- Andrea Dovizioso merasa tim satelit dan pabrikan MotoGP, saat ini, sangat identik.
- Perbedaan antara tim satelit dan pabrikan makin mengecil.
- Kedua tim saling berbagi data meski ada beberapa aspek yang berbeda pengerjaannya.
SKOR.id - Berpengalaman membela tim pabrikan maupun satelit MotoGP membuat Andrea Dovizioso memiliki pandangan tersendiri soal keduanya.
Setelah hengkang dari pabrikan Ducati, akhir 2020, pembalap asal Italia itu sempat cuti sebelum direkrut tim satelit Petronas Yamaha SRT, jelang akhir musim lalu.
Dovi, begitu dia disapa, menggantikan posisi Franco Morbidelli yang naik ke tim pabrikan, Monster Energy Yamaha, setelah pemecatan Maverick Vinales.
Pada MotoGP 2022, Dovizioso tetap bertahan di Yamaha SRT yang telah kemudian berubah nama jadi WithU Yamaha RNF bersama rookie Darryn Binder.
"Sekarang ini, (spesifikasi) tim satelit sudah hampir serupa dengan tim pabrikan, identik," kata Dovi dalam wawancara khusus dengan Tuttomotoriweb.it.
"Semua tergantung dari kesepakatan yang dibuat. Namun, hampir semua motor tim satelit sudah sama dengan tim pabrikan sejak tahun lalu."
"Sekali lagi, semua tergantung dari perubahan apa yang yang mereka ke tahun selanjutnya. Kadang perubahan besar, kadang hanya kecil," imbuhnya.
Berdasarkan pengalamannya pribadi, pembalap 35 tersebut melihat bahwa gap antara tim satelit dengan pabrikan saat ini semakin tipis.
"Sekarang Anda tidak membuat perubahan yang terlalu besar. Jika mengamati dalam beberapa tahun terakhir, kualitas motor semuanya bagus," ujarnya.
"Jarak antartim sudah sangat kecil dan pada dasarnya, basis semua tim bagus. Secara logis, detail yang menjadi pembeda (keduanya)."
"Sekarang ini, motor butut sudah tidak ada lagi (di lintasan). Yang ada hanya motor dengan perbedaan karakteristik," dia menambahkan.
Pembeda antara motor pabrikan dengan satelit, saat ini, menurut Dovi hanya pada komposisi tim yang bekerja di aspek tertentu.
Bahkan, menurutnya, tim pabrikan dan satelit saling berbagi data balapan. Ini dilakukan demi meningkatkan nama brand mereka.
"Tim satelit pun saat ini mendapat dukungan dari pabrikan. Yang berbeda hanya internal tim yang mana lebih banyak orang (di tim pabrikan)."
"Mereka bekerja untuk aspek tertentu tapi (dari sisi) manajemen saling berbagi. Tim satelit juga sering mengadakan pertemuan dengan pabrikan. MotoGP telah berubah menjadi demikian," tutur Dovi.
Berita MotoGP Lainnya:
Ini Permintaan Khusus Bos WithU Yamaha RNF buat Andrea Dovizioso
Mirip Valentino Rossi, Andrea Dovizioso Bisa Pensiun di Akhir MotoGP 2022