar, sebagai bagian dari kampanye “Goal of the Century” Piala Dunia 2022.
Dibuka dengan tema “Goals Create History”, pameran spesial di dalam Museum FIFA ini dipersembahkan untuk mengenang momen dan gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia.
Hyundai membangun museum FIFA menggunakan teknik konstruksi tanah dengan teknik rammed earth.
Sehingga, memungkinkan bagian luar bangunan kembali ke alam tanpa menghasilkan limbah saat terurai.
Hyundai berkolaborasi dengan Architectural Consulting Group “Grimshaw” berbasis di Inggris dan Design Agency berbasis di Jerman “Uniplan” untuk konstruksi pameran ini.
Interior museum dibangun dari bahan yang didaur ulang, dan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari inisiatif “Goal of the Century” untuk dunia yang lebih berkelanjutan.
Eksterior bangunan juga diwujudkan dengan kombinasi tiang gawang lapangan sepak bola yang menjadi satu melambangkan solidaritas dan persatuan menuju “Goal of the Century”.
Pada acara pembukaan museum, trofi pemenang Piala Dunia 2022 juga dipamerkan secara bersamaan pada bagian khusus museum ini.
Sedangkan, untuk Piala Jules Rimet, trofi Piala Dunia asli untuk pergelaran antara tahun 1930 dan 1970, juga dipamerkan bagi para pengunjung sepanjang pameran berlangsung.
Para pengunjung juga dapat melihat tampilan “Rainbow of Shirts” kaos ikonik dari 32 tim nasional yang berlaga pada ajang Piala Dunia.
Bersamaan dengan pameran khusus didedikasikan untuk tiap peserta Piala Dunia sejak tahun 1930.
Termasuk benda yang memiliki ciri khas dari masing-masing tim dilengkapi dengan kisah dari setiap barang tersebut.
Selain itu, terdapat pula bagian khusus museum untuk pemutaran film “The Final” berdurasi 8 menit.
Dalam pameran tersebut, Hyundai menampilkan kaus kampanye Goal of The Century yang bertanda tangan Tim Century.
Bersama dengan tanda tangan dan interpretasi masing-masing anggotanya mengenai “The Greatest Goal” yang mereka miliki.
Hyundai Motor memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk mendorong pengunjung bergabung.
Juga menjadi bagian serta mendukung Tim Century untuk dapat berbagi visi dan misi dari inisiatif “Goal of the Century”.
Untuk merayakan momen ini, Unsoo Kim, Executive Vice President of Hyundai Motor India, Middle East & Africa Strategic Region.
Dan juga Park Ji Sung, anggota Tim Century dan Mantan Kapten Tim Nasional Sepak Bola Korea Selatan, bergabung dalam pembukaan museum.
Bersama Direktur Pelaksana Museum FIFA Marco Fazzone serta tiga Duta Museum FIFA terpilih.
Yakni pemenang Piala Dunia 2006 Gianluca Zambrotta (Italia), pemenang Golden Ball Piala Dunia 2010 Diego Forlan (Uruguay), dan legenda kiper Swiss Pascal Zuberbuhler.
Marco Fazzone, Managing Director dari Museum FIFA, mengaku antusias menyambut para penggemar sepak bola dari seluruh dunia dalam pameran di Doha selama Piala Dunia 2022.
“Semua dapat terhubung, terlibat, dan berbagi keajaiban sepak bola bersama,” kata Fazzone. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Hyundai.
"Sekali lagi kami merayakan warisan dan budaya sepak bola bersama dunia untuk ketiga kalinya dalam empat tahun di negara tuan rumah selama turnamen besar Piala Dunia."
"Ini akan menjadi tonggak sejarah besar lainnya untuk Museum FIFA dan kami tidak sabar untuk membuka pintu kami sebagai bagian dari FIFA Fan Festival.”
Unsoo Kim, Executive Vice President of Hyundai Motor India, Middle East & Africa Strategic Region, menyebut keberlanjutan adalah tujuan lain yang diimpikan Hyundai dan FIFA.
“Melalui kekuatan persatuan sepak bola, kami percaya dunia kita dapat bersatu di bawah visi keberlanjutan, untuk mendorong perubahan demi hari esok yang lebih baik,” kata Kim.
Hyundai juga meresmikan “The Greatest Goal” oleh seniman kontemporer Italia, Lorenzo Quinn.
Hyundai berkolaborasi dengan Lorenzo untuk menciptakan karya seni monumental yang terinspirasi oleh impian bersama para penggemar sepak bola.
Maknanya tentang dunia yang bersatu demi mewujudkan lingkungan dunia yang keberlanjutan.
Lorenzo Quinn, Unsoo Kim, dan Jurgen Griesbeck, CEO dan Co-Founder amal sepak bola global "Common Goal", tergabung dalam anggota Tim Century.
Termasuk di antaranya adalah anggota tim nasional Denmark sekaligus dokter bedah Nadia Nadim.
Juga mantan pemain tim nasional sepak bola Oman, Ali Al-Habsi, Park Jisung, hingga robot berkaki empat SPOT Boston Dynamics. Semua bersama-sama meresmikan karya tersebut.
Karya itu menyerupai bingkai raksasa dengan bentuk dua tangan yang saling berpegangan pada bagian atasnya.
Melambangkan misi inisiatif “Goal of the Century" untuk menciptakan “Dunia yang bersatu untuk keberlanjutan.”
Karya tersebut berukuran tinggi 7,7 meter dengan lebar 18,25 meter, atau berukuran sekitar tiga kali ukuran tiang gawang sepak bola.
Quinn membuat “The Greatest Goal” dari bahan ramah lingkungan untuk mendukung keberlanjutan.
Lebih lanjut, video kampanye untuk menandai akhir dari "Goal of the Century" akan ditayangkan sebagai iklan di antara pertandingan Piala Dunia 2022 yang disiarkan langsung.
Berita Terkait Lainnya:
Hyundai Motors Indonesia Raih Peningkatan Penjualan, Creta dan Stargazer Terlaris
Hyundai Borong Lima Penghargaan dalam GridOto Award 2022