- Daihatsu berkontribusi terhadap market share otomotif nasional sebesar 24,3%.
- Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu Januari 2023 didominasi top 3 model.
- Ketiga model teratas dalam penjualan tersebut adalah Daihatsu Sigra, Gran Max Pick Up, dan Terios.
SKOR.id – Setelah menutup tahun sebelumnya dengan raihan peringkat kedua selama 14 tahun berturut-turut pada penjualan ritel otomotif nasional, Daihatsu membuka awal tahun 2023 dengan raihan penjualan positif.
Hal itu sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia pada Januari 2023 mencapai sekitar 90 ribu unit.
Itu berarti naik 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 lalu sebanyak 78 ribu unit.
Pada periode yang sama, penjualan Daihatsu catatkan lebih dari 22 ribu unit, atau naik sekitar 26% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sekitar 17 ribu unit.
Dari capaian tersebut, Daihatsu berkontribusi terhadap market share otomotif nasional sebesar 24,3%.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu pada Januari 2023 didominasi oleh top 3 model.
Ketiga model tersebut adalah Daihatsu Sigra sebanyak 6.006 unit, atau berkontribusi sekitar 27,2%.
Kemudian disusul Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) pada posisi kedua sebanyak 5.447 unit (24,7%); dan ketiga Daihatsu Terios dengan raihan 2.958 unit (13,4%).
Hendrayadi Lastiyoso, Marketing CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), menyambut baik pencapaian ini.
“Kami bersyukur Daihatsu dapat membuka awal tahun 2023 dengan raihan penjualan positif,” ujar Hendrayadi dalam keterangan resminya yang dikutip Minggu (26/2/2023).
“Ditambah dengan capaian market share sebesar 24,3% pada bulan ini menjadi salah satu yang terbesar bagi Daihatsu,” ia menambahkan.
“Semoga pasar otomotif tahun ini dapat terus meningkat, ditambah kehadiran kami dalam pameran IIMS 2023 juga dapat berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia,” ucapnya.
Dalam data sebelumnya, sudah terlihat tanda-tanda positif penjualan Daihatsu Indonesia.
Perusahaan otomotif asal Jepang ini terus mempertahankan konsistensi performa penjualan sepanjang tahun lalu, dan menutup 2022 dengan raihan positif dari sisi penjualan.
Hal tersebut terungkap dalam rilis resmi Daihatsu Indonesia yang diterima pada 12 Januari 2023 lalu.
Dalam rilis tersebut, tercatat data penjualan Daihatsu di Tanah Air pada periode Januari hingga Desember 2022 menunjukkan angka 188.660 unit.
Itu berarti, penjualan mereka naik 24,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 lalu yakni sejumlah 151.107 unit.