- Penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan ini lebih besar dibanding pasar otomotif nasional.
- Market share Daihatsu juga meningkat menjadi 19%, atau naik sebesar 1,5% dibanding YTD November 2021.
- Daihatsu Sigra paling laris dengan total penjualan 42.513 unit, atau berkontribusi sebesar 24,7%.
SKOR.id – Performa penjualan kendaraan roda empat di Indonesia hingga menjelang akhir tahun 2022 menunjukkan grafik positif. Hal itu terlihat dari data terakhir.
Sepanjang periode Januari-November 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan raihan penjualan ritel sekitar 909 ribu unit.
Itu artinya penjualan ritel naik sekitar 19% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 lalu, yakni sekitar 761 ribu unit.
Meningkatnya performa pasar otomotif nasional tentunya dipengaruhi pula oleh meningkatnya performa penjualan para APM di Tanah Air, salah satunya Daihatsu.
Berdasarkan data yang dirilis Daihatsu Indonesia Selasa (13/12/2022), pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu hingga November 2022 tercatat sebanyak 172.449 unit.
Itu berarti penjualan naik sekitar 29,7% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 lalu, yakni sejumlah 132.950 unit.
Bahkan, secara persentase, raihan penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan ini lebih besar dibandingkan dengan pasar otomotif nasional.
Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi 19%, atau naik sebesar 1,5% dibandingkan YTD November 2021 lalu sebesar 17,5%.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga November 2022 masih didominasi oleh top 3 model Daihatsu di Tanah Air.
Pertama adalah Daihatsu Sigra sebanyak 42.513 unit, atau secara persentase berkontribusi sebesar 24,7%.
Disusul Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 41.688 unit (24.2%) dan Daihatsu Xenia dengan raihan 22.222 unit (12,9%).
Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), menyambut baik capaian penjualan ritel Daihasu.
“Kami bersyukur dapat mempertahankan penjualan dengan capaian positif dengan kenaikan sebesar 30% hingga November 2022,” kata Hendrayadi.
“Semoga raihan positif ini terus berlanjut, dan pasar otomotif dapat lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya,” ia menambahkan.
Daihasu Indonesia memang selalu konsisten meraih penjualan positif sejak awal tahun 2022 hingga menjelang pertengahan tahun ini.
Dalam data sebelumnya, penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tercatat tembus lebih dari 123.000 unit di Tanah Air.
Itu berarti penjualan naik sekitar 38% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 lalu, yakni sejumlah 89.601 unit.
Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi sebesar 19,4%, naik sebesar 2,4% dibandingkan dengan YTD Agustus 2021 sebesar 17,0%.
Berita Otomotif Lainnya:
26 Mobil Sport Porsche Siap Ramaikan Porsche World Road Show 2023 di Sentul
BMW Group Indonesia Buka Showroom Terbesar di Jaksel: Plaza MINI Pondok Indah
Mercedes Indonesia Resmikan Diler PT CAR-Bintaro dengan Konsep Ritel MAR2020