SKOR.id – Era baru Kejuaraan Dunia MotoGP yang dimulai tahun ini belum lagi mencapai sepertiga musim. Namun, kejuaraan sepertinya menjalani jeda yang absurd hampir sebulan setelah GP Prancis (14 Mei) yang diikuti tiga balapan beruntun mulai GP Italia (11 Juni).
Seusai GP TT Assen (25 Juni), para pembalap menjalani libur panjang musim panas seperti biasa, namun tahun ini berlangsung lima pekan karena GP Kazakhstan yang sedianya digelar pada bulan Juli, dibatalkan.
Sejatinya, jeda tiga pekan lebih antara balapan di Le Mans dengan Mugello, tidak begitu absurd karena waktu tersebut berguna untuk pemulihan cedera banyak pembalap yang terjadi di lima Grand Prix awal, yang melibatkan lebih dari selusin pembalap.
Apa telah disajikan format baru, dan keterlibatan yang lebih besar dari pembalap untuk lebih dekat dengan para penggemar, terbuki telah meningkatkan kehadiran penonton di sirkuit.
Pun begitu, harga yang harus dibayar juga tidak sedikit. Tidak kurang 114 kecelakaan terakumuliasi dari 29 rider MotoGP yang turun minimal di satu Grand Prix.
Satu-satunya pembalap yang tidak terjatuh hanyalah Dani Pedrosa, wildcard KTM yang baru turun di Jerez, Spanyol. Selebihnya, termasuk pembalap pengganti, tidak ada yang luput dari kecelakaan.
Joan Mir (Repsol Honda) memimpin daftar dengan 11 kali terjatuh. Berikutnya ada Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) dan Alex Marquez (Gresini Racing) dengan 9 kecelakaan. Rookie Augusto Fernandez (GasGas Factory Racing Tech3) ada di posisi berikutnya dengan 8 insiden.
Keempatnya memiliki satu kesamaan, musim 2023 ini memakai motor baru. Khusus untuk Fernandez tidak hanya motor baru namun juga baru tahun ini promosi ke MotoGP.
Dari keempatnya, Mir yang paling parah karena terpaksa tidak turun pada balapan utama (race) GP Argentina usai mengalami trauma leher dan kepala akibat terjatuh di sprint.
Laporan Cedera Pembalap dari 5 Grand Prix Awal MotoGP 2023
GP Portugal
*Pol Espargaro (GasGas Factory Racing Tech3): patah ganda di tulang rahang yang mempengaruhi telinga, satu patah tulang vertebra serviks yang mempengaruhi area saraf dari leher ke tulang belikat, dan tiga patah tulang belakang, dua patahan tulang rusuk (jatuh FP2).
*Enea Bastianini (Ducati Lenovo): patah tulang belikat (scapula) kanan pada bahu (sprint race) yang memaksanya absen sampai GP Prancis.
*Marc Marquez (Repsol Honda): Retak ibu jari kanan (race). Absen di 3 balapan.
*Miguel Oliveira (CryptoData RNF MotoGP Team): Cedera di beberapa tendon panggul kanan (race). Absen pada GP berikutnya di Argentina.
*Jorge Martín (Prima Pramac Racing): Patah jempol dan engkel memar (race).
GP Argentina
*Joan Mir: Trauma pada kepala dan leher (sprint). Tidak start di Grand Prix.
GP Americas
*Alex Marquez: Cedera paha berupa sobek otot quadriceps vastus lateralis dan ligamen menegang (race)
GP Spanyol
*Miguel Oliveira: Fraktur humerus di pangkal bahu dan cedera ligamen labral anterior (race). Belum bisa turun.
GP Prancis
*Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo): Patah kecil tulang talus pada engkel kaki kanan (race).
*Luca Marini (Mooney VR46 Racing): Cedera pada trapezius pergelangan tangan kanan (race).
*Raul Fernandez (CryptoData RNF MotoGP Team): Tidak turun di GP karena konsekuensi setelah operasi yang rumit untuk sindrom tricompartmental di lengan kanan.
Sebagian besar cedera terjadi akibat kontak di awal balapan, baik itu sprint ataupun race pada hari Minggu. Paling krusial terjadi di Portimao karena dua pembalap, Pol Espargaro dan Enea Bastianini terpaksa melewatkan GP berikutnya sementara Marc Marquez tiga.
Miguel Oliveira bisa dibilang pembalap yang kurang beruntung dengan insiden musim ini. Ia dihantam Marc Marquez pada race di rumahnya Portugal sehingga melewatkan GP berikutnya. Lalu, di Jerez, ia ditabrak oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan terpaksa absen di GP Prancis.
Dari insiden-insiden yang terjadi bisa disimpulkan bila para pembalap masih sangat kesulitan mengendalikan tekanan pada awal balapan yang sekarang berlipat ganda (sprint dan race).
Padahal saat kembali dari “liburan mini” musim semi, mereka harus menghadapi tiga GP berturut-turut dalam tiga pekan: di Mugello, Sachsenring dan Assen. Kecelakaan pasti sulit dihindari. Namun, mereka tahu poin sekecil apa pun sangat berarti dalam persaingan.
Penonton Televisi Tidak Otomatis Meningkat
Format baru balapan membuat publik kini lebih menyukai datang ke sirkuit karena lebih banyaknya aksi balapan pada Sabtu karena adanya sprint. Namun, hal itu berimbas pada jumlah penonton televisi yang terus turun.
Untuk data di Spanyol, menurut formulatv.com seperti dikutip Mundo Deportivo, hanya GP Portugal yang memiliki angka terbaik untuk penonton pada hari Minggu, yakni 402.000 (pangsa 4,3%) dengan 35,6% kuota TV berbayar). Sisanya, jelas mengalami penurunan.
Audiens Dazn lewat Movistar
GP Portugal
Sprint Sabtu: 113.000 (pangsa 1,2%), terbanyak ditonton
Race MotoGP Minggu: 402.000 (4,3%) 35,6% kuota TV berbayar, terbanyak ditonton
Moto3: 100.000 (2,7%)
Moto2: 164.000 (3,4%)
GP Argentina
Sprint Sabtu: 65.000 (0,7%)
Race MotoGP Minggu: 170.000 (1,9%), ke-9 terbanyak ditonton
Moto3: 62.000 (0,6%)
Moto2: 67.000 (0,7%)
GP Americas
Sprint Sabtu: Tidak muncul di top 20
Race MotoGP Minggu: 258.000 (2,0% share), ke-4 terbanyak ditonton
Moto3: 149,000 (1,6%)
Moto2: 158,000 (1,7 %)
GP Spanyol
Sprint Sabtu: 85.000 (0,9%), ke-9 terbanyak ditonton
Race MotoGP Minggu: 218.000 (2,3%), ke-4 terbanyak ditonton
Moto3: 71.000 (1,8%)
Moto2: 45.000 (0,4%)
GP Prancis
Sprint Sabtu: 81.000 (0,8%), ke-11 terbanyak ditonton
Race MotoGP Minggu: 296.000 (3,8%), ke-3 terbanyak ditonton
Moto3: 65.000 (1,7%)
Moto2: 119.000 (2,5 %)
Rekor Jumlah Penonton Sepanjang Sejarah di Le Mans
Terkait jumlah penonton langsung di trek, pada musim 2022 total mereka yang mendatangi sirkuit adalah 2.427.928. Jumlah kehadiran global itu yang terendah sejak 2012.
Saat ini, peningkatan jumlah mulai terlihat. Kecuali untuk GP Americas karena selama bertahun-tahun tidak memberikan data resmi. Dari angka-angka yang muncul, GP lainnya terlihat mengalami peningkatan jumlah penonton jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Jumlah Penonton Langsung di Sirkuit pada 5 Balapan Awal MotoGP 2023
Grand Prix | Jumat | Sabtu | Minggu | Total Akhir Pekan |
Portugal | 21.966 | 34.438 | 67.204 | 123.608 |
Argentina | 51.256 | 62.664 | 72.118 | 186.038 |
Americas | Tak ada data | Tak ada data | Tak ada data | Tak ada data |
Spanyol | 21.479 | 62.375 | 79.625 | 163.479 |
Prancis | 58.894 | 88.319 | 116.692 | 278.805 |
Data signifikan muncul dari GP Spanyol dan GP Prancis. Data kehadiran penonton di Jerez tahun ini merupakan yang terbaik sejak 2015.
Sedangkan Le Mans telah memecahkan rekor bersejarah sirkuit tersebut dengan 88.319 penonton pada hari Sabtu, 116.692 pada hari Minggu dan total 278.805 sepanjang akhir pekan. Ini rekor baru yang mutlak untuk sebuah sirkuit.