Bos Yamaha Sebut Pembekuan Mesin Tak Hentikan Langkah Pengembangan YZR-M1

Muhamad Fadli Ramadan

Editor:

  • Yamaha akan terus meningkatkan titik terkuat mereka dalam kecepatan di tikungan dan kendali motor.
  • Takahiro Sumi menegaskan Yamaha akan mencari cara lain untuk meningkatkan kecepatan tertinggi YZR-M1.
  • Sang pemimpin proyek motor Yamaha itu optimistis berada di jalur yang tepat dalam pengembangan YZR-M1.

SKOR.id – Pemimpin proyek Yamaha, Takahiro Sumi, menegaskan bahwa pabrikan asal Jepang itu tak akan pernah menyerah dalam meningkatkan kecepatan tertinggi YZR-M1.

Akibat dampak pandemi corona (Covid-19), MotoGP memutuskan untuk membuat aturan darurat demi menyelamatkan kondisi finansial seluruh tim.

Seluruh pabrikan, kecuali KTM yang mendapat dispensasi setelah kehilangan status konsesi, dilarang mengembangkan mesin untuk tahun depan.

Sementara itu, Aprilia masih diperbolehkan untuk mengembangkan motor mereka sepanjang sisa tahun ini.

Yamaha yang memiliki motor paling lambat di trek pada tahun ini pun telah menegaskan bahwa mereka akan sangat terdampak aturan pembekuan pengembangan mesin itu.

Akan tetapi, Takahiro Sumi menegaskan bahwa Yamaha akan berusaha menemukan cara lain untuk meningkatkan kecepatan puncak YZR-M1.

“Kami harus berkembang lebih jauh dari sebelumnya untuk meningkatkan poin terkuat kami,” kata Sumi seperti dilansir Motorsport.com.

“Sayangnya, sekarang bukan hanya Yamaha yang memiliki kekuatan dalam hal kecepatan di tikungan dan kendali motor,” pria asal Jepang itu melanjutkan.

Yamaha memang harus melangkah lebih jauh jika ingin kembali menjadi peraih gelar juara dunia pembalap dan konstruktor.

Pasalnya, Suzuki Ecstar yang juga menggunakan mesin dengan desain empat silinder segaris bisa meningkatkan kecepatan tertinggi untuk bersaing dengan Honda dan Ducati.

“Kami khawatir para rival, terutama Suzuki, meningkatkan kinerja mereka di tikungan dan kendali motor. Jadi, kami harus bekerja lebih keras,” ujar Sumi.

“Kami tal menyerah meningkatkan kecepatan. Memang ada pembekuan mesin, tetapi mesin hanya satu elemen di motor, kami akan cari cara lain untuk meningkatkan kecepatan."

Saat tes di Sirkuit Misano, San Marino, pada bulan lalu, Yamaha telah memperlihatkan knalpot baru untuk menemukan kecepatan yang lebih baik.

Saat ini, tiga pembalap Yamaha juga berada di empat urutan teratas dalam klasemen sementara MotoGP 2020 dengan peluang untuk meraih gelar.

Ketiga pembalap itu adalah Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), serta Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Takahiro Sumi pun meyakini bahwa pengembangan YZR-M1 berada di jalur yang tepat dan akan makin baik pada tahun depan.

“Jujur, kami tidak terlalu senang dengan kinerja M1, tetapi saya senang dengan performa kami secara keseluruhan,” ujar Sumi.

“Pada tahun lalu, kami bisa tampil cepat di latihan bebas dan kualifikasi tetapi kesulitan saat di balapan. Itu adalah hal yang ingin kami tingkatkan pada tahun ini.”

“Kecepatan tertinggi adalah satu hal yang juga harus kami tingkatkan. Sayangnya, para rival juga terus meningkatkan kinerja motor mereka,” katanya memungkasi.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Andrea Dovizioso sudah kehilangan asa untuk bisa menjadi juara dunia MotoGP 2020. Secara matematis, peluangnya masih ada. Namun fakta di trek berbicara lain. Usai memenangi Grand Prix (GP) Austria di Sirkuit Red Bull Ring, rider Ducati Team ini tak pernah lagi merasakan podium. Sejak itu, raihan terbaiknya posisi keempat di Prancis. Alhasil, Andrea Dovizioso, yang sempat memimpin klasemen sementara MotoGP 2020, kini melorot ke peringkat kelima. Gapnya dengan posisi puncak pun makin jauh, 28 poin. Sepanjang 12 tahun kariernya di kelas premier (utama), pembalap asal Italia ini tidak pernah merasakan manisnya memiliki status sebagai juara dunia MotoGP. Pencapaian terbaik Dovizioso adalah tiga kali runner-up MotoGP secara beruntun pada 2017, 2018, dan 2019. Ia kalah bersaing dengan pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Dengan usia Andrea Dovizioso sekarang plus masa kerja dengan Ducati yang selesai tahun ini, kemungkinan ia tidak bakal pernah meraih gelar prestise tersebut. Ditambah lagi, hingga kini masa depan sang pembalap masih samar, apakah tetap terjun di MotoGP 2021 atau tidak? Masalahnya, belum ada pabrikan yang bergerak merekrutnya. Jika itu yang terjadi, maka Andrea Dovizioso akan bernasib seperti pendahulunya. Ya, ada beberapa pembalap elite yang juga tak pernah menyabet gelar juara dunia MotoGP. Skor Indonesia menghimpun daftar enam pembalap hebat yang kariernya tak pernah benar-benar komplet karena gagal mendapatkan titel juara dunia di kelas premier era MotoGP.

A post shared by Skor Indonesia (@skorindonesia) on

Baca berita MotoGP lainnya: 

Yamaha Jadi Prioritas, Jorge Lorenzo Sebut Aprilia sebagai Pilihan Kedua

Andrea Dovizioso Makin Dekat untuk Jadi Pembalap Penguji Yamaha

Source: motorsport.com

RELATED STORIES

Bos Yamaha Buka Kekuatan dan Kelemahan Maverick Vinales

Bos Yamaha Buka Kekuatan dan Kelemahan Maverick Vinales

Menurut Lin Jarvis, Maverick Vinales gampang move on tetapi juga mudah bad mood.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

ryo persija

Liga 1

Persija Tanpa Ryo Matsumura pada Putaran Pertama Super League 2025-2026

Cedera serius yang dialami Ryo Matsumura membuatnya absen membela Persija pada putaran pertama Super League 2025-2026.

Rais Adnan | 13 Aug, 09:19

Persipura - Skor.id

Liga 2

Jhon Pigai Cedera, Persipura Datangkan Kiper Baru

Rafly Kapoh resmi menjadi kiper anyar Persipura untuk Championship 2025-2026.

Rais Adnan | 13 Aug, 08:42

PSM Makassar musim 2023-2023

Liga 1

Super League 2025-2026: PSM Klub Terbanyak Beri Menit Bermain Pemain U-23 pada Pekan 1

Sementara itu, Persijap menjadi tim yang terbanyak mendaftarkan pemain U-23 di Super League 2025-2026.

Rais Adnan | 13 Aug, 08:24

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Italia

Update Bursa Transfer Liga Italia 2025-2026

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026, Napoli, Inter Milan, Juventus, hingga AC Milan berburu pemain baru.

Pradipta Indra Kumara | 13 Aug, 07:41

Cover IBL All Indonesian 2025. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Basketball

Angkat Potensi Lokal Solo, IBL All Indonesian 2025 Hadirkan Ragam Warna

Sebanyak 13 tim terbaik Indonesia bakal bersaing pada IBL All Indonesian 2025 di Indoor Manahan Stadium, Solo, 16-31 Agustus 2025.

Rais Adnan | 13 Aug, 07:21

Update bursa transfer La Liga (Liga Spanyol) di musim 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

La Liga

Update Bursa Transfer La Liga 2025-2026

Update bursa transfer La Liga (Liga Spanyol) musim 2025-2026, Real Madrid, Barcelona, hingga Atletico Madrid beruburu pemain baru.

Pradipta Indra Kumara | 13 Aug, 06:46

Benjamin Sesko bergabung ke Manchester United. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

World

10 Tim Terboros untuk Belanja Penyerang, Terbaru Manchester United

Ada 10 tim terboros untuk belanja penyerang, terbaru Manchester United.

Pradipta Indra Kumara | 13 Aug, 06:34

Update bursa transfer Liga Inggris (Premier League) musim 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Inggris

Update Bursa Transfer Liga Inggris 2025-2026

Berikut ini update bursa transfer Liga Inggris (Premier League) musim 2025-2026.

Pradipta Indra Kumara | 13 Aug, 06:30

timnas u-17 indonesia.jpg

Timnas Indonesia

Diimbangi Tajikistan, Ini Pelajaran yang Dipetik Timnas U-17 Indonesia

Timnas U-17 Indonesia bermain imbang dengan Tajikistan pada laga pembuka Piala Kemerdekaan 2025.

Rais Adnan | 13 Aug, 05:57

Penjaga gawang Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Tinggalkan PSG, Gianluigi Donnarumma Sepakat Gabung Manchester City

Gianluigi Donnarumma mengumumkan hengkang dari PSG lantaran kecewa sudah tidak dibutuhkan lagi di tim.

Rais Adnan | 13 Aug, 05:36

Load More Articles