- K-Swiss dan salah satu tim legendaris di Formula 1, McLaren, melakukan kerja sama eksklusif.
- Keduanya akan berkolaborasi untuk membuat produk-produk premium mulai 2023.
- Baik K-Swiss maupun McLaren optimistis mampu mendongkrak reputasi serta warisan dari perusahaan masing-masing.
SKOR.id – Juli lalu, merek alas kaki terkemuka dunia yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), K-Swiss, resmi menggandeng salah satu tim balap mobi Formula 1 legendaris, McLaren Racing, untuk kerja sama mulai tahun 2023.
Kemitraan baru itu akan merangkum berbagai aspek, utamanya terkait kecanggihan dan usia panjang kedua merek dalam kategorinya masing-masing.
Koleksi produk hasil kolaborasi nanti dirasa tepat karena Formula 1 terus meningkatkan momentum dan peminatnya secara global, utamanya di AS. Kedua merek juga memiliki warisan tidak hanya teknologi tetapi juga etos kerja dan produk-produk berkualitas.
Tahun 2023 nanti, K-Swiss akan merayakan ulang tahun ke-57. Sementara, McLaren akan genap berusia 60 tahun pada 2 September tahun depan.
Selain berakar kuat pada warisan, baik K-Swiss dan McLaren juga menekankan peningkatan kinerja sehingga kemitraan ini diharapkan membuka kesempatan yang lebih besar untuk menjangkau dunia lebih luas.
K-Swiss dan McLaren rencananya akan mengembangkan hubungan multi-tahun yang inovatif dengan produk-produk yang akan debut pada akhir musim semi 2023.
Bagi K-Swiss, merek alas kaki yang terkenal dengan desain-desain inovatif dan geniusnya, inilah kali pertama mereka menjelajah ke balap mobil Formula 1. Hal yang sama dialami McLaren yang juga baru kali ini berkolaborasi dengan sebuah merek footwear.
Karena Formula 1 terus berkembang secara global dengan kecepatan eksponensial, terutama di AS, kolaborasi ini diyakini bakal membawa energi baru ke dalam koleksi produk-produk K-Swiss sekaligus menghadirkan peluang bagi mereka untuk mendorong batasannya dengan inovasi dan pengembangan produk.
“Bagi saya, ini akan kesempatan terbesar kami untuk menjangkau konsumen baru dengan menawarkan kolaborasi dari dua merek ikonik dan membangun sebuah kemitraan globl yang sesungguhnya,” ujar Dave Grange, International Brand President K-Swiss, seperti dikutip footwearnews.com.
“Kami merasa terhormat menjadi bagian dari kemitraan baru multitahun yang menarik ini dan berharap dapat bergabung dengan McLaren di arena balap. Kami berharap kemitraan baru ini akan mengembangkan basis loyalis baru dan memperluas warisan kami.”
Dengan bekerja sama dengan McLaren — yang memiliki salah satu basis penggemar terbesar di F1 dengan sekitar 351 juta, ditambah 5 miliar tayangan sosial per tahun — K-Swiss ingin menumbuhkan audiensnya melalui koleksi alas kaki dan pakaian yang lebih banyak.
“Kami berdua adalah merek dengan warisan sejarah yang panjang dalam olahraga performa. Kami pun memiliki koneksi dan sinergi merek yang jelas,” kata Grange yang kenyang pengalaman bekerja di sejumlah brand terkemuka sekelas Lacoste, Keds, dan Adidas.
McLaren adalah salah satu tim lama yang masih aktif di F1, ajang balap mobil kursi tunggal (single seater) tertinggi di dunia. Didirikan oleh pembalap asal Selandia Baru Bruce McLaren dan turun di F1 sejak 1966, skuad ini sudah mengoleksi total delapan gelar juara dunia konstruktor dan 12 pembalap.
Di sisi lain, K-Swiss meluncurkan sepatu tenis berbahan kulit pertama pada tahun yang sama (1966). Pun begitu, K-Swiss terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi tentunya.
Grange juga melihat McLaren sangat aspiratif dan premium, baik di F1 maupun divisi supercar mereka. Untuk itu, katanya, penurunan koleksi pertama hasil kolaborasi mereka akan ditargetkan untuk konsumen kelas atas (high-end).
Dan, sepatu itu akan datang dengan jaminan performa. Lindsey Eckhouse selaku Direktur Lisensi, E-Commerce, dan E-Sports McLaren Racing mengatakan, kru dan teknisi tim telah menguji produk tersebut.
“Membuat sepatu untuk tim balap kami adalah landasan besar dari kemitraan ini. Kami memberikan masukan agar tidak hanya membantu mereka dalam membuat sepatu yang tepat tetapi juga bersandar pada warisan dan gaya hidup (K-Swiss),” kata Eckhouse.
“Dengan begitu, kami dapat menawarkan sesuatu yang baru kepada penggemar yang sebelumnya tidak pernah bisa kami lakukan.”
Koleksi K-Swiss dan McLaren nantinya bukan hanya terbatas pada alas kaki namun juga bermacam-macam pakaian. Selain itu, alas kaki berbasis performa akan dikenakan lebih dulu oleh kru pit dan teknisi McLaren di sirkuit sebelum tersedia untuk umum.
Varian dan model-model alas kaki hasil kolaborasi K-Swiss dan McLaren secara resmi akan dilepas ke pasar pada akhir musim semi 2023 dengan harga awal mulai dari 50 dolar AS (sekira Rp781 ribu) untuk sandal seluncur hingga 400 dolar AS (Rp6,24 juta) untuk sepatu kets (sneakers) premium.
Produk-produk hasil kerja sama K-Swiss dan McLaren ini nantinya bisa ditemui atau dibeli di Kswiss.com, McLaren.com, dan pengecer-pengecer tertentu.
Berita McLaren Lainnya:
Andrea Stella Pimpin McLaren, Andreas Seidl Jadi CEO Sauber
Lando Norris Mengaku Didekati Red Bull Racing sebelum Teken Kontrak Anyar McLaren