- Penjualan global tahun 2022 mencapai 8.394,2 miliar won.
- Laba operasional mencapai 705,7 miliar won.
- Penjualan tahunan mencapai rekor tertinggi, naik 17,5% YoY.
SKOR.id – Perusahaan ban global Hankook Tire & Technology (Hankook Tire), merilis hasil laporan keuangan perusahaan tahun 2022, Kamis (9/2/2023).
Laporan menunjukkan rekor penjualan global tertinggi sepanjang masa, yaitu 8.394,2 miliar won Korea dengan laba operasional mencapai 705,7 miliar won.
Peningkatan persentase penjualan dan laba operasional masing-masing sebesar 17,5% dan 9,9% secara tahunan.
Rekor peningkatan penjualan tahunan tersebut didorong oleh ekspansi produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga yang tepat untuk melewati kondisi ekonomi global.
Dengan memperhatikan kenaikan biaya bahan baku dan disrupsi rantai pasokan global pada paruh pertama tahun 2022.
Peningkatan laba perusahaan juga didorong stabilitas biaya bahan baku dan logistik pada paruh kedua tahun 2022.
Ditambah dengan menguatnya nilai mata uang dan meningkatnya permintaan ban original equipment.
Penjualan ban berdiameter besar menjadi salah satu faktor dominan penyumbang kenaikan penjualan.
Kemudian penjualan global ban mobil penumpang berukuran 18 inci atau lebih berkontribusi sebanyak 40,8% dari total penjualan ban mobil penumpang perusahaan.
Nilai tersebut meningkat sebanyak 3,1% secara tahunan (YoY).
Pada kuartal keempat, Hankook Tire meraih penjualan sebanyak 43,9% atau meningkat 5,0% secara tahunan (YoY).
Berdasarkan wilayah regional, Hankook Tire mengalami pertumbuhan terbesar untuk ban mobil penumpang 18 inci atau lebih di pasar Cina.
Yakni, dengan peningkatan 12,4% YoY atau 58,8% dibanding kuartal sebelumnya.
Diikuti Korea Selatan dengan peningkatan sebesar 5,7% YoY atau 53,5% secara kuartal, lalu pasar Eropa sebesar 3,4% YoY atau 32,5% secara kuartal.
Dan terakhir, pasar Amerika Utara meningkat sebesar 2,5% YoY atau 51,9% secara kuartal.
Hankook Tire meraih penjualan global terkonsolidasi sebesar 2.263,8 miliar won dan laba operasional sebesar 212,0 miliar won.
Masing-masing meningkat 19,9% dan 140,1% secara tahunan (YoY) pada kuartal keempat.
Namun, permintaan konsumen terhadap replacement equipment tire sedikit menurun dibanding tahun sebelumnya karena adanya inflasi.
Pada tahun 2022, secara keseluruhan, Hankook Tire meningkatkan kehadirannya di pasar kendaraan listrik (EV).
Rangkaian ban pertama Hankook yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik premium berkinerja tinggi, yang dinamai iON, telah diluncurkan di beberapa wilayah.
Hankook terus menyediakan pasokan OE untuk model kendaraan listrik dari para produsen mobil global.
Termasuk BMW i4, Audi Q4 e-tron, Hyundai IONIQ 6, Toyota bZ4X, dan Skoda Enyaq iV.
Selain itu, Hankook menjalani debutnya sebagai pemasok eksklusif dan mitra teknis dari seri balap mobil listrik pertama di dunia, Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E.
Dalam rilis juga disebutkan, pada akhir tahun ini, Hankook Tire menargetkan pertumbuhan penjualan lebih dari 5% YoY.
Serta, meningkatkan jumlah ban berukuran besar di antara total penjualan ban mobil penumpang menjadi 45%.
Perusahaan juga berupaya meningkatkan jumlah pasokan Original Equipment (OE) untuk model kendaraan listrik sebanyak 20% di antara semua kontrak OE mobil penumpang dan truk ringan.
Secara keseluruhan, Hankook Tire ke depannya akan fokus meningkatkan penjualan di pasar utama.
Serta, memperkuat kemitraan dengan produsen mobil premium dan mempertahankan kepemimpinan dalam lini ban kendaraan listrik.
Berita Terkait Lainnya:
Hankook Jadi Mitra Ban Eksklusif Lamborghini Super Trofeo Mulai 2023
Hankook Tire x Toyota Luncurkan Ban Khusus untuk Mobil Listrik Toyota bZ4X